Memasak mudah, hemat dan menyenangkan dengan Yummy App

Assalamualaikum teman,

Pandemi gelombang kedua ini sempat membuat saya cemas. Rasa  cemas dan was-was setiap kali membuka WAG, khawatir ada kabar duka.

Kecemasan  yang membuat berpikir tentang hal-hal buruk. Doa tak henti dipanjatkan. Sampai saya tersadar prasangka buruk/pikiran negatif bisa menurunkan imun, virus akan mudah masuk ke tubuh.

Mulai bebenah diri, memantapkan hati untuk tetap produktif, merapal dalam hati,  harus sehat, ada kewajiban dan tanggung jawab yang harus ditunaikan terhadap anak-anak dan keluarga. Mulai mengurangi membaca berita tentang pandemi di media sosial, bukan tak peduli tanpa mengurangi stress. Perbanyak berbagi, saya selalu ingat pesan ibu saya, berbagi membawa keberkahan, kesehatan, dihindarkan dari bala. Berbagi memang tidak perlu menunggu kaya atau berlebih tapi rasanya lebih enak kalau berbagi dengan kondisi keuangan gak pas-pasan. Berbagi menjadi penyemangat  menjemput rejeki.  

Kesibukan  membuat kecemasan saya berkurang, begitu capek ga sempat mikir hal buruk,  langsung  dan ketiduran. 

Beberapa kesibukan yang membuat saya merasa produktif dan mendapat tambahan income, selain tetap mendampingi anak-anak pjj adalah merawat tanaman, ngeblog, memasak dan belajar motret makanan.

Boleh baca

Ngobrolin usaha tanaman hias 

Mendapat penghasilan dari blog

Memasak dan motret

Siapa yang gara-gara pandemi rajin masak? Rajin nyoba resep baru, lanjut motret-motret? Toss… Sebelum pandemi sudah suka motret tapi karena pandemi di rumah aja, kegiatan ini jadi bertambah. Kemarin mengecat salah satu sisi dapur untuk mencari suasana baru dapur. Rapih-rapih props foto, mulai semangat mau majang foto lagi di stutterstock.

Boleh baca 

Belajar Food photography



Keuntungan yang saya rasakan karena lebih memasak sendiri daripada membeli diantaranya;

Lebih Hemat

Soal hemat ini sebenarnya relatif dan tergantung jumlah anggota keluarga karena di rumah ada 3 orang dewasa dan 2 anak yang sedang dalam masa pertumbuhan (porsi  makan si sulung udah seperti orang dewasa), jadi kalau masak sendiri jelas lebih hemat. Anak-anak sudah besar  tidak  bisa  seperti dulu beli sebungkus soto seharga 30 ribu  buat dimakan rame-rame hahaha. Sate pun sekarang tidak  cukup 2 porsi untuk sekali makan.

Kalau masak sendiri, satu kilogram ayam seharga 35 ribu bisa untuk makan 2 kali untuk seluruh anggota keluarga. Kalau belanja lauk pauk 100 ribu untuk sehari, bisa untuk 3 kali makan 5 orang dengan menu mewah untuk ukuran kami, seperti ayam goreng sambal,  lalap tahu dan tempe. Atau dendeng balado (resep sudah saya upload di Yummy App), daun singkong dan bakwan.

Masakan lebih variatif

Lima puluh ribu bisa masak apa? Kalau saya bisa masak sop ayam, bakwan (atau tahu/tempe) dan sayur bayam. Menu bisa variatif setiap  hari dengan budget sama, misal sayur asam, ikan goreng, dan pepes tahu. Menu hari lainnya bisa sayur kacang merah, sambal ati ampela ayam dan tempe. Begitu seterusnya. Dengan menu bervariatif anak-anak jadi mudah beradaptasi dengan masakan baru jika kelak  harus merantau. 

Kebersihan dan kesehatan masakan  terjamin

Masak sendiri kebersihan masakan terjamin sudah pasti. Proses kebersihannya sudah terjaga sejak kita belanja, memilih sayuran dan ikan. Sayuran dan ikan kita beli yang segar. Proses menyiangi dan mencuci juga dengan air dari kran mengalir. Begitupun saat proses penyimpanan (food preparation). Penambahan garam, gula dan menyedap tertakar dan pas. Penambahan gula dan garam pada masakan nampak sepele  dan terkesan remeh padahal penambahan gula dan garam berlebihan dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius dalam jangka panjang.

Stress release

Memasak bisa jadi semacam stress release apalagi kalau anak-anak dan suami suka masakan saya, double happy. Ajang memasak di dapur juga bisa untuk selingan dari rutinitas sekaligus menambah keterampilan anak-anak, dengan cara mengajak mereka memasak makanan kesukaan.

