4 Resep Jajanan Viral Selama Pandemi 2020

4 Resep Jajanan Viral Selama Pandemi 2020

Kue kelepon yang viral karena difitnah


Ada yang sudah nyobain odading mang Oleh Bandung? Yang orang Bandung mana suaranya nih hahaha. Odading atau kalau di Jakarta dan Bogor namanya kue bantal, mendadak viral gara-gara diendorse Ade londok. Sebenarnya hal biasa makanan di endorse di intagram, tapi jarang yang sampai viral pun kalau diendorse selegram efeknya ga selalu viral.

Odading Mang Oleh, Rasanya seperti menjadi Iron Man

Kenapa diendorse Ade Londok   jadi viral? Salah satunya mungkin karena gaya endorsenya yang nyeleneh dan kasar, karena diakhir kalimat endorsenya menyetarakan keenakan odading dengan Anj***.  Ini yang agak gimana-gimana ya

Ade londok pun ngehits sampai diangkat jadi duta kuliner sama kang Emil gubenur Jabar. Banyak yang kontra dengan pengangkatan AdeLontok  jadi duta kuliner karena kata-kata kasarnya. Tapi mungkin ini cara kang Emil merubah sedikit gaya endorse  Ade     karena setelah saya stalking ke IG nya, endorsenya ga pake kata Anj*** lagi tapi diganti  ‘rasanya asoy geboy’.

Gara-gara odading mang Oleh timeline IG saya banyak  foto odading, maklum ya berteman dengan orang yang suka  moto dan masak, jadi yang wara-wiri di TL makanan melulu ๐Ÿ˜€.

Jadi pengen bikin odading juga karena memang anak-anak di rumah suka kue bantal  plus lagi suka praktik bikin-bikin, plus suka motret (jadi bukan sekedar demi konten ya ๐Ÿ˜). Sempat bingung mau pake resep yang mana karena banyak versinya, akhirnya diambil yang paling simple menurut saya, berikut resepnya;




Sebelum Odading mang Oleh  viral, ada 3   jajanan lain yang viral yaitu; 

Kelepon, jajanan pasar yang viral karena difitnah

Tahu donk kenapa kelepon, jajanan pasar khas Indonesia ini mendadak viral. Yap karena difitnah orang tidak bertanggung jawab atas nama agama. Dan seteleh ditelusuri (saya sih ga menelusuri langsung tapi baca status beberapa teman yang menelusuri langsung) akun yang mensharenya akun fake, alias no nama, akun baru dibuat dan fotonya nyolong foto orang terus diedit.  Dari namanya pun sudah aneh, Abu Ikhwan, klo beneran orang muslim paham ga mungkin namanya bapak laki-laki :)  

Kelepon yang difitnah 

Ada yang kepancing jadi menjelekkan agama islam dengan kehebohan ini? Banyak. Beberapa orang muslimnya sendiri malah balik nyinyirin soal islam tanpa tabbayun (cek dan ricek) kebenaran berita si kelepon.  Duh keterlaluan ya demi memecah belah kerukunan beragama bikin fitnah seperti ini, dibuat sengaja untuk memanas-manasi situasi. Fiks ga ada akhlak pelakunya. Saya kesel juga karena yang ngeshare berita ini di FB seorang teman blogger yang kadang  teriak-teriak soal berita anti hoax, teriak toleransi, lha giliran kehoaxan yang menyitir agama orang lain di share! Waduh kenapa jadi (kepancing) emosi jiwa begini ๐Ÿ‘ฟlupakan…

Kelepon  wari-wiri di time line sampai jadi tema tantangan upload kompakan. Jadi tertantang praktik kue kelepon tapi gagal, gagal segagal gagalnya, ga kemakan  akhirnya nyerah, beli kelepon di tukang kue putu yang suka lewat sore hari lalu cekrek saya foto.

Yang mau resep kue kelepon coba intip nih akun IG masak-masak dan bisnis kue tradisional mba Erna di sini teman yang saya kenal saat Jelajah Gizi Nutrisi untuk Bangsa di Bogor.

Boleh baca Jelajah Gizi Bogor 

Korean Garlic Cheese Bread  viral karena drakor

Dugaan saya karena Drakor si Korean Garlic Cheese Bread jadi viral di Indonesia dan  wara-wiri di timeline. Drama Korea tidak hanya membuat baper penontonnya juga menularkan beragam kuliner Korea pada lidah orang Indonesia, setelah sebelumnya   seperti mie Samyang  jadi jajanan yang familiar.

