Tips Merawat Motor ala Emak-emak

Tips Merawat Motor ala Emak-emak 

Emak-emak naik motor? Sen kanan belok kiri, suka berhenti mendadak, udah salah ngotot, jalanin motor pelan tapi di tengah, lupa matiin lampu sen dan sederet kesalahan lain yang membuat imej emak-emak naik motor itu jelek.

Percayalah emak-emak yang melakukan itu biasanya masih belajar, eh tapi waktu awal-awal bisa motor (saya belajar motor setelah jadi emak-emak) ga pernah salah nyalain lampu sen dan tidak pernah pilih jalur tengah, hanya sesekali lupa matiin lampu sen kalau udah digunakan.

Mengantar si kecil ke sekolah dengan motor kesayangan

Alhamdulillah dengan jam terbang naik motor bertambah, kesalahan makin sedikit, tapi tetap ya ga berani ngebut. Lebih baik persiapan berangkat awal daripada jadi negbut karena terburu-buru.

Keseharian saya memang tidak bisa dipisahkan dari motor, salah satu rutinitas yang dilakukan adalah mengantar jemput anak sekolah dari senin hingga jumat. Kadang sabtu masih ada jadwal antar jemput jika anak-anak ada ekskul tambahan.  Jarak sekolah dari rumah sekitar 4 km jadi menggunakaan motor lebih hemat uang dan waktu. Anak saya dua, jadi kebayang pengeluaran yang akan dikeluarkan jika tidak menggunakan motor sendiri.

Motor yang saya kendarai sudah berusia 7 tahun, Alhamdulillah performanya masih baik. Kuncinya terletak pada perawatan. Yang awalnya sekedar pake dan tidak bisa membedakan motor yang dipake enak atau nggak, ada masalah atau nggak jadi tahu. Dulu ga ngeh kalau ban motor sedikit kempis, sekarang karena jam terbang naik motor sudah lumayan, ban motor kempis aja kerasa.  Begitupun jika ada kerusakan lain. Terasa ada sesuatu ga enak pas motor digunakan. Kalau sudah begitu biasanya langsung saya bawa ke bengkel, minta di cek apa yang harus diservice. Tapi sebaiknya jangan menunggu motor ‘terasa ga enak’ kalau dipake untuk service. Service motor sebaiknya dilakukan rutin secara berkala, mungkin sati tahun sekali. Mekanik motor biasanya akan tahu bagaian mana saja yang harus dicek dan disservice.

Dari pengalaman itu saya jadi tahu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan agar mesin motor tetap baik walaupun usianya sudah lebih dari 5 tahun.

Service motor secara berkala 
Foto dokumentasi pribadi


Oli mesin

Fungsi oli sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin. Karena fungsinya sangat vital untuk mesin, oli mesin harus diganti setiap 2500 KM. Biaya ganti oli tergantung harga oli (merk) dan biaya jasa gantinya. Biasanya kurang lebih 50 ribu.

Tapi beberapa tahun ini sudah ada oli yang diproduksi dengan kualitas baik, sehingga bisa ganti oli setelah 5000 Km dari 2x dari pergantian oli pada umumnya. Oli ini menggunakan teknologi ester dan merupakan base oil terbaik di kelas oil.

Service motor di Planet Ban Pamulang
Foto dokumentasi pribadi


Oli garden

Pengguna motor matic harus banget rutin ganti oli garden selain oli mesin. Oli motor matic, Oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously variable transmission (CVT). Perhitungan penggantian oli gardan 2x setelah ganti oli mesin.

Busi

Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi kotor, maka tidak berfungsi dengan baik, menyebabkan motor sulit dinyalakan.

Kampas rem

Salah satu point penting yang menjaga keselamatan penggendara motor adalah rem. Rem yang vakum dapat menjaga keselamatan saat keadaan darurat melakukan rem mendadak. Jalanan licin, berlubang, menurun, kuncinya terletak di rem tapi tetap ya jangan ngebut. Kalau ngebut walaupun rem nya vakum, bisa tejadi kecelakaan. Rem yang sudah tidak berfungsi baik akan ditandai dengan saat mengerem tidak berhenti, kampas rem tipis. Tapi jangan nunggu rem kurang vakum untuk ganti kampas rem, cek secara berkala, jika terlihat tipis, tandanya harus ganti.

Filter udara

Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau diganti.

 Aki atau accu

Salah satu elemen penting motor adalah aki, kegunaan aki adalah menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia agar mesin motor tetap hidup. Pastikan aki dicek saat melakukan service agar motor tidak tiba-tiba mati saat digunakan karena akinya sudah tidak berfungsi dengan baik. 