Si sulung  mulai   inisiatif masuk dapur walaupun alasan awalnya bosan karena belajar daring. Kemarin dia sempat membuat kue biji ketapang dan cake tape keju. Hasilnya tidak sempurna, cake kurang empuk, biji ketapang sebagian gosong, tapi melihat dia turun ke dapur dan kita ngobrolin makanan membuat saya senang.

Ini bukan  berarti saya ingin si anak gadis pandai masak tapi dengan mau turun ke dapur artinya dia mau aktif dan punya inisiatif, mau mengisi rasa bosan dengan melakukan sesuatu.

Apa tidak  bosan makan masakan sendiri setiap hari? Gak capek masak setiap hari? Ya jelas ada bosan dan capeknya, apalagi kalau ada kerjaan blog, orderan tanaman banyak, anak-anak ujian. Jadi kalau bosan dan capek ya gak masak karena kalau maksain selain bikin fisik lelah, hasil masakan gak akan maksimal nikmatnya karena masaknya gak pake cinta hahaha. Tapi frekuensinya lebih sering masak sendiri daripada beli.

Berikut tips ala saya agar memasak jadi mudah, praktis, hemat  dan bikin happy

Mencari inspirasi dan resep masakan

Kadang suka bingung kan mau masak apa? Sayur sop melulu kok bosan. Tempe di goreng saja bosan. Kalau saya suka  mencari inspirasi dan resep masakan di Yummy App. 

Saat mencari satu resep masakan biasanya muncul belasan atau puluhan resep yang sama tapi beda sedikit dibahan dan cara pembuatan, pilih resep yang paling mudah, praktis menurut kemampuan sendiri dan sesuai budget.

Resep sebaiknya diambil dari resep yang sudah terakurasi, memang sudah pernah dipraktikkan penulis resep.

Buat jadwal menu dan belanja untuk stok beberapa hari

Membuat jadwal menu untuk beberapa hari salah satu cara mencegah kebingungan dengan pertanyaan, besok masak apa ya? 

Biasanya saya membuat jadwal menu kasar dan sifatnya fleksibel. Artinya bisa ganti atau tukar menu dengan bahan yang sama. Misal direncana masak pepes tahu tapi karena agak sibuk, jadinya oseng tahu telur. Sayur sop bisa berubah jadi capcay. Niat membuat ikan bumbu balado akhirnya hanya digoreng, sambalnya pake sambal matah, karena stok bumbu merahnya habis.

Untuk kebutuhan belanja dapur biasanya saya menstok  untuk 3 atau 4 hari. Saat harus ke pasar  (seminggu sekali), atm atau mini market, taat prokes. Walaupun sudah divaksin tetap 3M dilakukan.

Food preparation


Food preparation adalah menyiapkan bahan masakan mentah menjadi siap masak sehingga proses memasak jadi mudah, praktis dan menghemat waktu. Biasanya food preparation dilakukan untuk menyiapkan bahan masakan selama beberapa hari. Jadi tidak repot bolak-balik belanja, tidak bingung dengan rencana memasak esok hari.

Melakukan food preparation terkesan membuat sibuk, tapi sebenarnya hanya sibuk diawal saja, selanjutnya bisa mempersingkat waktu di dapur.

‘Rumus’ food preparation gak baku, jadi teman-teman bisa menyiapkan bahan masakan dalam keadaan utuh  namun sudah bersih dan rapih dalam kotak menyimpan terpisah atau setengah siap masak, seperti  sayuran sudah dicuci dan dipotong. Daging sudah direbus.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan food preparation;

Sayuran

Jika sayuran disiangi dicuci lalu dipotong, sebelum masuk wadah penyimpanan pastikan dikeringkan terlebih dahulu karena menyimpan sayuran dalam keadaan basah  dapat menyebabkan kebusukan. Keringkan dengan tisu atau lap yang mudah menyerap air.




Jika sayuran berkulit bersih seperti labu, lobak, wortel,  biasanya saya menyimpannya tanpa dicuci atau potong, hanya ditempatkan dalam wadah kering lalu tutup. Untuk jagung agar terjaga kesegarannya jangan dikupas dulu kulitnya.

Wadah untuk penyimpanan bahan masakan sebaiknya terpisah, jika ada yang dicampur sesuaikan dengan karakteriktik sayuran. Misal saya menyimpan wortel, lobak dan jagung dalam satu wadah.

Ikan dan daging

Lauk seperti  daging sapi, daging ayam dan macam-macam seafood, dicuci dulu atau langsung simpan?

