Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 11 Desember 2019

Rice Cooker Cosmos HARMOND, Anti Gores dan Tidak Mengelupas, jaga nasi tetap sehat

Rice Cooker Cosmos HARMOND, Anti Gores dan Tidak Mengelupas, jaga nasi tetap sehat

Rice Cooker Cosmos Harmond

Ibu saya pernah bilang, makan enak itu salah satunya ditentukan oleh nasi bukan hanya lauknya. Kalau nasinya pulen, teksturnya pas tidak keras (kering) atau tidak lembek (basah), makan dengan apapun jadi nikmat. Dengan sambal, lalap, dan  goreng ikan asin pun kalau nasinya pulen, jadi nikmat.


Nasi dengan  ayam goreng kalau nasinya keras atau sebaliknya terlalu lembek, jadinya ga nikmat. Bener gak? Kalau berdasarkan pengalaman sih iya banget. Nasi lembek karena saat memasaknya kebanyakan air, atau nasi kering karena Rice Cooker lupa dicabut setelah nasi matang, bayangan makan nasi ayam goreng plus sambal lalap ala – ala restoran sunda pun ambyar hehehe.

Eit, ternyata  nasi pulen saja  tidak cukup lho, nasi yang kita konsumsi setiap hari harus menyehatkan, tidak terkontaminasi bahan kimia berbahaya. Bahan kimia berbahaya yang mengkontaminasi nasi biasanya dari lapisan anti lengket panci Rice Cooker yang mengelupas, karena lapisan anti lengket umumnya berasal dari bahan kimia perfluorooctanoic (PFOA) yang bersifat karsinogenik atau memicu timbulnya penyakit kanker.

kebayangkan bahayanya menggunakan Rice Cooker yang lapisan pancinya mengelupas untuk kesehatan keluarga?

Tapi kini ada lho Rice Cooker Sehat yang pancinya Anti Gores dan Tidak mengelupas, sehingga nasi yang dimasak aman dan lebih sehat yaitu Rice Cooker Cosmos HARMOND CRJ – 6288.

Cosmos HARMOND merupakan pelopor rice cooker  anti gores pertama di Indonesia.

HARMOND adalah teknologi Anti Gores pada innerpan (panci) Rice Cooker Cosmos. Panci diproses dengan teknologi khusus dan didinginkan ke temperature mendekati nol  sehingga innerpan (panci) menjadi Anti Gores, Tidak Mengelupas, lebih sehat dan tahan lama.

Dengan HARMOND panci Rice Cooker menjadi Anti Gores dan Tidak Mengelupas walaupun disikat dengan sikat baja. Partikel lapisan yang mengelupas sangat berbahaya apabila mengkontaminasi nasi, karena umumnya bersifat karsinogenik yang bisa memicu penyakit kanker.

Saya sudah membuktikan jika Rice Cooker Cosmos Harmond anti gores dan tidak mengelupas lapisan pada pancinya dengan menyikatnya dengan kawat baja. Videonya bisa dilihat di sini.

https://www.instagram.com/p/B59DeB9gbnt/?igshid=g6jm0t3v7q4m

Rice Cooker Cosmos Harmond juga dilengkapi pegangan panci yang ergonomis dan tahan panas sehingga memudahkan saat memasak nasi.


Pegangan ergonomis dan tahan panas
Rice Cooker Cosmos HARMOND tersedia dalam dua ukuran yaitu 2 L dan 0.8 L dengan beberapa warna pilihan yaitu hijau, merah dan biru.

Review versi vlog mengusul di www.youtube.com/c/rinasusantivlog 

Tips Memasak dan Menjaga Nasi Tetap Sehat
Memasak nasi itu mudah, tinggal cuci bersih, tambah air, masukkan ke dalam Rice Cooker, nyalakan, tak sampai satu jam, nasi matang. 

Tapi walaupun mudah, saya yakin banyak teman – teman pernah punya pengalaman buruk seputar memasak nasi, entah nasi jadi basi - padahal belum seharian, nasi kering karena Rice Cooker lupa dimatikan setelah nasi matang, nasi lembek karena saat memasak nasi kebanyakan air,  nasi terlalu lengket di panci Rice Cooker atau nasi berkutu dan berbau karena lembab.

Berikut sedikit sharing tip memasak dan menjaga nasi tetap sehat

Penyimpanan beras yang tepat
Banyak yang tidak menyadari jika penyimpanan beras yang tepat berpengaruh pada kualitas nasi. Beras sebaiknya  disimpan di tempat khusus penyimpanan beras agar terjadi sirkulasi yang baik pada beras.




Jika beras di simpan di ember atau container menyebabkan sirkulasi beras tidak sehat, karena beras yang berada di tumpukan paling bawah menjadi sulit diambil sehingga semakin lama tertumpuk dan dapat menyebabkan munculnya kutu beras, serangga, beras mudah apek dan tidak higienis.

7 keunggulan Sarana Penyimpanan Beras Cosmos 007 – Pundi
FIFO Technologi (first in first out) Beras yang masuk pertama akan keluar terlebih dahulu.
Ukuran compact (praktis) Kapasitas hingga 7 kg ( tidak memakan banyak tempat)
Pull N Dispense ; sekali Tarik, satu takaran 130 g tersedia otomatis
Anti Slip lekat dan tidak bergeser
Bebas kutu
Bebas karat
Kualitas beras tetap terjaga

Memasak dengan Rice Cooker berkuatitas
Pastikan nasi dimasak dengan Rice Cooker berkualitas, yang lapisan pancinya tidak mengelupas. Saya sudah beralih ke Rice Cooker Cosmos HARMOND, yang pancinya anti gores, tidak mengelupas, lebih sehat dan tahan lama. 