Ban

Selain rem, Ban adalah bagian penting yang menjaga keselatan. Pasti yang sudah lama dengan permukaan halus, istilahnya ban gundul, membuat motor menjadi licin, mudah kehilangan keseimbangan dijalanan licin. Selain itu periksa juga tekanan angin pada Ban. Ban dengan tekanan angin kurang membuat motor goyah saat dikendarai. Jika dipaksakan tetap jalan, bisa terjatuh karena kehilangan keseimbangan.

Tune Up motor secara rutin

Tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem dan klakson.

Kadang tune up disertai ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart lain. Tapi biasanya mekanik akan menginformasikan dulu jika ada yang harus diganti berikut harganya. Jika setuju baru dilakukan penggantian.

Planet Ban, Bengkel Servis Motor Terbaik

Bengke motor yang suka saya kunjungi untuk servis ini itu adalah Planet Ban. Pelayannya cepat dan ramah. Kalau ngantri mereka akan menginformasikan berapa antrian lagi atau kira-kira harus nunggu berapa lama, jadi kita bisa mengambil keputusan mau menunggu atau tidak. Ini berdasarkan pengalaman saya servis di sana.

Ban memegang peranan penting dalam kendaraan motor


Selain itu Planet Ban menawarkan layanan servis mesin rasa baru.

Servis mesin rasa baru adalah sistem servis terpadu agar performa motor tetap baik dengan cara cepat dan hemat biaya.

Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Kelebihan servis di Planet Ban

Mengunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi yang dapat meningkatkan performa dan memproteksi mesin sehingga mesin menjadi awet.

Dengan menggunakan spare part asli, pemakaian akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Ganti oli setiap mencapai jarak tempuh 5000 Km atau sekitar 4 – 6 bulan sekali, menghemat biaya servis hingga  50%.

Emisi dan polusi berkurang sehingga turut membantu memelihara lingkungan.

Bedanya servis motor di Planet Ban dan tempat lain

Jika servis di tempat lain, mesin motor tidak dibersihkan. Sering ditemukan kotoran dan debu di blok CTV yang membuat motor terasa berat.

Servis di Planet Ban, seluruh bagian motor atau part mesin dibersihkan sehingga seperti baru. Kepala silinder, blok CTV, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat mesin baru.

Service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru, hasilnya tarikan lebih enteng, emisi turun lebih dari 70% lebih hemat BBM, hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga service di Planet Ban terjangkau. Untuk injeksi 20 ribu, servis CVt dan rantainya 19.500, throttle body 20 ribu.

Beberapa waktu lalu saya melakukan service di Planet Ban, service Tune Up 30 ribu dang anti oli mesin 47 ribu.

24 komentar

  1. Pertama kali saya Sevis motor di planet ban biaya memang lumayan terjangkau ya mb

    BalasHapus
  2. Mbaak aku pernah lupa ganti oli gardan. Kirain kalau dah ganti oli mesin aman, ternyata oli gardannya sampai kentel warna putih saking lamanya gak kuganti

    BalasHapus
  3. Keren banget nih Mak Rina gara2 motor jd bisa mencakup ilmu perbengkelan dan penghematan waktu juga finansial dan yg lebih penting bisa memiliki sifat dan sikap punctuality karena naik motor insyaallah anaK gak pernah terlambat sampai di sekolah. Iya kan?

    BalasHapus
  4. wah kita sama2 emak2 rider mbak.. Aku sudah bisa naik motor sejak kuliah, lalu pas kerja emang motoran kemana-mana, termasuk antar kota. Jadi dulu biasa ngebut2 hehe. Tetapi boncengin anak2 jelas beda, apalagi dalam kota. Kecepatan 60 aja uda berasa ngebut banget dan jarang2 bisa demikian karena lalin yg padat haaha.

    Btw, sebagai emak2 yg ga paham mesin, saya juga pilih utk cek rutin. Ketimbang ada apa2 selama dipakai dan berujung mogok total ya kan... Saya belum pernah ke Planet Ban, ini lokasinya di mana aja sih?

    BalasHapus
  5. Emang emak2 wajib punya skill nyetir lho. Entah motor atau mobil. Apalagi yg LDR kek aku. Harus bnaget tiap hari anter jemput 3 anak dengan skolah yang berbeza. Jadi pastikan performa kendaraan tetap oke dengan rajin service di Planet Ban. Mana harga servicenya juga terjangkau.

