Tips Memilih Mobil Keluarga

 Tips Memilih Mobil Keluarga

Memiliki mobil, menjadi impian setiap keluarga. Itu juga yang saya rasakan, keinginan memiliki mobil agar bisa pulang kampung dengan nyaman, leluasa dan   bisa mengajak jalan-jalan orang tua. 

Biar semangat menjemput rejeki dan menabung untuk memiliki mobil, boleh intip nih Eksterior Toyota All New Voxy, mobil MPV dengan  kapasitas 7 penumpang yang mewah layaknya MPV kelas atas seperti Toyota New Vellfire atau Alphard.


Kenyaman tentu menjadi pilihan utama untuk mobil keluarga, selain itu, berdasarkan pengalaman, ada hal yang lain yang harus dipertimbangkan ketika akan memilih mobil untuk keluarga, yaitu;

  1. Memilih mobil yang harganya sesuai keuangan

Selain  nyaman yang tidak kalah penting saat memilih mobil keluarga adalah menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Yap pilih kendaraan yang harganya sesuai dengan kemampuan, agar keuangan keluarga aman sehingga tetap bisa  tidur dan makan dengan tenang heuheu.  Jangan sampai mengejar mobil impian lalu mengabaikan cash flow.

Idealnya, jika kita mencicil kendaraan, makan cicilannya harus 1/3 dari total penghasilan keluarga. Jika ternyata cicilan belum sesuai penghasilan sebaiknya tunda keinginan membeli kendaraan dan menabung dulu agar bisa membayar DP besar sehingga cicilan ringan atau membeli cash.

  1. Memilih mobil dengan kursi penumpang  4 atau 7 

Kebanyakan keluarga muda memilih mobil berkursi penumpang 4 dengan pertimbangan harga dan kondisi  anak-anak yang masih kecil. Jika mobil digunakan juga sebagai alat transportasi untuk bekerja sehari-hari - pulang pergi ke kantor,, mobil yang dipilih harus disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilalui. Jika di kota besar, kerap macet dan padat sebaiknya pilih kendaraan kecil. Jadi pilihan kursi penumpang 4 atau 7 tergantung pada kebutuhan.


  1. Memilih mobil baru  atau seken

Pilihan mobil baru atau bekas, ada plus dan minusnya. Mobil bekas lebih murah, otomatis cicilannya pun lebih rendah namun membeli kendaraan bekas harus diikuti sedikit pengetahuan tentang kendaraan, agar saat membeli mobil bekas paham kondisi kendaraan sebenarnya. Minimal harus tahu bedanya antara kendaraan yang pernah tabrakan atau terkena banjir. Kendaraan bekas dengan kedua kondisi ini harganya murah tapi  beresiko sering bermasalah. Atau pilih penjual mobil bekas terpercaya. 


Membeli kendaraan baru lebih mahal, tapi sampai 3 tahun pertama pemakaian umumnya aman, kemungkinan bermasalah dengan mesin sangat kecil. Kendaraan baru pun biasanya disertai penawaran servis gratis sampai 1000 km.


  1. Memilih mobil yang memiliki nilai aset


Harga mobil memang akan turun seiring waktu, namun tetap saja memiliki mobil berarti memiliki aset yang bisa dilepas saat dibutuhkan. Kita mungkin tidak berniat menjual mobil tapi jika keadaan tak terduga terjadi dan harus melepas mobil agar harga jual mobil tidak turun banyak, pilih mobil yang harganya tidak jatuh saat dijual. Kalaupun mengalami penurunan masih dalam rentang harga yang wajar. 


  1. Memilih mobil yang memiliki layanan lengkap

Layanan lengkap di sini maksudnya, merk kendaraan tersebut memiliki layanan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang yang lengkap. Ini memudahkan saat mobil yang kita miliki bermasalah. Entah karena kecelakaan atau karena usia. Yap seiring usia performa mesin kendaraan akan berkurang, ada bagian yang harus diganti atau diperbaiki karena rusak dsb.

Dengan memilih tempat perawatan dan perbaikan di bengkel resmi, kualitas lebih terjamin, suku cadang asli sehingga presisi dan  sesuai fungsinya.


Eksterior Toyota All New Voxy

Salah satu rekomendasi  mobil keluarga adalah Toyota All New Voxy. 





Auto2000

Toyota memiliki layanan purna jual yang lengkap dan tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Layanan purna jual yang kerap diperlukan para pemilik mobil diantaranya perawatan, perbaikan dan perbaikan/mengganti suku cadang.   Auto2000 dealer resmi Toyota yang berawal dari jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyedian suku cadang Toyota sejak tahun 1975 dengan nama Astra Motor Sales, pada tahun 1989 berubah nama menjadi Auto2000 dengan manajemen yang sudah ditangani sepenuhnya oleh PT. Astra International Tbk. 



