Memasak Praktis dengan Tiarapot Pro dan Rice Cooker Donabe Polytron

Memasak Praktis dengan Tiarapot Pro dan Rice Cooker Donabe Polytron

Alhamdulillah keadaan sudah bisa dibilang normal pasca pandemi. Anak-anak semangat sekolah, para Mama kembali sibuk. Mama kantoran kembali WFO, pastinya ditambah kesibukan menyiapkan keperluan anak sekolah, sarapan dll. Mama-mama irt seperti saya, selain berkutat dengan pekerjaan rumah, antar jemput anak sekolah,  kerjaan sambilan ini itu juga membuat bekal anak sekolah. Kedua anak saya pulang sore jadi bekal makan siang dari rumah. Si adik dua bulan lalu sempat ikut catering karena teman-teman sekelasnya banyak yang catering jadi mau nyobain rasanya catering katanya. Bulan ini kembali bekal dari rumah, bukan tidak cocok masakan catering tapi Mamanya narik nafas dulu hahahah, secara harga caetring sekolah lumayan, 19 ribu/porsi.

Ngobrolin bekal sekolah, saya biasanya memasak menu yang praktis, waktu memasak kurang dari satu jam, dan makanan tetap enak walaupun dimakan 5 jam kemudian. Jam makan siang anak-anak di sekolah sekitar  jam 12 an, sementara makan siang dibawa dari rumah dari pagi (berangkat sekolah 6.30). Dalam seminggu  5 kali bawa bekal maksi  kadang-kadang bingung menentukan menu biar bervariasi dan anak-anak tidak bosan.

Pas lagi cari ide menu maksi bekal sekolah,  dapat undangan dari Komunitas Emak Blogger dan Polytron  untuk ikut demo masak, senang banget rasanya.

Demo masak dilakukan hari sabtu tanggal 5 November 2022 di Farmer Market Bintaro Jaya Xchange Mall dengan chef Beatrix, salah satu chef ‘lulusan’ Master Chef Indonesia. 

chef Beatrix


Dua resep yang dipraktikkan yaitu Gluten free orange chocolate cake (no oven) dan bean soup dengan alat masak yang digunakan Rice Cooker Donabe dan Tiarapot Pro, panci memasak dengan 12 fungsi untuk memasak aneka masakan. Dua produk unggulan dari Polytron Homes yang worted banget untuk dimiliki.

Masak cake tidak pake oven dan dandang, memang bisa? Bisa donk cukup pake Rice Cooker Donabe. Gimana caranya? Yuk lanjut baca.

Tiarapot Pro (silver) dan Rice Cooker Donabe (putih)

Rice cooker Donabe  dan Tiarapot Pro yang multi fungsi membuat moment memasak jadi penyenangkan, praktis dan tidak banyak cucian piring.  Peer banget ya membereskan peralatan habis memasak itu terlebih untuk ibu-ibu yang tidak punya art. Selain itu kedua alat masak ini memiliki desain yang modern dan kekinian.

Yap saya suka banget dengan desan Rice Cooker Donabe yang beda dari umumnya panci rice cooker, warna putih dan bentuknya yang ramping memberi kesan elegan, sementara warna silver pada tombol memberi kesan modern. Pendek kata, desain rice cooker Donabe kekinian.

Sementara Tiarapot Pro, dengan warna silver dan fitur mode di kanan kiri dengan display dilengkapi LED, memberi kesan modern dan canggih.

Sebelum bahas lebih lengkap keunggulan kedua alat masak tersebut, intip dulu yuk keseruan memasak dengan kedua alat ini. Resep masakannya mudah lho jadi bisa dipraktikkan di rumah.

Gluten free Orange Chocolate cake

Karena glutenfree jadi terigunya diganti tepung sagu.

Bahan 

100 gram tepung sagu

100 gram salted butter

100 gram gula pasir

98 ml susu cair

6 kuning telur

6 putih telur

1 sdm coklat pasta

1 sdt vanilla extract

Wheap cream untuk lapisan

Jeruk


Cara membuat

Panaskan rice cooker Donabe dengan sekitar 500 ml air di dalamnya, lelehkan butter di dalamnya.

Kocok putih terus hingga soft peak (mengembang), masukkan gula pasir secara bertahap. Pada wadah terpisah campur tepung terigu, susu, lelehan butter, dan coklat pasta, aduk rata. Lalu masukkan kuning telur, aduk rata. Untuk mengaduknya cukup gunakan whisk.

gluten free orange chocolate cake 

Setelah tercampur rata masukkan kocokan putih telur dengan cara diaduk balik. Tidak perlu dimixer. Masukkan ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti.  Kukus dalam rice cooker Donabe selama kurang lebih 20 menit. Rice cooker sudah diisi air dan air sudah panas saat loyang dimasukkan. Oh ya loyang dimasukkan begitu saja jadi posisi loyang agak mengambang karena di bawahnya ada air.

