Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabtu, 27 April 2019

Wisata ke Situ Gunung Part 1; Suspension Bridge

Suspension Bridge Situ Gunung Sukabumi. Assalamualaikum teman – teman.
Buat yang punya rencana liburan tidak jauh – jauh dari Jabodetabek, mungkin bisa mencoba salah satu destinasi  wisata di  Sukabumi.

Situ Gunung Suspension Bridge

Ada beberapa destinasi wisata rekomendasi  di Sukabumi diantaranya yang paling terkenal; Pelabuhan Ratu, Arung Jeram di  sungai Citarik, Geopark Ciletuh dan Situ Gunung,  salah satu kawasan wisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, terletak sekitar 15 km dari pusat kota Sukabumi. 

Review Suspension Bridge Situ Gunung versi Vlog bisa lihat di 






Bebarapa waktu lalu saya dan keluarga ke Situ Gunung. Berawal dari tawaran untuk membereskan anggrek – anggrek di green house vila bu bos, melintaslah  ide  kalau sekalian jalan – jalan biar sekalian capeknya, plus hemat karena  fee beresin anggrek bu Bos buat jalan – jalan. Yap, ke Sukabumi itu walaupun jaraknya dekat dari Jakarta capek karena macet. 

Untuk menghindari kemacetan mungkin teman – teman harus berangat sangat pagi, maksimal sampai Ciawi jam 6. Begitupun pulangnya kalau ga pagi banget ya sekalian malam hari.

Tol Bocimi
Lha ke Sukabumi kok macet kan ada  tol Bocimi? Tol Bocimi baru dibangun sampai      mungkin jika tol sudah sampai Cibadak (kota Sukabumi) perjalanan ke Sukabumi akan lancar jaya. Semoga ya karena bagaimanan pun kemacetan berpengaruh cukup signifikan pada pendapatan daerah yang berhubungan dengan tempat wisata.

Penginapan
Untuk penginapan berupa vila  di sekitar Situ Gunung memang ada tapi tidak ke trak ke Traveloka. Jadi kami menginap agak jauh dari Situ Gunung. Sebuah hotel dengan tarig sekitar 400 ribu permalam.

Di dalam Situ Gunung ada beberapa pilihan Camping Ground dari yang murah (tenda biasa) hingga Glamping.

Empat Tempat Wisata di Situ Gunung
Ada empat tempat wisata yang bisa teman – teman kunjungi di situ gunung hanya dengan harga tiket 50 ribu untuk orang dewasa dan 25 ribu untuk anak – anak. Empat tempat wisata itu adalah Situ Gunung Bridge , Curug Sawer (curug = air terjun), Situ   Gunung  (situ = danau) dan situ 

Suspension Bridge Situ Gunung
Bisa dibilang keberadaan Suspension Bridge ini yang menaikan trafik wisata ke Situ Gunung. Jembatan  yang disebut – sebut sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia ini memiliki panjang sekitar 243 meter yang melintang di atas jurang dengan ketinggian  sekitar 161 meter. 

Dari atas jembatan kita bisa menikmati lanskap hutan Gunung Gede Pangrango. Tapi buat teman – teman yang takut ketinggian sebaiknya pikir – pikir dulu jika akan naik jembatan ini hehehe.

Keamanan Suspension Bridge Situ Gunung
Insyaallah jembatan ini aman, selain setiap pengunjung dilengkapi kalabiner yang bisa dipasangkan pada jembatan jika keadaan darurat, petugas juga dapat mengukur keamanan jembatan saat dilintasi pengunjung dari besarnya goyangan jembatan. Jika pengunjung yang melintas sudah melebihi kapasitas petugas akan menghentikan sampai semua pengunjung di atas jembatan selesai melintas. Semacam ngantri.



Di sepanjang jembatan ada petugas yang mengontrol, memastikan pengunjung tidak sengaja mengoyang – goyangkan jembatan atau terlalu lama diam untuk selfie agar semua pengunjung dapat melintas.

View Suspension Bridge Situ Gunung
Jembatan ini dibangun dengan tujuan untuk wisata dan memudahkan wisatawan yang mengunjungi Situ Gunung untuk berkunjung ke Curug Sawer. Sebelum ada jembatan ini wisatawan  harus treking sekian km untuk sampai Curug Sawer yang terletak di bukit sebrang pintu masuk kawasan Situ Gunung.

Welcome Drink
Tiket masuk sudah termasuk welcome drink berupa teh atau kopi dan pisang/singkong kukus.

Tempat duduk depan panggung teater
Menikmati welcome drink

Panggung Teater 
Tak jauh dari pintu masuk ada panggung teater tempat digelarnya kesenian sunda untuk menemani mengunjung yang akan menyembrangi Suspension Bridge sambil menikmati welcome drink. Oh kesenian di panggung teater ini dimulai sekitar pukul 11. 

Menampilkan kesenian khas daerah

Tak jauh dari Panggung Teater ada spot instagramable untuk foto – foto dan menikmati lanskap Gunung Gede Pangrango. Spot yang juga merupakan café.

Part 2 Curug Sawer 



3 komentar:

  1. Kebetulan aku pengen kesana nih mba. Pengen rasakan lewat jembatan gantung itu. Seru kali ya.

    BalasHapus
  2. sukaaaa banget liatnya. kmrn itu a da 3 temenku yg pamer foto di sini di IG mereka.pas ngeliat lgs bilang suami, harus banget ksanaaaa hhahhaa.. aku pecinta ketinggian soalnya.. makanya kalo berdiri di tempat tinggi gini, lgs seneeeeng. kdg sampe mengkhayal, kenapa ga dibikin wisata bungee jumping sekalian. aku pasti ikut berkali2 ituuu :D.

    BalasHapus
  3. wah belum pernah ke sana, jembatan , kalau jembatan goyang aku suka takut asa mau jatuh

    BalasHapus