Dapur minimalis dengan budget minimal

Dapur minimalis dengan budget minimal

Make over dapur tipis-tipis

Kesalahan membuat meja dapur 

Kesalahan terbesar saat membuat meja dapur adalah sisi meja dapur tidak dikeramik, jadilah mudah kotor, karena noda minyak masakan dan lain-lain. Jadi walaupun meja dan dinding dapur sudah dilap dan kinclong, sisi mejanya tetap dekil. Bikin gregetan, tapi bingung mau diapain. Sekedar dicat putih udah beberapa kali tapi  minggu berikutnya dekil lagi. Terpikir dipasang keramik tapi kata pak suami, ga penting lagipula nyari tukangnya susah kalau kerjaan sedikit tapi ribet. Iya sih ribet karena tukangnya harus motong keramik kecil-kecil.

Yang dilingkarin merah, sisi yang tidak dipasang 
keramik jadi mudah kotor

Terpikir untuk membongkar semua keramik dapur, ganti warna karena warna putihnya sudah agak dekil juga tapi begitu dihitung-hitung bisa habis 5 jutaan lebiih sama jasa tukangnya. Hadeuh, lumayan juga ya dan udah pasti ga bakal di acc suami walaupun dia punya uang karena menurutnya bukan hal urgent dan ga penting!

Ya kalau urusan ini, penting dan urgent Pak suami vs bu istri beda jauh. Ini yang suka bikin bete, giliran dia beli-beli alat hobi, alat musik atau alat tukang (macam-macam bor) gampang banget ngeluarin uang jutaan. Tapi ga bisa protes ya selama uang dapur lancar lagipula itu duitnya pak suami.

Akhirnya keinginan diabaikan walaupun ga betah liat dekil. Sampai akhirnya kepikiran, keramiknya pake keramik yang biasa dipakai untuk list jadi ukurannya kecil dan  tukang  ga perlu ribet motong, tinggal pasang. Pak suami masih abay, dengan alasan sama ga penting dan susah cari tukangnya kalau projek kecil.

Ya sepertinya pak suami ga mau ngeluarin duit nih. Baiklah, akhirnya saya bilang mau pasang keramik dan pake uang sendiri (kalau dihitung-hitung maksimal paling habis 500 ribu, sudah termasuk biaya tukang).

Benar ya kalau punya keinginan/impian jangan ngarepin diwujudkan orang lain tapi usaha sendiri biar terwujud, jadi inget film layangan putus soal impian Kinan ke Ca   Turki naik balon udara.

Salah satu keuntungan istri punya penghasilan sendiri walaupun tidak besar, banyak mimpi kecil bisa diwujudkan tanpa menunggu diwujudkan suami. Capek kalau ingin sesuatu terus ngarep diwujudkan orang lain, jadi inget nasehat ibu saya dulu, tong ngarepkeun batur, usaha sorangan jeung doa ka Allah.  

Akhirnya minggu sore pak suami ngajak ke Mitra 10 pilih-pilih  keramik dan alhamdulilla dia yang bayarin hahaha. Mungkin kesel juga dicerewetin istrinya soal keramik dapur. Singkat cerita keramik dapur tertempel dan bu istri ga ngeluarin duit pribadi  sepeser pun hahaha. Sebagai gantinya pak suami dimasakin makanan kesukaannya dan….*tebak sendirilah ya*

Inspirasi dari IKEA

Membangun rumah ini   saat IKEA pertama hadir di Indonesia yaitu IKEA Alam Sutra, karena jarak dari tempat tinggal saya ke ikea alsut ga terlalu jadilah sering cuci mata ke sana, cari inspirasi ceritanya hehehe. Pilihan warna meja dan dinding dapur dengan keramik putih dari dapur-dapur di ikea, begitu juga pasang ambalan untuk simpan barang plus semacam hiasan dinding. 

Make over tipis-tipis kesekian kalinya

Kalau dihitung-hitung mungkin udah sekitar 5 kali  make over dapur tipis-tipis  sejak membangun dan menempati rumah ini  5 tahun lalu. Dari meja dapur tanpa pintu hanya dipakein gorden, ga punya lemari atas cuma ambalan untuk mempercantik dapur. Akhirnya beli lemari dapur atas seken di toko kayu bekas Madura.

Dapur di tahun pertama menempati rumah, tanpa lemari atas, gorden kain. 


Pilihan beli seken karena kualitas kayu bagus (bukan bubuk kayu yang dipress) harga terjangkau. Ceritanya suatu hari lewat  toko kayu bekas Madura dan melihat  lemari dapur dua pintu teronggok  di samping pintu masuk tokonya, mata  saya dan suami langusng fokus ke sana. Rusak dibeberapa bagian, engsel rusak, bagian bawah lapuk, jadi kata pak suami bisa dibetulin pake kayu tambahan. Detail di harga  250 ribu. Langsung dibersihin, betulin engsel dan divernis, jadi lah cukup rapih.

Tahun 2019 akhirnya meja dapur dikasih pintu, modalnya ternyata tidak semahal yang saya kira, atau karena pintu saja tanpa rak dan  lemari dalam kaena sudah kami buat dengan papan duplek.

Akhir tahun 2021 bongkar ambalan dapur yang terlalu tinggi, maklum tinggi badan saya pendek hahaha. Udah lama pengen bongkar dan direndahin ambalan tapi males  repot dan kebayang  bolong bekas paku harus ditambal dan cat dinding jadi belang, jadilah keinginan ditunda-tunda, sampai akhirnya ada sisa cat jadi pas untuk ngecat bekas ambalan.

Jadilah minta pak suami bongkar ambalan dapur direndahin dan ambalan di sisi lain dapur dipindah jadi berderet,  lemari atas pindah ke sisi lain. 

Begitulah cerita make over dapur tipis-tipis saya sesuai dengan  budgetnya yang  juga tipis. Bagaimana cerita dapur impian teman-teman?

