Yang Harus Diperhatikan Kalau Memiliki Kartu Kredit

Yang Harus Diperhatikan Jika Apply Kartu Kredit Secara Online

Bagi sebagian orang memiliki kartu kredit menjadi kebutuhan dan gaya hidup karena kemudahan menggunakannya kapan dan dimanapun, namun jika tidak bijak menggunakannya atau tidak paham apa dan bagaimana kartu kredit, bisa menjebak dalam lilitan hutang dengan bunga mencekik. Belum lagi kalau tidak bayar dikejar-kejar deb collector, istilah untuk orang yang disewa bank untuk mengejar yang telat/menunggak membayar kartu kredit, biasanya deb collector ini serem dan galak-galak, so jangan sampai berurusan dengan mereka. Kalau tidak perlu banget, sebaiknya hindari menggunakan kartu kredit.

Yang harus diingat dengan baik kartu kredit itu kartu untuk meminjam/berhutang  jadi pertimbangkanlah saat akan memiliki, dan jika sudah memiliki, bijaklah saat menggunakannya, jangan pernah merasa karena mudah meminjam kita memakai seenaknya, tanpa mempertimbangkan resikonya. Segala sesuatu kembali pada pertimbangan menentukan prioritas saat membeli sesuatu menggunakan kartu kredit.

Tapi kalau merasa perlu memiliki kartu kredit, perhatikan hal-hal berikut ini;

Tanggal jatuh tempo

Tanggal jatuh tempo adalah tanggal dimana kita harus membayar tagihan kartu kredit. Tanggal jatuh tempo berbeda untuk setiap bank, jadi tidak selalu diawal atau diakhir bulan. Penting banget untuk mengingat tanggal jatuh tempo karena jika kita membayar tagihan kartu kredit terlambat dari tanggal jatuh tempo walaupun satu hari dikenakan bunga.

Bunga bank

Bunga bank adalah biaya yang dibayarkan saat membayar jasa atas peminjaman uang yang diberikan oleh bank dalam periode tertentu. Bunga ditentukan melalui persentase dari jumlah simpanan atau jumlah pinjaman.



Misal jika bunga 10% berarti saat meminjam 1 juta rupiah, harus dibayarkan sebesar 1.100.000 rupiah. Dan bunga ini berlaku untuk satu bulan jadi jika 2 bulan tidak membayar bunga akan bertambah sesuai hitungan bulan. Jadi jangan pernah menunda hutang ya, karena bunganya akan terus berjalan seiring waktu.

Dalam kartu kredit, ada istilah bayar bunga, artinya bayar bunganya saja, biasanya tawaran dari pihak bank saat kita tidak sanggup bayar dengan hutang pokoknya, namun itu hanya bersifat sementara, hutang kita tetap ada dan  tidak berkurang. Rugi ga sih? Ya rugi. Jadi sebaiknya jika tidak sanggup bayar jangan berhutang. Jika tidak penting membeli barang jangan beli daripada berhutang.

Biaya administrasi kartu setiap satu tahun

Ada biaya administrasi yang harus dibayar setiap tahun jika memiliki kartu kredit, besarnya tergantung bank dan jenis kartu kredit, makin besar limit kartu kredit yang kita miliki, makin besar juga biaya administrasinya. Biaya ini wajib dibayar dan biasanya didebet langsung ke dalam tagihan. Dipakai atau tidak dipakai biaya ini tetap dikenakan, jadi jika tidak lagi menggunakan kartu kredit segera tutup dengan cara menghubungi costumer service. Karena jika kita menutup kartu kredit dengan cara tidak menggunakannya tapi tidak menghubungi CS untuk menutup, tagihan administrasi tahunan akan tetap berjalan.

Limit kartu kredit

Setiap kartu kredit memiliki limit atau batasan berapa rupiah bisa digunakan/dipinjam. Misal limit 6 juta rupiah maka yang bisa dipinjam 6 juta rupiah tidak lebih.

Pin bersifat rahasia

Setiap kartu kredit kini diwajibkan memiliki pin, pin bersifat rahasia agar kartu tidak digunakan orang lain saat hilang. Pin sebaiknya diganti secara periodic dan jangan gunakan pin dengan variasi angka tanggal lahir karena mudah ketebak.

Gunakan secara bijak

Sebelum meng apply kartu kredit sebaiknya dipertimbangkan baik-baik, perlu ga sih punya? Kalau sudah punya bisa ga menggunakannya secara bijak. Bisa ga, kuat nahan godaan sale saat tengah bulan. Kalau teman-teman tipe yang hobi shopping dan suka kalap lihat sale, sebaiknya pertimbangkan baik-baik ketika akan membuat kartu kredit. Jika tidak punya penghasilan tetap setiap bulan, sebaiknya pertimbangan saat akan membuat kartu kredit, agar tidak terjebak dala,m lilitan hutang saat telat/tidka bisa  membayar.

Btw, sebelum memiliki kartu kredit sebaiknya paham literasi keuangan dulu ya, dengan melek literasi keuangan, kita akan lebih bijak mengelola pendapatan dan mengeluaran.

Tips lain seputar  kartu kredit bisa cek di https://www.cekaja.com/kartu-kredit 

 

Tidak ada komentar