Ide Kegiatan di Rumah untuk Praremaja dan Remaja

Ide Kegiatan di Rumah untuk Praremaja dan Remaja

Di rumah aja karena pandemi

Salah satu gambar si Kaka dengan Photoshop


Anak-anak di rumah udah berusia 10 dan 13 tahun, sudah ga mempan diajak ngisi waktu di rumah dengan bikin origami, bikin kerajinan dari dus bekas (pernah si adik bareng teman-temannya bikin kerajinan dari dus bekas indomie, idenya comot dari youtube), sudah ga bisa diminta duduk manis terus mendengarkan Mamanya baca buku. Saat usia mereka delapan tahunan paling seneng dibacain buku, sampai mulut Mamanya pegel. Masa-masa itu sudah lewat.

Mereka sedang di usia butuh tantangan, sudah punya keinginan dan pendapat sendiri, sudah bisa menentukan mana yang disukai, mana yang tidak. Yang menurut kita asik belum tentu asik menurut mereka.

Tantangan lain sebagai  orangtua jaman now dari praremaja dan remaja sudah banyak yang tergantung sama gadget, ditambah pandemi yang membatasi ruang mereka sekolah dan main di luar rumah, makin lengket sama gadget. Kelengketan ini bisa positif bisa negatif, kalau main game melulu tanpa terarah tentu efeknya negatif.

Di rumah, si adik nih yang lengket sama hp. Dulu si Kaka baru punya hp (lungsuran) kelas 6 (sebelumnya barengan sama hp Mamanya), itupun karena PJJ, Niatnya baru dikasih saat SMP. Si adik kelas 4 sudah punya hp (lungsuran) karena kebutuhan PJJ.

Si Kaka punya hp saat sudah terbiasa sibuk dengan kegiatan ini itu (ekskul dan hobi) jadi saat punya hp sendiri, biasa aja, ga ngegame lama-lama (karena ga suka, bosan dan bikin mata puyeng, katanya). Si Adik sebaliknya, kalau ga dibatasi ya anteng main game di hp. Beruntung main gamenya ga sampai top up buat ini itu karena saya ga kasih uangnya, pake uang jajan juga ga bisa karena jatah jajannya cuma 5 ribu sehari, biasanya habis buat jajan siomay pas ngaji. Dan alhamdulillahnya, si Adik  ada rasa takut dan tahu kalau ngegame kelamaan ga bagus. Beruntung juga tinggal di perkampungan yang masih banyak empang dan kebun (tetangga), jadi anak-anak kadang menghabiskan waktu di sana, kadang main sepeda dan hujan-hujanan bareng.

Tapi tetap ya masa PJJ ini yang mengharuskan full di rumah membuat kewalahan. Mungkin kalau teman-teman yang anaknya home schooling sudah punya pattern kegiatan jadi menghabiskan banyak waktu di rumah pun ga masalah, udah punya kegiatan full. Saya, biasanya melepas anak-anak ke sekolah,  sekarang  disuruh di rumah, agak puyeng hahaha.

Mau ga mau beradaptasi, gimana nih biar kegiatan anak-anak berimbang, ga melototi hp aja. Soal ini saya kerap diskusi sama suami, urun rembuk mencari kegiatan untuk anak-anak.

Berikut kegiatan yang dilakukan anak-anak di rumah

Mencari dan mendukung hobinya

Sebelum pandemi si Kaka untuk kelihatan minatnya pada gambar cukup besar, jadi begitu pandemi yang mengharuskan di rumah saja, Bapake membelikannya dan mengajarinya gambar dengan aplikasi Photoshop dan edit after effect, kini sedang mencoba aplikasi adobe.

Dia enjoy menggambar, jarang gabut. Malah saya dan suami yang suka minta dia berhenti gambar dan ngedit.

Si Adik masih belum kelihatan minatnya selain seperti kebanyakan anak-anak suka main roblok dan mine craft. Jadi rencanya mau kursus coding, kemarin sempat ikutan trialnya.

Si Adik suka gambar juga tapi sepertinya masih ikut-ikutan Kakanya.

Belajar musik secara online

Mengajari anak-anak bermain musik bukan karena ingin anak-anak jadi musikus, tapi sebagai pengisi waktu, biar kalau gabut ga ngegame atau nonton melulu heuheu. Karena biaya kursus musik mahal, sarana belajarnya pake aplikasi. Si Kaka sempat kursus saat TK tapi sebentar. Adik full belajar via aplikasi, Alhamdulillah bisa baca not balok dan kunci lagu.

Belajar dari aplikasi 


Jujurly, kami agak maksa belajar mereka musik, mau ga mau harus main kalau jadwalnya main organ. Tapi karena kami tidak punya target khusus, sekedar bisa, jadi mereka enjoy-enjoy aja.

Aplikasi bisa teman-teman cari google store dan diunduh gratis. Biasanya mereka menyediakan trail sebelum langganan/berbayar.