Untuk ayam yang dibeli dalam kemasan beku, sebaiknya tetap disimpan dalam keadaan seperti itu, defrost dilakukan pada malam hari sebelum dimasak, ini berlaku juga untuk daging sapi yang dibeli dalam keadaan beku.



Untuk ikan, udang dan cumi sebaiknya dibersihkan dahulu insang dan kotoran perutnya, cuci bersih lalu simpan di chiller.

Daging sapi dan ayam, jika dalam keadaan tidak berair (biasanya jika membeli dipasar daging dalam keadaan tidak basah) sebaiknya tetap seperti itu ketika disimpan di chiller karena jika mencucinya daging menjadi basah, bakteri akan mudah bersarang.

Wadah penyimpan harus terpisah untuk  setiap jenis ikan dan daging. 

Bumbu

Food preparation rempah basah seperti jahe, kunyit, kencur    dilakukan dengan cara dikupas, cuci lalu simpan. Rempah kering seperti merica, ketumbar, pala dst hanya perlu diletakkan dalam toples-toples terpisah dan tersusun hingga memudahkan saat akan digunakan.

Membuat food preparation bumbu dasar seperti baceman bawang putih, bumbu dasar merah atau kuning, bisa dilakukan dalam jumlah agak banyak sehingga bisa dipakai beberapa kali.


 Yummy App, Aplikasi Resep Masak 

Salah satu aplikasi resep masakan yang saya rekomendasikan dan jadi andalan untuk mencari inspirasi dan resep masakan adalah Yummy App.  Teman-teman juga bakal suka nih kayaknya kalau buka aplikasinya. Ga percaya? Coba saja unduh lalu buka aplikasinya, pasti langsung ngiler sama foto-foto masakan dan banyaknya resep di sana. Selain itu ada keunggulan Yummy App yang membuat teman-teman betah menjadikan Yummy App sebagai sahabat saat di dapur.


Tampilan home page menarik  dengan foto masakan yang menggugah selera

Begitu membuka aplikasi, semangat memasak langsung meningkat. Yap, resep Yummy App komplit untuk beragam bahan masakan dari kacang-kacangan, macam-macam sayuran, beragam ikan, daging sapi dan ayam.

Event dan promosi bertabur hadiah dan atau point yang dapat direndeem. 

Ada pilihan resep dari chef handal berpengalaman dan official brand.

Navigasi mudah dan praktis

Tampilan home page, friendy user. Navigasi simple dan menyeluruh untuk semua fitur yang ada.



Pada home page ada katagori resep jelajah kuliner nusantara, resep Korea  dan resep rekomendasi.

Jika teman-teman mau praktis dan cepat mencari resep tertentu bisa langsung menulis di kolom pencarian yang terletak di bagian atas. Atau klik fitur memasak  pada home page di bagian bawah, fitur memilih bahan masakan.

Jenis masakan tak kalah komplit, dari resep masakan khas daerah hingga yang kekinian seperti kuliner Korea. Resep aneka cake dan jajanan pasar juga ada. Tak ketinggalan resep dari chef idola.

Posting resep dapat uang





Yummy App juga bisa menjadi tempat mencari tambahan penghasilan buat teman-teman yang hobi masak karena setiap resep yang kita upload akan mendapat point. Selain itu ada event dan promosi  tentang memasak berhadiah. Kemarin ada lomba  resep nusantara, dan saya mengikutsertakan resep keluarga pak suami yaitu  Dendeng Balado Basah.


Resep khas daerah yang diikutsertakan dalam event Yummy App pertengahan Agustus lalu

Resep komplit #BisaMasakApaSaja di Yummy App


Dengan mengklik fitur memasak, kita akan disajikan inspirasi beragam masakan dari macam-macam bahan masakan dari bahan masakan berawalan A hingga berawalan Z. Jadi tak perlu bingung dengan bahan sisa di kulkas mau di masak apa, tinggal tulis di kolom pencarian pada fitur memilih bahan masakan ini, langsung deh keluar resep. 

Langkah-langkah memasak disertai foto, ini memudahkan pengguna yang akan merecook resep. Oh ya untuk satu jenis resep masakan ada banyak pilihan resep, jadi biasanya saya  memilih yang praktis dan mudah menurut kemampuan saya.

Fitur notifikasi  dan Profil

Fitur notifikasi berisi informasi status resep yang kita kirim dan jumlah point yang didapat. Sedangkan fitur profil informasi akun pengguna, jumlah point yang dimiliki dan bisa direndeem, dan resep-resep masakan yang sudah kita tulis di Yummy App.


