Stimulasi Anak dengan Masak Seru Bareng Ibu

 Stimulasi Anak  dengan Masak Seru Bareng Ibu 

Salah satu cara stimulasi  yang saya lakukan pada anak-anak saat kecil adalah mengajak mereka ke dapur. Agar ‘bermain’ di dapur aman, pastikan aktivitas tidak menggunakan benda tajam seperti pisau jadi biasanya mengajak membuat kue.

Banyak stimulasi yang bisa didapat saat anak-anak ‘bermain’ di dapur,  kosakata bahan makanan mereka akan bertambah, kinestetik terstimulasi karena anak akan terus bergerak dan bereksplorasi dengan alat dan bahan makanan yang ada di dapur, secara tidak langsung motorik halus akan terstimulasi,  saat mengajak anak membuat kue, anak akan berkenalan dengan timbangan dan angka. Dapur juga tempat yang  tepat dan aman untuk anak mengeksplorasi indra peraba, perasa dan penciumannya. Selain kecerdasan anak terstimulasi, mengajak anak beraktivitas di dapur juga meningkatkan bonding antara anak dan ibu.


Masak seru bareng ibu


Saya pernah menceritakan mengajak anak-anak di dapur saat mereka usia balita di sini. 

membekali life skill
Seiring usia,  ketika anak-anak  memasuki usia sekolah intensitas bermain di dapur jadi berkurang tapi kenangan saat mereka main di dapur sepertinya cukup melekat, jadi saat kembali diajak ke dapur untuk membuat makanan kesukaan seperti membuat dimsum, cake, aneka olahan ayam, pasta, mereka semangat. Tidak kaku jika diminta bantuan mamanya masak. Si Kaka yang duduk di kelas 3 SMP sudah punya inisiatif masak, dengan catatan yang dimasak makanan kesukaannya, olahan ayam dan telur. Si sulung senang waktu saya rekomendasikan beberapa akun masak dengan video masak estetik dalam negeri maupun luar negeri dan pernah  mencoba mempraktikkan resepnya.  

Untuk anak yang memasuki usia remaja mengajak mereka memasak di dapur sama dengan membekalinya life skill. Bukan mereka harus jago masak tapi minimal tidak kaku jika keadaan mengharuskan mereka memasak, misalnya saat jadi anak kost tinggal di luar kota bahkan luar negeri. 


Dimulai dari Rinnai

Rinnai awet
  Bicara soal masak – memasak di dapur  tidak lepas dari kompor.       Masak atau baking pasti perlu kompor. Kompor yang saya gunakan di rumah adalah kompor Rinnai. Kompor sebagai salah satu teman wajib anda di dapur.  Kompor Rinnai menemani perjalanan memasak saya selama berumah tangga, kurang lebih 17 tahun!


Saya pernah menuliskannya di sini Perjalanan Memasak Bersama Rinnai

Berawal dari seorang sepupu yang menghadiahi kompor Rinnai saat kami menikah. Setelah 10 tahun,  kompor hadiah pernikahan itu kami lungsurkan  dan menggantinya dengan Rinnai yang baru. Pilihan jatuh kepada Rinnai karena awet, masalah yang terjadi biasanya hanya pada tungku api dan itu bisa dibeli dengan mudah di toko peralatan rumah tangga online ataupun offline



Rice Cooker Miyako

Selan Rinnai, peralatan dapur yang menemani perjalanan  adalah Rice Cooker Miyako. Pilihan jatuh pada Miyako karena kualitasnya terjamin, nasi matang sempurna dan pulen. 











Kolaborasi Miyako x Rinnai

Dalam rangka merayakan hari ibu, natal dan tahun baru 2023. Rinnai berkolaborasi dengan Miyako. Miyako x Rinnai, mengadakan kompetisi foto dengan tema “Masak Seru Bareng Ibu” yang berlangsung dari tanggal 1-30 desember 2022. Foto yang mengabadikan momen bahagia ibu melakukan aktivitas di dapur bersama buah hati tercinta dan mempostingnya di laman instagram.

Kompetisi foto ini bertujuan agar para ibu dapat berbaur dengan anak-anak mereka serta memberikan edukasi positif kepada anak-anak akan banyaknya kegiatan positif yang dilakukan di rumah bersama keluarga. dari kegiatan tersebut dapat tercipta moment seru di hari ibu dan dapat berlanjut ke kegiatan sehari-hari. Kegiatan memasak di dapur juga menjadi pilihan kegiatan positif agar anak-anak tidak terus menerus terpapar oleh gadget dan bisa menyerap hal-hal poitif yang dapat dilakukan di dapur bersama ibu.

