Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 06 November 2019

Mengenali Keterlambatan Bicara pada Anak

Mengenali  Keterlambatan Bicara pada Anak

Beberapa bulan lalu Ibu  saya dibuat khawatir karena cucu ke - 4 nya sampai 1.5  tahun belum mampu mengucapkan satu kata pun,  hanya mengoceh tak jelas. 

"Kenapa ya, Mama punya anak 5 belum setahun udah bisa ngomong satu dua kata.  Cucu mama yang lain juga begitu."
"Ada masalah sama pendengaran kali," ujar saya. Saya dan Ibu tinggal di beda kota. 
"Nggak," jawab Ib  tegas."Kalau dipanggil nengok, diajak becanda ngerti. diajak ngobrol juga ngerti.  misal di suruh duduk ya duduk. Ngerti kata makan, lari, cium."

Kekhawatiran Ibu menular pada saya. Kalau ke Bandung dan ketemu ponakan saya suka memperhatikan mata dan kefokusannya karena khawati ada gangguan perilaku. Tapi ternyata si anak fokus dan matanya balik menatap apalagi kalau diajak becanda.


Alhamdulillah di usianya sekarang yang berumur 2 tahun sudah bisa mengucapkan beberapa walapun jika menilik  tabel perkembangan bicara anak normal  masih di bawah standar. Kalau diingat - ingat ternyata penyebabnya keseringan diberi gadget entah  handpohone atau tontonan tv. 

Buat teman - teman yang memiliki anak bayi dan balita berikut tabel perkembangan bicara anak. Oh ya setiap anak memang unik dan tidak sama tumbuh kembangnya tapi selalu ada batas minimal dan batas ini yang harus diperhatikan agar jika terlambat bisa segera ditangani oleh dokter ahli. 



Beberapa penyebab anak terlambat bicara atau speech delay 

Kurangnya Stimulasi
Beberapa stimulasi yang bisa dilakukan agar anak tidak terlambat bicara diantaranya mengajaknya bercakap -cakap, menyebutkan setiap nama benda yang dilihat anak  secara berulang - ulang, mengulang kata kerja yang biasa dalam keseharian, membacakan buku.

Bingung bahasa
Biasanya terjadi pada anak yang diajari dua bahasa sekaligus terlalu dini. Tapi kasus ini tidak terjadi pada setiap anak jadi jangan heran jika ada ibu  yang ngotot berkata," Anak saya dari bayi diajak ngobrol bahasa dua bahasa baik - baik aja."

Ini juga yang  terjadi pada salah satu kerabat   yang  sejak bayi anak - anaknya diajari dua bahasa, Indonesia dan Inggirs. Anak pertama dan kedua tidak ada masalah, tak heran saat usia SD bahasa inggrisnya udah fasih. Problem terjadi di anak ketiga, begitu masuk usia sekolah (TK) kesulitan berkomunikasi dengan teman dan gurunya. sampai harus mengikuti terapi dan akhirnya didiagnosis disleksia.

Ada yang tahu apa itu disleksia? Disleksia adalah gangguan dalam proses belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca, menulis atau mengeja. Sehingga penderita ini mengalami kesulitan dalam mengidentifikasikan kata - kata yang diucapkan dan mengubahnya menjadi kata atau kalimat.

Kelaian ini tidak mempengaruhi kecerdasan anak. 

Gangguan Pendengaran 
Gangguan pendengaran pada anak bisa terdeteks jika anak selain tidak bisa mengucapkan kata juga tidak memahami perintah dan tidak menunjukkan ekspresi saat telinganya diperdengarkan suara bisikan hingga keras. Jika ini yang terjadi sebaiknya si kecil segera di bawa ke dokter, untuk penanganan lebih lanjut seperti terapi atau pemasangan alat bantu dengar. 

Gangguan Perilaku 
Suatu hari saat buka chanel youtube, di timeline muncul channel Anji Manji penyanyi, yang temanya cukup membuat penasaran, yaitu tentang salah satu anaknya yang berkebutuhan khusus, autis. setelah menontonnya saya jadi tahu, Anji dan istrinya tidak ngeh anaknya mengalami gangguan perilaku sampai keduanya berkonsultasi ke dokter anak dengan keluhan si anak terlambat bicara. setelah dilakukan beberapa screening dan dengan dokter berbeda (Anji melakukan second opinion) ternyata anaknya memang mengalami gangguan perilaku.

Saya jadi paham ternyata keterlambatan bicara pada anak bisa jadi salah satu tanda gangguan perilaku. 

Disabilitas intelektual
Anak - anak disabilitas intelektual atau dengan IQ dibawah 70 - 75 kemungkinan besar mengalami keterlambatan bicara karena lambatnya kemampuan anak dalam proses belajar komunikasi  dan penggunaan bahasa verbal.

Jika sudah tahu penyebab keterlambatan si kecil bicara, sebaiknya segera berkonsultasi dengan tenaga ahli yaitu dokter anak untuk mendapat rujukan terapi yang diperlukan.

 Teman - teman bisa tonton video berikut ini




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

find me