Jualan Online Anggrek dan Tanaman Hias

Jualan Online Anggrek dan Tanaman Hias

Berawal dari suka anggrek dan tanaman hias, menanam di pekarangan rumah, hunting anggrek dan bertemu dengan teman, petani hingga kolektor anggrek, terbersit untuk mencoba berjualan anggrek dan tanaman hias secara online pada akhir tahun 2017. Bukan tanpa was-was dan khawatir, mengenai soal keamanan pengiriman, mendapat komplain dan pikiran negative lainnya. Dan memang terjadi, pernah paket berisi anggrek sampai ke konsumen patah, kena complain, kekurangan ongkir tidak dibayar konsumen, tanaman kena hama, pendek kata kerugian secara material. Sempat ingin mundur, udahan aja jualannya tapi dipikir-pikir sayang sudah keluar modal. Mencoba legowo dengan mengangap kerugian yang dialami adalah proses belajar, learning by doing.



Beberapa orang masih bertanya, memang bisa tanaman dikirim dengan ekspedisi? Bisa asal dilengkapi surat karantina, terutama untuk pengiriman dengan pesawat (di luar pulau jawa). Untuk surat karantina beberapa ekspedisi sudah menyediakan jasanya pembuatan surat karantina, jadi ekspedisi yang mengurus, dengan syarat kita memberi data isi paket (jenis tanaman dan jumlahnya), jadi kita seller hanya tinggal membayar, biasanya kisaran 30-50 ribu. Selama ini saya tidak masalah dengan pengiriman regular, aman-aman saja.

Bisa intip toko jualan saya di tokopedia di www.tokopedia.com/anggrek-hias

atau instagram www.instagram.com/anggrek.hias

boleh intip jualan saya di sini 

Oh ya kebanyakan jenis anggrek tahan diperjalanan (packing) sampai 2 minggu dengan syarat media tanam yang digunakan kering (arang, pakis, atau sabut kelapa), batang dan daun tanaman dalam keadaan kering dan tanaman tidak dalam keadaan berbunga. Salah satu jenis anggrek yang tahan pengiriman hingga 2 minggu adalah anggrek tanah, anggrek vanda gantung, dendrodium, anggrek bulan dan banyak lagi.

Salah satu jenis anggrek yang dibudidayakan di kampung tempat saya tinggal adalah anggrek tanah, seperti foto berikut ini;

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat pengiriman tanaman dengan ekspedisi diantaranya;

Packing atau pengemasan

Soal packing ini memang agak ribet kalau tanaman, tapi lama-lama akan terbiasa. Ribet karena tanaman rentan patah, layu, rontok hingga kekeringan. Tapi untuk tanaman jenis anggrek umumnya tahan hingga dua minggu asal tanaman dalam kondisi kering, jika tanaman basah atau lembab malah akan busuk.

Untuk pengiriman dengan pot dan media tanam, harus dipastikan dipacking dengan kokoh, agar tanaman tidak patah saat terbalik. Karena saat diekspedisi dengan paket yang jumlahnya ribuan tentu tidak bisa meminta diprioritaskan, jadi berbagai kemungkinan yang terjadi saat di ekspedisi harus disiapkan. Tambahkan label, mudah pecah, jangan dibalik atau petunjuk lainnya agar kurir lebih aware.

Dilengkapi surat karantina

Kelengkapan surat karantina ini penting terutama untuk pengiriman antar pulau, dimana paket dibawa melalui jalur udara (pesawat). Adanya surat karantina jaminan paket sampai ke pembeli dengan selamat.

Pilih ekspedisi yang aman, terpercaya, cepat  dan memiliki jangkauan luas

Saat ini banyak pilihan ekspedisi, pilih yang aman, terpercaya, cepat dan memiliki jangkauan luas, dengan membaca track recordnya atau mencoba sendiri memakai jasanya.

