Nikmati Puasnya Ngopi Sehat dan Hemat dengan Buka Tabungan Online

Nikmati Puasnya Ngopi Sehat dan Hemat dengan Buka Tabungan Online


Kebiasaan ngopi di café maupun warung kopi sederhana telah menjadi budaya bagi anak muda zaman sekarang. Terlebih dengan hadirnya layanan buka tabungan online yang menawarkan potongan harga untuk yang hobi ngopi, kini aktivitas tersebut menjadi lebih menyenangkan.

Di sisi lain, Indonesia adalah negara yang kaya akan produk kopi berkualitas. Kopi khas Indonesia bahkan tidak kalah kualitasnya dengan kopi dari luar negeri.

5 Jenis Kopi Lokal Terbaik

Ikuti cara buka tabungan online yang mudah di bawah ini untuk mendapatkan potongan harga yang bisa menjadi solusi untuk menghemat pengeluaran kamu yang suka ngopi. Namun sebelum itu, yuk, intip terlebih dahulu jenis kopi lokal apa saja yang wajib kamu jajal kelezatannya.

  1. Kopi Gayo Khas Sumatera 

Sumatera adalah salah satu daerah penghasil biji kopi berkualitas. Sebut saja salah satunya kopi gayo khas Aceh yang teksturnya encer dan tidak terlalu pekat serta memiliki keasaman yang seimbang.

  1. Kopi Arabika Kintamani Khas Bali

Pulau Dewata tidak hanya memiliki spot wisata bertaraf internasional. Kualitas kopi arabika khas Bali khususnya Kintamani juga tidak kalah populer. Bahkan kopi ini sudah diekspor hingga ke Jepang, Arab hingga Eropa.

Dengan buka tabungan online kamu bisa mencoba kopi yang terkenal ini dan mendapatkan cashback.

  1. Kopi Arabika Khas Toraja

Pernah mendengar kopi Toraja? Siapa sangka kalau minuman yang satu ini juga tidak kalah terkenal. Kopi Toraja adalah minuman yang tidak memiliki after taste pahit yang mengganggu.

  1. Kopi Robusta Khas Temanggung

Selain arabika, Indonesia juga memiliki kopi robusta yang tidak kalah lezat. Salah satu kopi robusta terbaik yaitu khas Temanggung yang punya aroma unik khas tembakau dengan rasa pahit yang pekat.

  1. Kopi Arabika Java Ijen Raung

Yang terakhir ada jenis kopi Arabika Java Ijen Raung khas Bondowoso yang pertama kali diekspor pada tahun 2011 lalu. Sampai saat ini, negara kita sudah berhasil mengekspornya ke berbagai negara karena minuman ini punya cita rasa yang khas.

5 Tips Sehat Memesan Kopi di Kedai Kopi

Kesempatan mendapatkan cashback untuk transaksi ngopi di kedai kopi semakin banyak, salah satunya dengan cara buka tabungan online yang juga semakin mudah.

Akan tetapi, tetap perhatikan kesehatan saat meminum kopi. Berikut sudah kami rangkum tips sehat minum kopi di café atau kedai kopi bagi yang menikmati cashback dengan memanfaatkan rekening online.

  1. Hindari Terlalu Banyak Susu dan Gula

Pada dasarnya kopi merupakan minuman yang bermanfaat. Alangkah baiknya memesan minuman kopi dengan gula dan cream secara terpisah. Dengan begitu kamu bisa mengatur gula dan cream atau susu agar tidak terlalu banyak sehingga manfaat kopi bisa kamu rasakan.

  1. Minum Kopi Tanpa Gula Saat Liburan

Di saat liburan biasanya kamu akan menghabiskan waktu dengan bermain, salah satunya nongkrong di café-café. Perlu kamu ketahui, semakin banyak mengkonsumsi kopi dengan kandungan gula, maka akan semakin banyak asupan gula yang kamu konsumsi. Maka lebih baik tidak menggunakan gula sama sekali seperti kopi V60.

  1. Memilih Cortado untuk yang Suka Espresso Level Ringan

Seperti yang kamu ketahui, espresso merupakan minuman kopi dengan tingkat kepekatan pahit yang tinggi. Namun jika kadar pahitnya menurutmu terlalu tinggi, cobalah untuk memilih cortado yang lebih ringan.

  1. Memilih Kopi Dark Roast yang Aman Bagi Lambung

Ingin menikmati potongan harga ngopi di kedai kopi melalui buka tabungan online? Sebelum itu, pastikan kamu tidak memiliki lambung yang sensitif agar bisa menikmati setiap kopi yang kamu pesan. Sebut saja salah satunya dark roast untuk yang memiliki lambung sensitif.

  1. Meminta Saran Minuman Kopi Terbaik

Bingung menentukan menu kopi yang sesuai? Tidak ada salahnya kamu percayakan pilihan minuman kopi kepada barista. Mereka memiliki sejumlah rekomendasi kopi terbaik yang sesuai selera kamu.

