Resep Klapertart Praktis dan Ekonomis

Assalamualaikum, yang mencari ide untuk camilan berbuka, resep Klapertart ini boleh dicoba lho. Resep yang menurut saya praktis dan ekonomis.

Klapertart adalah makanan khas kota Menado yang diadopsi dari Belanda. Klapertart berasal dari kata klapper yang artinya kelapa dan tart yang artinya kue, kue kelapa.

Bahan dasar membuat Klapertart adalah susu, telur, gula, kelapa, margarine, dan gula. Nah kebayangkan besarnya kalori kue ini selain enak hehehe. Atasnya ditaburi irisan kacang kenari dan bubuk kayu manis, yang membuat aromanya khas.

Sebelumnya saya pernah membuat klapertart dengan resep berbeda dan agak ribet, baik takaran ataupun acara membuatnya, sempat kapok ga mau bikin lagi Klapertart sayangnya...Klapertart itu enak kalau beli ga puas makannya hahaha (kurang banyak), jadilah cari resep lain, modifikasi biar simple dan ternyata hasil Klapertartnya enaakk... 

Klappertaart


Yap, resep yang cocok dan enak menurut orang lain belum tentu cocok untuk kita lho, itu yang saya alami sejak suka praktik-praktik baking atau masak. Contoh, saya sering banget membuat olahan tape dan pisang; cake tape, prol tape, muffin tape, banana bread, cake pisang,  namanya beda, resep beda , saya coba, dari resep Chef instagram hits seperti resep Cici Tintin Reyner sampai selebgram food.

Yang cocok dan akhirnya dipake terus hanya satu resep, merasa cocok karena cara membuatnya praktis, takaran mudah diingat begitupun step by step pembuatan yang gampang. Untuk Donat Kentang saya super cocok sama resep Donat Kentang NCC. 


Brownies panggang saya cocok dengan resepnya Erlina Liem. 

Boleh baca Resep Brownies Erlina Liem.

Banana bread cocok sama resepnya teh Ayudiahrespatih boleh cek IG nya teh Ayu di Momylicious.

Resep Klapppertaart ini modifikasi dari resep Pak  Banu Susanto, dokter yang sering posting masakan dengan foto menggiurkan di IG.

Berikut resepnya  



Cara membuatnya 

1. Campur di dalam panci air kelapa, uht, kuning telur, tepung terigu, maizena, skm dan gulpas, aduk rata lalu saring.

2. Panaskan sambil diaduk hingga adonan mengental, masukkan margarin, dan kelapa. Matikan api. Tempatkan adonan dalam wadah.

3. Kocok putih telur dan gula hingga kaku dan mengembang. Masukkan ke dalam wadah yang sudah berisi adonan satu, taburi kismis dan bubuk kayu manis. Panggang kurang lebih 20 menit.

Sajikan hangat atau dingin. 

Bts photo:

Meja samping jendela, natural light. Bloker disebarangnya, Reflektor mengarah ke hero. Iso 100. Kamera Sony Cyber-Shot.




9 komentar

  1. Aku masih blm punya oven untuk memanggangnya nih Teh
    Lihat resep dan caranya sih mudah ya...

    BalasHapus
  2. aduuh aduuh aku jadi pengeen deh buat di rumah mba. Terakhir mampir ke Manado kami menikmatibangeeet klappertaartnya

    BalasHapus
  3. Aku suka klappertaart, tapi belum pernah bikin sendiri, beli aja biasanya hehe. Aku simpen deh resepnya, kapan-kapan kalo udah ada oven lagi, mau coba bikin ah. Donat kentang NCC aku juga sudah cobain, aku juga cocok, enak empuk!

    BalasHapus
  4. Oh ternyata dari Manado cuma adaptasi dari Belanda ya mba, aku belum pernah coba bikin klappertart biasanya suka beli hehhee

    BalasHapus
  5. wah resep klappertaart nih, aku selalu gagal loh mak bikin klappertaart, semoga dengan nyontek resep dari kamu bisa berhasil ya mak

    BalasHapus
  6. Ternyata resep klapertart bisa didapatkan dengan mudah yah, diantara semua resep yg pnh q baca yg ini simpel dan keliatan enak, duh jd pengen praktekin langsung

    BalasHapus
  7. Baca ini jadi ingat Marisa, teman di Makassar yang usahanya bikin klappertart. Sudah lama dia tidak posting klappertart-nya. Kue ini memang enak ya.

    BalasHapus
  8. wah sederhana ya , bahan dan caranya

    BalasHapus
  9. Klaapertart ini memang gampang dan rasanya susah salah, deh ya. Pasti jadinya enak banget dan bikin nagih.

    BalasHapus