Belajar bahasa inggris secara online

Di era sekarang ini, kemampuan bahasa inggris sangat diperlukan, jadi sayang sekali jika waktu di rumah saja yang cukup banyak ga dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris, terlebih seiring pandemi banyak kursus online bahasa Inggris dengan harga terjangkau.

Membaca buku

Membaca buku kebiasaan yang masih saya terapkan, bedanya saat praremaja mereka sudah baca buku sendiri dan buku yang mereka baca/beli sudah bukan pilihan Mama dan Bapaknya. Kami hanya memantau, memastikan buku yang dipilih sesuai usianya. Biasanya mereka membeli buku via online di marketplace (mereka masukin keranjang, bapaknya yang diminta cek out hehehe). Buku yang sedang mereka gandrungi komik Conan, Donald Bebek (edisi lama tentunya, banyak dijual di marketplace), kungfu boy, komik science korea dan Tintin. Agar hemat biasanya kita beli yang seken.

Jika anak suka bermedia sosial, arahkan ke hal positif

Ini cerita di Kaka di rumah yang punya akun Ig sejak kelas 4 sd, isinya dokumentasi gambar dia, jadi kalau intip akunnya hampir tidak ada postingan dirinya sendiri atau kegiatan lain selain gambar. Pernah saya kasih saran sesekali posting dirinya tapi dia ga mau hehehe.

Baru-baru ini saya dorong untuk rajin post di ig dengan secara rutin dengan kontent gambar, lebih terarah, sesuai hobi dan semoga jadi manfaat. Efek dicerewit Mamanya, main medsos boleh tapi harus punya aturan sendiri, ga boleh cuma untuk narsis, apalagi joget-joget heuheu. 

Olahraga rutin

Sedang berusaha konsisten untuk olahraga rutin bareng. Hari minggu biasanya kami jalan kaki ke sport center yang dekat rumah.

Hari sabtu Adik les berenang (setelah 2 tahun terpotong pandemi). Si Kaka sudah setahun ini aktif bela diri TS  (setelah setahun vakum karena pandemi).

 

Jadwal  olahraga bareng

Olahraga secara rutin membuat badan bugar dan anti mager heuheu. Dan yang pasti olahraga bisa menjadi imunitas tubuh di saat pandemi. Dan jangan lupa  memastikan kebutuhan makanan mereka yang bernutrisi dan bervitamin terlebih saat pandemi ini, asupan nutrisi yang baik sama dengan menjaga kekebalan tubuh. Ikhtiar untuk menghindar dari virus covid sudah ditunaikan.  Baru minggu lalu si Adik mendapat vaksin ke-2.

Untuk teman-teman yang diberi cobaan sakit terkena virus covid, semoga  diberi kesabaran, positif thingking dan semangat sembuh. Salah satu ikhtiar untuk mempercepat pemulihan dari  adalah dengan mengkonsumsi vitamin. Salah satu vitamin  yang direkomendasikan adalah vitamin isoman


Teman-teman punya ide lain? Share di kolom komentar donk



29 komentar

  1. Supaya si kakak bisa fit terus dan menjalani segala aktivitasnya, memang diperlukan paket vitamin yang bagus ya. Moga kakak sehat2 selalu ya...

    BalasHapus
  2. Kalo anakku sementara PTM-nya 50% jadi masih ada kesempatan keluar rumah. Tapi anaknya memang anak rumahan, jadi kl udh di rumah ya asik ngegamw atau ngerjain tugas² sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kegiatan buat selingan tugas sekolah mba hehe

      Hapus
  3. Meskipun anak2 dan kita semua kebanyakan disarankan buat stay di rumah tetep ya Mak intinya kudu bergerak. Apapun kegiatan yang dilakukan yang penting bikin happy si anak biar badannya sehat dan pikirannya ga stress juga.
    Wah, aku jadi kepo sama vitamin isoman inii, siapa tahu bisa jadi rekomen buat para tetangga yang lagi isoman.

    BalasHapus
  4. Iya ya mbak, pandemi seperti ini membatasi anak anak untuk bisa bereksplorasi di luar rumah ya mbak
    Perlu banyak cara kreatif agar anak bisa tetap berkegiatan di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba biar ga bosan dan main game aja, krn ngerjain tugas sekolah 2 jam juga biasanya selesai

      Hapus
  5. Kalau kita bisa bantu anak menemukan potensi dan mendampingi dia dalam beraktivitas, waktu anak jadi lebih produktif ya, pertumbuhan makin optimal.