Cara Buka Tabungan Online agar Ngopi Lebih Hemat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kini dengan hanya buka tabungan PermataME kamu bisa menghemat pengeluaran ngopi setiap bulan. Pasalnya ada penawaran menarik berupa cashback atau potongan harga.

Dengan penawaran tersebut kamu bisa menghemat pengeluaran. Untuk yang ingin mendapatkan cashback ngopi dari buka tabungan online kamu bisa langsung membukanya di aplikasi PermataMobile X.

Melalui PermataMobile X kamu bisa mendaftar menjadi nasabah PermataME,  salah satu produk tabungan unggulan untuk anak muda zaman sekarang.

Kenapa Harus di PermataME?

Salah satu alasan kenapa harus buka tabungan online PermataME yaitu karena ada penawaran cashback untuk yang suka ngopi. Selain itu juga punya banyak kelebihan yang sudah kami rangkum berikut:

1.  Proses Pengajuan Cepat

Proses pengajuan atau buka tabungan online PermataME sangat mudah dengan persyaratan yang tergolong ringan. Kamu bisa membuka langsung di aplikasi PermataMobile X.

Untuk kamu calon nasabah, harus datang ke kantor cabang untuk dilakukan verifikasi data. Selebihnya kamu bisa mengajukan lewat PermataMobile X

2.  Cashback Ngopi, Transportasi Online dan Belanja Online

Dapatkan 30% cashback untuk yang suka ngopi di kedai kopi dan nonton, 20% cashback belanja online serta 10% cashback untuk transportasi online.

3.  Gratis Biaya Tarik Tunai di Seluruh ATM

Kamu bisa melakukan tarik tunai secara gratis di seluruh ATM di dalam maupun luar negeri. Syaratnya yaitu untuk ATM yang berlogo VISA/PLUS dan minimum saldo sebelum transaksi sebesar Rp1 Juta.

4.  Mendapatkan Kartu Debit Eksklusif

Bagi yang buka tabungan online PermataME, kamu berhak mendapatkan kartu debit eksklusif yang didesain secara khusus.

5.  Promo Eksklusif

Pemegang atau pemilik PermataME debit card juga berhak menikmati berbagai promo eksklusif.

6.  Gratis Biaya Transfer

Nikmati gratis biaya transfer online yang menggunakan layanan PermataMobile X, ATM dan juga PermataNet.

Itulah manfaat dan keuntungan yang bisa kamu peroleh jika buka tabungan online PermataME. Tertarik untuk mendapatkan cashback saat ngopi? Instal aplikasi PermataMobile X dan buka tabungan PermataME sekarang juga!

Energi Terbarukan, Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi

Energi Terbarukan, Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi 

Perubahan iklim dan tantangan global

Perubahan iklim dan pemanasan global bukan sekedar isu atau masalah yang akan dihadapi di masa depan, tapi sudah mulai terjadi. Dampaknya sudah mulai terasa seperti perubahan cuaca yang ekstrim, gelombang panas, mencairnya es di kutub dan beberapa gunung tinggi.

Hasil pengamatan BMKG, sejak tahun 2016 hingga 2020 terjadi anomali antara 0.6-0.8 derajat celsius. Kenaikan suhu secara rata-rata yang terjadi di Indonesia ini mengakibatkan mencairnya salju abadi di Puncak Jaya, Papua. Fenomena lain munculnya siklon tropis seroja yang mengakibatkan banjir bandang dan longsor di Nusa Tenggara Timur pada tahun 2021. Fenomena siklon ini harusnya jarang terjadi di wilayah tropis namun dalam 10 tahun ini sering terjadi.

Study terbaru dari IPCC (Intergoverment Panel on Climate Change) melaporkan jika suhu bumi diperkirakan naik 1.5 derajat dalam waktu kurang dari 20 tahun, ini meleset dari target perjanjian paris (Paris Agreement) dimana para pemimpin dunia berjanji memperlambat laju pemanasan global dengan mengurangi gas emisi carbon yang dihasilkan industri. Kenaikan suhu bumi sebesar 1.5 derajat   terlihat kecil padahal dampaknya cukup serius terutama untuk biodata laut dan pencairan es di kutub.

Tentunya dampak negatif ini akan meningkat jika kita tidak mengurangi emisi karbon. Perubahan iklim harus dikendalikan karena dampaknya dapat memicu krisis pangan, kekurangan gizi dan menurunnya status kesehatan masyarakat.

Untuk mengendalikan laju perubahan iklim pemerintah menargetkan pada tahun 2025, 23% Industri di Indonesia sudah beralih ke energi baru yang terbarukan, seperti memanfaatkan energi surya, gelombang, geothermal,  angin, biomassa dan lain-lain.

One Planet One Health

Target yang ditetapkan pemerintah untuk mengurangi emisi karbon tentunya harus didukung semua pihak yaitu, masyarakat, pemangku kebijakan dan industri.

