Tips Mengatur Pencahayaan dalam Rumah

Tips Mengatur Pencahayaan dalam Rumah

Philips Smart LED Connected by WiZ. Tahun ini tepat tujuh tahun usia rumah yang kami tempati, setelah melalui drama mengontrak rumah petak, beli rumah lalu di jual karena harus pindah domisili, ngontrak rumah lagi sampai akhirnya membangun rumah dari nol. Ya setelah melalui perdebatan panjang kami membeli sepetak tanah di pinggiran kota dan mulai membangun rumah secara bertahap disesuaikan dengan keuangan.

Mengatur pencahayaan di rumah dengan Philips Smart LED Connected by WiZ


Rumah sengaja didesain dengan banyak jendela dengan ukuran besar agar terang karena saya suka beraktivitas dengan cahaya terang pada siang hari. Mood saya memang dipengaruhi pencahayaan, kalau terang benderang (siang hari) mengerjakan pekerjaan rumah atau aktivitas lain lebih semangat. Sebaliknya kalau malam hari saya suka dengan pencahayaan redup dan lembut karena membawa suasana tenang dan santai.

Ternyata ada  bukti ilmiahnya lho jika pencahayaan memang berpengaruh pada kondisi psikologis atau dikenal dengan istilah mood lighting. Yaitu bagaimana pencahayaan mempengaruhi kondisi psikologis seseorang, pencahayaan terang biasanya membuat orang semangat bekerja, aktif, pencahayaan lembut membawa suasana santai, tenang                       

Pencahayaan rumah/ruangan terang atau redup di siang hari bisa disiasati dengan gorden, mau redup, tinggal tutup gorden,  mau terang,   buka gorden lebar-lebar. 

Kalau pengaturan cahaya di malam hari, dulu hanya  punya dua pilihan, gelap dengan mematikan lampu atau redup dengan menggunakan lampu berwatt kecil. Tapi sejak saya mencoba lampu Philips Smart LED Connected by WiZ saya bisa menciptakan pencahayaan yang sesuai dengan mood,  atau sebaliknya memilih warna cahaya tertentu agar tercipta mood yang kita inginkan. Kok bisa? Itulah kecanggihan Philips Smart LED Connected by WiZ, tidak berlebihan di sebut sebagai lampu pintar.

Smart Lighting untuk hidup lebih nyaman dan mudah

Philips Smart LED Connected by WiZ


Memang seperti apa sih Philips Smart LED Connected by WiZ? Yang saya gunakan ini Philips Smart LED Connected by WiZ Light Strip. Dengan lampu berbentuk pita panjang dan bisa ditempel pada plafon atau furniture rumah. Lampunya sudah dilengkapi lem jadi tinggal tempel saja di tempat yang kita inginkan. 

Dengan hanya menggunakan satu jenis lampu Philips Smart LED Connected by WiZ, bisa menciptakan beragam suasana sesuai warna yang kita inginkan. Lampu Philips Smart LED Connected by WiZ bisa dipasang di ruang keluarga, ruang makan/dapur atau kamar. 

Contoh saat digunakan bisa dilihat di foto di bawah ini.  Dengan hanya menggunakan satu jenis lampu Philips Smart LED connected by WiZ, bisa menciptakan beragam suasana.

Kamar di anak sulung, bukan hanya tempat untuk melepas lelah, juga tempatnya berkreasi dan  belajar. Lampu Philips Smart LED Connected by WiZ mendukung kreativitasnya, dengan warna lampu yang bisa disesuakan dengan kegiatan yang dia lakukan. 

Meja  belajar 


menciptakan suasana yang mendukung kreativitas 

serius atau santai, sesuaikan dengan warna lampu 

Meja  kerja saya yang terletak di ruang keluarga, tempat ngeblog dan mengedit foto, aktivitas yang biasanya saya lakukan di malam hari. Dengan lampu Philips Smart LED Connected by WiZ yang beraneka warna, bisa menambah inspirasi. 

Ruang makan sekaligus dapur adalah ruang favorit saya selain kamar, Philips Smart LED Connected by WiZ bisa menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Masak masakan special dan menikmatinya bersama keluarga tercinta diterangi lampu Philips Smart LED Connected by WiZ, menambah kebersamaan dan keakraban saat makan. 

Ngopi di dapur 

Philips Smart LED Connected by WiZ, lampu dengan berjuta warna

Philips Smart LED Connected by WiZ adalah lampu yang dilengkapi dengan aplikasi Wiz, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di App Store. Melalui aplikasi Philips Wiz, lampu Philips Smart LED Connected by WiZ dapat dinyalakan dan dimatikan atau diubah warna cahayanya sesuai keinginan melalui smartphone, bisa melalui kontrol suara atau remote.

