Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 20 Maret 2019

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Dalam tumis menumis tomat bukan termasuk bumbu inti seperti halnya bawang putih, bawang merah atau merica tapi kalau ditambah tomat rasanya beda, ada taste asam segar. Kalau istilah Ibu saya ‘leuwih mirasa’.

Saya pernah nyoba numis tahu taoge yang tanpa tomat dan ditambah tomat, rasanya lebih enak yang pake tomat. Begitu pula dengan sop, pake tomat rasanya lebih segar. Tapi ada kekurangannya kalau pake tomat masakan jadi mudah basi.

Terlepas dari soal taste dalam masak memasak, tomat memiliki banyak manfaat dalam kesehatan. Tomat pun bisa disajikan dengan beragam sajian, dari lalapan, salad, jus, pasta dan rujak tomat. Ada yang tahu rujak tomat? Istilah dari Ibu saya, yang sebenarnya ga cocok di sebut rujak karena ga pake bumbu rujak pada umumnya, hanya irisan tomat disajikan dengan susu kental manis hehehe.


Untuk membuat rujak tomat pilih tomat yang besar – besar, berdaging tebal dan segar, kalau saya menyebutnya tomat buah, bedakan dengan tomat sambal yang kecil – kecil dengan daging tipis. Tomat dikenal sebagai sumber vitamin A (beta karoten) dan vitamin C.

Jenis  tomat yang umum ada di pasaran
Tomat ceri
Disebut tomat ceri karena ukurannya kecil seperti buah ceri, daging buahnya tidak terlalu tebal, cocok digunakan untuk salad atau garnis. Biasa dijual di supermarket.

Tomat biasa 
Tomat yang biasa ditemukan dipasaran, bentuknya lonjong atau bulat, tidak seragam, dikenal dengan istilah tomat sayur karena tomat jenis ini biasanya digunakan untuk masakan karena memberi rasa sedap alami dari kandungan asam sitratnya.




Tomat hijau 
ukurannya lebih besar dari tomat ceri dan lebih kecil dari tomat plum, teksturnya keras karena kandungan airnya sedikit,di Indonesia umumnya tomat jenis ini digunakan untuk sambal atau bumbu pada masakan balado cabe hijau.

Tomat apel
Bentuknya bulat, dagingnya tebal, tomat yang cocok untuk dijadikan jus.

Tomat Beef
UKurannya besar, berdaging tebal, biasanya di jual di supermarket – supermarket. Cocok untuk membuat pasta atau saos tomat.




Berikut manfaat tomat untuk kesehatan 

Satu butir tomat bisa memenuhi 40% dari kebutuhan vitamin C harian. Vitamin A nya menjaga daya tahan tubuh, kesehatan mata dan kulit. Tomat juga mengandung vitamin K yang baik untuk tulang, kontraksi otot dan menjaga kestabilan tekanan darah.

Manfaat tomat untuk kesehatan bisa baca di sini 

Mengandung antioksidan Likopen
Menurut sebuah riset antioksidan Likopen dapat menjaga kesehatan jantung karena dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Likopen juga dapat mencegah beragam penyakit kanker seperti kanker paru, prostat dan rahim.

Betakaroten
Lutein dan betakaroten pada tomat mencegah katarak dan penurunan penglihatan karena faktor usia.

Serat 
Seperti pada umumnya buah - buahan dan sayuran yang mengandung banyak serat, begitupun tomat. Serat pada tomat dapat mencegah konstipasi. Namun untuk teman - teman yang memiliki akit mag sebaiknya batasi mengkonsumsi tomat karena memicu asam lambung.

Anti Sinar UV
Menurut sebuah penelitian pasta tomat yang dicampur minyak zaitun dan dioleskan pada kulit dapat menjaga kerusakan kulit karena paparan sinar matahari. Campuran ini juga merangsang produksi kolagen sehingga kulit tetap kenyal dan awet muda.

Tips menanam tomat di rumah

Tomat termasuk tanaman yang mudah tumbuh tanpa perlu perawatan khusus. Dari biji tomat yang bekas kita konsumsi aja bisa tumbuh tanpa perlu membeli biji khusus. Tak perlu lahan luas, bisa di pot.


Caranya, cuci bersih biji tomat lalu sebarkan pada pot yang sudah berisi media dan kompos. Sebaiknya pada 3 hari penyemaian simpan pot di tempat teduh tidak terkena cahaya matahari. Setelah tumbuh tunas pindahkan pada tempat yang terpapar matahari.

Tomat mudah dihinggapi kutu putih, cara mengatasinya bisa dengan menyemprotnya dengan pupuk organik dari bawang putih yang blender dan diberi air. Atau siram dengan detergen sambil dibersihkan dengan tangan kutu putihnya.

Sangga tanaman tomat dengan kayu agar tegak berdiri. Tak sampai 4 bulan tomat siap dipanen. Tomat bisa dipanen saat setengah matang karena saat penyimpanan bisa mematang dengan sendirinya.