Yang Viral di Bulan Januari

Layangan putus, omicron dan boneka arwah 

Layangan putus, omicron dan boneka arwah, apa hubugannya? Gak ada  tapi lagi viral aja heheu dan  saya pengen komen. 

Omicron

Kabar varian baru covid si Omicron ini sudah santer sejak akhir tahun, pada  saat bersamaan kebanyakan orang Indonesia  yang berduit, bereforia dengan keadaan ‘aman dan terkendali’ dari pandemi dengan cara liburan keluar negeri, padahal omicron adanya di luar negeri. Saya ga iri sama yang liburan ke luar negeri tapi suka mikir apa mereka ga takut ya kena omicron – Ye takut mah sama Allah - lha iya takut mah sama Allah tapi kan salah satu ikhtiar menghindar dari pandemi gelombang 3  jauhin si Covid.

Kok pemerintah ga melarang liburan ke luar negeri, pikir saya, sebagai usaha biar ga ada  covid gelombang 3.

Omicron dari LN


Tak lama ada kabar public figure yang habis liburan dari LN kena Omicron (katanya masih nunggu hasil lab), gaduhlah netizen. Kegaduhan yang membuat pemerintah akhirnya angkat suara (lupa nama pejabatnya tapi saya baca di detik.com). Pihak pemerintah  mengatakan, tidak bisa melarang masyarakat keluar negeri. Agak  heran karena arusnya kalau liburan bisa dilarang demi keamanan negara kecuali urusan pekerjaan, sekolah baru diperbolehkan.

Endingnya pak Presiden menghimbau masyarakat untuk tidak liburan ke luar negeri. Semoga himbauan ini dituruti ya.

Karena kalau pulang liburan dari LN dan bawa oleh-oleh  varian baru ya jadi beban negara walaupun karantina dan dokter biaya sendiri. Kenapa saya bilang tetap jadi beban negara, karena ada kemungkinan dia sudah menularkan, buktinya jumlah yang kena tiap hari bertambah (varian baru dari luar negeri lho, ga dari kampung di Indonesia) kalau terus bertambah ppkm lagi, yang rugi rakyat kecil, usaha dibatasi lagi. Yang berduit ya aman-aman aja.  

Layangan putus

Teman-teman  penonton film Layangan Putus? Saya tidak menonton dan  tidak ada niatan menonton selain karena tidak langganan  WeTV juga karena sudah pernah membaca catatan Mommy ASF waktu viral di FB (sebelum bentuk versi novelnya) dan cukup membuat emosi jiwa. Jadi kebayang kalau saya nonton filmnya ya nambah emosi hahaha.

Versi film


Bagaimana tidak  emosi, sosok suami yang bersikap baik, seolah tidak ada masalah dalam keluarga tiba-tiba dibelakang menikah siri dan liburan  ke LN (tanpa mengabari istri sah sampai istri sah kebingungan sendiri karena suaminya ga pulang-pulang tanpa kabar – ini gila sih menurut saya karena kalaupun ada masalah dalam keluarga sebagai seorang kepala keluarga (pemimpin) ya harus menyelesaikan, kalau akhirnya ga happy ending (berakhir dengan perpisahan), ya tetap ga boleh kabur, tapi keluar dari rumah dengan baik-baik.  

Versi buku 


Makin kesel donk karena si suami tipe religius yang (harusnya) lebih paham agama harusnya tahulah ya berbohong itu dosa dan bagaimana sikap pemimpin dalam keluarga. (Kalau tidak salah Aris versi nyata pemilik channel Amar TV yang isinya murotal). 

Sebelumnya  ga kepikiran nulis pendapat pribadi   soal Layangan Putus sampai lewat  TL, kabarnya istri siri menulis klarifisikasi dan merasa tersakiti dengan film ini. Sontak donk klarifikasi ini membuat netizen ramai berkomentar julid. Saya paham perasaan netizen karena saya pun merasakan, hanya tidak ikutan komen hahaha.

Ada beberapa kometar yang mengganggu soal poligami yaitu poligami  harus ijin istri pertama. Kalau dari kajian yang pernah  saya ikuti, secara islam poligami tidak   harus minta ijin istri pertama tapi menikah lagi tanpa sepengetahuan  istri pertama juga salah karena jatuhnya berbohong dan hukum bohong dalam islam dosa.

Jadi baiknya kalau mau poligami harus bicara  ke istri pertama, dan kalau istri pertama tidak  mengijinkan boleh tetap menikah. Hanya saja tentu resikonya istri pertama akan meminta pisah atau sebaliknya, meminta menceraikan istri kedua, kalau istri pertama tidak mau dimadu. Sama-sama memberi luka tapi lebih fair karena tidak ada kebohongan atas nama agama. 

Tapi dalam hukum perkawinan Indonesia, seorang suami yang akan berpoligami harus mengajukan keinginan menikah lagi ke pengadilan agama dan pengadilan agama akan mengijinkan jika istri pertama menyetujui atau pengadilan agama mengijinkan jika alasannya istri pertama tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai istri, cacat atau tidak memiliki keturunan. Itu sebabnya banyak poligami tidak menikah secara resmi di pengadilan agama alias nikah siri karena kalau menikah resmi gak gampang prosesnya.

Dan biasalah kalau tipe religius alasan poligami adalah menghijrahkan. Ini klise banget ya, menghijrahkan tapi membohongi istri pertama. Secara logika sudah aneh dan memaksakan ‘kebenaran’ versinya. Keklisean yang bikin emosi dan sepertinya ini juga dirasakan banyak perempuan kalau mendengar soal nikah siri dan poligami.  

Oh ya tapi di versi filmnya tidak disebutkan Aris sosok religius, karena kalau digambarkan secara  nyata bukan tidak mungkin film ini akan gagal tayang karena dikira menyudutkan islam. Walaupun kenyataannya yang semacam Aris ini tidak hanya Aris. Masih ingat seorang ustadz yang sempat wara-wiri di tv (saya ga pernah nonton tv tapi ustad ini suka masuk berita di portal berita online, dikutip isi ceramahnya atau dimintai pendapat soal agama) memberi tausiyah tak lama istrinya meminta cerai karena ternyata ustadz ini telah menikah siri tanpa pengetahuan istri pertama. Saya lupa namanya tapi cukup terkenalah, setelah kasus ini sang ustadz jarang hadir di layar kaca atau diliput media. 