    BalasHapus
  6. Apapun kegiatannya kalau badan tidak sehat ya tidak jalan ya. Kuncinya stamina anak dan kita orang tua siap menyediakan berbagai tambah nutrisi selain makanan sehari-hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya Teh.. Sehat juga baru aktivitas

      Hapus
  7. Ini si Kakak sama dengan anakku yang kecil. Saya mengijinkan dia pegang gadget semata2 untuk menggambar. Tapi belum sampai ke photoshop sih. Masih di seputar paint brush. Dan kalaupun ngegame, bentuk gamenya yang menyusun balok. Kadang dia buat gambar dr susunan balok minecraft. Saya malah suka terkagum-kagum sama hasil gbrnya utk anak usia 6th. Memang pandemik buat anak jadi mau ga mu pegang gadget yaa.. Akhirnya yaa dibatasi saja mainnya dan kasih suplemen vitamin yang tidak merusak matanya krn radiasi dan cahaya gadget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenalin photoshop mba biar makin asik gambarnya

      Hapus
  8. Aku kadang juga bingung cari kegiatan buat anak-anak...Apalagi emang belum bisa banyak aktivitas di luar rumah ya.. Kursus online bisa jadi pilihan nih..

    BalasHapus
  9. Di rumah saja memang tantangan bagi bagi anak-anak yang terbiasa aktif ya Mbak. Jadi orang tua mereka harus pandai-pandai mensiasati. Selain memilihkan mereka kegiatan juga tak lupa memberikan vitamin agar mereka selalu terlindungi dari segala virus yang merugikan

    BalasHapus
  10. Anak pertama saya juga suka main roblox sama mobile legends mbak. Lagi dicoba diarahkan buat ngisi konten di kanal youtube saya. Lah tapi dia tuh sudah kalau disuruh ngomong, kan nggak asyik nonton tayangan game nggak ada suara pemainnya

    BalasHapus
  11. Aktivitas yang padat belanjar daring tidak menyurutkan ananda untuk tetap memiliki waktu dan interaksi dalam menjalankan hobi.
    Banyak mencoba hal baru dan aktivitas yang jauh dari gadget ini bagus untuk kesehatan fisik dan mental.

    BalasHapus
  12. Waaah harga bundle vitaminnya lagi promo ya mbak . Dari 200 an jadi 100 ribu saja. Mayan bangeet niih hemat jadinya

    BalasHapus
  13. Memang kalau dirumah saja emak.kudu kreatif supaya anak2 tidak diem2 curi.waktu main gadget. Alhamdulillah sekarang banyak aktifitas les online buat mengisi waktu

    BalasHapus
  14. Anakku lagi suka bikin wayang mainan dari kardus bekas.Belajar dari youtube. Gegara sibuk bebikinan gitu, screen timenya lagi agak berkurang tuh. Lumayan deh

    BalasHapus
  15. Sejak pandemik anakku mau jadi youtuber, dia ngamati konten gamers dan youtuber kuliner hahaha... Ya aku memfasilitasi dan membimbing aka tapi tidak melonggar kelebihan

    BalasHapus
  16. Gak sabar bakalan tau juga tantangan membersamai anak usia praremaja, mesti lebih milih temennya dari pada mamaknya.. jadi harus banyak belajar lagi ya mak, biar tepat menangani anak anak. Terlebih kegiatan sekolah sekarang banyak dirumah.

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah dari semua list itu aku terapkan dan jalankan bersama anak di rumah, dan mereka happy deh meski kadang harus diingatkan

    BalasHapus
  18. Iya Mbak, anakku yang cewek kuajak ngeblog dan dia suka belajar bahasa Inggris pakai Duolingo, yang cowok suka bikin konten Tiktok yang mengedit gambar jadi lumayan tersalurkan minatnya, pengen sih yang cowok belajar bikin game sederhana hanya belum sempat ikut trial..

    BalasHapus
  19. Paling susah memang mengajak olahraga nih mba masa pandemi gini. Mau kemana-mana, misal ke stadion, kok ya ngeri juga ketemu banyak orang. Akhirnya ya sepedaan aja dengan anggota keluarga yang lain. Anak keduaku nih kurang tertarik diajak menekuni dunia kepenulisan hehehe...

    BalasHapus
  20. Iya ya anak pra remaja dan remaja itu bisa gampang jenuh pas pandemi gini, kita yang orang dewasa juga bosen apalagi mereka yang waktunya seharusnya bisa berinteraksi sma temen2 alias nongkrong jadinya terbatas, kalo main gadget doang nanti ngeri jadi freak geek dkk. Kudu diajak aktivitas yang lain kali ya.

    BalasHapus
  21. Anak remaja itu cepat bosan yah kalau di rumah, ide kegiatan ini bermanfaat sekali untuk menghilangkan rasa jenuh anak

    BalasHapus
  22. Anak-anakku betah di rumah terus, karena anak rumahan. Tapi sekarang lagi diajakin olahraga jalan kaki aja deket rumah biar sesekali ke luar rumah.

    BalasHapus
  23. Sebentarlagi anak pertamaku ini mbak memasuki usia pra remaja, sukanya main game, kadang udah minta dibelikan top up gitu. kalau adiknya masih mau dibacakan buku. gimana ya yang memasuki usia pra remaja mau baca buku lagi ?

    BalasHapus