Kreasi es kelapa muda untuk Tajil

Kreasi es kelapa muda untuk Tajil

Alhamdulillah Ramadan hari ke 5, semoga semangat puasa terjaga sampai akhir Ramadan. Semangat tadarusnya juga. Ramadan dan lebaran tahun ini lebih semarak dari 2 tahun kebelakang, situasi pandemi sudah membaik, semoga seterusnya ya teman.

Ngobrolin bulan puasa rasanya ga bisa lepas dari kulinernya yang khas. Beberapa makanan yang hanya ada di bulan puasa (selain di bulan puasa sangat jarang yang menjual) adalah aneka kolak; kolak pisang, kolang-kaling, labu, biji salak, bubur sagu, es blewah dll. Beberapa daerah biasanya mempunyai kuliner bulan puasa yang khas.

Makanan dan minuman yang umum tetapi peminatnya bertambah di bulan puasa  adalah gorengan, es buah dan es kelapa. Rasanya ada yang kurang kalau buka puasa tidak ada gorengan, ada yang sama? Tapi sedang mengurangi gorengan selain karena harga minyaknya sangat lumayan, juga demi kesehatan heuheu.

Menu takjil favorit kami sekeluarga adalah es kelapa muda yang dicampur  dengan  buah-buahan tergantung buah yang dibeli/ada, jadi bervariasi. Cara membuatnya cukup mudah dan praktis, tinggal campur potongan buah dengan air dan daging kelapa muda, tambahkan es dan gula sesuai selera, siap disajikan, seperti foto dibawah ini; es kelapa muda alpukat.

Es kelapa muda alpukat


Es kelapa muda alpukat ini favorit banget, membuatnya pun mudah, tinggal campur  kelapa muda (dan airnya), alpukat kerok, skm dan es batu secukupnya. 

Sup buah atau es buah

Es buah kelapa muda


Buah-buahan yang digunakan lebih dari 1 jenis, disesuaikan dengan selera. Cara membuatnya sama tinggal potong buah-buahan, beri air dan daging kelapa muda, skm atau sirup, dan es batu. 

Es kelapa muda markisa

Es kelapa muda markisa
Kali ini mencoba bikin es markisa kelapa muda, (bukan) kebetulan pohon markisa yang saya tanam di depan rumah ada yang berbuah dan  matang.

Berikut resep Es markisa kelapa muda untuk sajian 1 gelas.



Video cara pembuatannya bisa lihat di  https://www.instagram.com/reel/CcDAC77Db09/?igshid=YmMyMTA2M2Y=


Bahan yang dibutuhkan

1 buah markisa matang

300 ml air panas

1 sdm makan gula

daging buah kelapa secukupnya

Nata de coco secukupnya

Es batu secukupnya.

Cara membuat

Keruk buah markisa, masukkan ke dalam gelas tambahkan  air hangat  dan gula pasir, aduk hingga gula rata. Sisihkan.

Siapkan gelas, isi es batu, masukkan sirup markisa yang sudah disaring, daging kelapa muda dan nada de coco. Sajikan.

Manfaat daging dan air kelapa muda

Selain enak dan menyegarkan air dan buah kelapa muda banyak manfaatnya untuk kesehatan. Air kelapa muda merupakan cairan isotonic alami, air yang secara alami mengandung banyak elektrolit yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas atau olahraga.  Tak heran ya setelah puasa seharian minum air kelapa muda rasanya segar dan bugar, karena cairan tubuh yang hilang saat puasa langsung tergantikan.  Sedangkan daging buah kelapa mengandung banyak kalsium dan vitamin C.

Tips sehat menikmati es buah kelapa muda

Agar menikmati sajian es kelapa selama bulan Ramadan tetap membuat tubuh sehat, tidak membuat radang tenggorokan, biasanya saya melakukan hal-hal berikut;

Menggunakan  kelapa muda murni atau kelapa bulat, tanpa dicampur gula dan es oleh penjualnya. Tinggal bilang aja ke abang penjualnya, beli kelapa muda bulat dan minta sekalian dikupas. 

Kurangi penggunaan gula dan es batu. Saat membuat kreasi kelapa muda, gunakan gula secukupnya jika ada madu bisa diganti madu, begitupun penambahan es sedikit saja. Es batu yang digunakan lebih baik dibuat sendiri. 

Konsumsi dalam kreasi  es kelapa muda dalam jumlah wajar, jangan sampai kenyang agar tetap bisa makan makanan utama, nasi dan lauk pauk dengan cukup. 

Pastikan makanan utama yang dikonsumsi bernutrisi lengkap. 






Tidak ada komentar