Jadi ingat sebuah kalimat yang pernah saya baca tapi lupa siapa penulisnya, Agama itu candu. Sifat candu itu memabukkan begitu pun agama yang membuat   beberapa pemeluknya mabuk  agama sehingga mengatasnamakan agama untuk mencari pembenaran atas kelakuannya yang tidak agamis. 

Kalau dalam kasus poligami, kasarnya  menyamakan urusan menghijrahkan perempuan dengan  urusan selangkangan.

Ini hanya pendapat pribadi ya, dikeluarkan biar tidak  emosi tiap dengar obrolan Layangan Putus di  wag atau lewat di TL hahaha. Semoga suami kita, anak-anak lelaki kita, saudara lelaki kita, menjadi sosok pemimpin keluarga yang sebenarnya, tidak menyitir agama untuk mencari pembenaran.

Boneka Arwah

Boneka yang kabarnya berisi arwah dari para bayi yang meninggal karena aborsi atau dihabisi orangtuanya. Salah seorang penjualnya yang hits di Ig dan punya chanel Youtube adalah Furi Harun. Saya tahu ini setelah baca status teman di FB, jadi kan stalking karena kepo hahaha.

Jadi mba penjualnya ini Indigo, itu loh istilah untuk orang yang punya kelebihan melihat atau merasakan mahluk astral.

Jujurly saya mending beli emas daripada
Beli boneka ini


Sebagai orang muslim tentu saya tidak percaya, arwah bisa dipindah tempatkan dari orang ke boneka, tapi percaya kalau boneka bisa  diisi jin.

Saya meyakini memelihara boneka arwah musrik karena kalau baca di komen jualan mbaknya banyak testimoni karena punya boneka ini jadi rajin sedekah, ingat sholat dsb. Hadeuh…

Saya baca ada yang memperlakukan  boneka ini s sedikit seperti merawat manusia, diberi makan dan minum (cuma didekatkan aja ke mulutnya).  

Kalau menurut saya ini ada akal-akalan mbak penjualnya juga biar laku, biar trend dan memang sepertinya sudah sedikit berhasil mentrendkan boneka ini karena saya lihat banyak pemilik boneka arwah  pamer di medsos  dengan bangga. Saya sih ngeri ngeliatnya, jadi kayak orang halu dan memperlihatkan kekurangan orang tersebut – tertawa tapi sebenarnya  kesepian, butuh perhatian lebih, butuh tepuk tangan dan butuh cuan. Ya saya juga butuh cuan tapi semoga Allah selalu menjaga saya dan keluarga agar cara cari cuannya tidak melanggar syariat agama.

Semoga mba penjual diberi kesadaran, sadar sudah membohongi banyak orang yang kesepian dan butuh perhatian menjadi halu dan sedikit menyimpang mentalnya. Sadar trendnya lebih banyak membawa kerusakan mental dan aqidah daripada membawa manfaat.

Cukup sekian curcolnya…

 

 

 

My Monday to Sunday (1), Bingung

Akademi militer versus ilustrator 

Akademi militer versus ilustrator, obrolan sepanjang perjalanan di atas motor dari sekolah ke rumah suatu sore menjelang magrib sehabis latihan bela diri tapak suci.

Tiba-tiba si Kaka nanya-nanya soal akmil atau akademi militer, bagaimana caranya masuk ke sana? Ehm, beberapa waktu lalu si Kaka pernah nanya-nanya gimana caranya jadi tentara. Saya bilang fokus belajar dulu sampai kuliah, setelah lulus kuliah baru cari kesempatan masuk militer biar levelnya pemikir strategi bukan pion. Dan selama belajar mulai mempersiapkan fisik.

Entah dari mana Si Kaka kepikiran masuk militer, dia tahu kakek buyutnya  pensiunan militer tapi hanya tahu dari cerita saya, ibu dan bapak saya karena Kakek buyutnya meninggal saat usianya 5 tahun jadi ga sempat mendengar dongeng perang kemerdekaan dari beliau.

“Tapi Mah kalau aku masuk akmil jadi tentara, aku ga bisa gambar donk?”

(Salah satu gambar di sulung yang digambar dengan aplikasi photoshop dan after effect, jadi gambarnya bergerak/animasi. Belajar photoshop dan after effect secara otodidak) 



“Ya bisa.”

“Tapi waktunya gimana?”
“Ya diatur, kalau lagi santai, buat ngilangin stress kamu gambar.”

“Tapi aku bingung akh, mau akmil tapi mau gambar juga. Terus nanti silat aku gimana?”

Kamu bingung apalagi Mama, kata saya dalam hati.

“Ya pikirin aja dulu, fokusnya mau kemana.”

“Au akh aku bingung,"katanya.

Ehm apalagi Mamanya, bingung ga tahu maunya yang mana. 

Minggu ini si Sulung berinisiatif membuat blog untuk mempromosikan gambar-gambarnya setelah minggu lalu Bapaknya mengunggah gambarnya di NFT OpenSea. Upload karya di nft sebelum foto Ghozali evedyday viral tapi karena pak suami lagi ngulik nft dan bitcoin. 




 

 

 

 

 

Hidup Berwarna di Usia Cantik

Lebih berwarna  dengan ASUS OLED 

Tahun 2021 rasanya nano-nano, khawatir karena pandemi tak kunjung usai terlebih saat pertengahan tahun di mana gelombang pandemi menghantam begitu keras.  Menuju akhir tahun mulai optimis dengan pandemi yang bisa dikendalikan namun berita duka datang dari alam, bencana banjir dan erupsi. Semoga kita semua bisa melalui semua ini ya teman dan jangan lupakan kebahagian kecil yang dihadir dalam keluarga, hal  sepele namun membuat banyak bersyukur.