Pengaturan waktu lampu mati atau menyala dapat dilakukan melalui aplikasi sehingga memudahkan pengaturan lampu saat kita akan bepergian. Lampu dapat diatur waktunya bahkan dijadwalkan, kapan lampu mati dan kapan menyala. Dengan aplikasi WiZ pengaturan lampu bisa dilakukan pada lampu di ruangan manapun asalkan terkoneksi i-Fi bahkan bisa sampai jarak jauh melalui cloud.

Philips Smart LED Connected by WiZ punya banyak varian yaitu; philips Smart LED bulb, Tunable white & color  ambiance (semua watt), philips Smart LED downlight, Tunable white & color  ambiance (semua watt), philips Smart LED light strip, philips Smart LED decorative (ceiling, portable hero, squire, mobile portable and linear) dan philips Smart LED accessories (remote control, motion sensor and smart plug)

Sesuai namanya Philips Smart LED Connected by WiZ adalah lampu pintar yang terkoneksi internet dan memiliki 3 keunggulan

  1. Control as you like in mani ways  - Kita bisa mengontroin/mengatur lampu dengan berbagai cara
  2. Easy to pairing and control – mudah dikontrol
  3. Expert in Smart lighting -  ahlinya di lampu pintar

Philips Smart LED Connected by WiZ Light Strip

Lampu bisa dipanjangkan atau dipendekkan


Lampu Philips Smart LED Light Strip yang saya gunakan ini panjangnya 2 meter dan dapat ditambahkan (disambungkan) hingga 10 meter. Tapi jika 2 meter dirasa terlalu panjang bisa juga dipendekkan/dipotong setiap 12.5cm, pada lampu terdapat tanda gunting yang artinya pada bagian itu lampu Philips Smart LED Light Strip dapat digunting. Philips Smart LED Connected by WiZ Light Stri menawarkan 16 juta pilihan warna lho, saat menyalakan kita memvariasikan, warna apa aja yang akan menyala secara berselang seling. 

Berikut spesifikasi lampu Philips Smart LED Connected by WiZ Light Strip;

  • Lampu hias dengan panjang 2 meter
  • Menawarkan 16 juta warna 
  • Lumen 1.600lm
  • Voltage 220-240 VA 50/60 GHz
  • Energi used 20 Watt
  • Connectivity Wi-Fi 2.4 GHz
  • Wi-Fi no hub needed
  • Seamless pairing
  • Pembelian Philips Smart LED Connected by WiZ sudah termasuk kabel

Cara setting lampu  Philips Smart LED Connected by WiZ sangat mudah, yaitu;



1. Unduh aplikasi WiZ di App Store atau Google Playstore. Buat akun atau ikuti step-stepnya. 

2. Hubungkan smartphone dengan Wi-fi. Pasang dan nyalakan lampu (terdapat tombol untuk menyalakan pada kabel), lalu hubungkan dengan aplikasi WiZ di smartphone dengan cara menyalakan Bluetooth di smartphone, setelah keberadaan lampu terdeteksi, lampu dapat dikontrol, dirubah warna, dimatikan,  dinyalakan kembali atau mengatur waktu menyala dan mati.

3. Rasakan pengalaman menggunakan Philips Smart LED Connected by WiZ dimana warna lampu dapat diuba-ubah sesuai suasana atau sebaliknya, ciptakan suasana sesuai warna lampu. 

Berani mencoba menciptakan suasana baru di rumah dengan Philips Smart LED Connected by WiZ?  Kunjungi Official Store Philips Lighting   di Tokopedia dan pilih lampu Philips Smart LED Connected by WiZ yang kamu suka. Yuk beraalih ke lampu pintar - smart lighting. 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IG

Sekarang mengatur pencahayaan rumah jadi super easy karena Philips Smart Wi-Fi

LED bisa dinyalain, dimatiin dan diubah-ubah mode pencahayaannya dengan aplikasi  wiz

 

`

 

Kanca Space, Tempat Kumpul bareng Konco

Kanca Space, Tempat Kumpul bareng Konco

rekomendasi tempat ketemu sama besti

Setelah pandemi, bertemu dan berkumpul bareng teman selalu jadi momen yang saya tunggu, walaupun teman-teman ini kerap ‘bertemu’ dan berinteraksi  di grup WA dan atau media sosial , tetap saja bertemu tatap  muka secara langsung itu lebih excited, terlebih jika memiliki minat yang sama. Seperti kumpul hari kamis lalu bareng beberapa teman dari Food Blogger Indonesia Community yang digagas mba Katerina. Komunitas tempat kumpulnya blogger yang suka bahas makanan, ga harus bisa masak lho, tapi ngobrolin makanan. Review tempat makan enak, rekomendasi tempat kongkow asik atau bahas makanan secara detail.

makan-makan hehehe


Saya termasuk yang jarang bahas tempat makan enak, karena kalau makan ke luar bareng keluarga masih malu-malu kalau motret sana sini selain anak-anak lagi suka protes, malu katanya heuheu..