Kegiatan ini juga sejalan dengan fokus  Miyako dan Rinnai yang ingin mengajak para ibu untuk terus semangat dalam menjalani perannya sebagai “Super Mom” yang selalu memberikan yang terbaik.

kompetisi foto ini menantang kreativitas para ibu yang aktif di media sosial untuk ikut serta mengabadikan momen seru di dapur bersama buah hati.

Selain kompetisi foto Miyako x Rinnai juga mengadakan Live Cooking demo di instagram pada 23 desember 2022 dengan menggunakan beberapa produk Miyako dan Rinnai dengan beragam hadiah menarik. Untuk para ibu yang ikut kompetisi ini dapat ikut Live Cooking demo tanpa registrasi. live cooking demo akan berlangsung pukul 9.00 – 10.00 wib di instagram Rinnai (@rinnai_Indonesia) dan pukul 14.00-15.00 wib di instagram Miyako (@miyako_indonesia)

Puncak kompetisi ‘Masak Seru Bareng Ibu’, pemenang kompetisi akan mendapat kesempatan untuk masak bersama chef Norman Ismail secara langsung di studio Miyako dan Rinnai. Pemenang utama yang sudah terpilih dan diumumkan secara langsung di media sosial Miyako dan Rinnai. Info untuk memenangkan hadiah produk-produk Miyako dan Rinnai dengan total hadiah puluhan juta rupiah dan ratusan merchendice menarik lainnya. 

 

 

 

 



 

 

 











28 komentar

  1. banyak kenangan manis dengan mengajak anak masak bersama di dapur. Bisa jadi media belajar hands-on learning juga memperat bonding orang tua dan anak. Walau bakal rempong tetapi banyak manfaat memasak bersama anak.

    BalasHapus
  2. masak sama anak ini bisa jadi salah satu quality time kita sama anak ya, mbak. kalau anak-anakku juga semangat banget kalau misal kuajak masak kue gitu walaupun ujung-ujungnya jadi berantakan. heu

    BalasHapus
  3. Setuju bangeeeet, masak bareng anak itu seruuuu. Trus lagi kan kalo anak udah bisa masak, sesekali mamanya bisa nyantai. Hehe.... Ini mumpung lagi libur sekolah, aku juga bisa masak-masak sama anak. Hari sekolah mah boro-boro.

    BalasHapus
  4. Anakku juga suka banget kalau kuajakin masak, dari food prep sampai gongseng2in bumbu di wajan. Insyaallah baik2 aja selama dalam pengawasan ibunya. Alhasil anak juga sekalian belajar.

    BalasHapus
  5. Aku juga suka ngajak anak masak bareng (kadang emang modus biar saya dibantuin di dapur) dan emang manfaatnya banyak untuk life skills mereka. Sekarang anak pertama kedua udh bisa masak menu lauk dan sayur sederhana. Kalau soal masak, Rinnai dan Miyako emang jadi andalan dari dulu ya mbak.

    BalasHapus
  6. Pas banget saya mau beli rice cooker dan bimbang
    Eh mampir sini ada yang masak bareng anak pake merk Miyako
    Pastinya seru ya Bun karena anak bisa kenal dapur

    BalasHapus
  7. Life skills ini memang bekal dan memori yang baik untuk anak-anak kelak bisa mandiri ketika menghadapi dunia. Terkesan menjadi PR besar ya.. Padahal dengan Miyako x Rinnai yang mengajak kampanye kompetisi foto dengan tema “Masak Seru Bareng Ibu”, bisa menjadi inspirasi untuk keluarga.

    BalasHapus
  8. Anakku paling suka masak nasi goreng, tentunya dengan pengawasan dariku, ya. Aku senang melihat dia tertarik memasak, kubilang suatu saat nanti harus bisa masak sendiri. Oh ya di keluarga kami juga pakai kompor gas Rinnai. Apa aku ikutan aja ya lomba fotonya? Hihi.

    BalasHapus
  9. Sekarang usia anakku 4 tahun, lagi senang banget pengen tau benda' sekitar. Makanya pas banget ajak anak ke dapur sambil mengenalkan ke anak dunia perbumbuan untuk menambah pengetahuannya.

    BalasHapus
  10. Rinnai ini merk kompor andalan banget, aku dari dulu pakai Rinnai dan awet banget ini aku pakai Rinnai, ga ada kendala2 sampai sekarang. Masak bareng anak itu seru, cuma kadang kudu sabar pasca masaknya ya, hehe

    BalasHapus
  11. seru banget mbak masak bareng anak. aku awalnya merasa ribet ajak anak masak, tapi ternyata baik untuk menstimulasi mereka dan ajarkan kemandirian juga. btw rinai merk kompor juga, andalan sejak dulu

    BalasHapus
  12. sekarang anak-anak juga suka aku ajak masak sendiri. nah masak mie instan nih yang mereka udah bisa. nasi goreng masih bertahap bisa, baru beberapa kali nyoba, ahaha.

    rinnai kompornya tuh awet bingiitts, kompor aku dari kami nikah sampai sekarang Alhamdulillah masih bisa dipakai dan masih bagus aja.