Fitur filter, belajar memasak dengan zero waste


Fitur ini akan muncul saat kita mencari resep dengan mesin pencari yang ada di home page, dengan mengklik filter detail resep akan terlihat seperti, perkiraan waktu memasak, perkiraan harga dan porsi masakan. 

Dengan fitur ini saya jadi mudah saat membuat menu, bisa disesuaikan dengan budget dan porsi makanan sehingga makanan tidak bersisa.

Recook Resep Yummy App

Mencari inpsirasi di Yummy App itu menyulut nyali untuk mencoba resep baru juga ternyata, itu yang saya rasakan begitu melihat resep ikan bakar minang resep dari mba Lisa Ferani di Yummy App. Ini pertama kalinya saya memasak ikan bakar, sebelumnya selalu takut salah, takut ga enak, takut gagal, begitu nemu resepnya di Yummy App dan melihat langkah-langkah memasaknya yang ternyata mudah, saya jadi berani mencoba dan hasilnya enak, saya memodifikasi resep ini  yaitu memasak ikan dengan bumbunya hingga setengah matang baru memanggangnya. Resep  sudah di tulis di Yummy App tapi belum di approve pihak Yummy App.

Ikan bakar minang


Resep lain yang saya recook adalah Soto Bandung, saya mencoba resep lain dari resep yang diwariskan Ibu, hasilnya enak. 

Soto Bandung

Inspirasi wirausaha dan resep penjaga imunitas di Yummy App

Buat teman-teman yang hobi memasak dan mau mencoba wirausaha di bidang ini, bisa lho cari inspirasinya di Yummy App, selain beragam resep untuk ide jualan pada katagori event dan promosi ada kolom Tips Sukses Bisnis Kuliner yang berisi video cooking class dan tips dari chef.

Tak juga resep-resep untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat dan terhindar dari virus.




Ada yang penasaran dengan resep-resep di Yummy App? Coba buka yuk...




 

  

36 komentar

  1. Aduuuh menggoda sekali itu ikan bakar minangnya, makan pake nasi anget aja udah kebayang nikmatnya, bakal banyak ngabisin nasi iniiii. Soto Bandungnya juga bikin ngiler, dimakan anget2, segeeer nikmat!
    Para ibu memang harus pinter2 bikin vasiasi masakan biar anak-anak gak bosen ya. Kalo gak ada ide mau masak apa, aku sering liat resep2 di Yummy app juga :)

    BalasHapus
  2. Yummyyy!
    Pastinya banyak resep masakan yg super yummy di aplikasi ini
    Yess, kudu kreatif kita ya mba, tentukan menu keluarga, supaya semua pd sehaaatt sentosa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masakan enak bikin lahap imun kuat

      Hapus
  3. Ikan bakarnya menggoda banget mam... Aku juga suka pakai aplikasi Yummy App, suka dengan fitur resep menjaga imunitasnya. Cocok untuk masa pandemi gini mam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Yummy app tau aja nih kita butuh imun kuat eh ada resepnya

      Hapus
  4. Resep apapun ternyata bisa kita praktikan di rumah ya. Adanya aplikasi Yummy bisa nambah pengetahuan, plus bisa nambah cuan. Kalau kitanya rajin dan kreatif sih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dr masakan bisa jd cuan sayangnya sy belum jago masak kalau buat bisnis makanan kurang pede hehheh

      Hapus
  5. Wow, suasana hatiku berubah menjadi sukacita nih mambaca tulisan mbak RIna tentang masak2 haha :D Aplikasi Yummy App ini ternyata sangat membantu kita, para emak rempong dalam urusan mengolah makasan ya. Fitur2nya banyak, ada filter, resep favorit dll. Kategori2nya mempermudah kita mencari resepnya. Mau coba ah.

    BalasHapus
  6. aku yang jadi rajin masak sendiri juga hahaha...pandemi membawa hikmah jadi lebih rajin masak, karena pasti lebih hemat untuk berempat.
    Dan senang ada yummy app ini membantu banget bagiku. Sudah food prep, sebelumnya kepoin resep, jadi tinggal eksekusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hikmah di rumah aja ya jadi rajin masak

      Hapus
  7. Kalau buat yg suka masak, masak bs jadi stress release ya.. kalau buat aku malah tambah stres. Hahaha. Kadang mpe pusing mau masak apalagi, bisa masak cuma menu itu2 doang, tapi kalau masak menu sama kan bosen ye. Kayaknya aku butuh instal aplikasi yummy deh biar bs nyari resep baru

    BalasHapus
  8. wah wah, ikan bakarnya sangat menggugah selera ya mbak
    aku pun juga sering masak dengan melihat resep resep yang ada di Yummy App ini