Ya udah saya mah bahas resep dan motret-motret makanan di rumah aja. Walaupun suka masak dan mencoba resep baru, saya belum bisa dibilang hobi masak karena masaknya masih moody. Dorongan masak lebih karena butuh daripada suka. Butuh makanan enak dengan hemat heheeh.

Buat teman-teman yang suka nulis soal makanan di  blog boleh follow akun Food Blogger Indonesia Community di sini.

Tempat kami bertemu adalah Kanca Space Pamulang yang terletak di Bali House. Eh gimana ini, Kanca Space di Bali House? 

Penampakan Bali House dari luar 



bagian dalam Bali House

semi outdoor jadi adem


Jadi Bali House ini sebuah tempat semi outdoor dengan konsep bangunan model rumah bali. Bali House ini berkapasitas 300 an orang dan disewakan untuk berbagai acara seperti acara keluarga, seminar, komunitas dan pernikahan. Karena semi outdoor tempatnya adem dan nyaman.

Berbagai event dan acara di Kanca Space Bali House 

Ulang tahun, family gathering atau acara komunitas 


Setiap kamis sore di sini ada kelas menari Bali untuk anak-anak, jika berminat bisa langsung datang ke sini atau dm ke IG untuk info lebih lengkap.

Nah di samping Bali House ini ada coffe shop bernama Kanca Space. Tempatnya nampak kecil tapi besar, eh gimana konsepnya ini? 

Ruangan indoornya kecil tapi ruangan outdoornya lumayan besar, karena terdiri dari 2 lantai. Lantai 2 dengan pemandangan keramaian jalanan Pamulang. Asik kalau duduk di sini malam hari.



Oh ya tempat ini dilengkapi kamar mandi super nyaman (foto ga moto) tapi benaran lho kamar mandinya. Musholanya   adem karena semi outdoor.

Nah karena tempat di Kanca Space ini terbatas kalau saat  ke sini pengunjung sudah ramai, bisa banget kok duduk di area Bali House.

Menu makanan dan minuman di Kanca Space

Minuman special yang ditawarkan adalah es kopi susu kanca, mix kopi arabica dan robusta dengan campuran gula aren dan susu. Rasanya enak ga terlalu pahit.  Selain itu ada Hot Cappucino,, hot latte flavoured, blue coco dan mojito.

Untuk makanannya terdiri dari tiga varians, ada camilan, makanan berat ricecowl dan kids meal atau menu khusus untuk anak-anak.

Tiga macam camilan yang coba kami pesan teridiri dari dimsum, tahu siomay dan singkong goreng sambal roa.

Kids meal terdiri dari dua varians yaitu Kids menu karage dan Kids menu teriyaki.

Untuk ricebowl terdiri dari   5 varian  yaitu

Ricebowl cakalang telur, ricebowl rica telur, ricebowl betutu telur, ricebowl






Bagaimana tertarik  Kanca Space bareng konco? Kalau saya iya, pengen lagi ke sana, mungkin next ngajak genk arisan heheheh.

 

 

 

 

 

Tips Memilih Mobil Keluarga

 Tips Memilih Mobil Keluarga

Memiliki mobil, menjadi impian setiap keluarga. Itu juga yang saya rasakan, keinginan memiliki mobil agar bisa pulang kampung dengan nyaman, leluasa dan   bisa mengajak jalan-jalan orang tua. 

Biar semangat menjemput rejeki dan menabung untuk memiliki mobil, boleh intip nih Eksterior Toyota All New Voxy, mobil MPV dengan  kapasitas 7 penumpang yang mewah layaknya MPV kelas atas seperti Toyota New Vellfire atau Alphard.


Kenyaman tentu menjadi pilihan utama untuk mobil keluarga, selain itu, berdasarkan pengalaman, ada hal yang lain yang harus dipertimbangkan ketika akan memilih mobil untuk keluarga, yaitu;

  1. Memilih mobil yang harganya sesuai keuangan

Selain  nyaman yang tidak kalah penting saat memilih mobil keluarga adalah menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Yap pilih kendaraan yang harganya sesuai dengan kemampuan, agar keuangan keluarga aman sehingga tetap bisa  tidur dan makan dengan tenang heuheu.  Jangan sampai mengejar mobil impian lalu mengabaikan cash flow.

