11 Tahun Kumpulan Emak-emak Blogger, Berjejak dan Berbagi

11 Tahun Kumpulan Emak-emak Blogger, Berjejak dan Berbagi



Pagi di hari Sabtu    Januari, hujan turun cukup deras tapi tak menyurutkan niat saya untuk ikut acaranya ulang tahun komunitas Kelompok Emak-emak Blogger. Komunitas yang saya ikuti sejak tahun pertama komunitas ini dibentuk. Yap 11 tahun KEB menjadi teman perjalanan saya menjadi Blogger. Berawal dari ‘pelampiasan’ rasa suka cita menjadi ibu di blog, siapa sangka dari blog jadi pekerjaan sampingan.

Hujan memang tidak menyurutkan semangat untuk hadir di acara KEB tapi ada rasa was-was ketikahujan tak kunjung reda karena bukan perkara mudah menuju statsiun Rawa Buntu dari Rawa Kalong Bogor dengan kendaraan roda dua. Akhirnya hujan menyisakan rintik-rintik dengan jas hujan lengkap saya melaju menuju statsiun.

Acara syukuran ulang tahun Kumpulan Emak-emak Blogger  ke 11 ini diadakan di Bali Note Terrace,  Jl. Prof. Joko Sutono SH no 15  di Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Sebuah café dengan nuansa bali, dan terdiri dari ruangan outdoor dan indoor.  

Acara dimulai selepas semua yang hadir, sekitar 50 orang dijamu makan siang dengan menu nasi Mandhi, ayam panggang, capcay ,

Upgrade Ilmu

Di acara syukuran ulang tahun KEB ini tentunya tidak hanya kumpul melepas rindu dan kopdar, ada 2 pengisi acara dengan materi yang menunjang perbloggeran.

Materi pertama dari CEO Infina.id Octora Irahadi  dengan judul ‘Cari Cuan Masa Kini’. Di era digital ini, peluang untuk mencari cuan makin terbuka lebar, terlebih saat pandemi, ketika diperlakukan WFH dan WFA (work from anywere). Yang pada akhirnya WFH dan WFA menjadi habbit bagi sebagian orang atau perusahaan memilih ini karena banyak sisi positifnya.

Keterkaitannya dengan Blogger dan Influencer? Tentunya menjadi peluang namun diperlukan konsistensi dan interaksi antara influencer dan follower.

Mas Octora pun membagikan bocoran, influencer seperti apa yang diinginkan/disukai brand yaitu influencer yang memiliki branding dirinya – personal branding. Bagaimana influencer memiliki branding? Tips dari mas Octora ada metode yang bisa diterapkan yaitu, COST Consistency, Objective, Socialize and Time.

Artinya harus konsisten dengan konten-konten yang kita sajikan, menentukan target penonton/follower, ada interaksi dengan follower. Saat menentukan personal branding tentukan dengan cocok dengan kesukaan, kemampuan, tujuan agar enjoy menjalaninya.

Materi ke dua dari Mas Ali Muakhir, seorang penulis yang sudah menerbitkan 333 buku. Wow! Materi yang dibawakan berjudul ‘Menulis Kisah Inspiratif dengan Metode Emak.’ Menyimak materi ini saya jadi tahu kenapa saya sering kalah lomba blog, karena tulisan kurang inspiratif hahaha. Yap tulisan saya kurang  memenuhi syarat yang disebut tulisan inspiratif yaitu;

Diciptakan untuk menggugah perasaan pembaca

Memberi kesan mendalam bagi pembaca

Berisi motivasi positif bagi pembaca

Memiliki pesan moral

Mulai menulis dengan metode Emak

Mas Ali Muakhir memberikan metode agar dapat menulis kisah inspiratif yaitu, Endapkan rasa, Mulai dengan membuat struktur, Apa pesan yang ingin disampaikan, Kapan tulisan tuntas.

Btw, setelah mendengarkan kedua materi ini jadi semangat ngonten dan nulis, peer buat saya yang perlu effort itu adalah konsisten. Duh suka rebutan waktu antara urusan rumah, rebahan dan ngonten.

KEB 11 Tahun  Berjejak dan Berbagi

Foto milik mba Katerina


Tema yang diambil pada perayaan ulang tahun KEB tahun ini adalah Berjejak dan Berbagi, sesuai tujuan KEB yang ingin menebarkan manfaat positif melalui jejak digital dan turut memperdayakan perempuan di ruang digital. KEB juga memberi dukungan pada gerakan nasional  literasi digital - siberkreasi. 

KEB juga berbagi manfaat secara materi, melalui program donasi yang setahu saya sudah dilakukan sejak lama, dari donasi untuk bencana, anggota yang membutuhkan dan yang baru ini donasi pada bidang pendidikan  di mana donasi yang terkumpul sebesar 2.500.000 dari program #KEBPeduli #KEBcharity11KRun diberikan kepada lembaga pendidikan anak usia dini RA Miftahul Jannah Noborejo, Salatiga.




