Menu Lebaran ala Keluarga Kami

Opor ayam, sayur pepaya muda dan dendeng balado basah, menu lebaran ala keluarga kami

Belasan tahun menikah dan tinggal beda kota dengan orang tua, membuat saya lebih sering lebaran pertama di rumah sendiri, siangnya  ke rumah mertu dan keluarga suami di Jakarta,  lebaran kedua ke  rumah orang tua di Bandung. Karena lebaran di rumah sendiri otomatis masak menu lebaran. Sebenarnya suami ga nuntut saya harus masak menu lebaran apalagi pas anak-anak masih balita, masak menu lebaran atau nggak, tidak berpengaruh karena yang makan hanya kami bertiga (kirim buat bu mertua). Tapi kenangan lebaran dengan menu khasnya selama tinggal bersama orang tua membuat saya ingin memasak menu lebaran juga. 




Motivasi saya memasak opor, ketupat dan rendang  karena ingin berlebaran ala keluarga dimana saya tumbuh dan besar.

Saat gadis saya tidak suka masak bahkan sampai punya satu anak pun  ogah masak. Tapi karena tuntutan kebutuhan akhirnya belajar masak. Butuh hemat maksudnya hehehe. Yap setelah anak-anak besar beli makanan jadi malah boros, tidak cukup satu atau dua porsi. Anak-anak juga mulai suka ngemil. Dan karena saya tidak biasa makan makanan beli (selalu buatan mamah) tidak bisa juga sering makan makanan masakan orang lain.

Singkat cerita setelah beberapa kali lebaran akhirnya saya bisa masak opor yang cukup enak menurut lidah saya, suami dan anak-anak begitupun rendang walaupun si sulung suka komen,”Rendang mama kok beda-beda ya rasanya kalau bikin.”

Tapi beberapa kali membuat ketupat hasilnya selalu di luar ekspektasi, lembek dan mudah basi. Akhirnya diputuskan tidak membuat ketupat tapi pesan pada tetangga yang memang biasa menerima pesanan ketupat saat lebaran. Jadi sudah 3 tahun ini selalu pesan ketupat. Dan kalau dipikir-pikir lebih hemat beli ketupat daripada masak sendiri jika hanya membuat 10 atau 15 biji ketupat.

Oh ya saya tidak tertarik masak ketupat mini instan yang banyak dijual di supermarket atau minimarket. Kenapa? Karena saya lebih dari 8 tahun belajar kimia, mikirnya (reaksi kimianya) kejauhan kalau memasak/merebus makanan ada unsur plastiknya, walaupun katanya aman hahaha.

Setelah anak-anak besar, mereka yang request masak ketupat dan opor ayam jika lebaran. Seperti si sulung yang udah beberapa kali nanya, Mama masak opor ayam kan nanti sama ketupat. Ini adalah foto opor ayam masakan saya lebaran tahun lalu, sekarang belum masak opor ayam hehehe.



Berikut resep opor ayam 

Bahan

1 ekor ayam kampung potong 10 atau 12

Santan encer dan santan kental dari  1 buah kelapa

2 lembar daun jeruk

1 lembar daun salam

1 serai, geprek

Bumbu halus

Bawang merah

bawang putih

1 ruas jahe

1 ruas kunyit

1 sdt merica butir

1 sdt garam

¼ potong buah pala

2 buah kapulaga

½ sdt jinten

Cara membuat

Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan santai encer, daun salam, serai, daun jeruk, masukkan ayam, ungkep hingga empuk. Tambahkan santan kental, masak sambil diaduk agar santan tidak pecah sampai mendidih, koreksi rasa.

Sayur   pepaya muda 



Kenal sayur godok pepaya muda sejak saya tinggal di Kampung Pakis 5 tahun lalu, sejak itu saya selalu masak sayur ini untuk kuah ketupat

Bahan

1 buah pepaya muda ukuran sedang

kacang panjang

pete

santan dari 1 butir kelapa

1 ruas jahe dan lengkuas, geprek

1 buah serai, geprek

Daun salam dan  daun jeruk masing-masing satu.

½ sdt merica

1 sdt garam

½ sdt gula merah

Bumbu halus

6 Bawang merah

3 Bawang putih

5 Cabe merah

ebi

Cara membuat

Kupas pepaya, cuci lalu iris tipis.

Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, jahe. Tambahkan kurleb 100 ml air atau santan encer,  irisan pepaya, peter dan kacang panjang ungkep, hingga empuk. Tambahkan santan kental, cabe rawit utuh. Masak sambil diaduk, koreksi rasa.

Selain opor ayam dan sayur godog pepaya muda, saya memasak  dendeng balado basah atau rendang. Dendeng balado basah ini resep turun temurun keluarga suami yang berasal dari Bukit Tinggi Sumbar. Berbeda dengan dendeng balado yang biasa ditemui di rumah makan padang umumnya, dendeng resep keluarga pak suami ini basah dan berkuah minyak. Dagingnya lembut, rasanya campuran pedas dan asam dari tomat.



Resepnya beberapa kali saya di instagram. Boleh intip postingan Resep Dendeng Balado Basah. 





 

 

Tidak ada komentar