Idealnya, jika kita mencicil kendaraan, makan cicilannya harus 1/3 dari total penghasilan keluarga. Jika ternyata cicilan belum sesuai penghasilan sebaiknya tunda keinginan membeli kendaraan dan menabung dulu agar bisa membayar DP besar sehingga cicilan ringan atau membeli cash.

  1. Memilih mobil dengan kursi penumpang  4 atau 7 

Kebanyakan keluarga muda memilih mobil berkursi penumpang 4 dengan pertimbangan harga dan kondisi  anak-anak yang masih kecil. Jika mobil digunakan juga sebagai alat transportasi untuk bekerja sehari-hari - pulang pergi ke kantor,, mobil yang dipilih harus disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilalui. Jika di kota besar, kerap macet dan padat sebaiknya pilih kendaraan kecil. Jadi pilihan kursi penumpang 4 atau 7 tergantung pada kebutuhan.


  1. Memilih mobil baru  atau seken

Pilihan mobil baru atau bekas, ada plus dan minusnya. Mobil bekas lebih murah, otomatis cicilannya pun lebih rendah namun membeli kendaraan bekas harus diikuti sedikit pengetahuan tentang kendaraan, agar saat membeli mobil bekas paham kondisi kendaraan sebenarnya. Minimal harus tahu bedanya antara kendaraan yang pernah tabrakan atau terkena banjir. Kendaraan bekas dengan kedua kondisi ini harganya murah tapi  beresiko sering bermasalah. Atau pilih penjual mobil bekas terpercaya. 


Membeli kendaraan baru lebih mahal, tapi sampai 3 tahun pertama pemakaian umumnya aman, kemungkinan bermasalah dengan mesin sangat kecil. Kendaraan baru pun biasanya disertai penawaran servis gratis sampai 1000 km.


  1. Memilih mobil yang memiliki nilai aset


Harga mobil memang akan turun seiring waktu, namun tetap saja memiliki mobil berarti memiliki aset yang bisa dilepas saat dibutuhkan. Kita mungkin tidak berniat menjual mobil tapi jika keadaan tak terduga terjadi dan harus melepas mobil agar harga jual mobil tidak turun banyak, pilih mobil yang harganya tidak jatuh saat dijual. Kalaupun mengalami penurunan masih dalam rentang harga yang wajar. 


  1. Memilih mobil yang memiliki layanan lengkap

Layanan lengkap di sini maksudnya, merk kendaraan tersebut memiliki layanan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang yang lengkap. Ini memudahkan saat mobil yang kita miliki bermasalah. Entah karena kecelakaan atau karena usia. Yap seiring usia performa mesin kendaraan akan berkurang, ada bagian yang harus diganti atau diperbaiki karena rusak dsb.

Dengan memilih tempat perawatan dan perbaikan di bengkel resmi, kualitas lebih terjamin, suku cadang asli sehingga presisi dan  sesuai fungsinya.


Eksterior Toyota All New Voxy

Salah satu rekomendasi  mobil keluarga adalah Toyota All New Voxy. 





Auto2000

Toyota memiliki layanan purna jual yang lengkap dan tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Layanan purna jual yang kerap diperlukan para pemilik mobil diantaranya perawatan, perbaikan dan perbaikan/mengganti suku cadang.   Auto2000 dealer resmi Toyota yang berawal dari jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyedian suku cadang Toyota sejak tahun 1975 dengan nama Astra Motor Sales, pada tahun 1989 berubah nama menjadi Auto2000 dengan manajemen yang sudah ditangani sepenuhnya oleh PT. Astra International Tbk. 



Auto2000 kini bertransformasi menjadi Auto2000 Digiroom dengan layanan digital e-commerce, yap kini membeli mobil tidak perlu datang ke dealer bisa melalui website Auto2000.co.id dan tidak hanya melayani pembelian mobil baru juga suku cadang dan aksesoris. 


Dan kini, hadir aplikasi Auto2000 Mobile yang membantu pelanggan melakukan perawatan kendaraan Toyota menjadi mudah. Layanan ini menjadi solusi untuk teman-teman yang sibuk tidak ada waktu melakukan perawatan ke bengkel karena Auto2000 memiliki layanan Home Service, tinggal pesan melalui aplikasi. Dengan aplikasi ini status servis juga bisa terlacak jika teman-teman meninggalkan kendaraan di bengkel untuk diservis. 


Yang pasti sih Auto2000 ini cabangnya banyak dan tersebar di seluruh daerah di Indonesia jadi jangan khawatir saat pulang kampung dan mobil bermasalah, tinggal cari Auto2000 terdekat. 


Bagaimana, sudah punya gambaran mobil impian keluarga? Semoga tercapai ya teman.