Berharap tahun 2022 jauh lebih baik, tetap fight apapun kendala dalam kehidupan karena setiap orang pasti diberi ujian, every body has own battle.  Tidak ada orang yang hidupnya sempurna, senang terus, beruntung terus.

Alhamdulillah menuju tahun 2021 dengan usia yang juga bertambah, 40++. Usia yang katanya cantik dan  mapan. Mapan secara emosi, mapan secara finansial, mapan secara spiritual. Bagaimana dengan saya? Memang seriring usia, pengelolaan emosi sudah jauh lebih baik, buktinya drama rumah tangga karena perbedaan pendapat dengan suami sudah jarang terjadi, sudah saling mengalah  dan mengerti. Mapan secara spiritual? Masih berusaha istiqomah kalau diibaratkan grafik, masih naik turun. Mapan secara finanasial? Kalau ukurannya kebutuhan sehari-hari tercukupi, Alhamdulillah sudah. Tapi kalau definisi  mapan itu  tabungan hari tua sudah ada, punya budget liburan jauh (luar pulau Jawa atau luar negeri), investasi ini itu,  ya belum. Masih mengumpulkan rupiah demi rupiah agar bisa memiliki  tabungan hari tua, masih cari tambahan untuk jajan dan beli skin care.  Sebagai seorang istri perlu banget merawat diri karena salah satu kunci kehangatan rumah tangga.



Usia 40++ tapi semangat mamah muda hehehe. Saya selalu ingat bukunya Prita H Gozie, yang pertama kali saya baca tahun 2010 an,  buku best seller hingga dicetak ulang berkali-kali. Judulnya Menjadi Cantik, Gaya dan Tetap Kaya.

Yes perempuan bisa Menjadi Cantik, Gaya dan Tetap Kaya tanpa hutang alias sehat secara finansial.  Caranya, perempuan harus pintar mengelola keuangan, tahu prioritas dan tentunya punya penghasilan. Bagaimana  kalau tidak punya penghasilan sendiri alias hanya dari suami? Tidak masalah selama bisa mengelolanya. Tapi alangkah baiknya perempuan produktif agar  point Menjadi Cantik, Gaya dan Tetap Kaya tercapai.

Terkesan materialistik ya, padahal nggak, karena versi cantik, gaya dan kaya setiap orang berbeda. Karena perempuan, terutama yang sudah bersuami sebaiknya tampil cantik (rapih dan bersih) di depan suaminya dan orang lain. Tampil rapih dan bersih di depan orang lain untuk menjaga wibawa suami tentunya. Lagipula perempuan mana yang tidak ingin tampil cantik? Definisi gaya ga berarti all out ikutan trend tapi bisa menyesuaikan. Misal ke undangan ya pake baju pantas (dasteranya di rumah aja) make up sesuai. Dan definisi kaya tidak selalu bergelimpangan harta,  bagi sebagian besar orang termasuk saya, kaya adalah sehat lahir batin dan kebutuhan sehari-hari cukup. Punya ini itu bonus karena saya pernah bertemu orang yang rumahnya besar, lux, furniturenya jati semua, dapurnya kitchen set kekinian,  tapi setiap bulan cari pinjaman buat bayar listrik dan makan sehari-hari seadanya, definisi terlihat kaya.

Produktif berkarya hidup sehat juga bahagia

Ada yang tahu Fiersa  Besari? Kalau teman-teman aktif di twitter land pasti tahu, tweetnya sering diretweet karena tweetnya yang kena dengan realitas hati dan kehidupan, dengan pilihan diksi smart, kritis, yang penasaran bisa intip aja ya twitternya. Salah satu lirik dari lagu barunya tentang ASUS OLED yang saya suka, Produktif berkarya hidup sehat juga bahagia.

Berdasarkan penelitian yang pernah saya baca,  perempuan produktif hidupnya lebih bahagia, sehat dan tingkat kejulidannya rendah. Masuk akal ya karena produktif = sibuk, jadi mana sempat memantau kehidupan orang yang bikin penyakit hati heuheu.  

Kenapa produktif bisa bikin bahagia? Dari artikel yang pernah saya baca yang ditulis seorang psikolog, katanya, saat kita produktif - menghasilkan karya (sesuatu), akan timbul rasa percaya diri, timbul penghargaan pada diri sendiri, merasa berharga, merasa mendapat pengakuan. Perasaan yang merupakan kebutuhan dasar manuasia, dihargai dan diakui. Saat bahagia otak mengeluarkan hormone kebahagian yaitu Serotin dan endorphin.

Hormone yang membuat tubuh rileks, sehingga degup jantung, aliran darah dan organ tubuh  berfungsi dengan baik dan normal. Otomatis tubuh menjadi sehat.

Kalau produktif kemungkinan mendatangkan penghasilan tambahan dan jumlah materi yang didapat besar atau kecil tetap membuat bahagia. Satu hal lagi, berbagi berperan dalam menumbuhkan rasa bahagia, baik berbagi materi maupun ilmu.

Bekerja dari rumah jadi kebiasaan baru 

Kebutuhan laptop jadi penting

Tahun 2013 saya resign dari kantor dan memutuskan jadi ibu rumah tangga, kedua anak saya saat itu masih balita. Resign bukan keputusan mudah, mikirnya bertahun-tahun heheh. Sempat kepikiran kalau anak-anak udah gede, sudah masuk sekolah dasar semua, sudah remaja, ngapain saya di rumah? Anak-anak akan menghabiskan waktunya di sekolah, suami ngantor sampai sore. Gogoleran? Nonton tv? Sementara peluang untuk kembali ngantor kecil karena faktor usia. Perusahaan mana yang mau rekrut mantan irt bertahun-tahun, usia 40 an.