Baking dengan rice cooker Donabe

Setelah cake mengembang bisa dihias dengan cream dan jeruk.

Bean Soup

Bahan

100 gram kacang merah

100 gram kacang hitam

(jenis kacang bisa disesuaikan dengan selera).

3 sdm bawang Bombay cincang

1 sdm bawang putih cincang

½ sdm brown sugar

1 sdm daun ketumbar

1 sdm daun bawang

¼ sdt lada bubuk

1 sdt garam masala

Cara membuat

Masak kacang dengan Tiarapot Pro, pilih mode memasak bean. Setelah kacang empuk sisihkan.

Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan Tiarapot Pro, pilih mode menumis. Setelah harum masukkan semua bahan lain termasuk kacang yang sudah lunak. Campur, koreksi rasa.

Sajikan.

memasak bean soup dengan Tiarapot Pro





Alat memasak serba guna, Rice Cooker Donabe dan Tiarapot Pro dari Polytron

Rice Cooker Donabe 

Rice cooker Donabe, rice cooker serbaguna dengan pemanasan merata. 

Rice Cooker Donabe 

Lima keunggulan Rice Cooker Donabe

Donaheat 3D. Rice Cooker Donabe dengan teknologi terbaik DONAHEAT 3D, pemanasan lebih merata dari 3 arah, bawah, samping kanan dan kiri. Dengan pemanasan merata kesemua arena ini menjadikan nasi pulen seperti  nasi Jepang.

Kapasitas besar. Rice cooker Donabe memiliki kapasitas 2L sehigga cukup untuk memasak nasi sekeluarga.

Ceramic coating. Panci dilamisi material inner pot ceramic coating yang lebih tebal dari panci biasa sehingga lebih kuat dan lebih tahan lama dari magic com lainnya. Sedangkan alumunium cover yang terdapat di permukaan panci Donabe, elemen ini dapat dilepas dan dipasang kembali sehingga mudah dalam penggunaan dan pembersihannya.

3-in-1-cooking. Rice cooker Donabe selain untuk menanak nasi bisa digunakan untuk memanaskan, dan mengukus. Yap bisa digunakan sebagai kukusan untuk membuat cake atau aneka makanan.

Defrost System. Dilengkapi pengaturan suhu dengan fitur Defrost System, yaitu thermostat yang mampu mendeteksi mode memasak, menanak dan memanaskan. Mode ini juga yang membuat memasak nasi dengan Donabe menghasilkan nasi dengan kematangan merata, lembut dan pulen.

Tahan hingga 48 jam. Nasi tetap hangat, tidak berkerak dan enak dikonsumsi hingga 48 jam

Rice Cooker Donabe bisa didapatkan di website resmi Polytron.co.id atau official store resmi Polytron di marketplace.

Tiarapot Pro

Adalah panci serba guna dengan fitur modern yang dapat memasak beragam masakan termasuk bisa berfungsi sebagai presto.

Tiarapot Pro

Sembilan keunggulan Tiarapot Pro

12-in-1 Function Cook. Tiarapot Pro dilengkapi 12 fungsi mode untuk memasak berbagai macam masakan. Ada 12 tombol untuk mensetting masakan yang akan kita masak, seperti sup, bean/chilli, daging rebus, manual/saus vide, slow cook, tumis, basi, biji bijian, bubur, kukus, yogurt, presto.

Smart steam release. Tiarapot Pro merupakan panci yang memiliki fitur Smart Steam Release yang membuat katup uap mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi dan dapat melepas uap dengan cepat sesudah selesai memasak.

Faster family meal. Karena multi fungsi, panci ini membuat proses memasak menjadi cepat 70% disbanding memasak dengan metode tradisional. Hemat dan praktis, pemakaian listrikpun lebih kecil. Dan tentunya jadi tidak banyak cucian ya hehehe.

Clear and simple control. Tiarapot Pro dilengkapi fitur Smart Program sehingga proses memasak menjadi mudah hanya tinggal menekan tombol dan waktu memasak akan tersetting secara otomatis, namun begitu waktu bisa ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan. Tombol menambah atau mengurangi waktu terdapat dibagian tengah.

Design. Nah ini dia, designnya elegan dengan warna silver yang modern. terbuat dari bahan metal sehingga aman dan mudah dibersihkan. Fitur memasak di kanan kiri memudahkan penggunaan. Layar display dengan lampu LED yang memudahkan pengguna  melihat waktu memasak.

Fits any pot. Desain tutup portable yang cocok untuk panci tahan panas apapun dengan ukuran 22 cm dan 24 cm.