DCFX Menjadi Pialang Teraktif Versi JFX dan KBI

DCFX Menjadi Pialang Teraktif Versi JFX dan KBI

DCFX kembali menjadi pialang teraktif pada kategori Single Stock Teraktif versi Jakarta Futures Exchange (JFX) dan Kliring Berjangka Indonesia (KBI) pada bulan Oktober 2022. DCFX masih menempati posisi ketiga dari bulan sebelumnya, peringkat tersebut dinilai dari puluhan pialang berjangka yang berada di bawah naungan JFX dan KBI.

Unduh di Playstore


Peringkat ini rutin ini diumumkan oleh JFX dan KBI di setiap bulannya, yang disampaikan melalui sosial media JFX (@jfx_ptbbj) pada hari Rabu, (2/11/2022). Sebagai informasi, semua pialang anggota dari JFX dan KBI telah memenuhi kualifikasi untuk mendapatkan izin usaha dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). 

Dengan adanya pengumuman tersebut, DCFX mengucapkan terima kasih kepada seluruh nasabah atas kepercayaannya, yang menjadikan DCFX sebagai  Pialang Single Stock Teraktif versi JFX dan KBI. Semoga dengan adanya penghargaan tersebut, Anda dapat selalu percaya dengan DCFX untuk menjadi pilihan teman trading Anda.

Mengapa Harus DCFX Super App?

Di DCFX Anda dapat trading di mana saja dan kapan saja di mobile app yang user-friendly dengan fitur yang lengkap:

  • Buka akun dengan cepat dan mudah

  • Status level membership dan referral

  • Promosi eksklusif dan penukaran hadiah mewah

  • Penghitungan poin hadiah

  • Akses cepat ke instrument trading popular

  • Manajemen akun dengan simple dan lengkap

  • Berita dan analisa pasar global

  • Akses gratis ke sinyal trading

Selain fitur lengkap, DCFX juga punya fasilitas akun demo gratis untuk para trader pemula. Dengan menggunakan akun demo gratis ini Anda dapat melakukan simulasi trading. Tak hanya itu saja, DCFX juga biasanya menyediakan layanan edukasi baik melalui video, tutorial, e-book, webinar dan lain sebagainya. 

Trading melalui DCFX juga aman karena DCFX menggunakan rekening terpisah. Maksud  rekening terpisah adalah bahwa uang yang didepositokan oleh nasabah akan disimpan dalam rekening yang berbeda dari uang operasional milik broker atau perusahaan. 

Mengapa fasilitas rekening terpisah ini sangat penting? Sebab apabila dana nasabah bercampur dengan dana perusahaan maka pengelolaannya akan menjadi rancu, Selain itu dana yang bercampur juga rentan pada tindak penggelapan. 

DCFX juga memberikan layanan nasabah yang profesional dan membuat Anda bisa trading semakin nyaman. Anda bisa menghubungi team support melalui fitur live chat kapan saja untuk bantuan.

Perusahaan pialang trading yang satu ini memberlakukan spread yang rendah dan kompetitif. DCFX juga menyediakan technical analysis andal dengan menggunakan charting tools yang canggih untuk membantu trader mengidentifikasi peluang trading dan tren pasar secara akurat.

Anda dapat mengunduh langsung DCFX Super App Platform trading all in one, melalui App Store dan Play Store. Segera, trading di DCFX, transaksi cepat dan mudah yang bisa dapat Anda lakukan di mana pun dan kapan pun.


Tujuh kemampuan manajemen diri yang harus dimiliki anak remaja

Tujuh kemampuan manajemen diri yang harus dimiliki anak remaja

Bulan lalu saya mengikuti Talk show yang sangat menarik dengan narasumber Ms. Irene Phiter seorang Parent Coach, master trainer dari BrainFit Indonesia, Strengths Coach – Gallup, Results-Based-Coach – Neuroleadership. Talk show ini diselenggarakan di Aurum Meeting Room 2 nd Floor, Hotel Pullman Jakarta oleh UIC College Jakarta dan UTS College Sydney, dengan tema 7 Essential SELF-Management Skills to prepare Your Child Before Studying Overseas. Liputannya sudah saya tulis di sini.

Di postingan ini saya hanya akan menuliskan 7 kemampuan managemen diri yang harus dimiliki anak remaja yang bisa dilatih orang tua di rumah agar kelak anak tidak hanya mandiri tapi mampu mengelola emosinya dengan baik.

7 Essential SELF-Management Skills to prepare Your Child

A teen’s brain a work in progress

Berdasarkan penelitian, pada usia ini kemampuan berpikir si remaja di dominasi emosi, kebanyakan keputusan diambil berdasarkan pertimbangan emosional, suka tidak suka, yang banyak disukai atau sedang trend. Belum terlalu memikirkan sebab akibatnya.

