Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 16 Mei 2019

Memasak Aman, Cepat dan Praktis dengan Panci Presto

Memasak Cepat dan Praktis dengan Panci Presto. Salah satu alat dapur yang recommended banget nih apalagi menjelang lebaran, kenapa? Karena masak ketupak jadi lebih cepat dan hemat gas. Bandingkan jika memakai panci biasa memasak ketupat bisa 5 sampai 6 jam. Dengan Panci Presto cukup 1 jam akalu ketupat banyak bisa sampai 2 jam lah.  




Panci presto yang saya miliki di rumah yang ukuran kecil,  4L,   jika memasak ketupat ukuran sedang bisa muat 10 ketupat. Cukuplah untuk keluarga kecil seperti saya.

Aman ga sih memasak pakai panci presto?
Sebelumnya saya termasuk yang takut lho pake panci presto karena bertekanan tinggi gimana kalau meledak? Ternyata ya ga bakal meledak, maksud tekanan tinggi, uap dalam panci bertekanan tinggi saat dipanaskan karena panci tertutup rapat tapi dilengkapi katup pengaman yang akan berbunyi dan mengeluarkan uap jika tekanan uap dalam panci tinggi.

Bisa meledak (muncrat keluar) isi pancinya jika dibuka saat masih panas. Jadi yang harus diingat saat menggunakan panci presto, setelah kompor dimatikan, biarkan panci sampai dingin. Jika ingin mempercepat proses pendinginan, perlonggar tutup panci dengan cara memutarnya sedikit, jangan sampai tutup terbuka, hanya agar uap dari dalam panci sedikit keluar.

Apa saja yang bisa dimasak panci presto dan berapa lama memasaknya?


Ungkep ayam dengan panci presto sebelum
digoreng, ayam jadi lebih empuk

Umumnya makanan yang dimasak dengan panci presto adalah  makanan yang membutuhkan proses masak lama jika dimasak panci biasa. Seperti daging ayam, daging sapi, kacang hijau, ketupat, membuat lupis atau membuat bubur nasi. Dengan panci presto makanan cepat lunak dengan waktu sebentar.

Lamanya memasak tergantung jenis makanan dan berdasarkan pengalaman. Saat membeli panci presto biasanya dilengkapi manual book dan di sana ada kisaran lamanya memasak untuk jenis –jenis makanan berbeda.


Daging iga agar empuk masak dengan
panci presto
Berdasarkan pengalaman saya biasa memasak daging iga sampai empuk, dagingnya terpisah dari tulangnya sekitar 3 jam dengan api sedang.
Untuk daging ayam ungkep maksimal 1 jam.
Kelebihan memakai panci presto rasa dan kandungan nutrisi makanan terjaga.

Cara Memasak dengan panci presto
Jika panci baru pertama kali beli, baca instruksi pemakaian.
Isi panci tidak lebih ¾ tinggi panci, agar ada ruangan untuk uap air dan makanan yang mengembang.
Lama memasak tergantung bahan makanan yang kita masak dan berdasarkan pengalaman.

Panci Presto yang saya miliki merk Maxim, bahannya anti gores dan anti karat dan mudah dibersihkan. Beberapa kali gosong saat saat memasak dengan panci presto sampai masakan mengerak di dasar panci, cara membersihkannya rendam dulu , lalu gosok dengan tapas, jika kerak tidak luntu oleh spon pencuci gunakan kawat pencuci yang anti gores – bukan kawat yang berwarna perak itu ya teman.

Yang saya suka dari panci Presto Maxim adalah warnanya yang dop, bukan  stailess steel yang mengkilap. Tapi ini sih soal selera hehehe.

Harga panci presto maxim di market place seperti Tokopedia, untuk ukuran 4L antara 200 – 25 K IDR, ukuran 7L antara 350 – 450 K IDR

Untuk memasak ketupak saya rekomendasikan pake panci presto karena lebih hemat waktu dan bahan bakar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar