Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 01 November 2019

Oleh – oleh kekinian dari Kota Bogor

Oleh – oleh  dari Kota Bogor

Post blog ini masih ada hubungannya sama acara Jelajah Gizi Bogor yang saya ikuti pertengahan bulan Oktober lalu yang  liputan pernah saya tulis di Jelajah Gizi Bogor; Aksi Kita Menentukan Masa Depan.


Sejalan dengan tema Hari Pangan Sedunia yang jatuh tanggal 16 Oktober, yaitu Aksi Kita Menentukan Masa Depan, Jelajah Gizi Nutricia – Sarihusada eksplorasi potensi pangan Kota Bogor dan mendorong implementasi healty diets untuk Bumi dan Masyarakat yang lebih sehat.

Jelajah Gizi Bogor 

Selain menjelajah makanan khas daerah, dari mulai icip –icip kuliner di sepanjang jalan Suryakencana kita juga mengunjungi perkebunan Boja Farm, melihat bagaimana proses penanaman, mengunjungi perkebunan Talas, umbi – umbi an khas Bogor dan pengolahan beragam camilan dari buah Pala. Yap, Jelajah Gizi ga sekedar icip – icip, peserta diajak langsung melihat bagaimana proses makanan sampai ke tangan konsumen, dari mulai penanaman, pengolahan dan penyajian. Dan yang tak kalah penting mengetahui kandungan gizinya, dengan narasumber yang menemani sepanjang acara Jelajah Gizi berlangsung Prof. Ahmad Sulaeman, pakar gizi dan ketahanan pangan IPB.

Boleh baca Jelajah Gizi Bogor; Aneka olahan buah pala, oleh - oleh khas kota Bogor
Di 2 blog post sebelumnya saya menuliskan kuliner khas daerah, kali ini kuliner kekinian yang menjadi oleh – oleh kota Bogor.  Istilah kekinian saya ambil karena makanan ini bisa dibilang bercitarasa western yaitu roti, cake dan pasta.

Sejalan dengan yang  diungkapkan Prof Ahmad; Pola konsumsi masyarakat memang berubah – rubah sesuai dengan perkembangan jaman. Yang penting adalah menyadarkan masyarakat bahwa pola makan yang sehat merupakan hal yang dapat diakses dan didapatkan secara mudah.


Roti, pasta dan cake, kini  bukan makanan asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, ketiga jenis makanan ini mudah didapat di manapun, dari toko kue sampai supermarket menjualnya, lalu apa yang menjadi khasnya ketika ketiga jenis makanan ini menjadi oleh – oleh khas sebuah kota? Pertama, biasanya karena makanan ini dijual dan dibranding di kota tersebut. Kedua, tidak dijual kota lain. Ketiga, memiliki kekhasan tertentu, sama – sama cake, pasta atau roti tapi ada yang membuatnya unik dibanding makanan sejenis yang beredar luas di pasaran.

Apa aja sih oleh – oleh kekinian khas Kota Bogor?

Makaroni Panggang (MP)

Makaroni Panggang (MP) sebagai oleh – oleh khas kota Bogor ini sempat ngehits lho, katanya orang sampai ngantri untuk beli macaroni atau risoelsnya - katanya lho ya karena saya sendiri tidak pernah mengalaminya.




Menutupan acara Jelajah Gizi kemarin diadakan di resto Makaroni Panggang, bersamaan dengan makan siang. Menu utama di resto ini steak dan macaroni, walaupun begitu ada juga makanan lokalnya. Tapi kebanyakan peserta memesan steak, mungkin karena makanan lokal sudah biasa dinikmati di rumah ya hahaha.


makaroni panggang 


Eit, kami tidak sekedar menikmati macaroni, apple pie  atau steaknya MP yang maknyus, di sini juga kami berbincang – bincang dengan 2 co-founder Makaroni Panggang, foundernya bu Baby Ahnan tidak bisa hadir.  Berbagi suka dan dukanya mendirikan dan menjalankan bisnis kuliner. Inspiratif!


