Tips Memilih Cincin Emas untuk Perhiasan plus Investasi

Tips Memilih Cincin Emas Perhiasan plus  Investasi  

Assalamualaikum, puasa hari ke 14, insyallah tetap semangat sampai ramadan terakhir. Di postingan beberapa waktu lalu, bertahun lalu tepatnya, saya pernah menulis tentang investasi emas ala bu-ibu apalagi kalau beli emas perhiasan atau batangan ukuran ekonomis hehehe. 

Boleh baca Menabung dan Mengelola Tabungan Emas 

sumber foto Tirto.id


Untuk investasi jangka panjang emas memang oke tapi tidak rekomendasi untuk jangka pendek, karena keuntungan sangat kecil. Kenaikan harga emas pertahun hanya kisaran (kurang lebih 10%). 

Ngobrolin beli emas, teman-teman suka yang batangan atau perhiasan? Atau dua-duanya? Ya dua-duanya kalau ada duit mah ya. Kalau niatnya untuk investasi sebaiknya pilih emas batangan kalau niatnya investasi plus  untuk dipakai di acara khusus, perhiasan.

Kebanyakan perempuan suka perhiasan emas termasuk saya tapi untuk pemakaian sangat dibatasi, saya hanya memakai satu cincin emas. Kalau kata ibu saya perempuan pake emas perhiasan satu dua itu sebagai penanda keperempuanan, biar mantes.  

Dibanding perhiasan emas  lain, salah satu perhiasan yang umum digunakan adalah cincin emas wanita. Emas adalah salah satu logam mulia yang memang jadi favorit sebagai bahan dasar cincin karena emas memberikan kesan mewah, klasik, dan cantik ketika digunakan. Banyak bentuk dan jenis cincin yang bisa jadi pilihan, mulai dari bentuk yang sederhana sampai yang mewah.

Berikut ini adalah cara untuk memilih cincin emas wanita yang tepat dan bisa jadi pertimbangan bagi kamu yang akan membeli cincin.

1.       Memilih bahan dasar cincin

Sebaiknya memilih cincin dengan bahan dasar emas agar cincin tidak sekedar menjadi perhiasan tapi investasi jangka panjang, bisa diperjualbelikan saat membutuhkan uang.  Perhiasan cincin dari emas yang bisa kamu pilih bisa dari emas kuning, emas putih, atau juga dari emas rose gold. Semua warna memiliki keunggulannya masing-masing dan bisa kamu pilih sesuai preferensimu masing-masing.

2.     Pilihlah model yang tepat sesuai dengan keinginan

Untuk pemakaian cincin emas sehari-hari, cincin digunakan setiap hari, sebaiknya pilih dengan model tanpa hiasan baru permata, karena  cincin dengan perhiasana batu permata jika digunakan sehari-hari beresiko batu permatanya copot dan hilang. Jika batu permatanya hilang cincin tidak nampak cantik lagi. Pilih dengan model simple, tapi jika belum menikah/tunangan jangan pilih cincin model polos karena nanti dikira sudah menikah, yang naksir kabur deh. 

Untuk cincin emas yang hanya dipakai  untuk acara formal, sebagai koleksi (plus investasi) dan hanya digunakan saat acara pesta, sebaiknya  pilih  cincin dengan hiasan ornamen agar memberikan kesan mewah. Pilih cincin yang sesuai dengan karaktermu agar kamu yang memakainya pun bisa nyaman dan percaya diri.

3.      Tentukan besar karat yang diinginkan

Ini yang tidak kalah penting jika membeli cincin emas tidak hanya untuk perhiasan tapi investasi adalah memperhatikan besarnya karat. Sebaiknya di atas 18 karat, memang mahal tapi mudah diperjualbelikan/gadai. Semakin besar kandungan emas atau nilai karat pada perhiasan maka semakin mahal harga pergramnya.  

Agar tidak mencolok dan nyaman saat dipakai sebaiknya cincin yang dipakai beratnya tidak terlalu besar jangan juga terlalu kecil, karena jika terlalu kecil jika lepas/copot/hilang tidak terasa. Berat cincin emas yang pas untuk pemakaian sehari-hari kisaran 3 sampai 5 gram. Tapi kembali pada budget. Nabung dulu sebelum membeli emas, kalau saya biasanya arisan hehehe. 


4          Membeli cincin emas di toko yang terpercaya

Untuk memilih perhiasan cincin emas, penting untuk  selektif dan memilih toko yang menjual perhiasan tersebut. Pilihlah toko yang terjamin dan terpercaya dan sudah memiliki track record penjualan yang bagus, agar terhindar dari penipuan. Jangan mudah termakan tawaran harga emas yang murah atau harganya tidak sesuai. Karena ada saja pedagang atau toko yang nakal yang mencoba untuk mengecoh pembeli. Kita bisa mencari tahu toko perhiasan emas terpercaya dengan menanyakan pada teman atau saudara. 

5.      Mempelajari tentang perhiasan

Seperti yang saya tulis di atas perhiasan emas bukan hanya untuk dipakai  tapi bisa bernilai investasi jangka panjang, jadi sebelum memutuskan membeli perhiasan cincin emas, pelajari mengenai bagaimana memilih emas perhiasan agar bernilai investasi, seperti minimum karat emas, harga beli dan jual.  

Tapi jika membeli sekedar untuk perhiasan, teman-teman bisa membeli cincin dengan bahan dasar lainnya seperti misalnya berlian, permata, palladium, dan juga platinum. Dengan mengetahui berbagai jenis dan bahan dasar perhiasan, itu bisa membantumu agar tidak mudah tertipu oleh penjual-penjual yang nakal. 


Tidak ada komentar