Kamis, 20 September 2018

Inilah 5 Tempat Wisata di Bali Selain Pantai untuk Penyuka Fauna

Bali terkenal dengan wisata pantainya. Dua kali ke Bali tempat yang saya kunjungi juga kebanyakan pantai. waktu itu acara kantor. Tetapi ternyata  ada banyak tempat wisata di Bali selain pantai yang bisa menjadi tujuan wisata terutama untuk kamu yang suka dengan fauna atau hewan. Pertama adalah Monkey Forest. Tempat wisata ini berada di Jl. Monket Forest, Ubud, Gianyar, Bali. Tempat yang memiliki nama Mandala Suci Wenara Wana ini sebenarnya merupakan cagar alam serta kompleks candi dan di kawasan ini terdapat sekitar 749 ekor monyet ekor panjang sehingga tidak heran jika kawasan ini disebut sebagai Monkey Forest. Namun, jika berada di kawasan ini, selain harus menjaga kebersihan juga hindari memberi makan monyet selain pisang misalnya kacang atau makanan yang tidak diperkenankan untuk diberikan.

sumber foto kintamani.id


Awalnya Monkey Forest didirikan oleh masyarakat Hindu Bali dengan tujuan untuk melaksanakan prinsip agama yaitu Tri Hata Karana yang merupakan 3 prinsip untuk memperoleh kebahagiaan. Karena hal tersebut, dengan adanya Monkey Forest ini maka masyarakat bisa menjaga keharmonisan antara manusia dengan lingkungan. Di tempat yang tidak hanya terdapat ratusan monyet ini, juga bisa mengunjungi Candi Pura Dalem Agung Padangtegal atau yang disebut juga dengan Sacred Monkey Forest Sanctuari dan di candi ini, masyarakat setempat sering melangsungkan upacara penghormatan untuk hewan atau yang disebut juga dengan Tumpek Kandang dan Tumpek Unduh.



Kedua adalah Bali Bird Park. Tempat wisata di Bali selain pantai ini cocok untuk yang suka dengan burung. Objek wisata yang berada di Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Batubulan, Gianyar, Bali ini pertama kali buka di tahun 1995. Sebagai taman burung terbesar yang ada di Indonesia ini ada kurang lebih 1000 koleksi satwa unggas yang berasal dari 250 species. Tidak hanya bisa menyaksikan beragam jenis burung namun juga bisa menyaksikan teater 4D dan berfoto dengan burung seperti burung kakak tua.

Ketiga adalah Elephant Safari Park. Kawasan ini cocok untuk yang sangat suka dengan hewan berpostur tubuh besar dan berbelalai panjang ini. Di tempat dengan luas kawasan sekitar 2 ha yang ada di Gianyar, Bali ini akan dimanjakan dengan beragam aktivitas yang menyenangkan, namun juga bisa melakukan aktivitas berikut:

  • Berkeliling dengan menunggangi gajah.
  • Memberi makan gajag.
  • Menyaksikan beragam atraksi gajah seperti gajah yang melukis ataupun bermain bola.
  • Berfoto bersama dengan gajah.

sumber foto Bali.com



Keempat adalah Taman Kupu-Kupu. Bagi yang sangat suka dengan kupu-kupu, tempat ini akan serasa seperti surga. Di kawasan yang ada di wilayah Tabanan, Bali ini dibuka setiap harinya mulai dari pukul 08.00-17.00 WITA. Tempat wisata ini resmi dibuka tahun 1996 dan merupakan taman edukasi serta penelitian yang terbesar di Asia Tenggara. Tak heran kita akan melihat beragam jenis kupu dari berbagai species yang memiliki corak yang India.

Kelima adalah Kebun Binatang Bali. Cocok dikunjungi bareng keluarga, anak – anak pasti suka nih diajak ke sini. Berada di Jalan Singapadu, Batuan, Singapadu, Gianyar, Bali ini,  bisa mengamati beragam jenis satwa ataupun menonton pertunjukan atraksi dari hewan terlatih. Untuk berkunjung ke Kebun Binatang Bali ini, jam operasionalnya yaitu pukul 09.00-22.00 WITA. Informasi lebih lengkpnya ada di travel blog yang mengulas beberapa tempat wisata di Bali.

sumber foto Balipedia.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...