Sebagai Mama yang memiliki anak remaja (usia 15 tahun) saya bisa melihat ini pada anak gadis saya. Antusias pada banyak hal, semangat mengerjakan ini itu apalagi bareng teman, tapi kemampuan untuk merencanakan sesuatu masih belum bisa, masih berdasarkan spontanitas sehingga sering kebingungan, ‘aku ngerjain apa dulu ya’? atau merasa  ‘aku tidak ada waktu’. 

Berikut 7 kemampuan manajemen diri yang harus dimiliki remaja;

Train dan coach problem solving skills. Mengajari anak kemampuan memecahkan masalah. Untuk mendapatkan kemampuan ini, si remaja bisa diilatih di rumah dengan meminta menyelesaikan masalah keseharian, misal saat mencari atau meminta sesuatu, berikan alternatif pilihan.  Jangan membiarkan kita, orangtua cepat mengambil keputusan dengan mengatakan, ya udah itu aja, ini saja, beli saja dsb. Biarkan anak belajar membuat keputusan. Terlihat sepele ya tapi berpengaruh banget lho. Saat  anak berkata, terserah Mama, terserah Papa, artinya mereka tidak berani memutuskan.

A lack of problem solving skiils has been linked to mental health problems, such as depression  and suicidality   Amy Morin , Prof Psychotherapist and psychology at Northeastern University

5 langkah melatih problem solving skills pada anak remaja;

Define, definiskan  masalah

Brainstorm, berikan pilihan-beberapa alternatif

Pick, pilih salah satu setelah dipertimbangkan, pinjam jika pilih membeli solusi terlalu mudah dan anak tidak belajar fight.

Implement, lakukan, pinjam adik.

Review, nilai hasil keputusan, baikkah atau perlu perbaikan. hemat dan efisien.

Contoh kasus, Misal saat anak di rumah mencari kaos kaki dan tidak ketemu, orang tua jangan cepat memutuskan beli baru tapi beri alternative pada anak untuk menyelesaikan masalah dengan alternative lain (membeli alternative terakhir), misal meminjam punya adik.

Practice making choices – the right choices

Memilih antara yang baik dan buruk, pasti mudah, tapi jika dihadapkan pada dua pilihan yang sama-sama baik dan harus memilih salah satu?
Misal saat memilih makanan sehat, sayur atau salad buah?

Terapkan ini dalam kehidupan keseharian anak remaja, saat dia bingung membuat keputusan, misal anak saya pernah bingung mau pilih ekskul antara nari sama atletik, sama-sama dia sukai, tapi tidak bisa ambil dua-duanya karena waktunya bersamaan. Dengan pertimbangannya sendiri dia memilih atletic, kalau saya inginnya dia ikut nari hehehe.

Keputusan kecil yang rasanya bisa kita ambil alih keputusannya tapi berdampak tidak baik bagi perkembangannya. Jadi tahan diri untuk mengambil alih keputusan, biarkan si anak memilih, orang tua cukup menanyakan alasan kenapa pilihannya itu. Jika tidak membawa dampak negatif, melanggar norma sosial dan agama, biarkan anak dengan keputusannya.

It’s always as simple right or wrong choice. The hardest part is to choose between right and right choices.

Practice planing ahead and organizing. Melatih remaja untuk membuat rencana dan mengorganisir. Anak remaja yang didominasi emosi cenderung belum mampu membuat rencana, lebih suka hal yang sifatnya spontan. Hari ini ya hari ini, besok bagaimana besok.

Mulai latih si remaja membuat rencana, misal rencana kegiatan besok hari selain sekolah apa yang akan dikerjakan di rumah.  Ini bisa dilakukan dengan memberi anak buku agenda dan diminta mencatat rencana kegiatannya jangka panjang atau pendeknya di sana.

Planing requires the ability to think about the future or anticipate possibilities and the right ways to reach specific goals.

Healthy Coping Skills, melatih anak mengatasi kesehatan mentalnya. Perasaan marah, frustasi, takut,  merasa sendiri dan kecewa adalah manusiawi. Setiap orang pernah merasakan perasaan itu. Biarkan anak mengenalinya tapi latih untuk mengatasinya. Cari penyebab perasaan itu muncul, cari solusinya. Jika tak sanggup sendiri, sarankan anak meminta bantuan tapi pada orang tepat.

College student don’t know how to deal wih anger, frustration, loneliness, fear or disappointment. Teen who lack healthy coping skills may turn to food, drugs, alcohol to deal with the discomfort.  