Danone Indonesia dengan visi One Planet One Health turut memitigasi dampak perubahan iklim dan berupaya berinovasi dengan menggunakan energi terbarukan. Danone berkomitmen menggunakan energi terbarukan hingga 100% pada tahun 2030.

Untuk mencapai  target ini, Danone mulai menggunakan energi terbarukan sejak dua tahun  dengan memanfaatkan solar sel (tenaga surya) di salah satu pabriknya sehingga menurunkan emisi karbon sebesar 5800 ton CO2/tahun.  

Inagurasi Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi Pertama di Jawa Tengah

Pada hari Rabu 15 Juni 2022  lalu, saya menghadiri secara online Inagurasi Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi Pertama di Jawa Tengah, yang dihadiri VP General Secretary Danone Indonesia Ibu Vera Galuh, Gubenur Jawa Tengah yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Bapak Sumarno, SE.,MM, Direktur Bioenergy  ESDM Dr. Edi Wibowo, Kepala dinas ESDM Provinsi Jateng dan Bupate  Klaten yang diwakili sekretaris daerah Klaten Bapak Jajang.

Seperti disampaikan Ibu Vera Galuh,  Danone Specialize Nutrition Indonesia sebagai perusahaan yang menggusung visi One Planet One Health Indonesia percaya bahwa kesehatan bumi dan kesehatan manusia saling berkaitan oleh sebab itu Danone berkomitmen meminimalkan jejak karbon selain menghasilkan produk yang sehat berupa nutrisi untuk Ibu dan anak dengan proses yang ramah lingkungan.

VP General Secretary Danone Indonesia

Danone SN Indonesia bekerja sama dengan Berkeley Energy  Commersial Industrial Solution  (BECIS) untuk memanfaatkan energi terbarukan dari Boiler Biomass yang berbahan baku sekam padi sehingga dapat mengurangi jejak karbon hingga 32%. BECIS merupakan penyedia layanan energy terbarukan di ASIA. 

BECIS dengan prinsip   decarbonisasi, desentralisasi dan digitalisasi  energi menjadi kunci perusahaan menjalankan operasionalnya secara berkesinambungan,  mendukung komitmen Danone SN Indonesia melalui keahlian yang dimilikinya untuk membangun dan mengoperasikan Boiler Biomassa berbahan bakar sekam padi. 

Boiler biomassa ini  beroperasi di pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardhika Prambanan Factory. Peletakan batu pertama Boiler Biomassa berbahan bakar sekam padi ini dilakukan pada 26 April 2021. 

Hanna Ikavalco dari BECIS 


Sekretaris daerah Jawa Tengah yang mewakili Gubenur 

Pembangunan dan pengoperasian Boiler Biomassa ini mampu menurunkan emisi karbon sebesar 8.300 ton CO2/tahun sehingga dapat mengurangi jejak karbon yang dihasilkan dari proses produksi di pabrik Prambanan hingga 32%.

Pemanfaatan energi terbarukan ini juga mendukung program Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan bauran energi baru terbarukan hingga 23% pada tahun 2025 dan mencapai karbon netral pada tahun 2060.

Pihak pemerintah Jateng berharap apa yang dilakukan Danone dengan inovasi energi terbarukannya menginspirasi perusahaan lain untuk menggunakan energi terbarukan. Dan berharap Danone Indonesia akan terus berkolaboarasi dengan petani dan peternak secara berkesinambungan, seperti diungkapkan sekretaris daerah Jateng.

Boiler biomassa berbahan bakar sekam padi dan ekonomi sirkular

Boiler Biomassa berbahan bakar sekam tidak hanya menciptakan energi baru terbarukan yang ramah lingkungan namun menciptakan ekonomi sirkular bagi petani sekitar pabrik.

Pengoperasian Boiler Biomassa


Sekam yang digunakan untuk boiler biomassa di pabrik SGM Klaten ini didapat dari petani sekitar pabrik (Klaten). ini menjadi nilai tambah untuk para petani karena seperti kita ketahui selama ini, sekam hasil penggilingan padi selama ini dianggap ‘sampah’, karena nilai ekonominya yang sangat rendah. Pemanfaatan sekam alakadarnya biasanya sebagai campuran media tanam.

Sekam padi diangkut dari petani sekitar menuju fasilitas boiler dengan truk.

sekam padi

Lalu muatan dibongkar di gudang dan dipindahkan ke ruang pembakaran.

menuju ruang pembakaran 

Sekam dibakar, panas dari proses pembakaran ini akan menghasilkan uap bertekanan atau steam. 

uap hasil pembakaran

Uap dialirkan melalui pipa menuju PT Sari Husada pabrik Prambanan sebagai sumber panas untuk menjalankan proses produksi.

Pengaliran steam


PT Sarihusada Generasi Mahardhika

Proses pembakaran sekam menghasilkan 2 material sisa yaitu gas buang dan abu sekam. Gas buang akan diolah sebelum dibuang sehingga mencapai standar yang baik untuk lingkungan. Sedangkan abu sekam yang banyak mengandung silika dapat digunakan sebagai pupuk organik yang dapat meningkatkan produktivitas pertanian.