Easy to use. Penggunaan saat mudah, hanya tinggal memijat tombol pada fitur sesuai jenis masakan yang akan kita masak. Waktu dan temperature masak sudah tersetting namun bisa ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan.

Watch your food cook. Dengan tutup portable dan transparan berbahan tempered glass yang memungkinkan anda untuk melihat makanan saat dimasak.

Less clutter, easy clean up. Satu alat bisa untuk 12 macam masakan, tentu ini menghemat peralatan memasak yang dibutuhkan. Dapur jadi lebih ringkes.  

Tiarapot Pro bisa didapatkan di website resmi Polytron.co.id atau official store resmi Polytron di marketplace.

Air Fryer Polytron



Satu lagi nih produk Polytron homes yang recommeded untuk dimiliki karena memiliki beberapa keunggulan;

Kapasitas besar. Tersedia dua ukuran Air Fryer Polytron yaitu 22 cm dan 24 cm, sehingga aneka wadah tahan panas bisa masuk.

Dilengkapi pengaturan suhu dan waktu memasak. 

Dilengkapi tempred glass untuk memudahkan memantau proses memasak tanpa harus membuka tutup atau memberhentikan proses memasak. 

100% BPA Free, jadi aman digunakan.



Air Fryer Polytron  bisa didapatkan di website resmi Polytron.co.id atau official store resmi Polytron di marketplace.

Jujurly, saya jadi pengen punya Tiarapot Pro dan Donabe hehehe, harus nabung dulu nih. 

 

Foto setelah acara selesai bersama chef  Beatrix dan Emak-emak Blogger 

 

foto dengan chef Beatrix

 

 

 

 

 

 

 

30 komentar

  1. dengan adanya tiarapot pro dan rice cooker donabe dari Polytron membuat proses memasak menu favorit jadi lebih menyenangkan

    BalasHapus
  2. Samaak maak aku juga masak sejak subuh buat sarapan dan makan siang anak di sekolah. Emang butuuh lauk yang praktis praktis yaa.
    Penisirin aku sama tiarapot pro dan rice cooker dr Polytron kayajnya recomended ya buat bikin menu simple.

    BalasHapus
  3. Aku malah kepikiran pengen beliin Tiarapot Pro dan Rice Cooker Donabe buat si sulung kalau nanti dia ngekost pas kuliah :D Kece nih buat masak2 praktis dan anget2in juga ok. Eh iya, air fryer nya aku juga ingin punya. Produk2 Polytron memang keren ya, kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

    BalasHapus
  4. Meski ga ngikuti indonesia idol, nama pancinya ngingetin aku sama tiara idol hehehe. Btw, donabe maupun tiarapot nya bikin mupeng deh..soalnya yg di rumahku ga sekeren ini hiuihi. Aku jg pakai panci presto manual yg ga bisa diatur waktunya. Jelas kerenan si tiara lah..

    BalasHapus
  5. Cake gluten free tapi tampilannya masih menggoda loh, terlihat enak. Aku tertarik sama rice cooker, serba bisa dan kapasitas cukup besar untuk masak masakan keluarga

    BalasHapus
  6. wah keren ya alat masak dari polytron bisa masak dengan berbagai mode. jadinya apalagi ada mode presto juga jadi nggak perlu beli panci presto nih jadinya

    BalasHapus
  7. Tiarapot Pro bikin mupeng ya mba. Bawaannya mau masak ajaa nih ☺️. Udah gitu dia kan multicooker jg ya. Wah idaman banget punya ini. Seru acara masaknya, itu pasti lebih cepet dari panci biasa deh masaknya ya mba, praktis

    BalasHapus
  8. Keunggulan dari Tiarapot Pro dan Rice Cooker Donabe Polytron ini banyak sekali yaa..
    Salah satunya yang aku suka karena aku gak suka masak, jadi senengnya alat masak yang mudah digunakan dan mudah dibersihkan. Praktis banget waktu tau fitur yang bisa didapat setelah menggunakan Tiarapot Pro dan Rice Cooker Donabe dari Polytron.

    BalasHapus
  9. wah, kuenya keliatan enak banget, gampil juga kayanya masaknya (setidaknya terlihat mudah, ahaha) jadi pengen nyobain deh. anw, Tiara Pot ini bikin mupeng sih, ada gitu ya alat masak yang betul-betul multifungsi gini, keren deh

    BalasHapus
  10. Kalau ada produk peralatan rumah yang multifungsi seperti Tiarapot Pro, aku suka dan pengen juga miliki. Bisa masak banyak dan juga enak enak di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, sama banget mbak. peralatan multifungsi gini bikin mupeng banget ya. soalnya masak jadi ringkes dan kayanya jadi terlihat mudah, ahaha

      Hapus
  11. Asyik banget bikin cake cuma modal Rice Cooker Donabe. Ini praktis, gak khawatir gosong juga. Jadi kalau mau masak enak, pakai alat elektronik ini udah bisa yaaa

    BalasHapus
  12. Bikin kue anti gagal, praktis dan gak ribet. Itulah impian saya. Ini beneran bisa pakai rice cooker donabe. Pengen punya nih, biar bisa praktek langsung.