Beruntung saya memiliki kegiatan di luar kantor waktu itu yaitu  ngeblog. Saya mulai ngeblog secara konsisten  tahun 2009. Biasalah tulisan curcol.

Nulis ini itu coba kirim ke media, frekuensi tulisan dimuat di media (dan mendapat honor) lebih kecil dibanding penolakan.  Mungkin tulisan saya diblog  hanya dibaca beberapa orang, tapi  rasanya hidup berwarna  tidak berputar di dapur, kasur dan sumur. Bertemu teman baru di dunia maya, gabung dikomunitas. Tanpa disangka  karena kemajuan teknologi memungkinkan blog mendatangkan penghasilan. Bergabung di komunitas, mengambil peluang yang ditawarkan seperti review produk, meliput event produk, mengikuti lomba blog dsb. Suka baper sih kalau ikut lomba blog tapi  ga menang tapi jika tidak dicoba ga akan  merasakan menang, jadi gaskeun.

Menjadi content creator dan mompreneur

Kehadiran teknologi internet memungkinkan produktif dari rumah tanpa  batasan usia. Yap teknologi membuat serba mudah dan indah, jika dimanfaatkan dengan baik.


Seiring waktu dan bertambahnya kecanggihan dunia digital, blogger dituntut update dengan beragam aplikasi untuk membuat konten yang menarik tidak hanya di blog juga media sosial termasuk Youtube. 

Dulu melengkapi tulisan di blog bisa dengan foto ala kadarnya kini rasanya tidak bisa karena foto jadi pelengkap konten yang diperhitungkan.

Akhirnya mulai belajar moto yang rapih, ya minimal rapih dulu. Stalking foto-foto cakep di instagram, jadi terinspirasi dan sedikt-sedikit tahu bagaimana supaya foto bisa cakep dan aestitik. Modal dikit-dikt buat beli pros foto, kepikiran buat pajang foto di platform  agar foto-foto ga menuhin handphone dan laptop tapi siapa tahu laku terjual.

“Duh ngejar duit banget sih Rin?” Setelah menjalani bukan sekedar mengejar cuan, ada rasa bahagia dengan kesibukan ini itu. Bener produktif itu bikin sehat dan bahagia.

Tahun 2017, mencoba jualan online tanaman hias, Alhamdulillah bisa bertahan sampai saat ini. Jadi wirausahawan di era digital menuntut kreativitas, membuat konten menarik yang tidak hanya jualan tapi edukasi untuk menambah   nilai lebih. Tujuan mulai bergeser, tidak sekedar mengejar cuan tapi bagaimana bisa menumbuhkan usaha agar bisa menambah  karyawan, memberdayakan  dan berkolaborasi dengan warga sekitar.

Ternyata produktif membuat hidup lebih berwarna. 

Teknologi membuat semua lebih mudah

Sejak pandemi bekerja dari rumah jadi kebiasaan baru kebanyakan orang bukan hanya freelancer. Anak-anak juga jadi terbiasa belajar dari rumah. Laptop jadi kebutuhan penting, penggunaan laptop yang biasanya hanya beberapa sehari, sejak pandemi bisa lebih dari setengah hari di depan laptop. Keluhan mata lelah mulai terasa kalau baca-baca artikel kesehatan ini katanya efek radiasi dari sinar biru dari layar laptop. Dalam jangka panjang efek ini bisa serius seperti menimbulkan gangguan tidur. 

Kabar baiknya kini ada laptop dengan teknologi layar yang membuat mata lebih sehat, mengurangi radiasi sampai 70%.  Saya tahu setelah nonton video yang di share  Fiersa Bestari  lagu barunya dengan judul yang bikin penasaran, Bukan Laptop Biasa. Yang penasaran bisa intip di sini.

Laptop ASUS OLED  dengan teknologi (yang) membuat semua lebih mudah. Teknologi seperti apa sih? 

ASUS OLED




Keunggulan laptop ASUS OLED terletak pada teknologi layarnya yang memberikan visual terbaik warna akurat dan aman untuk kesehatan mata. Teknologi layar yang baru saja dikenalkan ASUS di acaranya ‘ASUS OLED Launch see the difference with ASUS OLED’. Teknologi yang akan diadopsi pada layar laptop ASUS yang akan datang.

Kualitas visual dan warna yang super bagus yang diusung teknologi ASUS OLED, membuat laptop ASUS OLED cocok untuk para pekerja kreatif terlebih didukung spesifikasi yang modern.   

Laptop ASUS OLED sudah diperkuat oleh prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru (Tiger Lake) yang mengahdirkan keseimbangan performa dan responsivitas dalam platform berdaya rendah yang dibuat berdasarkan teknologi proses 10nm generasi ketiga. 


5 Keunggulan ASUS OLED 

Secara detail berikut keunggulan teknologi layar ASUS OLED;

Warna lebih kaya dan akurat

Tingkat reproduksi warna ASUS OLED tinggi dan akurat sesuai dengan standar industri perfilman saat ini. ASUS OLED mampu mereproduksi warna 100% warna pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% warna pada color space sRGB.



ASUS OLED juga memiliki akurasi warna yang tinggi dan telah kalibrasi warna telah terstandar dan mendapat sertifikat PANTONE Validated Display.

Aman untuk kesehatan mata

Paparan sinar radiasi biru pada layar laptop adalah penyebab utama kelelahan pada mata dalam jangkan panjang dapat mengganggu kesehatan mata. Gejala ringan dari radiasi layar laptop umumnya berupa sulit tidur.

ASUS OLED dilengkapi fitur eye care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru hingga 70%.

Dengan ASUS OLED bisa lebih produktif tanpa khawatir kesehatan mata terganggu. 

Tetap jernih pada tingkat kecerahan rendah

ASUS OLED menggunakan 3D color gamut sebagai referesi  yang menambah faktor iluminasi untuk mengukur volume warna secara keseluruhan. Color volume yang besar menyababkan ASUS OLED memiliki tingkat reproduksi warna yang tinggi pada rentang tingkat kecerahan yang lebih luas.