Apple Pie
Ide awal  resto MP terbentuk karena ingin menyajikan makanan yang selama ini terkesan mahal dan mewah (sehingga tidak dijual disembrang tempat harus ke hotel atau restoran mahal) kini bisa dinikmati dengan mudah dengan  harga terjangkau. Produk yang pertama kali Bu Baby dan kedua temannya jual adalah Pia Apple Pie tahun 1999, sebelum akhirnya membuka restoran Makaroni Panggang (MP).

Untuk menyiasati agar harganya terjangkau, menggunakan bahan baku lokal termasuk daging. Namun ada beberapa daging untuk steak yang masih import, jadi harganya lebih mahal.

Restoran MP juga  didirikan dengan membawa misi sosial, rekrutmen karyawan tidak berdasarkan ijasah (ga punya ijasah juga bisa kerja di MP asal ada  kemauan kerja karena setiap calon karyawan akan mendapat training. Namun begitu pihak MP membuka kesempatan pada karyawannya untuk berkembang, melanjutkan pendidikan, jadi jangan heran ya kalau karyawan MP ada yang nyambi kuliah atau ngejar paket A.

Seiring waktu, bisnis kuliner menjamur, pamor MP menurun . Jika dulu tak perlu menjemput konsumen, kini MP ditantang kreatif agar tetap bisa eksis dan bersaing dengan bisnis kuliner serupa.

Prof. Ahmad mengulas kandungan gizi macaroni panggang yang kaya protein dari daging, karbohidrat dan kalsium dari keju. Pihak MP juga mendapat beberapa masukan dari Prof. Ahmad terkait pengadaan daging lokal. 

Penutupan Jelajah Gizi Bogor

Setelah melalui 3 hari 2 malam acara Jelajah Gizi Bogor berakhir, pada acara penutupan ini diumumkan juara lomba antar tim dan perorangan di  media sosial instagram dan twitter yang diadakan selama Jelajah Gizi Bogor berlangsung. Alhamdulillah menang lomba twitter, dapat voucher hehehe.


alhamdulillah menang 

Dan kejutannya, tim saya tim oregano menang juara 1 untuk lomba antar tim. Hadiahnya lumayan banget donk, Alhamdulillah.

Roti Unyil

ukuran kecil rasa mantap
Oleh – oleh kota Bogor lain yang terkenal adalah roti unyil. Roti dengan ukuran kecil, teksturnya lembut dan dengan beragam varian rasa. Jika weekend toko unyil venus yang terletak di jalan Padjadjaran ini selalu ngantri, jadi pastikan pagi – pagi ya teman kalau membeli roti unyil.

Roti Unyil Venus Bakery pertama kali didirikan tahun 1992 oleh Bapak  Hendra Saputra Hawidjaja mengangkat ide roti dengan ukuran yang lebih kecil dari umumnya yang diberi nama roti unyil.

Demi mewujudkan keinginan untuk memproduksi roti yang sehat bagi konsumen, Rori Unyil Venus Bakery selalu menjual produk roti fresh yang diproduksi di hari yang sama dan tanpa menggunakan bahan pengawet.

Berawal dari industri rumah tangga tahun 2012  venus bakery merubah status usahanya menjadi perseroan terbatas dengan nama PT. Venus Prima Sentosa.

 



Lapis Talas Bogor Sangkuriang



Talas adalah bahan pangan khas Bogor. Pangan yang termasuk umbi – umbian ini dapat diolah menjadi beragam makanan termasuk cake. Lapis Talas Bogor Sangkuriang adalah cake dengan bahan dasar tepung talas. Digagas sepasang suami istri, Rizka dan Anggara pada tahun 2011, kini Lapis Talas Bogor dikenal sebagai salah satu oleh – oleh khas kota Bogor.


lapis talas






Teman - teman ada yang mau menambahkan, oleh - oleh kekinian lain dari kota Bogor ? 
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

find me