Komunitas PPDN

Hadir juga pada acara ini Komunitas Perempuan pelestari budaya nusantara yang digagas mak Elisa Koraag, salah satu anggota KEB. 




Temu Kangen

Mengikuti syukuran ulang tahun KEB  bagi saya sekaligus menuntaskan rasa ingin bertemu langsung dengan teman-teman blogger yang selama ini kenal di media sosial atau blognya yang pernah saya baca dan tentu saja bertemu founder KEB mba Mira Sahid dan Indah Juli dan ternyata hadir juga  mak Icoel (Sumarti Saelan) makmin KEB yang sudah purna tugas. Bisa dibilang saya angkatan pertama anggota KEB jadi suka merasa sok akrab dengan founder dan makmin sebelumnya hahaha. Eh mungkin karena suka mengakrabkan diri juga dengan tegur sapa di medsos hehehe.

Di acara ini juga pertama kalinya bertemu Makmin KEB sekarang, Mak Elly Nurul dan Mak Chiechie selama ini hanya say hai di media sosial. Sayangnya ga sempat foto bareng, saat pulang agak terburu-buru karena sudah sore.

Selain bertemu blogger yang belum pernah bertemu sebelumnya hanya say komen di blog, medsos atau grup, saya juga ketemu blogger jadul, blogger seangkatan seperti Mak Myra Anas, Lidya Fitrian, Dewi S, mba Arin, mba Nunung dan mba Ruth Nina yang terakhir ketemu 12 tahun lalu di event majalah parenting. 

Semoga KEB semakin solid dan lebih banyak menebar manfaat. Untuk Founder dan Makmin KEB terima kasih banyak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 komentar

  1. Seru banget event ultah KEB ya nggak hanya materinya bergizi tapi juga sekaligus temu kangen sama sahabat-sahabat blogger yang sudah lama tak berjumpa, jadi semangat lagi buat ngeblog

    BalasHapus
  2. Aaahhhh.... seru banget ya acara KEB kemarin itu, selain nambah ilmu jadi ajang temu kangen juga nih untuk para emak yang sudah lama tidak bertemu. Senang sekali kemarin akhirnya jumpa dengan mbak Rina.

    BalasHapus
  3. Ah...menulis yang inspiratif itu memang enggak mudah ya, mbak. setidaknya udah tau teori dari mas ali, bisa pelan-pelan dipraktikkan. hihihi. Terus semangat menulis buat kita semua, Emak-emaaakk. Selamat ulang tahun, KEB!

    BalasHapus
  4. Senang bisa ketemu mbak Rina. Temu kangennya memang paling seru. Karena udah lama juga gak ketemuan

    BalasHapus
  5. seruuu banget yaa kumpul2 sekaligus dapet ilmu kayak gini. ah, semoga tahun depan aku bisa ikutaan :D

    BalasHapus
  6. Semoga KEB makin solid dan sukses! Acaranya Keren nih, materinya bermanfaat, dan yang paling happy ketemu teman-teman blogger yang biasa cuma saling sapa di sosial media

    BalasHapus
  7. Selamat ulang tahun KEB
    Semoga makin sukses dan bisa mengajak semua emak blogger untuk sama sama sukses dan terus semangat berbagi inspirasi

    BalasHapus
  8. Sayang, aku pas gak bisa ikutan kalau bisa pasti datang. KEB sebagai wadah blogger yang pertama kali aku ikuti hingga sekarang, banyak banget kenanganku di sana. Sukses terus ya KEB kesayangan emak-emak blogger

    BalasHapus
  9. Meriah ya mbak acara ultah KEB. Pertama kali ngeblog pun aku juga gabungnya dengan KEB. Mulai punya banyak teman blogger ya dari KEB. Selamat ulang tahun untuk KEB, semoga selalu berjaya dalam menginspirasi para perempuan untuk menulis dan berbagi.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah,
    Masih diberi kemudahan dan kesehatan untuk hadir di acara KEB 11 tahun. Gelaran acara yang penuh rasa kegembiraan dan penuh rasa syukur. Banyak ilmu, banyak teman dan rejeki melimpah.

    Happy Anniversary KEB.
    Semoga tetap memberikan tempat yang hangat untuk para emak blogger.

    BalasHapus
  11. Senengnya bisa kopdar sama Emak-emak Blogger pasca pandemi ngga kemana-mana.
    Salut sama KEB yang terus konsisten memfasilitasi emak-emak di jagat raya, komunitas pertama yang saya kenal ya KEB ini..
    Selamat ulang tahun KEB makin solid.

    BalasHapus
  12. Wah pasti acaranya seru banget nih kalau KEB udah bikin event. Salam kenal ya mak senior :)

    Pastinya kopdar kali ini sebagai pelepaa rindu juga ya setelah masa pandemi lalu jarang ada event offline. Semoga KEB dan anggota komunitasnya makin berjaya!

    BalasHapus