17 komentar:

  1. aku suka tomat ceri, di cemilin gitu aja hehehe sger sih. kalo tomat ijo enaknya di soup, tomat apel merah enak di jus ya mba hehehe

    BalasHapus
  2. buah kesukaanku teh, tadi aja di tukang sayur udah beli seperapat, mau dijusss.

    BalasHapus
  3. Jadi ingat kakak saya yang hobi banget makan tomat :D
    Sampai-sampai nemu tomat mentah dipohon, langsung dipetik dan dimakan hahaha

    Kalau saya suka tomat setelah dewasa, dulu benci ama tomat, setelah dewasa suka tomat dibikin sambal, dipotong dadu, campur cabe dan bawang merah, kasih jeruk, ya ampun jadi lapar hahaha

    BalasHapus
  4. Kutu putih itu yang sering juga saya temui di berbagai tanaman yang tumbuh di kebun mini saya. Seminggu lalu saya baru saja "panén tomat" padahal gak sengaja menanam. Di pinggir sungai samping rumah tumbuh pohon tomat. Awalnya saya biarkan. Tapi ternyata tumbuh subur. Saya kasih "tuturus" supaya tidak menyentuh tanah karena ternyata buahnya lebat. Pas ditimbnag semua dapat 11 kg! Luar biasa. Padahal itu cuma 1 pohon dan tidak sengaja ditanam.

    BalasHapus
  5. Banyak juga ya jenis dari buah tomat. Kalau aku cuma tahu tomat biasa aja. Dulu keluargaku pernah jadi petani buah tomat dan sering jual buah tomat ke pasar tapi sekarang udah nggak lagi. Tapi tetep aku masih suka buah tomat apalagi kalau sudah dibikin sambal tomat. Sedap dan mantap lah pokoknya.

    BalasHapus
  6. Sayang euy saya lagi gak punya oven. Padahal pengen banget bikin tomat beef ayng dipanggang dan di atasnya dikasih keju

    BalasHapus
  7. Jenis di atas yang belum pernah beli tomat beef. Namanya lucu ya, bentuknya juga.
    Paling suka tomat ceri..imut tinggal diceplusin aja makannya ...suka saya:)

    BalasHapus
  8. Wah, banyak macemnya juga ternyata ya tomat. Aku tahunya tomat biasa sama tomat chery. Kalo manfaatnya iya, banyak. Aku sendiri banyak dapet manfaatnya. Dan Alhamdulillah, sekeluarga pada suka tomat. Beli sebanyak apa pun, pasti cepet habis.

    BalasHapus
  9. Jadi inget, dulu suami nanam tomat beberapa pohon di depan rumah. Lha kok buahnya sampai melimpah dan bikin kami kewalahan mengkonsumsinya. Hahaha...

    BalasHapus
  10. Saay penggemar tomat, hampir semua sayur yang bening2s saya masukin tomat. Nyambel jg pakai tomat. Bahkan suka jus tomat atau takotong2 gtu aja kasi gula buat camilan. Wah alhamdulillah manfaatnya banyak :D

    BalasHapus
  11. Daku suka sama tomat, bukan karena vitaminnya aja, tapi memang sedep, hihi.. kalau kakak beli banyak kadang bikin tomat ulek campur gula pasir.

    BalasHapus
  12. Mamaku tuh senang banget ama tomat. Bahkan dia hampir selalu ngejus tomat dulu. Beda ama aku. Hihiihi

    BalasHapus
  13. Beberapa hari ini aku lagi suka banget ngemil tomat, kepikiran pingin nanam sendiri, baca ini jadi kayak reminder untuk segera eksekusi, mudah juga ya nanam tomat.

    BalasHapus
  14. benar banget nih Mbak, tomat itu paling mudah tumbuhnya, laaah buang tomat di halaman aja udah bisa tumbuh yaaah. sarat manfaat pula. saya juga suka lho makan tomat gitu ajah, kayak makan apel atau buah lainnya hihihh.
    belum pernah lihat tomat beef deh Mbak, bentuknya lucu yaaa, unik kayak labu :D

    BalasHapus
  15. Aku suka bikinin pasta bolognese pake tomat seger buat anak anak konon katanya tomat yang dimasak itu lebih bagus yah mba dibanding dimakan mentah,tomat ijo juga enak dipake buat tambahn bikin sup salmon ato masakan yg pke cabe ijo jadi lebih sedap😋😊

    BalasHapus
  16. aku sebenarnya bukan penggemar tomat sih. tapi memang tomat ini termasuk bahan makanan yang selalu disediakan di rumah buat tambahan sayur atau ikan

    BalasHapus
  17. Aku pernah nanam tomat dan sukses... Rasanya girang mba, hihi. Soalnya organik, seger, ga khawatir apa2

    BalasHapus

find me