Kue-kue Kering Khas Lebaran

Resep Nastar dan Kue Biji Ketapang 

Lebaran tidak lepas dari  kue kering. Saya tidak pandai membuat kuker tapi pernah mencoba membuat kue keju, kue kacang, kue salju dan nastar. Tidak setiap tahun saya membuat kuker-kuker tersebut, biasanya hanya satu atau dua macam karena tak sanggup bikinnya heuheu. Saya lebih suka bikin cake daripada kuker karena sekali masak selesai, sedangkan kuker harus berkali-kali ngoven, waktu yang dihabiskan lebih lama.

Pertama kali bikin kuker motivasinya karena ikut challenge yang diadakan Blueband di instagram tahun 2016 ,saya buat dua resep kue nastar dan putri salju, ga nyangka satu resep lolos dengan hadiah mixer standing phillip dan voucher sodexo 1 juta rupiah. Jaman itu lomba resep di ig saingannya masih sedikit, jadi peluang menang besar, sekarang food photographer handal  turun gunung ikutan lomba, saingan udah berat.  Karena selain resep kualitas foto umumnya jadi pertimbangan juga.

Kontes resep di instagram

Resep kuker putri salju bisa diintip di Resep Kuker Putri Salju

NASTAR 

Kuker lebaran yang harus selalu ada di rumah saat lebaran adalah nastar karena kesukaan semua orang. Beda dengan kuker lain misalnya choco chip, Bapaknya anak-anak kurang suka. Kuker keju/kastagel saya dan si adik yang suka. Kuker putri salju si sulung yang suka.  Walaupun nastar termasuk kuker yang harus ada saat lebaran saya tidak selalu membuatnya sendiri, kalau tidak membuat sendiri saya pesen ke Mamah. Nastar bikinan Mamah sudah pasti enak dengan tampilan cakep.

Nastar 


Kalau dihitung-hitung semenjak suka bereksperimen di dapur sekitar 5 tahun lalu baru 2 kali membuat nastar. Berikut resepnya yang saya ambil dari instagramnya Blueband karena waktu bikin memang sekalian untuk kontes yang diadakan blueband di instagram. 
Pernah publish juga resep dan ceritanya di Resep Nastar No Oven 

Bahan 

2 butir kuning telur

3 sdm gulpas

200 gram tepung terigu

150 gram margarine

27 gram susu bubuk

¼ sdt vanilla bubuk

2 sdm tepung maizena

selai nanas secukupnya

Bahan pelapis

2 sdm susu cair

Cara membuat

Campurkan margarine, kuning telur, gula kocok. Tambahkan tepung terigu, vanilla, tepung maizena, susu bubuk, aduk dengan spatula hingga terbentuk adonan.

Bulatkan adonan tekan hingga cekung isi dengan selai nanas, tutup adonan, bulatkan, atasnya dilapisi pelapis. Panggang di oven hingga warna pelapis kecoklatan.

Tips membuat nastar agar tidak pecah saat dibentuk, jangan terlalu lama diuleni . setelah adonan jadi,

Selain nastar sejak saya tingga di Kampung Pakis, sebuah daerah di kabupaten Bogor Gunung Sindur, kuker lebaran yang selalu ada adalah   kue biji kepatang, kue lebaran khas kampung sini yang walaupun masuk wilayah Jabar tapi kebanyakan warga aslinya adalah suku betawi yang pindah dari Jakarta tahun 1970 an.

Biji Ketapang 

Kue biji ketapang


Lebaran pertama tinggal di sini dan silaturahmi ke rumah tetangga, agak heran karena ga ada kuker seperti nastar, kue keju dan teman-temannya, hanya ada biji ketapang, dodol, wajit dan rangginang. 

Resep kue biji ketapang

Bahan

1 kg   terigu

240 gram gula pasir

100  gram kelapa sangray

200 gram margarine

1 butir telur 

200 ml santan (bisa juga 100 ml 100 ml santan)  

1 sdt gram

½ vanili bubuk

Cara membuat

Campur gula, telur, garam, vanili dan whisk. Setelah tercampur rata, masukkan margarine dan terigu. Uleni. Bentuk panjang potong serong. Goreng dengan minyak.

Rasanya renyah dan gurih, jangan tanya kalorinya ya udah pake santan, pake kelapa sangray digoreng minyak pula hahaha.




 

 

 

2 komentar

  1. aku jadi inget suka makan biji ketapang kalau sedang mainke rumah keluarga besar di Lampung. enak banget dan suka hehe

    BalasHapus
  2. baru tau ada kue biji ketapang, namanya unik
    memang kalau kue kue bikin sendiri bisa lebih puas ya

    BalasHapus