Detail warna dan visual terbaik

ASUS OLED terdiri dari jutaan lampu LED berukuran sangat kecil setiapLED  dapat dimatikan secara sempurna hingga menghasilkan warna hitam  sempurna dan memiliki kontras warna tinggi. Rasio kontras ASUS OLED mencapai 1.000.000 :1  sehingga etiapdetail warna sangat jelas.

ASUS OLED mengantungi sertifikasi Display HDR500 True Black dari VESA yang artinya beragam konten multimedia yang disajikan dengan format HDR secara sempurna.

Kelebihan ini bisa jadi solusi untuk teman-teman yang suka motret dan edit di photoshop. 

Edit photo membutuhkan laptop dengan detail warna jelas, pc biasa warna kurang cetar 

Visual lebih jelas tanpa efek blur

Gerakan visual cepat saat kita menonton kadang kala menjadikan efek blur tapi dengan ASUS OLED karena dilengkapi response time  0,2ms (50x lebih cepat dari layar laptop pada umumnya) gerakan visual cepat menjadi tajam dan tanpa blur.



Lima kelebihan yang membuat ASUS OLED cocok untuk Photographer, animator, digital art dan contet kreator. Untuk teman-teman yang suka nonton kelebihan ini pasti makin betah nonton. 

Info lebih lengkap ASUS OLED bisa teman-teman baca di ASUS OLED (klik).

ASUS OLED dengan spesifikasi tangguh ASUS VivoBook Ultra  15 OLED (K513)



Duh duh duh, jadi pengen punya laptop ASUS OLED, pas lagi butuh ganti laptop juga. Dan bukan hanya layarnya yang berteknologi modern sehingga sehat untuk mata juga spesifikasinya cocok dengan kebutuhan saya sebagai pengguna aplikasi photoshop untuk mengedit foto sebelum upload ke Shutterstock, jadi laptop yang dibutuhkan harus mumpuni. Berdasarkan pengalaman tidak semua laptop bisa bekerja dengan baik dan cepat dengan aplikasi photoshop, harus yang spesifikasinya tinggi.

Bukan kebetulan, si anak sulung juga membutuhkan  laptop untuk menggambar diphotoshop jadi saat berencana membeli laptop baru harus bisa digunakan dia juga.

Salah satu seri laptop ASUS  yang sudah dilengkapi teknologi layar OLED dengan spesifikasi modern adalah ASUS VivoBook Ultra  15 OLED (K513). 

Dengan layar berukuran 15 inc dan  sudah dilengkapi window 10 home, sistem operasi terbaru dari Microsoft yang dilengkapi berbagai aplikasi yang menunjang produktivitas.

Keamanan sudah terintegrasi dan selalu terbaharui melalui window update dengan fitur window hello yang mempercepat mengoperasikan laptop tanpa kata sandi.

PC juga sudah dlengkapi Office home dan student 2019 dengan aplikasi office yang lengkap dan 100% asli.

Laptop ASUS VivoBook Ultra  15 OLED (K513),  cocok untuk WFH dan PJJ karena dilengkapi teknologi Al noise cancelling yang dapat meredam suara bising dari sekitar . Menggunakan WIFI 6 terbaru yang kencang dan stabil dilengkapi Smart Connect sistem yang dapat memilih dan terkoneksi dengan sinyal yang paling kuat.



Spesifikasi ASUS VivoBook Ultra  15 OLED (K513)

Dengan prosessor  11 th Gen Intel Core dengan performa baik dan konsumsi daya optimal. Memori DDR4 RAM dan penyimpanan berupa PCle SSD dengan kecepatan baca dan tulis lebih cepat dari HDD tradisional sehingga aplikasi dijalankan dengan kencang.

Dilengkapi ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT) teknologi yang memungkinkan  performa meningkat hingga 40% dibandingkan laptop dengan spesifikasi biasa. Konsumsi data  menjadi rendah.

ASUS VivoBook Ultra  15 OLED (K513) dapat di upgrade hingga dapat disesuikan dengan kebutuhan dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.  Bisa upgrade kapasitas RAM melalui slot SO-DIMM DR$ kapasitas penyimpanan juga dapat ditambah. Sudah terkonfirmasi akan mendapat update sistem window 11.

Kampanye #KejuAsliCheck, Edukasi untuk Para Ibu Memilih Keju Berkualitas

Kampanye #KejuAsliCheck, edukasi  memilih keju berkualitas  

Empat resep dengan  #KejuAsliCheck untuk menjaga Imunitas Anak di Masa Pandemi

Assalamualaikum teman-teman, semoga dalam keadaan sehat dan baik. Apa kabar sekolah anak-anak?

Anak-anak di rumah senang banget akhirnya sekolah PTM walaupun hanya 2 hari dalam seminggu. Hari PTM menjadi hari yang ditunggu-tunggu, walaupun sepanjang jam sekolah tidak boleh keluar kelas, jam istirahat tetap di kelas, duduk manis di kursi masing-masing dan makan makanan yang dibekal dari rumah.

“Sekolah jadi ga seru, istirahat ga boleh keluar, ga boleh main-main, harus duduk di kursi,” ujar si Adik yang duduk di kelas 4 sekolah dasar. “Tapi aku suka sekolah sih daripada zoom.”

Dalam hati saya bersyukur dengan aturan seperti itu, namanya anak sekolah dasar, dikasih kesempatan istrahat main di luar bareng teman-temannya, bakal lupa  istilah jaga jarak, lepas  masker dengan alasan ga bisa nafas karena lari-lari.  Padahal pandemi belum berakhir, tetap harus menerapkan disiplin prokes dan  menjaga imunitas. 

Minggu ini anak-anak sudah masuk liburan semester dan tidak ada rencana liburan ke luar kota, memutuskan di rumah saja karena sebelum anak-anak ujian udah liburan tipis-tipis, kami sengaja memilih liburan di hari kerja/sekolah agar tidak terlalu ramai.