    BalasHapus
  9. Wah baru tau Yummy App juga bisa menjadi tempat mencari tambahan penghasilan bagi siapapun yang hobi masak. Jadi tertarik pengen download aplikasinya ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau rajin share resep bisa dpt point dan direndeem

      Hapus
  10. Selama ini saya juga sudah mulai melakukan food preparation. Dan teryata saya terlewat satu tips, yaitu menyimpan sayur dalam keadaan kering. Pantas saja kadang sayuran jadi layu dan kuning setelah disimpan lama di kulkas.
    Mbaak, itu ikan bakarnya menggoda sekali. Yang dimasak jenis ikan apa, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikannya sy pake ikan bawal mba. Ikan kembung juga bisa

      Hapus
  11. Kalau buat yang suka masak aplikasi Yummy ini selain membantu juga bisa nambahin pundi uang ya, mbak dengan orang menulis resep di sana. Kalau saya masih tahap nyobain resep aja. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy juga baru recook resep bikin resep sendiri belum bisa hehe

      Hapus
  12. Mantap banget. Cus langsung cari resep masakan di Yummy App deh. Aku tipe yang kaya ribet gitu kalau buka buku resep. Dah Googling aja paling bener, ckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resep di yummy komplit dan ada step by step foto masaknya

      Hapus
  13. Andalan aku juga nih buat ngintip resep-resep masakan kalau pas lagi bingung mau masak apa. Asyiknya lagi ada filter harga jadi bisa masak sesuai budget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba klo ga ada ide masak apa buka yummy app aja ya

      Hapus
  14. Dengan food preparation ini membuat pekerjaan memasak menjadi lebih simple yaa..
    Hanya memang saat food prep membutuhkan kandang waktu yang lebih besar.
    Masakannya kak Rina selalu memukau. Ternyata inspirasi rahasianya ada di Yummy apps.
    Mantap.

    BalasHapus
  15. Saya harus menyiapkan stok dan bahan masakan di malam hari untuk esok hari kalo hari kerja , suami dan anak terbiasa makan pagi. Jadi harus masak pagi. Boleh nih intip menu di aplikasi ini ya mak kayaknya banyak resep mudah ditiru

    BalasHapus
  16. wah bener bener menyenangkan ya buka yummy app ini. Selain bisa melihat berbagai resep yang bisa direcook dan menjadi inspirasi menu harian, kia juga bisa berpartisipasi share resep ala rumah kita juga yaa. Dan bisa redem juga. asyik nih

    BalasHapus
  17. Yummy app ini sangat membantu banget buat saya. Jadi nggak ada lagi alasan "nggak bisa masak" ya mbak, karena dengan buka 1 aplikasi aja, kita bakal menemukan aneka resep olahan makanan dari satu bahan utama yang ada di kulkas.

    BalasHapus
  18. Baru tahu ada aplikasi bernama Yummy App pastinya banyak sekali resep yang bisa dicobain ya, asyik kalau makin rajin nyoba menu baru

    BalasHapus
  19. Suka juga sama aplikasi ini..mudah diakses gak pake ribet..pilihannya banyak banget pula..apalagi bukan cuma resep aja yang bisa kita cek di aplikasi ini ya..

    BalasHapus
  20. Pas banget ini yummy app buat aku yang masih belajar masak. Menu-menunya juga variatif ya mbak, jadi nggak akan kehabisan ide deh buat masak setiap harinya.

    BalasHapus
  21. Aku suka banget ngintipin Yummy Apl kalo lagi bingung mau masak apa. Resepnya banyak variannya jadi bener-bener nggak bingung, solusi buat cari resep masakan harian

    BalasHapus
  22. Memasak sendiri itu selain lebih hemat memang lebih higienis, tapi... Jujur saja aku ini emak2 yang enggak pinter masak. Dan aku terbantu bgt nih sama Yummy App, jadi kalau pengen masak apa gt ya cari resep di Yummy App, tapi resepnya yang mudah dicoba biar anti gagal...

    BalasHapus
  23. Yummy App buat yang suka masak bisa makin terinspirasi ya buat bikin resep yang bisa dishare, sedangkan buat yang masih belajar sangat membantu memilih resep masakan ya

    BalasHapus
  24. Ikan Bakar Minangnya kok menggoda banget, ya. Pas siang gini pula, makin lapar saya. Bisa dibuat di rumah ya, belajar resepnya di Yummy App. Bisa mengulik segalam macam resep termasuk dari chef andal. Keren nih aplikasi Yummy App.

    BalasHapus