Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan

Assalamualaikum teman-teman, masih semangat donk mendampingi anak-anak PJJ? Harus semangat selama bisa mengakses internet. Ini sebenarnya reminder dan menyemangati diri sendiri, yang kadang lelah dan kurang sabar mendampingin PJJ terlebih si anak SD di rumah  masih suka pecicilan saat  lagi zoom berlangsung.

Bagi saya menjaga semangat dan berlatih sabar menghadapi anak-anak PJJ sama dengan tanda bersyukur karena di luar sana, dari artikel yang saya baca di sini, mendasarkan data, 9 dan 10 anak Indonesia masih kesulitan mendapatkan akses nutrisi dan pendidikan, ini juga salah satu dampak pandemi yang memukul perekonomian cukup keras. Beruntunglah kita yang masih diberi kemudahan akses internet dan nutrisi untuk anak-anak walaupun mungkin berkurang atau harus berhemat dibanding masa sebelum pandemi.

Sebagai bentuk syukur yuk kita dukung gerakan sosial #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia, yaitu gerakan agar semua anak Indonesia dimanapun berada mendapatkan haknya untuk dapat mengakses nutrisi dan pendidikan yang terbaik untuk tumbuh kembang maksimal karena di tangan semua anak Indonesia masa depan bangsa ini dipertaruhkan.

Seperti diungkapkan Kak Seto, pengamat dan sahabat anak Indonesia, saat peluncuran gerakan sosial #AyoTunjukTangan, anak Indonesia laksana bunga yang harus mekar (tumbuh dengan baik) di taman sari Indonesia karena itu perlu dirawat, dipupuk dan diberi nutrisi agar tidak layu.

Gerakan  Sosial #AyoTunjukTangan


Gerakan sosial #AyoTunjukTangan adalah gerakan untuk mendukung pemenuhan nutrisi dan pendidikan untuk semua anak Indonesia. Gerakan yang digagas Danone Indonesia melalui SGM Eksplor   ini diluncurkan tanggal 16 Agustus, dengan mengambil semangat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 yang bertema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Dukungan ini bersifat free, tidak dibebankan biaya sepeserpun.

Hadir di puncuran Gerakan Sosial  #AyoTunjukTangan

Gerakan sosial #AyoTunjukTangan didasari bahwa setiap anak memiliki hak yang sama untuk berkembang sehingga tidak ada anak yang tertinggal dalam mendapatkan akses kemajuan, termasuk nutrisi dan pendidikan. Pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan harus dilakukan secara beriringan untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak agar siap tumbuh menjadi generasi maju. Dan SGM Eksplor sebagai produk bernutrisi bagi anak-anak Indonesia, berupaya meluncurkan berbagai inisiatif dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia. Dalam semangat memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, SGM Ekplor mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bergotong royong dalam upaya mendukung pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan anak-anak Indonesia dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia, guna mendorong terciptanya generasi maju,  seperti diungkapkan Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Eskplor.

Peluncuran yang diadakan secara daring ini dihadiri oleh  Vera Galuh Sugijanto selaku VP General Secretary Danode Indonesia, Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Eskplor,   kak Seto, Pengamat dan Sahabat Anak Indonesia dan juga Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) menjelaskan, Reza Rahardian aktor dan aktivis sosial,   dan Allysa Soebandono  selaku selebritis  dan ibu dari 2 anak, dengan moderator Novita Anggie.

#AyoTunjukTangan untuk anak Indonesia mendapat
akses nutris dan pendidikan

Cara mendukung gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan ini kunjungi website www.generasimaju/ayo-tunjuk-tangan, lalu pilih salah satu bentuk dukungan teman-teman dengan cara mengkliknya, isi form data lalu submit.   





Setiap dukungan yang kita berikan akan dikonversi menjadi bentuk dukungan yang kita pilih yaitu donasi berupa paket nutrisi untuk anak usia diatas 1 tahun, paket beasiswa pendidikan online dan renovasi infrastruktur sarana pendidikan dan fasilitas pendukung yang memadai untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.  





Saya sudah Tunjuk Tangan dan memilih donasi nutrisi

Anak Terlindungi Indonesia Maju

Dalam penuturannya Kak Seto menjelaskan  4 hak dasar yang harus diperoleh anak sesuai Konvensi Internasional Anak dan undang-undang Perlindungan Anak, yaitu hak Hidup, hak Tumbuh Kembang dimana anak berhak mendapat  asupan gizi, pola asuh dengan kasih sayang, stimulasi dan mendapat pendidikan. Hak Perlindungan  yaitu perlindungan dari tindak kekerasan, penelantaran dan pengabaian, hak  Partisipasi, atau hak untuk anak didengar suaranya.


Kak Seto mengingatkan ada standard isi dari pendidikan nasional yaitu etika, estetika, IPTEK, nasionalisme dan kesehatan. Artinya pemberian nutrisi menjadi sangat penting agar anak tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Untuk itu perlu dukungan dari berbagai pihak, bukan hanya pemerintah, tapi orang tua, guru, sekolah, dan swasta.  Anak Indonesia terlindungi Indonesia maju sehingga target tahun 2030 Indonesia layak anak dan 2045 Indonesia Emas, dimana anak-anak mendapat akses nutrisi dan pendidikan yang baik dan berkualitas, akan menjadikan mereka pemimpin hebat dibidangnya masing-masing dan menjadikan  Indonesia Maju di mata Internasional. Jadi dukungan kita sebagai sesama ibu untuk seluruh anak Indonesia menjadi sangat penting.

Kak Seto menyerukan, “Hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dapat menjadi momentum tepat untuk menggugah terwujudnya kepedulian serta jaminan kemerdekaan terhadap hak-hak anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal, karena anak merupakan asset kemajuan bangsa yang dapat membawa Indonesia lebih maju kedepannya. Dukungan kolektif masyarakat untuk tumbuh kembang anak seperti pemenuhan nutrisi yang seimbang dan dukungan akses pendidikan yang berkualitas sejak dini, sangat diperlukan sebagai fondasi dan langkah awal seorang anak untuk melakukan berbagai hal produktif dalam hidupnya. Oleh karena itu mari kita bersama-sama mendukung kemajuan anak-anak Indonesia dengan perannya masing-masing untuk mewujudkan Indonesia maju di masa depan."

Dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan, SGM Ekplor tidak hanya berkolaborasi dengan masyarakat Indonesia juga dengan pelaku industry yang memiliki komitmen sama untuk mewujudkan kemajuan anak Indonesia, diantaranya  berkolaborasi dengan perusahaan telekomunikasi terbesar yaitu Telkomsel yang berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan SDM  dan komunitas digital talent masa depan Indonesia yang berkualitas Unggul. Juga berkolaborasi dengan platform pembelajaran online dengan interaksi dua arah yaitu CAKAP, dan beberapa perusahaan retail dan e-commerce.

Dukungan Kolekstif untuk gerakan sosial #AyoTunjukTangan

Reza Rahardian tidak hanya dikenal sebagai aktor berbakat dan serba bisa, dia juga dikenal karena kegiatan aksi sosialnya yang memberi perhatian lebih terhadap kemajuan anak Indonesia. Reza sudah banyak mengunjungi dan bertemu banyak Indonesia di berbagai daerah dan melihat langsung keterbatasan mereka terutama di negara Indonesia bagian Timur. Terbatas akses nutrisi, makanan sehat dan susu. Namun Reza juga melihat semangat anak Indonesia untuk belajar di tengah keterbatasan sangat besar, itulah yang memberinya semangat untuk bisa berkontribusi semampu yang dia bisa, untuk memajukan generasi bangsa, anak Indonesia.

Kesuksesan anak Indonesia bukan hanya di tangan para orang tua mereka, tapi juga di tangan kita generasi muda. Oleh karena itu, Reza mengajak bersama-sama berperan aktif dalam membuka kesempatan untuk anak Indonesia agar bisa berprestasi dan mencapai impian mereka.  Salah satu dukungan itu bisa kita lakukan dengan mendukung gerakan sosial #AyoTunjukTangan untuk pemenuhan akses nutrisi dan edukasi anak-anak Indonesia.

Senada dengan yang diungkapkan Alyssa  Soebandono, selebritis sekaligus ibu 2 anak, sebagai seorang ibu yang selalu memperhatikan asupan nutrisi dan pendidikan anak,  gerakan sosial #AyoTunjukTangan merupakan dukungan kolektif dari ibu untuk ibu untuk memastikan kebutuhan nutrisi dan pendidikan anak Indonesia terpenuhi demi mempersiapkan SDM unggul untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Dukungan SGM Eksplor untuk Anak Generasi Maju

Selama lebih dari 65 tahun SGM Eksplor untuk #GenerasiMaju menghadirkan dan mengembangkan produk nutrisi. Pada tahun 2021 ini SGM Eksplor yang mampu mendukung pemenuhan gizi lengkap dan seimbang bagi anak berusia diatas 1 tahun dengan kombinasi unik zat Besi, Vitamin C, IronC, DHA, Omega 3&6 serta nutrisi penting lainnya.

#SGMEksplor juga berinisiatif memberi bantuan pendidikan melalui program Rumah Belajar Generasi Maju, Kelas Generasi Maju dan Edukasi Gizi Seimbang Isi Piringku untuk anak usia 4-6 tahun.


SGM Eksplor adalah produk dari PT.  Sarihusada Generasi Mahardhika, yang juga memproduksi berbagai produk nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui dengan rasa enak, harga terjangkau serta berstandar internasional. Sarihusada merupakan bagian dari katagori bisnis Danone Specialized Nutrition. 

34 komentar

  1. mantap ini reviewnya, ada 4 hak dasar anak yang disampaikan oleh kak Seto:

    4 hak dasar yang harus diperoleh anak sesuai Konvensi Internasional Anak dan undang-undang Perlindungan Anak, yaitu hak Hidup, hak Tumbuh Kembang dimana anak berhak mendapat asupan gizi, pola asuh dengan kasih sayang, stimulasi dan mendapat pendidikan. Hak Perlindungan yaitu perlindungan dari tindak kekerasan, penelantaran dan pengabaian, hak Partisipasi, atau hak untuk anak didengar suaranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba dan ini harus d dapatkan semua anak

      Hapus
  2. Langsung ke web-nya aku. Mau dukung juga Gerakan sosial #AyoTunjukTangan
    Wajib banget agar setiap anak memiliki hak yang sama untuk berkembang sehingga tidak ada anak yang tertinggal dalam mendapatkan akses kemajuan, termasuk nutrisi dan pendidikan. Keren campaign SGM Eksplor!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba dukungannya. Anak Indonesia sehat dan pintar indonesia maju

      Hapus
  3. Nutrisi dan pendidikan adalah dua hal penting bagi tumbuh kembang seorang anak. So, dua-duanya harus terpenuhi secara optimal.
    Tapi, pandemi telah membuat banyak anak jadi yatim piatu. Suka kepikiran gimana ya, akses mereka terhadap nutrisi dan pendidikan.
    Semoga program #AyoTunjukTangan bisa menyentuh mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga semua anak Indonesia dpt akses nutrisi dan pendidikan baik

      Hapus
  4. Semangat mak, aku juga sudah ikutan nih Ayo Tunjuk Tangan Launch Festival untuk memberikan dukungan agar anak Indonesia mendapatkan akses edukasi dan nutrisi yang terbaik karena masih banyak terutama di masa pandemi ini anak di Indonesia yang mengalami kekurangan akses pendidikan dan nutrisi padahal untuk jadi Generasi Maju anak-anak harus tumbuh optimal.

