Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 22 September 2019

Susu Pertumbuhan Anak

Pentingnya Susu Pertumbuhan Anak 

Membiasakan anak - anak tetap minum susu pertumbuhan walaupun usia mereka sudah di atas 7 tahun, bagi saya bukan tanpa perjuangan lho. Apa sebabnya? Karena begitu menginjak usia sekolah mereka mulai ogah - ogahan minum susu dengan alasan bosan dan udah gede. 


"Aku kan bukan anak kecil lagi, masa minum susu terus."

Tantangan lain, saya lupa mengingatkan mereka untuk minum susu. Yap tidak seperti saat usia mereka batita, mereka punya jadwal khusus minum susu dan saya yang membuatkan. Jadi kalaupun saya lupa jadwal minum susu mereka, mereka yang mengingatkan. Mulai usia 6 tahun mereka belajar mandiri, termasuk menyiapkan makanan dan minuman. Otomatis tugas saya menyiapkan susu, sudah tidak saya lakukan. Karena susu bukan merupakan kebutuhan pokok, mereka pun kerap lupa minum.

Anak tumbuh dan berkembang hingga usia belasan tahun, meskipun bertumbuhannya lebih lambat dari masa bayi, mereka memerlukan kebutuhan nutrisi dan gizi yang tinggi karena aktivitas mereka pun sudah banyak dan padat, salah satu sumber alternatif untiuk memenuhi kebutuhannya adalah susu pertmbuhan anak.   Di sisi lain, mereka mulai kenal beragam makanan, mulai memilih - milih makanan yang disukai dan tidak disukai, dan mulai suka jajan.




Dan kebanyakan orang tua tidak tahu jika pilihan makanan anak - anak saat ini berpengaruh besar pada pilihan makanan mereka saat mereka dewasa. Kalau anak - anak terbiasa makanan junfood, jajan jajanan tak sehat, mereka akan berbiasa hingga dewasa jika kita sebagai orang tua tidak mengingatkan dan memberi pengertian pada mereka. 

Mengenalkan pengetahuan nutrisi dan gizi pada anak sejak dini
Bicara soal nutrisi dan gizi saya inget banget waktu kecil Ibu saya cerewet soal makanan dan jajanan, apa - apa dikaitkan dengan gizi, ga heran sampai saya dewasa (saat ini)  makan mie instan itu ga sehat dan mahal. Gimana tidak mahal, sebungkus mie instan lebih mahal daripada sebutir telur yang kaya nutrisi.  Jadi saat Ibu memasakan mie instan itu sebuah kemewahan hahaha. Ibu juga ga pernah nggak mengkritik jajanan yang kami makan. "Ini ga ada gizinya." "Gurih doank ga ada gizinya." karena sering diucapkan, kata - kata itu tertanam jadi saya ga suka makan ciki - ciki, kerupuk, dan permen. Sadar ga sadar saya menularkannya pada anak - anak, ga heran jika mengajak mereka belanja bulanan ke supermarket di belanjaan kami minum aneka jajanan. 

Jajanan favorit mereka ya buatan mamanya Boleh Baca 7 ide camilan sehat

Sejak dini saya menanamkan pengetahuan gizi dan nutrisi pada mereka dengan cara yang paling sederhana dan mudah dipahami. seperti soal vitamin dan mineral, yang kebanyakan ada dalam sayuran dan buah - buahan, protein dalam daging dan ikan, dsb. 
saya jelaskan juga fungsi - fungsinya yang sederhana, seperti vitamin A untuk kesehatan mata terdapat dalam wortel. 

Pengetahuan dan pengertian yang kerap saya ulang - ulang ini akhirnya menjadi mindset  sehingga mudah saat saya meminta mereka untuk tetap mengkonsumsi susu walaupun usia mereka sudah lebih dari 8 tahun. 

Mengapa harus minum susu pertumbuhan
"Kenapa sih Ma, aku harus minum susu?" saya yakin pertanyaan ini bukan hanya muncul dari si kecil saya. 

Untuk pertumbuhannya anak - anak memerlukan nutrisi dan gizi, susu pertumbuhan anak salah satu sumbernya. Beberapa nutrisi makanan yang dibutuhkan anak dan terdapat dalam susu diantaranya; 

Kalsium
Kalsium merupakan mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat. susu adalah salah satu sumbernya adalah susu. 

Folat
Folat merupakan nutrisi yang diperlukan pertumbuhan sel otak. 

Zat besi 
Mineral zat besi membanti menjaga sel - sel darah merah yang sehat. Kurangnya asupan zat besi dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. 

SGM Eksplor 5 plus

Salah satu rekomendasi susu untuk pertumbuhan anak usia 5 - 12 tahun. adalah SGM Eksplor 5 plus.



SGM eksplor 5 plus adalah salah satu susu pertumbuhan anak dengan formula complinutrisi untuk melengkapi nutrisi penting yang dibutuhkan si kecil di usia sekolah seperti minyak ikan, dan omega 3 dan 6. Serat pangan inulin, zinc dan vitamin C, vitamin D dan kalsium serta nutrisi penting lainnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

find me