Empat  manfaat biomassa

Mengurangi emisi karbon ke atmosfer

Mengurangi biaya bahan bakar

Mewujudkan ekonomi sirkular

Mengurangi limbah pertanian

Prosesi Inagurasi 

Prosesi Inagurasi yang dilakukan VP General Secretary Danone Indonesia, Direktur Biomassa ESDM, perwakilan gubenur Jateng dan perwakilan Bupati Klaten dilakukan dengan secara bersama-sama meletakkan tangan pada 

Talkshow Boiler Biomassa berbahan bakar sekam padi

Talkshow boiler biomassa


Talkshow yang merupakan rangkaian acara dari Inagurasi boiler biomassa berbahan bakar sekam padi ini dihadiri 3 narasumber yaitu;  Karyanto Wibowo, selaku  Sustainable Development Director Danone Indonesia. Dr. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si selaku kepala daerah ESDM Jateng dan Marzuki Mohamad (kill the DJ) selaku Rapper dan pegiat pertanian. 

Sujarwanto Dwiatmoko, memaparkan bahwa Jateng sudah menggunakan energi terbarukan sekitar 21,32 % dengan sumber energi terbarukan yang bermacam-macam, seperti tenaga surya, panas bumi, boimassa dan yang terbaru dan masih dalam proses rencana adalah memanfaatkan gelombang air laut. Jateng memiliki potensi energi terbarukan yang sangat besar terutama dari panas bumi (geothermal) yang bersumber dari gunung-gunung yang ada di Jateng. 

Jateng berkomitmen mendukung target pemerintah mencapai 27% energi terbarukan pada tahun 2025.

Pemerintah Jateng mengapresiasi langkah yang dilakukan Danone yang tidak hanya beralih pada energi berbarukan juga bagaimana proses membuat energi terbarukan dari biomassa sekam padi ini berdampak secara sosial ekonomi pada petani sekitar.

Karyanto Wibowo menuturkan, memilih  biomassa sekam padi untuk energi terbarukan dengan pertimbangan ketersediaan bahan yang memang  terdapat di sekitar pabrik yaitu pertanian. Boiler Biomassa berbahan bakar sekam padi ini berkapasitas 6 ton steam/jam dan merupakan boiler biomassa berbahan bakar sekam padi terbesar di Indonesia. 

Pemanfaatan energi terbarukan dari sekam padi berkontribusi untuk menciptakan sirkulitas produk pertanian dan mensejahterakan petani di sekitar. 

Kisah inspiratif dari Pak Marjuki atau dikenal dengan nama panggung Kill the DJ yang kini menjadi pegiat pertanian di Klaten. Berawal dari kerinduannya tinggal di desa seperti masa kecilnya dan kegelisahan karena banyak generasi muda lebih suka merantau dan mencari pekerjaan di kota-kota besar, padahal menurutnya di desa pun bisa menjadi sejahtera dari bertani. Salah satu cara mensejahterakan petani yang dilakukan pak Marjuki dengan menjual langsung hasil pertanian ke konsumen langsung. 

Semoga makin banyak generasi muda jadi petani modern sehingga menjadi petani bisa sejahtera. 






(Resep) Lemon Cake

(Resep) Lemon Cake

Lemon cake, salah satu cake yang saya sukai, sayangnya orang-orang rumah kurang suka, lebih suka cake tape keju atau brownies kukus atau panggang.

Lemon cheese cake 

Kalau buka pinterest dengan keywoard food photograpy, cake ini banyak muncul dengan macam-macam style yang menggugah selera. Intip reels video masak  atau food photographynya horang bule, cake ini sering muncul juga, dari style klasik sampai modern.     

Lemon cake ini sepertinya cake yang umum di Eropa, seumum kita mengenal  cake tape. Di sana ga ada cake tape kali ya? Heuheu

Dihitung-hitung baru dua kali bikin cake ini, didorong rasa penasaran dengan rasanya dan kalau  nonton video masaknya di akun instagram teh Ayudiah Respati,  Momylicious, cara membuatnya mudah, seperti membuat cake biasa, hanya ditambah parutan kulit lemon dan air perasan lemon. Di atasnya diberi  gula yang sudah dicampur air perasan lemon, apa ya istilah gula ini, ada yang tahu?

Rasanya manis asem dengan aroma lemon yang menyegarkan. Pokoknya enak kalau menurut lidah saya yang memang suka cita rasa makanan agak asem.

Dan seperti biasa  kalau saya praktik kue sekalian untuk  objek belajar motret.

Foto pertama kali bikin lemon cake tahun 2020, sekalian nyoba belajar motret dengan mode  darkmood. 