    BalasHapus
  13. Mba Rina, ya ampuunn aku.mupeeenggg bgt punya alat masak satu ini.
    Enak sat set gt ntar masaknya.
    Cucian jg ga banyak kan.

    BalasHapus
  14. Ih jadi pengen punya nih mbak. Aku tuh kadang males masak karena membayanvkan abis masak cuciannya segunung. Kalo pancinya pinter gini kan kerjaan js lebih mudah ya

    BalasHapus
  15. Kalau sudah punya peralatan masak yang canggih dan praktis gini, masak jadi lebih ringan ya Mak. Gak males juga jadinya.

    BalasHapus
  16. Wah, aku kok jadi pengen punya juga Tiara Pot Pro dan Rice Cooker Donabe dari Polytron ini
    Biar kegiatan memasakku jadi lebih mudah dan cepat

    BalasHapus
  17. Banyak ya keunggulan dari masing-masing produk... Jadi bikin mupeng sama dua-duanya, pengen punya juga di rumah..

    BalasHapus
  18. Saya juga pengen punya Tiarapot Pro dan Donabe di rumah, deh... Asyiknya kalau ada Tiarapot Pro dan Donabe, masak jadi lebih cepat dan praktis.

    BalasHapus
  19. Nah itulah mak yang bikin malas masak.kadang tuh cucian alat masaknya yaaa. Kalau punta alat kyk Tiarapot dan Donabe ini jadi lbh praktis krn bisa pakai 1 alat aja. Selain itu juga bisa menghemat waktu memasak yaa
    Jd pengen recook masakan chef Beatrix deh

    BalasHapus
  20. masak dengan tiara pot Polytron ini makin sat set yahhh, apalagi bikin bean soup gini tuh bisa memangkas banyak waktu kalau pake tiara pot. Udah kebayang rasanya yang endeusss

    BalasHapus
  21. Duh itu saya ngiler banget ama resep cake coklatnya. Mau saya simpen ah. Sapa tau bisa buat. Sambil ngumpulin duit beli tiara pot hehehe

    BalasHapus
  22. Keren banget ya mbak acaranya. Btw, kalau ada tiara pot praktis banget jadinya kalau mau masak ya dan gak ribet plus gak bikin capek karena dengan satu perangkat aja bisa masak macam-macam.
    Keunggulan rice cooker donabe nya juga banyak banget yak, keren deh pokoknya

    BalasHapus
  23. Fokus sama resepnya. Uwwwooo. Bisa dicoba nih. Hihi. Izin screenshot mbakk. Jd pengen punya tiara pot jg serba bisa soalnya kek emak2. Ini kalo beli di online ongkir ke kalimantan mayan jg keknya ya

    BalasHapus
  24. lhoooo bisa ya buat kue kukus pakai rice cooker? eh baru tahu, ini praktis banget!
    mau coba nih mumpung caranya dijelaskan lengkap di sini. Terima kasih yaa Mbak Rina.
    btw kalau pakai tepung sagu efek di tekstur kuenya bagaimana?

    BalasHapus
  25. Banyak banget keunggukan menggunakan alat masak terbaru dari Polytron ini ya..
    Produk unggulan yang sangat memudahkan para Ibu untuk bahagia memasak di dapur karena selain cepat, gak banyak cucian juga.

    BalasHapus
  26. Harganya lumayan tapi worth the price ya Mbak. Bisa buat macem-macem sampai bisa dipakai untuk bikin cake segala. Kalau misal ada keluarga yang tinggal di rumah kecil atau apartemen, bermanfaat juga karena nggak perlu banyak alat masak. Asal bisa mengelola waktu masak dengan baik.

    BalasHapus
  27. 2 bulan lalu salah satu rice cooker di rumah meleduk karena dipakai buat bikin bubur. Emang nggak ada settingan untuk bikin bubur tapi ya nyobain aja, ternyata airnya meluap jadi masuk ke mesin. Rusak deh.

    Jadi mupeng mau beli rice cooker Polytron ini karena fiturnya banyak, termasuk bisa bikin bubur juga.

    BalasHapus
  28. Cakep bangeet tiara potnya. Satu untuk semua ya.. Kepo sm resepnya. Pengen cobaa

    BalasHapus
  29. Tiarapot Pro nya bikin mupeng, apalagi multifungsi tentunya gak bakalan nyesel beli ini. Semoga Saya bisa kebeli

    BalasHapus