Buat teman-teman yang berencana liburan jangan lupa prokes, makan teratur dan bergizi agar imunitas tetap terjaga selama liburan  dan bisa kembali bersekolah  PTM (pembelajaran tatap muka). Yang liburannya di rumah saja seperti kami, siapkan camilan, karena pasti pergerakan anak-anak ga jauh-jauh dari kamar, kursi di ruang keluarga dan dapur hehehe.

Saya biasanya mencari ide kreasi makanan dari media sosial dan google, ada banyak resep yang bisa dimodifikasi disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah.

Berikut adalah empat   kreasi makanan dengan keju yang bisa dijadikan bekal sekolah, camilan, sarapan atau bekal diperjalanan menuju tempat berlibur. 

Puding roti keju pisang

Foto dan resep di post di ig @t_rinasusanti

Salad buah segar 

Dessert yang super mudah buatnya, jumlah buah yang dibutuhkan  bisa dikira-kira, buah bisa disesuaikan dengan stok yang ada di rumah, pisang atau pepaya juga bisa. Setelah dipotong-potong, tambah yoghurt, mayonese dan parutan keju. Teman-teman tim salas buah dingin atau nggak nih? Kalau kami di rumah sukanya dingin, jadi simpan dulu di kulkas 1 jam baru dinikmati. 

Salad buah dengan #KejuAsliCheck

Mac n Cheese

Sajian yang bisa dijadikan bekal sekolah atau sarapan. Membuatnya mudah. 

Mudah buatnya tinggi gizinya 









 Puding jagung keju

Resepnya ga terlalu praktis tapi rasanya enak banget ini, resep dan foto sudah pernah di post di ig @t_rinasusanti di sini

Resep puding jagunh keju

Keju cheddar sebagai  salah satu sumber makanan padat gizi

Kok resepnya pake  keju cheddar semua? Yap, saya  menggunakan Kraft  cheddar karena kandungan gizinya yang tinggi dan rasanya yang lezat dan gurih disukai anak-anak. Kraft cheddar kaya dengan kalsium, vitamin D dan protein yang merupakan komponen penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Keju cheddar juga bisa dikombinasikan   dengan aneka makanan, termasuk sayuran dan buah.

Menurut penelitian dari National Library of Medicine bahwa produk olahan susu kaya kalsium seperti keju cheddar terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang anak, keju cheddar juga merupakan  sumber energi kalori tinggi yang memungkinkan anak-anak bisa bergerak aktif dan tidak mudah lelah. 

Kraft cheddar  sudah terbukti mempunyai kandungan yang dapat memenuhi 30% kebutuhan kalsium harian, sumber vitamin D dan protein.

Keju cheddar mudah didapat di pasaran tapi kualitasnya berbeda lho. Nah, agar tahu cirinya keju cheddar asli dan berkualitas, simak Kampanye #KejuAsliCheck yang digagas KRAFT. 

Kampanye #KejuAsliCheck

Kampanye #KejuAsliCheck adalah kampanye yang digagas KRAFT  bertujuan mengedukasi para Ibu bagaimana memilih keju cheddar asli karena  tidak semua keju cheddar dipasaran (komposisi) bahan utamanya keju cheddar.

Berdasarkan survey yang dilakukan KRAFT salah satu brand dari Mondelez Indonesia, lebih dari 61% tidak tahu jika produk keju cheddar di pasaran tidak semuanya berbahan utama keju cheddar. Dari survey itu juga terungkap jika 77% ibu terbiasa membaca label makanan yang dibeli tapi 48% nya tidak tahu cara membaca susunan komposisi label.

Tips Memilih  #KejuAsliCheck

Jadi bagaimana caranya memastikan keju cheddar yang kita beli dan konsumsi keju  yang  komposisi utamanya keju cheddar? KRAFT melalui kampanye #KejuAsliCheck ingin membantu para ibu di seluruh Indonesia memilih keju cheddar yang komposisinya   tepat dan berkualitas, sejalan dengan aturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) untuk melihat label pangan pada kemasan sebelum membeli.

Menurut Dian Ramadianti, Senior Marketing Manager keju KRAFT, ada dua cara mudah untuk melihat apalah keju cheddar itu asli atau tidak, yaitu; pertama, pada table komposisi keju berada pada urutan pertama. Kedua, pada kemasan tercantum klaim nutrisi.



Sesuai dengan Peraturan Badan POM tahun 2018 no 3 yang menyebutkan jika komposisi bahan baku pada tabel produk diurutkan berdasarkan jumlah dari yang kandungan tinggi ke rendah. Artinya jika produk keju cheddar itu asli makan komposisi pertama yang tertulis di tabel kemasan adalah keju cheddar bukan air, tepung atau bahan lainnya.

KRAFT  cheddar telah memenuhi standar keaslian keju dengan bahan utama keju asli New Zealand dan dilengkapi nutrisi calcimilk yang kaya kalsium, serta sumber protein dan vitamin D, yang tertulis pada kemasan. 

Kraft cheddar juga memiliki citarasa gurih dan lezat, yang disukai anak-anak. Kraft Keju Cheddar tersedia dalam berbagai ukuran jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat membelinya.



Pentingnya para ibu membaca dan memahami label pada makanan yang dibeli

Saat membeli makanan apakah teman-teman suka membaca kemasan atau labelnya? Kalau saya iya tapi jujur, prioritas yang dibaca dikemasan itu tanggal kadaluarsanya saja. Komposisi hanya sekilas bahkan seringnya luput dari perhatian. Kampanye  #KejuAsliCheck mengingatkan saya  pentingnya membaca komposisi makanan yang dibeli dan memastikan komposisi utama sesuai peruntukannya. Makanan dengan label susu berarti komposisi utamanya susu bukan air, makanan dengan label Keju Cheddar berarti komposisi utamanya ya keju cheddar bukan air atau tepung.