    BalasHapus
  13. Bener banget, masak bareng anak ini bikin anak terstimulasi banyak hal. Kalo aku, dulu sering ngajak anak masak itu biar bikin dia gak lagi jadi picky eaters. Dan ampuh. Dia jadi semangat makan masakan yang dia masak. Termasuk sayur yang selama ini dia gak suka.

    BalasHapus
  14. kolaborasi anak dan ibu yang bisa bikin bounding makin hangat antar keduanya. anakku juga suka gitu, masak masak

    BalasHapus
  15. Penting banget mengajarkan anak untuk memasak karena prosesnya ini gambaran bahwa hidup tidak ada yang instan ya.. Mau makan, masak dulu. Dan setelah masak bisa menikmati hasilnya. Bahagia banget~

    BalasHapus
  16. aku setuju sih setiap anak baik cewek atau cowok harus bisa masak buat life skill mereka, minimal jangan sampai ketika gede nanti harus mengandalkan orang lain hanya buat makan aja. Minimal yang simple tumis2an aja mah harusnya bisa yah, tinggal cemplung aja kan yah hehe

    BalasHapus
  17. Kompor di dapurku rinnai, sedangkkan magic comnya miyako. Pas doong yaaa...
    Ini merk2 dg harga terjangkau bagi kebanyakan orang dan kualitasnya tidak mengecewakan.

    Aku setuju deh nbak soal memasak sbg life skill buat anak2. Jdi aku jg sering melibatkan anak2 dlm kegiatan memasak.

    BalasHapus
  18. Siapa tahu sudah gede jadi chef .gara gara sering masak sama ibu di dapur

    BalasHapus
  19. Rempong tapi asiikkkk ya masak bareng anak tuhhh
    Bisa create memori juga
    Apalagi klo.pakai Rinnai ya

    BalasHapus
  20. Momen seru masak bareng anak itu emang menyenangkan loh, bakal jadi kenangan banget. Aku aja masih terkenang masak bareng ibuku, masakan ibu emang obat kangen.

    BalasHapus
  21. Wow seru banget ya mom masak sama si kecil ya apalagi pirantinya dengan Rinnai dan Miyako mantaps deh hasilnya

    BalasHapus
  22. kegiatan memasak bersama anak memang banyak sekali manfaatnya, terutama untuk meningkatkan bonding dan menstimulasi kemampuan anak

    BalasHapus
  23. Wah ada kompetisi potona yaa. Komporku juga Rinnai nih mbak. Rewardnya menarik juga yaaa.
    Di rumah jg anak2ku kadang suka bantuin tapi paling masih sebatas petikin sayur, ngupas bawang, kalau pun goreng kadang cuma kuminta balikin gorengan tp msh takut2 hehe

    BalasHapus
  24. Anakku cowok semua, aku ajak juga bantu bantu di dapur. Tapi yang paling enjoy hanya si bungsu, dia udah bisa masak misalkan aku lagi tepar.

    Rinnai ku juga setia nemenin perjalanan kesibukan masak di dapur sampai belasan tahun, kayaknya sih ada 19 tahun. Sekarang Rinnai kedua, udah jalan 6 tahunan ini, karena sempat ganti merk lain dari hadiah pindahan rumah. Kalo Miyako aku beli untuk anak sulung yang kost di Yogya dulu

    BalasHapus
  25. Di rumah juga pakai Miyako dan Rinnai. Emang awet beut sih merk ini. Terus kalau masak sama anak, Keponakan semangat, saya yang kadang lemes, hahaha. Sekarang dia udah jago ke dapur sendiri

    BalasHapus
  26. Bisa masak bareng baik ibu dan anak seru ya Mba. Anak juga bisa dikenalkan dengan berbagai stimulasi saat memasak. Bisa melekatkan bonding pula satu sama lainnya.

    BalasHapus
  27. seru lo memasak bareng anak. Apalagi sekalian belajar dan menikmati makanan apapun hasilnya. menambahk rasa syukur

    BalasHapus
  28. Memasak memang salah satu life skill yang mesti dikuasai anak sejak kecil ya, Mbak. Biar nantinya mereka bisa survive dalam kondisi-kondisi tertentu. Kami di rumah juga pakai kompor Rinnai :)

    BalasHapus