Ini paling atas,  foto lemon cake hasil praktikum kedua kalinya,  minggu lalu. Kali ini divariasikan dengan keju karena terpaksa. Ceritanya saat lemon cake ini sudah jadi dan siap di foto, tiba-tiba kucing loncat ke atas meja, kue jatuh ke lantai dengan posisi terbalik. Dengan berat hati lapisan atas yang ada gulanya dipotong dan dibuang. Biar tetap cantik saat  difoto, ditaburi keju parut.  Tetap ya targetnya harus cantik difoto karena setiap praktik bikin kue niatnya sekalian buat belajar moto.

Bahan

125 g campuran mentega dan butter

110 g gula pasir

3 kuning telur (pisahkan putihnya)

140 g tepung terigu

1 sdt baking powder

1 sdm kulit lemon parut (kulit bagian luarnya yang berwarna kuning)

75 g air perasan lemon

Lapisan gula

150 g gula halus

4 sdm air perasan jeruk lemon

Cara membuat

Kocok campuran butter dan margarin hingga lembut tambahkan kulit jeruk, gula pasir dan kuning telur, kocok hingga mengembang.

Tambahkan air perasan lemon, terigu (yang sudah dicampur baking powder dan diayak), aduk rata.

Kocok putih telur pada wadah terpisah, masukkan pada adonan cake. Masukkan ke dalam loyang loap ukuran 22 x 10 atau bulat dengan diameter 15 cm.

Panggang di oven pada suhu 170 derajat selama kurang lebih 25 menit. Biarkan cake dingin, lalu kucuri dengan lapisan gula.



BTS

Molto Korean Strawberry, Pelembut dan Pewangi Pakaian dengan Sentuhan Korea

Molto Korean Strawberry, Pelembut dan pewangi pakaian dengan sentuhan korea

Varian korean strawberry dari Uniliver 


Apa kabar cuaca di tempat teman-teman? Di Gunung Sindur Kab Bogor sini hujan.  Tanaman di teras depan dan belakang rumah jadi subur dan segar tapi cucian jadi pe-er banget heuheu. Kalau kemana-mana jadi  was-was ninggalin cucian. Cucian tidak bisa sehari kering. Pengering mesin cuci di rumah memang tidak bisa full mengeringkan, kondisi pakaian agak basah, lembab dan dingin  begitu keluar dari mesin pengering, tetap harus menjemurnya di bawah matahari agar keringnya paripurna. Jadi  jika musim hujan seperti sekarang, cucian tidak bisa kering dalam satu hari, efeknya agak bau apek.

Keluhan biasanya datang dari anak-anak karena baju seragamnya jadi bau apek.

“Kenapa sih Ma bajunya bau, padahal udah Mama cuci?” tanya KAE 9 yo.

”Mama ga bersih ya nyucinya?”

“Bukan karena tidak beraih tapi karenang  karena kurang kering.”

“Aku ga enak make nya bau.”

Pakaian bau selain  membuat tidak nyaman juga menurunkan rasa percaya diri. Untuk mengatasinya saya mencoba beberapa  pewangi pakaian karena ada pewangi yang tidak cocok atau terlalu tajam.

Tips memilih pewangi pakaian

Belajar dari pengalaman saat anak-anak waktu kecil,  pernah menggunakan pewangi pakaian yang malah membuat mereka bersin-bersin. Beberapa anak alergi dan sensitive terhadap bau, jadi memilih pewangi dan pelembut pakaian harus tepat.

Berikut pertimbangan saya saat memilih pewangi pakaian;

  • Wangi lembut tidak tajam. Wangi terlalu tajam dapat mengganggu kenyamanan, untuk anak-anak dan bayi dapat menyebabkan bersin-bersin.
  • Bisa digunakan untuk pakaian seluruh anggota keluarga.
  • Tidak menyebabkan alergi pada kulit bayi/anak. Kulit bayi dan anak-anak sangat sensitive, bahan kimia berlebihan dari pewangi atau pelembut pakaian dapat menyebabkan iritasi.
  • Memiliki double fungsi selain membuat wangi juga melembutkan pakaian. Agar hemat sebaiknya pilih pewangi yang memiliki fungsi melembutkan, jadi tidak perlu menggunakan dua macam.
  • Harga terjangkau, penting banget ya terlebih saat semua kebutuhan naik seperti sekarang.

Molto Korean Strawberry pewangi pakaian Korea, wanginya bikin jatuh cinta

Molto Korean Strawberry


Pilihan jatuh pada pewangi  pakaian Molto Korean Strawberry dengan wangi segar dan romantis. Molto Korean Strawberry terinspirasi dari Korean Strowberry, di negara asalnya Korean Strawberries selalu jadi aroma favorit dan populer pada beragam produk kecantikan atau rumah tangga.   

Buat teman-teman yang suka menonton Drama Korea pasti hapal salah satu kuliner yang populer dan viral adalah Korean strawberry milk kerap diselipkan dalam adegan film dan hampir semua restoran dan coffee shop di sana ada menu Korean strawberry milk. 