Korean Garlic Cheese Bread ini rasanya asin dan gurih, cocok dengan lidah orang Indonesia, tidak heran selain viral jadi varian roti yang menjanjikan untuk dijadikan bisnis.

Korean Garlic Cheese Bread merupakan jajanan pinggir jalan Korea tepatnya di stasiun Gangnam, Seoul.

Karena penasaran nyoba bikin dech, hasilnya sesuai ekspektasi, rotinya kurang lembut ๐Ÿ™ˆ, saya memang ga bisa bikin roti dan belum punya mixer buat bikin roti jadi diuleni pake tangan seadanya. Tapi rasanya kejunya sih mantap, oh yak arena di rumah ga ada , diganti cacahan daun seledri.

Untuk basic  rotinya sendiri bisa pake resep roti apa saja sebenarnya, karena khasnya terletak pada cream dan bentuknya yang bulat. Saya memakai resep roti Easy Milk Bread dari resepnya Mba Eliza Setiawan, bisa cek IG nya. 

Kalau mau praktis bisa banget nih roti tawar biasa di kasih cream cheese resep Korean garlic terus dipanggang. 

 



Pangsit Goreng Le Gino

Pangsit goreng  Le Gino yang kiosnya terletak di daerah Cengkareng Jakarta Barat viral sekitar bulan Juni 2020, kabarnya harus antri berjam-jam untuk menikmati seporsi pangsit goreng ini. Kenapa viral? Kabarnya karena rasanya enak (saya sendiri belum nyoba jadi baru katanya hehehe), direview banyak food vlogger dan mungkin karena bisa dibilang resep baru, biasanya pangsit dimasak berkuah atau sebagian campuran bersama mie ayam.

Membuat pangsit goreng Le Gino saya   pake resep improvisasi, pangsitnya saya buat pake resep dimsum ayam, kulitnya juga pake kulit dimsum hanya bentuknya dibuat bentuk pangsit. Resep gorengnya pake resep mie goreng. Resep saya tulis di bagian bawah.


Resep Pangsit Ayam (saya pake resep dimsum ayam)





 
 Resep Pangsit Goreng

Bahan

20 buah pangsit

2 butir  telur

1 genggam tauge

2 ikat sawi

2 sdm kecap

1 sdm bumbu suas tiram kikomen

Daun bawang seledri secukupnya

 

bumbu halus

6 butir bawang merah

4 butir bawang putih

½ sdt merica

1 sdt garam

Cara memasak


Orek telur, sisihkan. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan toge, tumis hingga layu, masukkan pangsit, sawi,kecap, saos tiram dan telur orek,  aduk hingga rata, tambahkan garam dan merica, koreksi rasa. Masukkan daun bawang, aduk sebentar, angkat pangsit. Hidangkan selagi hangat. 


Ada yang mau menambahkan, jajanan viral apalagi selama pandemi 2020 ini?




2 komentar

  1. Korean garlic ini sempet hits banget mbak, aku juga ikutan ga mau ketinggalan buat order juga
    Kalau di Jember sebutan odading adalah roti goreng dan ini bisa dibilang hampir selalu beli kalo pas pengen

    BalasHapus
  2. Aku semuanya nyobain, tp beli mba, yg beneran nyoba bikin cuma klepon hahahaha. Itupuuuuun, gagal jugaa -_-. Kalo bagian kuenya yg ijo2 udh sukses, tapi nth kenapa isian gula nya itu ga bisa cair sempurna. Perasaan aku ksh gulanya ga pelit. Tp ttp aja rasanya ga pecah gitu loh. Ga muncrat juga pas digigit hahahaha. Itu gimana yaaa.

    Aku tanya mama yg slalu sukses bikin klepon muncrat. Gulanya hrs gula aren, ga bisa gula merah biasa. Beda ntr isiannya. Tapi yowislaah.. udh telanjur males nyoba wkwkwkkw. Akhirnya beli juga. Lah kalo sebatas klepon udh begitu, apa kabar kue viral yg lain :D. Untungnya aku dikeliling temen2 yg pada jualan kue2 di atas :D. Jd aku pilih gampangnya aja, beli jadi :D

    BalasHapus