    BalasHapus
  6. Setuju, Minimal yang rutin gini, ya. Jangan sampai cuek periksa kesehatan kendaraan secara rutin. Saya selalu cari tempat yang terpercaya. Karena biasanya kan lebih ngerti gak ngebohongin. Kendaraan juga tetap sehat kondisinya

    BalasHapus
  7. Halo Mba Rina, bulan ini aku service motor di Planet Ban. Lokasinya juga dekat dengan rumahku. Informasi yang disampaikan juga detail terkait perawatan. Emang harus rutin memservis motor

    BalasHapus
  8. Emang emak-emak wajib tahu hal ini biar kalo ada kerusakan gak panik dan kalo ke bengkel juga agak tahulah istilah2 pemotoan, bahkan juga bisa menghindari penipuan harga spare part.

    BalasHapus
  9. meskipun kita perempuan bukan berarti kita ngga tahu atau paham tentang seluk - beluk merawat motor yaa mbaa

    BalasHapus
  10. betul banget mbak, kalo naik motor emak-emak emang kadang rada-rada hihi... termasuk aku sih yang baru aja bisa naik motor beberapa bulan yang lalu.
    biasanya kalo soal service motor diserahin ke suami sih, tapi kalo ada planet ban begini mungkin aku ga khawatir lagi mau datangs sendiri

    BalasHapus
  11. Biar kata Emak-emak, hal dasar soal motor yang sering dipakai tuh kudu tahu. Jadi pas mau service, tahu lah gimana, gak asal iya-iya aja kalau disuruh ganti yang padahal gak urgent banget. Pilih tempat servicenya kudu yang terpercaya juga

    BalasHapus
  12. Saya juga sama sih rasanya nggak pernah salah sen, cuman kadang mungkin terlalu lambat jalannya. Soal servis pernah ganti ban di Planet Ban. Bagus pelayanannya. Pernah servis juga hasilnya bikin motor awet kalau perawatannya benar

    BalasHapus
  13. Senengnya kalau service di Planet Ban tuh bisa detail banget. Keluar dari situ motor berasa enteng banget dipakenya ya. Toss Bun, sesama langganan service di Planet Ban

    BalasHapus
  14. Sebagai emak-emak yang asal pakai motor aja, info di atas bermanfaat banget soalnya biasanya minta tolong suami ke bengkel servis motor, cuma pas lagi ditinggal dinas lumayan rempong deh

    BalasHapus
  15. Keren banget mak Rina merawat kendaraan sendiri, kalau aku menyerahkan perawat mobil ke pak suami. Karena aku taunya hanya pakai saja, heheheee... Tapi memang yang namanya kendaraan harus dirawat dengan baik dan harus sesuai jadwal agar tidak rewel.

    BalasHapus
  16. Wah keren mak
    Bisa rawat sendiri motornya
    Planet Ban jadi rekomendasi tempat merawat motor ya mbak

    BalasHapus
  17. Teliti banget sih.. Planet Ban tuh kalau service motor.
    Jadi sebenernya yang aku tau tentang perawatan motor cuma ganti oli kan ya.. Tapi di Planet Ban, bisa dikasih rekomendasi untuk ganti apa aja yang perlu di service dan butuh maintenance.

    BalasHapus
  18. Samaan mba..baru kemarin aku ganti ban and oli di planet ban karena memang gak jauh dari rumah dah gitu pelayanannya juga cepet itu yg terutama

    BalasHapus
  19. Ih mak, saya liat di jalan, yang sen kiri belok kanan itu laki-laki juga banyak loh... *Meski engga bisa naik motor, tapi belain emak-emak yang naik motor*

    BalasHapus
  20. aku geng emak-emak naik angkot, ga tahu gimana ngurus motor. Hehe ...
    ban kempis gini aku belum kerasa, suami yang gercep ngecek soalnya dia yang pakai setiap hari.
    buat servis rutin Planet Ban recommended yah. Cabangnya ada di dekat tempatku.

    BalasHapus
  21. Murah ya biaya service di planet ban.
    Saya biasanya kalau servis pasrah aja, pokoknya ngertinya ntar selesai servis motornya nyaman dikendarai dan tarikannya enteng

    BalasHapus
  22. Huah, aku masalah motor masih suami yang ngurusin nih, ihihi. Padahal penting juga ya kalau kita juga ngerti, biar kalau ada apa-apa ya kita bisa tau juga mesti ke mana. Emang biasanya enak banget deh motor dipakai setelah diservice tuh :D

    BalasHapus
  23. nah, harusnya punya motor ya dirawat teratur ya, biar ga rewel xD aku masih ngendelin suami, hihi.. harusnya aku juga lebih paham tentang hal ini :D makasih ya sharingnya mba ^^

    BalasHapus
  24. Wah planet ban juga jadi pilihan suami aku nih buat beli ban baru plus ganti ban. Terpercaya banget, pelayanannya juga oke yaaa

    BalasHapus