Molto Korean Strawberry pewangi pakaian Korean

Keunggulan dari Molto Korean Strawberry selain wangi strawberrynya yang segar dan romatis, juga ampuh menghilang 7 jenis bau membandel dengan tingkat keharuman 7x lebih wangi dari pewangi pakaian lain.

Tujuh Jenis bau membandel yang dapat dihilangkan Molto Korean Strawberry;



Bau apek, bau yang ditimbulkan karena pakaian kering dalam waktu lama biasanya karena hujan atau kelembaban udara yang tinggi

Bau polusi, bau yang ditimbulkan asap kendaraan bermotor dan debu dijalanan. Baju pengendara motor nih biasanya, termasuk saya yang wara – wiri antar jemput anak sekolah,  kepasar dsb naik motor.

Bau bawang, ini bau ibu-ibu di dapur banget ya apalagi kalau udah bikin sambal, tangannya pun rasanya masih bau bawang walaupun udah di cuci. menggunakan celemek kurang mempan, bawa bawang yang tajam biasanya tetap masih menempel di baju.

Bau amis, sama halnya dengan  bau bawang, baunya tajam dan menyengat.

Bau asap, termasuk asap masakan di dapur. Ini terutama dialami para Mama rumah tangga yang memasak sendiri. Paling menyengat biasanya bau sampal atau asap jika masak ayam atau ikan bakar.

Bau badan,  ditimbulkan dari bau keringat. Bau keringat ini khas untuk setiap orang. Pekerjaan fisik berat atau aktivitas yang padat  membuat tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak. Makin banyak keringat keluar baunya pun semakin tajam.

Molto Korean Strawberry pelembut  pakaian korea

Selain menghilangkan bau Molto Korean Strawberry  adalah pelembut pakaian dan pewangi pakaian semua anggota keluarga, pakaian bayi, anak dan orang dewasa. Molto Korean Strawberry pelembut pakaian dan pewangi pakaian terbaik.

Varian Korean Strawberry Produk Uniliver

Selain Molto, Uniliver juga mengeluarkan varian Korean Strawberry pada produk lain seperti;

Superpell Korean Strawberry, wanginya bikin jatuh cinta

Superpell korean strawberry


Salah satu pekerjaan rumah yang berat memulai mengerjakannya adalah adalah mengepel rumah. Oh ya saya mengepel rumah sehari hanya sekali karena di rumah tidak ada yang bantu-bantu otomatis berbagi pekerjaan rumah dengan anak-anak dan suami. Agar tidak berat karena mereka juga punya kewajiban lain, beberapa pekerjaan rumah kita buat simple.

Berat memulai ngepel lantai tapi  puas jika sudah mengerjakannya. Puas melihat lantai rumah kinclong dan wangi, hati juga tenang kalau anak-anak duduk tanpa alas di lantai.

Saya mencoba Superpell Korean Strawberry dengan wangi menyengarkan, terinspirasi dari kemewahan Korean Strawberry, wanginya tahan hingga 8 jam. Teknologi powder cleannya  membuat lantai berkilau dan higinies maksimal.

Rumah bersih dan wangi, mood untuk bekerjapun meningkat, sebaliknya mau santaipun dengan gogoleran di lantai jadi nyaman.

Sunlight  Extra Korean Strawberry

Sunlight Korean Strawberry


#Wanginyabikinjatuhcinta dari Korean Strawberry juga ada lho di varian Sunlight tanpa mengurangi keampuhannya membersihkan lemak dari piring dan peralatan masak karena tetap dengan ekstrak jeruk nipis asli. Wangi Korean Strawberrynya menyengarkan, piringpun bersih, kesat dan makin segar. Harganya hanya 13.500 lho.

Jadi makin semangat masak dan cuci-cucinya kan

Rinso Korean Strawberry Powder 700 gram

Rinso Korean Strawberry


Ternya Rinso juga meluncurkan varian Korean Strawberry juga nih dengan tetap mempertahankan  8 keunggulan Rinso bubuk.

  • Hilangkan bau tidak sedap dan bau apek pada pakai
  • Hilangkan noda hanya 1x kucek
  • Jaga warna pakaian tetap cemerlang
  • Surfaktan mudah terurai
  • Mengandung ekstrak pelembut, membuat serat kain lembut dan halus
  • Lembut dan tidak panas di tangan
  • Wangi molto tahan lama hingga 21 hari
  • 99.995 efektif bunuh bakteri dan virus

Semua varian Korean Strawberry dari Uniliver ini bisa di dapat di e-commerce dan minimarket.

Fakta dan Mitos Seputar Skoliosis

Fakta dan Mitos Seputar Skoliosis

Rumah Sakit Premier Bintaro


Beberapa tahun lalu  ada  satu berita yang mencuri perhatian saya, mungkin banyak orang juga karena untuk beberapa hari beritanya jadi headline beberapa akun berita di media sosial, yaitu kematian perempuan muda usia awal 20-an, setelah melakukan terapi tulang belakang. Oh ya saya jarang melihat berita melalui tv, berita biasanya saya dapat dari akun berita terpercaya di media sosial seperti instagram atau twitter. Karena kasus ini polisi jadi menyelidiki tempat praktek terapi tersebut dan ternyata ilegal.