    BalasHapus
  5. Masih banyaak banget anak2 Indonesia yg bahkan hak dasarnya aja belum terpenuhi ya mbak. Sedih banget si apalagi di masa pandemi gini, hidup juga berat buat anak2. Keren nih programnya bakalan mampir ke web nya untuk ikutan mendukung

    BalasHapus
  6. Sgm ini bagus-bagus banget programnya. Sebagai wong jogja (tempat dimana sgm lahir)dan mantan pengguna susu sgm (2 anakku dulu pernah make sgm) tentu bangga.

    Turut mendukung program ini demi terpenuhinya nutrisi anak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih dukungannya untuk #AyoTunjukTangan

      Hapus
  7. acaranya seru ya, banyak seleb. Bocah juga minum sgm, dan saya tu suka dengan brand yang tidak hanya melahirkan produk, tapi juga ragam gerakan kebaikan, gerakan dukungan, motivasi. Dengan begini banyak melahirkan antusiasme dan teredukasinya banyak pihak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba semoga sasaran program ini tercapai baik

      Hapus
  8. suka amati program2 dari sgm... keren-keren dan kreatif. intip webnya ahh buat ikut tunjuk tangan demi mendukung program kebutuhan nutrisi generasi maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya programnya bagus2 dan mendukung kemajuan

      Hapus
  9. debes programnya ya mba, wah ada RR heheee
    btw, SGM selalu perhatian dengan kebutuhan anak-anak, nggak diragukan lagi ya gerakan sosialnya. Ini kolaborasi dengan tsel juga ya, wah kereeeeen semoga lancar inii.
    Merasakan daring sungguh menguji nyali eh kesabaran..

    BalasHapus
  10. Salut sama kak seto dari dulu tetap konsisten memperhatikan anak indoneaia..

    Ya..Nutrisi adalah hak paling dasar yang harus dipenuhi..apalagi untuk anak yamg masih di usia emas..

    Semoga kolaborasi ini ..menular ke brand lain..karena anak2 indonesia butuh perhatian.. dan masih kurang fizi

    BalasHapus
  11. Wah, ini seruan bagus untuk para netizen. Agar jarinya bukan hanya digunakan untuk mencaci, tapi waktunya ikut gerakan tunjuk tangan, berdonasi, bersama-sama membantu anak-anak yang membutuhkan. Jauh lebih nyata ya mbak...

    BalasHapus
  12. Bagus banget programnya hanya dengan mengisi data kita membantu anak Indonesia dengan paket sembako juga beasiswa bagi yang kurang mampu ya, semoga fasilitas kesehatan dan pendidikan merata didapatkan oleh seluruh anak Indonesia

    BalasHapus
  13. Gerakan yang bagus sekali karena mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dengan aktif bersama mewujudkan generasi anak Indonesia yang sehat dan maju.
    Ayo dukung Gerakan sosial #AyoTunjukTangan.

    BalasHapus
  14. kalau boleh jujur, PJJ ini melelahkan, apalagi anak ya gitu deh, pecicilan dan diajak belajar tapi maunya main... Oh ya, jadi mau ikutan gerakan sosial ayo tunjuk tangan ah, biar makin banyak anak yang dapat nutrisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba sangat melelahkan terutama emosi harus belajar sabar heheh

      Hapus
  15. Gerakan yang bagus dan perlu di dukung nih. Semoga makin banyak perusahaan-perusahaan yang peduli dengan pertumbuhan SDM negeri ini!
    Yuk dukung gerakan #AyoTunjukTangan!

    BalasHapus
  16. Ya ampun..Kak Seto...semoga sehat selalu..juga anak Indonesia sehat semua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Seto awet muda ya dan konsisten dengan kepeduliannya pada anak-anakn

      Hapus
  17. Ikut meluncur ke web nya ah. Mau ikutan gerakan tunjuk tangan.

    BalasHapus
  18. Ayo mba . Makasih dukungannya

    BalasHapus