Eksperience dengan J&T Cargo

Mencoba pengirman dengan J&T Cargo

Salah satu masalah berjualan online adalah besarnya ongkos kirim terutama jika pembelian dalam jumlah banyak. Ini juga sempat dikeluhkan pelannggan saya yang tinggal di luar pulau Jawa dan membeli dalam jumlah besar karena untuk dijual lagi. Tapi kini saya tidak khawatir lagi karena ada J&T Cargo. Dulu jika pengiriman dengan Cargo saya harus ke bandara Soekaro-Hatta, kini ada gerai J&T Cargo yang tidak jauh dari tempat saya tinggal.

J&T Cargo mendukung UMKM naik kelas 

Tapi apa benar pengiriman dengan J&T Cargo lebih murah? Benar donk, saya sudah membuktikannya, pengiriman paket 11 kg ke Bandung hanya 32 ribu. Jika menggunakan ekspress atau reguler per kg kena 10 rb, jadi kalau 11 kg kena ongkir 110 rb. Jauh lebih murah kan. 

J&T Cargo mulai beroperasi pada 20 Agustus 2021 dan menjadi perusahaan logistic yang inovatif secara teknologi di bawah naungan merk J&T. Dengan pelayanan yang terus ditingkatkan dan dioptimalkan biaya logistic mendasarkan standar operasional yang tinggi, sistem transportasi dan distribusi gudang yang kuat dan sistem yang terintegrasi untuk meningkatkan nilai distribusi bisnis bagi pelanggan.

Dengan tagline ‘Paket Besar, Cari J&T Cargo’,  J&T Cargo berkomitmen untuk menciptakan pengalaman logistic yang terbaik melalui pemesanan yang mudah, full tracking serta solusi logistik yang dapat disesuaikan untuk berbagai industri hingga memberikan solusi layanan VIP ekslusif.

Apa bedanya sih J&T  Cargo dan Express? Mungkin ini jadi pertanyaan teman-teman. Cargo biasanya untuk pengiriman barang dalam jumlah banyak atau besar, ada minimal berat yang harus dikirimkan viar Cargo. Untuk barang dengan berat 1 atau 2 kg tentu tidak bisa dikirim via Cargo. J&T  Cargo sendiri mematok barat minimal 5 kg. Untuk biaya layanan Cargo lebih murah dari ekspedisi Ekspress, bisa hemat hingga 50%. 

Untuk lebih detail yuk kenali  keunggulan J&T Cargo; 

Harga

Jika pengiriman dengan ekspedisi ekspress harga dihitung perkg, jika pengiriman dengan Cargo harga lebih efisien terhadap kenaikan berat, bahkan bisa hemat hingga 50% dibandingkan dengan pengiriman ekspress.

Kapasitas barang, pengiriman barang minimal 5kg. Bisa mengirim barang dengan ukuran besar seperti

Jangkauan luas, mencakup 98% area di Indonesia. Jadi tidak perlu khawatir paket tidak sampai dengan alasan area tidak terjangkau layanan ekspedisi J&T Cargo.

Tepat waktu, paket akan dikirim tepat waktu sesuai prediksi pelayanan.  

Layanan jemput gratis, paket bisa dijemput, artinya kita tidak perlu repot mengantarkan ke gerai J&T Cargo. Tapi untuk layanan jemputan biasanya ada minimal jumlah atau berat paket.

Keberadaan paket dapat dilacak, tidak perlu risau dan menebak-nebak, paket kita sudah sampai dimana karena paket dapat dipantau via website J&T Cargo.

Layanan tambahan J&T Cargo

Selain keunggulan di atas J&T Cargo memberikan layanan tambahan berupa; asuransi barang, pengembalian tanda terima, perwakilan penerimaan paket, kemasan aman, layanan warehouse, layanan gabungan warehouse dan distribusi.

Jaminan layanan

Pemesanan mudah, bisa melalui online atau secara offline ke gerai J&T Cargo terdekat.

Full tracking, barang yang dikirim dapat terpantau setiap saat. Jika terjadi kendala dapat menghubungi call center.