Saya mengira-ngira, seperti apa terapinya jika tanpa operasi kok bisa meninggal? Apa dipijat seperti tukang urut? Kalau iya diurut kan harusnya tulangnya patah. Keheranan saya yang lain, perempuan yang meninggal itu masih muda dan nampak sehat, maksudnya tidak seperti orang sakit yang harus berbaring.

Lobi RS Premier Bintaro

Akhirnya pertanyaan-pertanyaan itu menguap dengan sendirinya sampai saya mengikuti Healthy Talk mengenai Skoliosis di Rumah Sakit Premier Bintaro Tangerang Selatan, hari kamis lalu, 9 Juni 2022.


Sambutan dari CEO RS Premier Bintaro 

Menurut dokter yang menjadi narasumber yaitu dr. Asrafi Rizki Gatam, SpOT (K-Spine), ada kemungkinan terjadi pecah pembuluh darah dileher saat terapi dan itulah yang menyebabkan kematian. Duh ngeri ya, kesalahan yang nampaknya sedikit  fatal akibatnya.

Skoliosis atau kelainan tulang belakang

Skoliosis atau kelainan tulang belakang adalah kelainan tulang belakang dengan keadaan miringnya tulang belakang ke arah samping dan disertai dengan adanya rotasi pada tulang belakang. Jika sudut kemiringannya besar biasanya punggung nampak berpunuk, ada tonjolan di punggung. 

Seperti ini penampakan skoliosis


Mitos dan Fakta seputar Skoliosis yang berkembang di masyarakat

Saat duduk di sekolah dasar saya ingat banget, Ibu saya suka bilang, kalau nulis sambil duduk punggungnya harus tegak, kalau enggak tulangnya bengkok. Atau Kalau bawa tas ransel jangan berat-berat.

Setelah dewasa baca-baca artikel kesehatan, duduk harus dengan punggung tegak agar badan tidak mudah pegel  dan capek. Jangan bawa ransel berat agar terhindar dari cidera punggung. 

Setelah mengikuti healthy talk tentang kesehatan saya jadi tahu, dua kegiatan diatas tidak ada hubungannya dengan tulang punggung menjadi bengkok. Itu hanya mitos.

Fakta dan Mitos skoliosis

Mitos lain yang berkembang di masyarakat mengenai Skoliosis adalah;

Skoliosis disebabkan angkat beban berat dan postur tubuh yang salah.

Skoliosis menyebabkan nyeri

Skoliosis dapat dicegah

Berenang dapat mengurangi sudut Skoliosis

Skoliosis dapat sembuh dengan cara duduk dalam posisi tegak

Manipulasi spine dapat mengurangi sudut Skoliosis

Fisioterapi dapat mengurangi sudut scoliosis

Pasien scoliosis tidak dapat berolahraga berat, faktanya orang dengan scoliosis dapat melakukan olahraga apasaja tapi lebih disarankan olahraga yang memperkuat otot seperti berenang, yoga, kick boxer.

Wanita dengan scoliosis tidak dapat hamil, faktanya perempuan dengan scoliosis dapat hamil.

Penyebab Skoliosis

Penyebab Skoliosis digolongkan menjadi 3 yaitu;

Skoliosis Idiopatik, scoliosis yang tidak diketahui penyebabnya dan sering ditemukan pada perempuan usia remaja.

Skoliosis neuromuscular, scoliosis karena gangguan fungsi saraf dan kelainan otot.

Skoliosis congenital, scoliosis yang disebabkan oleh kelainan bawaan (sejak lahir), ada bagian tulang yang tidak terbentuk sempurna.

Deteksi dini Skoliosis

Skoliosis tidak dapat cegah dan disembuhkan tapi sudut kemiringa Skoliosis dapat dikurangi atau dikoreksi. Koreksi terhadap Skoliosis dapat dilakukan maksimal jika scoliosis terdeteksi lebih dini.

Deteksi dini terhadap scoliosis dapat dilakukan sendiri di rumah dengan melakukan pemeriksaan rutin, pada perempuan usia 10 dan 12 tahun sedangkan lelaki 12 dan 13 tahun.