Saya juga jadi paham kenapa para ibu penting membaca dan memahami label atau komposisi makanan yang dibeli karena para ibu yang ‘bertugas’ memilih makanan dan menentukan pola makanan untuk keluarga.

Hal senada diungkapkan Bunga Citra Lestari selaku Mom Influencer bahwa penting bagi Ibu memastikan keju cheddar dengan komposisi tepat dan berkualitas karena ibu memiliki peran penting dalam menentukan pola konsumsi rumah tangga, mulai dari menetapkan menu, memilih bahan, memasak dan menyajikan.

Dan tentunya pemilihan makanan berkualitas  ini berpengaruh besar pada imunitas anak.

Pentingnya menjaga imunitas anak

Apa sih imunitas atau kekebalan? Secara teori imunitas   adalah kemampuan organisme multisel dalam tubuh untuk melawan mikroorganisme berbahaya atau pertahanan pada organisme untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dengan mengenali dan membunuh patogen. Imunitas akan terbentuk  salah satunya dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Makan dengan komposisi lengkap; karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin dan mineral. Sebaliknya jika kekurangan nutrisi, kekebalan tubuh menurun yang mengakibatkan rentan terhadap infeksi virus.

Imunitas anak belum berkembang sempurna, sehingga perlu dijaga dengan cara mencukupi kebutuhan zat gizinya, terutama protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel imunitas, serta mikronutrien untuk antioksidan yang melindungi sel-sel imunitas mereka, seperti diungkapkan dr. Rita Ramayulis DCN M. Kes, seorang Nutritionist,  dalam kampanye  #KejuAsliCheck yang digagas KRAFT.

Terlebih di masa pandemi ini, virus Covid-19 juga bisa menyerang anak-anak. Kita mungkin bisa sedikit menarik nafas lega karena vaksin hampir merata dan anak-anak sudah mulai diperbolehkan vaksin, tapi dari artikel-artikel yang saya baca, berdasarkan riset, vaksin tidak 100%  menjamin tubuh kebal virus Covid-19, vaksin hanya menambah imun dan memperkecil efek samping jika terkena virus. Seberapa besar vaksin menambah imun dan memperkecil efek samping, tergantung kondisi tubuh. Jadi balik lagi, imunitas tubuh kita yang harus dijaga, dari luar (dengan menerapkan prokes) dan dari dalam (dengan hidup sehat termasuk mengkonsumsi nutrisi yang baik).

Dr.Rita memaparkan 3 tips menjaga nutrisi anak yaitu;

Konsumsi makanan sesuai waktu. Pemenuhan protein dan zat gizi mikronutrien  harus diberikan di semua waktu makan yaitu pagi, siang, malam dan selingan (camilan) pada jam pagi, siang dan sore.

Konsumsi makanan sesuai jumlah. Pemilihan makanan untuk anak tidak hanya asal kenyang, tapi harus padat gizi. Porsi kecil tapi padat gizi, bukan sebaliknya, ini disesuaikan dengan porsi makan anak.

Konsumsi makanan sesuai jenis. Makanan yang dipilih harus padat gizi.



Agar ketiga tips di atas bisa diterapkan, kita sebagai ibu dituntut bisa berkreativitas, bagaimana menyaji makanan yang menarik agar disukai anak-anak namun padat gizi. Bagaimana membuat makanan bervariasi agar anak-anak tidak merasa bosan dan rasanya lezat. Kreasi makanan dengan tambahan keju cheddar jadi pilihan tepat karena rasaya lezat dengan kandungan gizi tinggi. 

Pelengkap imunitas anak

Hal lain yang memperkuat imunitas adalah selain nutrisi, di masa pandemi ini adalah ;

Disiplin prokes. Berusaha tidak bosan mengingatkan anak-anak soal 3M, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Saat keluar rumah harus pake masker dan bawa hand sanitizer. Memberi pengertian pada anak-anak jika disiplin prokes juga berarti kami tidak bisa sering mengajak mereka keluar rumah untuk jalan-jalan, ngemall atau ke rumah saudara/kakek neneknya seperti dulu.

Boleh baca Resep masakan mudah bergizi dengan harga terjangkau. 

Olahraga. Pandemi membuat, durasi  duduk depan tv atau main gadget bertambah, agar tidak jadi kebiasaan, mengajak mereka  berolahraga jadi agenda. Kami memakai aplikasi untuk panduan  olahraga gerakan ringan, bapaknya anak-anak yang jadi leadernya. Melibatkan dalam pekerjaan rumah tangga salah satu cara membuat anak-anak bergerak aktif.  Aplikasi olahraga bisa diunduh gratis di Google play dan banyak pilihannya, tinggal disesuaikan.

Bermain dan menumbuhkan kreativitas. Saya masih ingat ekspresi anak-anak di awal masa pandemi;  murung, uring-uringan karena dilarang main, sekolah online yang tidak seru. Saya dan suami menyiasati dengan menambah buku bacaan dan mainan. Si sulung yang suka menggambar dikenalkan pada photoshop dan after efec. Anak-anak belajar bermain  alat musik secara mandiri melalui  aplikasi.

Boleh baca Belajar Digital Art dan Menumbuhkan Minat Baca Anak dengan Read Aloud

Jaga kesehatan mental anak dengan perhatian dan kasih sayang. Fisik yang kuat harus dibarengi mental yang sehat. Kesehatan mental menurun, imunitas juga menurun. Sehat mental di sini   tidak  terkait dengan penyakit kejiwaan. Anak dengan mental sehat akan terlihat ceria, gembira, bisa bersosialisasi dan mengendalikan emosi. Sikap ini didapat jika anak merasa aman dan nyaman di rumah. Kasih sayang dan perhatian orangtua berperan penting. 

Tidur dan istirahat cukup. Menerapkan disiplin agar anak-anak tidur dan istirahat cukup. Kalau di rumah, maksimal anak-anak tidur jam 10 tapi biasanya sebelum jam 10 sudah tidur. 

Imunitas anak terjaga, liburan tenang, kembali ke sekolah dengan sehat.