Profesional, layanan operasional profesional, disesuaikan kebutuhan industri dan tersedia layanan VIP Ekslusif.

Standar manajemen yang mampu memberikan layanan tinggi.

Jaminan klaim untuk memastikan rasa aman pada pelanggan.

Respon Cepat, call center melayani 7x24  jam.

12 komentar

  1. Mpo pernah beli pohon dengan paket bundling. Khawatir bakalan mahal ternyata aman dan irit. Bisa di coba nih j&t cargo

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah sih beli tanaman hias secara online, ternyata bisa yaa?
    Btw, sejak ada J&T Cargo ini, belanja online yang berat2 tuh jadi murah, nah kapan -kapan kalau beli tanaman hias, pilih ekspedisi J&T Cargo aja yaaa..

    BalasHapus
  3. Masya Allah rajinnya Teh Rina merawat anggrek-anggrek itu. Kalau orang Jawa bilangnya tangannya adem.

    BalasHapus
  4. Harus benar-benar sabar dan telaten ya Mbak jualan tanaman hias seperti itu. Packingnya ribet ya bagi yang belum terbiasa. Semoga usahanya semakin sukses dan berkah ya, Mbak.. bersama J&T Cargo semoga semakin lancar jualannya :)

    BalasHapus
  5. Baru tauu ada j&t cargo lebih hemat yaa kalau berat pengiriman gedhe. Teenyata pengiriman tanaman perlu surat karantina baru tahu...makasih sharingnya mamm

    BalasHapus
  6. Jujurly, baru tahu lewat tulisan ini kalau angrek bisa dikirim via kurir!

    ... juga baru tahu kalau kudu ada surat karantina juga.
    Kayak mengirim hewan juga dong ya, perlu surat karantina.

    Btw,
    Angrek apa nih yang jadi favorit pembeli, Mak?

    BalasHapus
  7. Aduh itu anggreknya cakep-cakep banget ih mupeng, dulu papahku penyuka anggrek dan dia kalau beli dulu dalam jumlah banyak. Enak ini sekarang ya, kalau belanja dalam jumlah banyak bisa pakai cargo.

    BalasHapus
  8. Saya belum pernah beli tanaman online, tetapi sering tergoda hanya belum berani. Takut tanamannya keburu layulah, atau tanamannya tidak sesuai harapanlah. Ternyata ada J&T Cargo yang bisa mengatasi kecemasan saya ini. Noted.

    BalasHapus
  9. Sepupu saya sudah beberapa kali membeli tanaman secara online. Saya belum sih, baru beli benih saja kalau online. Dan di marketplace mmg banyak ya yg jualan tanaman secara online. Btw, sekarang sering lihat gerai JnT Cargo, mudah membedakan dg JnT reguler karena warnanya beda ya kan...apakah berarti kalau ke gerai JnT Cargo (hijau) tidak bisa mengirim paket kecil dan sebaliknya tidak bisa mengirim paket besar (dg harga cargo) di gerai JnT merah?

    BalasHapus
  10. Aku sangat salut sama pengusaha tanama atau penjual barang-barang hidup kaya ikan atau udang. Pasti gak gampang kan buat packing. Itu tanaman juga pasti lebih berat dari paket biasa karena ada tanah juga. Untung ada ekspedisi yang oke buat membantu ya

    BalasHapus
  11. Aku juga suka beli produk yang agak berat terus ngirimnya pake J&T cargo mba, harganya jauh lebih murah. Terus nyampenya juga ga lama-lama banget. Apalagi kalau mesan tanaman hias gitu, insyaallah tetap segar oas nyamoe

    BalasHapus
  12. Wah cakep cakep banget sih mak anggreknyaaaa.. suami aku juga suka tanaman hias, tp belum teracuni sama anggrek niiih.. jadi penasaran pengen sama anggrek, ijin mampir ke IG anggreknya ya Maaaak

    BalasHapus