Aduk nasi setelah matang

Aduk nasi setelah matang

Mengaduk nasi 5 menit setelah matang dapat membuat nasi tidak cepat basi, tidak kering, dan lebih tahan lama, karena dapat mengeluarkan air yang terperangkap diantara butiran nasi, sehingga mempermudah proses penguapan air.

Matikan listrik jika nasi sudah matang
Jangan mencolok Rice Cooker terus – menerus sepanjang hari karena akan membuat nasi cepat kering, basi dan nutrisi pada nasi menjadi hilang. Cukup hangatkan nasi 30 menit sebelum dimakan.

Membuat nasi tumpeng mini dengan Rice Cooker Cosmos Harmond




Nasi tumpeng identik dengan perayaan, seperti syukuran atau event istimewa lainnya. Tapi kemarin saya membuat nasi tumpeng bukan karena si kecil lagi ultah, hanya ingin dan mengejar

Bahan
Beras
Santan dari ½  butir kelapa
Daun salam, daun jeruk dan serai, masing – masing 1.

Bumbu halus
Tiga bawang merah
Dua bawang putih
Satu ruas jari kunyit

Cara Memasak
Cuci bersih beras. Masukkan bumbu halus dan santan, santan yang digunakan sebanyak ukuran ruas jari dari permukaan beras dalam panci Rice Cooker Cosmos.

Lap permukaan panci Rice Cooker sebelum di masukkan ke dalam Rice Cooker, tutup lalu nyalakan. Biarkan nasi matang, sekitar 40 menit. Aduk – aduk nasi, lalu cabut listriknya.

Saat akan disajikan nasi dibentuk tumpeng mini dan dilengkapi lauk – pauk khas nasi tumpeng seperti ayam goreng, kentang, potongan timun, urap (saya skip), sambal  dsb.



14 komentar:

  1. Mbak Rina...pagi-pagi aku disuguhi tumpeng mini, duh enaknyaaa..Jadi pengin bikin akunya.
    ini warna Rice cooker Harmond cakep bener yaaa. Juga tempat berasnya. Wah, pengin beli ganti yang lama nih jadinya

    BalasHapus
  2. Sepaket lengkap ya pake cosmos, dari tempat beras sampai menanak nasinya. Emang cosmos terpercaya

    BalasHapus
  3. Penanak nasinya cocok banget untuk anak kos seperti saya, praktis dan hemat waktu.

    BalasHapus
  4. aku pake cosmos juga. mantep yaa rice cookernya. naksir tempat berasnya nih. daripada selama ini ditaro di ember ehehe

    BalasHapus
  5. Merek Cosmos ini memang sudah terkenal dan jaminan mutu ya, Mbak. Saya juga ada beberapa peralatan yang pakai cosmos. Misalnya kipas angin dan tempat beras.
    Dan ini keren nih, rice cooker-nya. Bukan hanya sekedar masak biasa, tapi bisa nasi tumpeng juga.

    BalasHapus
  6. Wuih selain makin sehat, makan juga makin enak ya...
    Apalagi itu penyajian makanan nya meni menarik pisan. Bikin anak dan suami pengen makan terus deh hehehe...
    Doakan saya bisa membeli tempat menyimpan beras dan penanak nasi nya sekalian ya. Amin...

    BalasHapus
  7. Sekarang sudha banyak inovasi bikin ini itu dari satu alat aja ya mak.baguslah ya menurutku, karena kalau dapurnya kecil alangkah ribetnya kalau mau baking kudu beli oven dulu. Kalau mau bikin naskun kudu beli panci sama dandang kukusan dulu. Keren cosmos 🤗

    BalasHapus
  8. Saya jadi pengen beli produk Cosmos nya mba soalnya belum punya, semoga nanti ada rezeki dan salam kenal ya

    BalasHapus
  9. Wah enaknya klau punya rice cooker macam cosmos ini ya mbak. Cocok buat anak kos neh ukurannya pas. Bisa masak nasi hingga bikin kue, kian praktis ya.

    BalasHapus
  10. Wah Ada yg kecil ya 0.8liter . Kebetulan rice cooker dirumah pakainyg kecil Dan sudah Minta ganti . Apalagi cosmos sudah terbukti kualitasnya

    BalasHapus
  11. Duuuh ngiler aku lihat tumpeng nasi kuningnya
    Apalagi dimasak pakai rice cooker harmond yang anti gores
    Pasti nasi lebih enak dan sehat deh

    BalasHapus
  12. Asik cosmos yang baru ya mbak, bisa buat nasi tumpeng. Varian warnanya cakep euy, hijaunya. Masaknya cuma 40menit. Btw, harganya kena berapa nih?

    BalasHapus
  13. Saya juga suka bikin nasi kuning pakai rice cooker. Praktis banget. Kalau Cosmos termasuk andalan untuk urusan beras

    BalasHapus
  14. aku juga seneng banget sama teknologi harmond di rice cooker cosmos ini yang membuat makanan jadi anti gores,
    selain pulen, nasi juga tetap sehat

    BalasHapus

find me