Develop self-love and practise concrete habits of self-love

Melatih anak mencintai dirinya sendiri. Merasa dirinya dicintai dan layak dicintai. Membuat anak merasa dirinya berharga.

Self-confidence, percaya diri, menerima kelebihan dan kekurangannya hingga bisa tampil percaya diri di manapun.

Self-care,  memiliki rasa kepedulian pada dirinya sendiri, kebersihan, kesehatan dan kebutuhan dirinya.

Self-control, memiliki kontrol diri yang baik sehingga tidak mudah terbawa/terhasut oleh teman-temannya. Dia sudah bisa menentukan sikap, ya atau tidak saat diajak temannya.

Self-compassion, menyayangi dirinya sendiri.

Bagaimana melatih self-love ini? Hargai setiap kemajuan anak, beri pujian yang sesuai, tidak berlebihan, berikan kasih sayang, dengarkan keluhan atau obrolannya.

Encourage taking actions and executing plans

Mendorong anak mengambil tindakan dan mengerjakan rencana tidak sekedar tahu. Jadi saat anak berencana ingin ini itu, yang berkaitan dengan hal yang diasukai atau minati, dorong untuk mewujudkannya, jangan hanya diangan-angan atau sekedar tahu dan ingin.

Train and model growth mindset

Membentuk mindset yang terus tumbuh, dengan cara;

Building the habit of doing experiment and try out new things, beri kesempatan pada anak untuk berekplorasi sesuai keingian dan minatnya.

Building the habit of learning from mistakes, toleransi saat melakukan kesalahan selama kesalahannya bukan hal fatal. Biarkan anak belajar dari kesalahannya.

Building the habit of listening and asking for feedback and input from others. Ini dilakukan dengan cara orangtua memberi contoh dengan cara mendengarkan masukan anak.

Building the habit of mindset and behaviour sefl-monitoring, memberi anak waktu merenung dan menilai keputusan yang sudah diambilnya.  

Kelebihan Membangun Rumah Berkonsep Rumah Tumbuh

Kelebihan Membangun Rumah Berkonsep Rumah Tumbuh

Rumahku surgaku

Konsep growing house atau rumah tumbuh bukanlah hal yang baru. Konsep pembangunan yang dilakukan secara bertahap ini sangat fleksibel sehingga umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Khususnya untuk keluarga kecil yang memiliki biaya terbatas.

Selain itu tidak perlu menyiapkan anggaran di awal sebesar membangun rumah secara keseluruhan. Proses pembangunannya yang bertahap bisa memberikan waktu untuk mencari biaya lagi. 

Kelebihan lainnya dari rumah tumbuh adalah bisa menyesuaikan dengan tren di masa depan alias futuristik. Dalam mewujudkan konsep rumah ini, Anda bisa menggunakan pinjaman uang di bank agar dapat cepat terealisasi. 

Jika memiliki lahan yang cukup luas konsep rumah tumbuh bisa dilakukan secara horizontal. Sementara pada lahan yang sempit, konsep rumah tumbuh secara vertikal jauh lebih cocok. Konsep rumah tumbuh secara vertikal ini lebih sering dilakukan khususnya di kota-kota besar. Termasuk di Jabodetabek.

Yang menjadi pembeda rumah tumbuh vertikal di lahan sempit dengan rumah biasa adalah pembuatan pondasi yang kuat. Selain itu, jika menyewa jasa profesional biasanya masterplan desain rumah ditentukan diawal. Sehingga tidak hanya fondasi yang dipersiapkan, melainkan bagian lain seperti saluran listrik, juga sudah ditentukan.

Meski begitu, beberapa kasus pembangunan rumah tumbuh tidak diselesaikan seperti rencana awal. Ini bisa terjadi karena tidak memiliki rencana pembangunan yang progresif, hingga pendanaan yang terhenti. Namun kini tentu tidak perlu bingung mencari sumber pendanaan, karena bisa melakukan pinjaman uang di bank.

Tips Membangun Rumah Berkonsep Growing House

Salah impian yang terwujud rumahnya ada halaman buat nanem-nanem


Tertarik mewujudkan rumah idaman dengan konsep rumah tumbuh? Sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut agar pembangunan bisa selesai secara keseluruhan.

  1. Buatlah Masterplan Pembangunan Sejak Awal

Membangun rumah tidaklah mudah, apalagi jika tidak memiliki rencana yang matang. Dengan luas lahan yang dimiliki, perhatikan kebutuhan dan keinginan yang dituangkan dalam bentuk masterplan. Tidak perlu bisa menggambar keseluruhan desain rumah. Namun bisa dengan mencatat dan menyortir hal-hal yang akan diwujudkan di rumah tersebut. 