Auto2000 kini bertransformasi menjadi Auto2000 Digiroom dengan layanan digital e-commerce, yap kini membeli mobil tidak perlu datang ke dealer bisa melalui website Auto2000.co.id dan tidak hanya melayani pembelian mobil baru juga suku cadang dan aksesoris. 


Dan kini, hadir aplikasi Auto2000 Mobile yang membantu pelanggan melakukan perawatan kendaraan Toyota menjadi mudah. Layanan ini menjadi solusi untuk teman-teman yang sibuk tidak ada waktu melakukan perawatan ke bengkel karena Auto2000 memiliki layanan Home Service, tinggal pesan melalui aplikasi. Dengan aplikasi ini status servis juga bisa terlacak jika teman-teman meninggalkan kendaraan di bengkel untuk diservis. 


Yang pasti sih Auto2000 ini cabangnya banyak dan tersebar di seluruh daerah di Indonesia jadi jangan khawatir saat pulang kampung dan mobil bermasalah, tinggal cari Auto2000 terdekat. 


Bagaimana, sudah punya gambaran mobil impian keluarga? Semoga tercapai ya teman.


15 komentar

  1. Sodaraku ada yg punya anak lagi.

    Jadinya terpikir utk ganti mobil
    Cuss aku arahkan utk baca artikel ini deh ya

    BalasHapus
  2. Beli mobil bekas tu susah2 gampang. Emang si murah tp klo kitq ga paham mesin takutnya jd ada masalah macem2 kalo ada uang.l3bih si mendingan beli baru yq mbak

    BalasHapus
  3. Sebelum memutuskan beli mobil aku juga mempertimbangan memilih 7 seat yang cukup buat keluarga dengan 3 anak hehehe. Emang Toyota All New Voxy cocok banget lho. Enak ya sekarang ada aplikasi Auto2000 Mobile, bikin perawatan lebih mudah.

    BalasHapus
  4. Sepakat mbak, jangan sampai karena pengen punya mobil dengan spesifikasi tinggi, sementara pendapatan tak menjangkau, akhirnya kondisi keuangan oleng karena tiap bulan mesti bayar cicilan yang besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli mobil bekas itu kayak nyari rumah, jodoh atau enggak tergantung hoki juga. Tapi dengan adanya aplikasi Auto2000 jadi lebih mudah dan praktis. Apalagi dengan fasilitas perawatan yang udah tersedia juga di aplikasi nya ya mbak

      Hapus
  5. Iya kadang kita gak berniat beli mobil untuk dijual kembali. Tapi kalau pas keadaan mendesak, jual mobil bisa jadi pilihan. Makanya ya beli mobil yg punya nilai aset bagus.

    BalasHapus
  6. buat yang belum punya pengalaman, mending nabung dulu buat dapatin mobil baru ya, mbak. yang second kadang bikin was was. tentu yang gede biar nyaman buat jalan bersama keluarga.

    BalasHapus
  7. Nyaman banget naik Toyota All New Voxy.
    Sudahlah luas dan interiornya juga bagus. Kalau untuk keluarga besar, oke banget.. Apalagi yang memiliki anggota keluarga lansia atau anak-anak. Nyaman banget..

    BalasHapus
  8. Cakep banget ya mba toyota voxy😍😍 aku jadi kepengen. Dijamin nyaman banget jalan2 pake ini

    BalasHapus
  9. Toyoy All New Voxy ini adalah mobil keluarga impian
    Kalau beli Toyota emang baiknya di auto2000 ini ya mbak

    BalasHapus
  10. Saat ini keluarga kami baru bisa membeli mobil seken yang sesuai budget, semoga nanti bisa membeli mobil seperti toyota alla new voxy ini sesuai dengan impian mas Aiman

    BalasHapus
  11. Mobilnya cakep banget mba. Toyota memang keren dan terus berinovasi untuk mengeluarkan produk-produk yang berkualitas

    BalasHapus
  12. Voxy itu seven seat ya mbak? Harganya kisaran berapa ya? Cakep diliatnya. Plus sliding door yang aku suka. Bisa buat mobil camping

    BalasHapus
  13. Cakep banget mobilnya yaa ala van idol Koreyah gitu muat banyak penumpang dan fiturnya lengkap, nyaman dan luas kabinnya

    BalasHapus
  14. Lihat body-nya voxy, hua....! Kece banget Mbak. Suka! Apalagi banyak plusnya ya. Kami sering harus mudk sekeluarga dengan sewa mobil. Pengen punya dewe. Harganya nih yang kebetulan belum cocok di kantong. Sementara dijadikan mobil impian dulu.

    BalasHapus