Berikut pemeriksaan yang dilakukan terhadap scoliosis;

Pemeriksaan dengan berdiri tegak;

  • Saat berdiri tega, bahu kanan dan kiri harus sama tinggi.
  • Tonjolan scapula kanan dan kiri sama tinggi
  • Lipat pinggang kanan dan kiri sama tinggi
  • Jarak siku kanan dan kiri ke batang tubuh harus sama

Pemeriksaan saat membungkuk (adam forward bending test);

  • Tonjolan punggung atas kanan dan kiri harus sama tinggi
  • Tonjolan punggung atas kanan dan kiri sama tinggi
  • Dari kedua test di atas dapat disimpulkan ciri-ciri scoliosis yaitu;
  • Bahu tidak sama tinggi
  • Tonjolan scapula tidak sama tinggi
  • Lipat pinggang tidak sama tinggi
  • Jarak siku ke batang tubuh tidak sama
  • Tonjolan punggung atas/bawah kanan dan kiri tidak sama tinggi

Jika ditemukan ciri-ciri di atas ada lebih dari 3 maka harus segera ke dokter agar segera dilakukan koreksi.

Adam Forward bending test

Namun jika hanya ditemukan 1 atau 2 lakukan pemeriksaan ulang pada periode 6 sampai 12 bulan.

Mengobatan Skoliosis

Tujuan pengobatan Skoliosis bukan untuk mencegah  dan menyembuhkan  tapi mengkoreksi kurva Skoliosis (kemiringan)-menghambat perburukan kelengkungan, menjaga keseimbangan tulang belakang, mengurangi nyeri.

Bisa juga dilakukan koreksi yang tujuannya lebih kearah kosmetik.

Tahapan pengobatan scoliosis

Observasi; jika sudut scoliosis kurang dari 30 derajat, scoliosis dihambat dengan latihan fisik

Orthosis (brace); jika sudut scoliosis antara 30-40 derajat.

Penggunaan brace pada skoliosis 


Operasi; jika sudut scoliosis lebih dari 40 derajat.

Dengan kemajuan teknologi dalam bidang kedokteran, operasi scoliosis aman.

fasilitas operasi skoliosis RS Premier Bintaro


Hospital Tour Rumah Sakit Premier Bintaro

Rumah sakit Premier Bintaro terletak di Pondok Aren Tangerang Selatan. RS Premier Bintaro merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care salah satu grup perusahaan swasta terbesar di dunia. Sebelum mengikuti Healthy talk kemarin, kami diajak berkeliling melihat lebih dekat fasilitas kesehatan yang ada di RS Premier Bintaro.

Ruang terbuka di RS Premier Bintaro 

Skin and Laser Center

Skin center adalah ruangan pertama yang kami kunjungi. Salah satu alat kesehatan unggulan dari skin center ini adalah  FOTONA Laser, alat kesehatan dengan teknologi estetika terkini yang mengkombinasikan 2 wavelength (panjang gelombang) laser yang dapat diaplikasikan dengan permukaan kulit maupun bagian kulit dalam. Dengan Fotona laser ini, dapat mengurangi kerutan dan pigmen, menghilangkan tattoo, mengatasi snoring (ngorok), mengurangi bekas jerawat dan mengencangkan vagina ini terutama untuk lansia yang biasanya tidak bisa menahan pipis.

Ruang Fotona laser 


Fotona laser


Salah satu blogger berkesempatan mencoba alat di Skin Center ini yaitu    untuk melihat usia kulit.

Mencoba alat di skin center


Spine Center

Unit pelayanan terpadu tulang belakang dengan dokter spesialis dan berpengalaman dilengkapi ruang terapi yang nyaman dan komplit. Salah satu blogger berkesempatan mencoba alat terapi dan ahli terapis menjelaskan fungsinya.

Ruang praktik dokter 

Ruang terapi tulang belakang


Stroke Center

Stroke merupakan salah satu penyebab kematian yang cukup besar di Indonesia. Penanganan tidak tepat pada pasien stroke menyebabkan stroke menjadi parah atau menyebabkan kematian. Di unit Stroke Center, pasien akan ditangani beberapa dokter spesialis berbeda (mutidisipliner) sesuai kebutuhan pasien, dengan harapan, pasien dapat sembuh dan kembali produktif. Stroke Center salah satu Center of Excellent baru di RS Premier Bintaro, didirikan pada bulan Januari 2022.


MRI 3 Tesla

Salah satu alat kesehatan modern dan canggih di RS Premier Bintaro adalah MRI 3 Tesla, yang bekerja dengan sistem magnetic sehingga aman untuk ibu hamil dan anak-anak selain itu tingkat pemeriksaan lebih akurat dan dapat memeriksa bagian tubuh terkecil. Ruang pemeriksaan dengan MRI dibuat nyaman, karena pemeriksaan dengan MRI kadang waktunya lama pasien boleh sambil mendengarkan musik sesuai request.

MRI 3 Tesla 

Karena keterbatasan waktu tidak semua fasilitas kesehatan yang ada di RS Premier Bintaro kami kunjungi. Sebenarnya RS Premier Bintaro memiliki 5 Center of Excellent, yaitu unit layanan kesehatan yang komprehensif dengan tim dokter multidisipliner didukung peralatan medis terbaik sehingga pasien dapat ditangani dengan cepat dan tepat. Selain 3 center of excellent di atas yang saya kunjungi ada Vasicular Center dan Sport Center.