Pada tahap perancangan masterplan ini, carilah informasi serta inspirasi sebanyak mungkin agar bisa menghasilkan keputusan yang final. Meskipun dalam membangun rumah tumbuh terdapat tahapan-tahapan pembangunan yang bisa ditentukan di masa depan. Namun, memiliki konsep jelas sejak awal akan sangat membantu kelancaran pembangunan hingga tahap akhir.

  1. Konsultasi dengan Pihak Profesional

Konsultasi dengan para ahli bangunan bukan hanya untuk membuat rumah menjadi estetik, namun juga agar bisa memanfaatkan lahan semaksimal mungkin. Misalnya, pada kamar Anda rasa perlu membuat tempat khusus untuk penyimpanan barang yang built-in. Jasa profesional bisa memberikan banyak referensi dan masukan untuk mewujudkannya.

Selain itu, dengan konsultasi kepada pihak profesional. Proses pembuatan masterplan secara detail juga lebih mudah. Tidak hanya itu, arsitek bisa memberikan masukan untuk membuat desain rumah yang sesuai dengan kebutuhan jauh lebih baik dari yang Anda pikirkan. Sebab ada seni dan ilmu tersendiri untuk memanfaatkan ruang dengan maksimal. Tidak sekedar membuat tampilan luar rumah terlihat menarik.

  1. Tentukan Skala Prioritas

Skala prioritas dibutuhkan untuk menentukan tahapan-tahapan pembangunan. Ini berguna untuk mengalokasikan anggaran secara tepat. Jangan sampai anggaran sudah habis untuk membuat bagian dari rumah yang belum dibutuhkan secara mendesak. Contohnya dengan membangun gudang di lantai dasar sementara memiliki ruangan kosong lain di lantai atas.

  1. Buat Anggaran yang Rinci 

Kunci agar rumah tumbuh bisa dibangun sesuai dengan rencana awal adalah memastikan anggaran yang dikeluarkan sesuai dengan masterplan. Sehingga diperlukan perencanaan yang terperinci agar tidak kekurangan dana di tengah pembangunan. Anggaran harus dirincikan pada tahap-tahap agar memudahkan pencarian dana setelah salah satu tahap sudah selesai dilaksanakan.

Split Level: Contoh Desain Rumah Tumbuh

Sebelum mencari rumah yang tepat, selain menggunakan modal yang sudah ada. Cari pula pendanaan lain untuk mewujudkan mimpi-mimpi pada rumah idaman . DBS KTA hadir sebagai pinjaman online bunga rendah bayar bulanan dan tanpa agunan. Pinjaman uang di bank hingga tiga ratus juta rupiah sangat cocok untuk pendanaan lebih saat membuat rumah idaman.

Dari banyaknya desain rumah yang bisa diterapkan untuk konsep rumah tumbuh, rumah dengan split level adalah yang paling cocok.

Dengan membangun setengah lantai di antara dua ketinggian lantai tentu akan memaksimalkan penggunaan lahan. Yang perlu diperhatikan dengan desain ini adalah dengan membangun langit-langit yang relatif lebih tinggi. Efeknya, rumah yang lahannya kecil akan terasa lebih lapang dan luas.

Jika awalnya tertarik membangun rumah lebih dari dua lantai. Rumah split level akan menghemat energi yang dikeluarkan untuk naik tangga. Namun ketinggian split level harus diperhatikan agar tidak menyebabkan kecelakaan. Kelebihan lainnya adalah rumah dengan desain ini juga menghemat energi listrik.

Selain itu rumah akan terkesan dinamis dan tidak monoton. Ruang tambahan pada split level bisa digunakan untuk berbagai tujuan sesuai dengan kebutuhan . Bagian tangga menuju lantai split level juga bisa didesain dengan built-in drawer untuk menambah ruang penyimpanan barang.

Baik untuk membangun atau melanjutkan tahapan rumah tumbuh, DBS KTA tersedia sebagai pinjaman online bunga rendah bayar perbulan. Pinjaman uang di bank DBS KTA didukung dengan kemudahan persyaratannya. Anda hanya harus bertempat tinggal di Jabodetabek yang memiliki pendapatan minimal lima juta rupiah dan kartu kredit bank lain dengan limit minimal sepuluh juta. 

Dengan persyaratan tersebut sudah bisa mendaftar dengan menyertakan e-KTP dan NPWP. Proses approval selama 3-5 hari dan bebas memilih tenor hingga 36 bulan. Cicilan flat mulai dari 0.88% per bulannya. Jangan tunggu lebih lama untuk membangun rumah idaman, percayakan pendanaan dengan DBS KTA. Simak detailnya di sini