Resep Lezat dan Bergizi di Snacks-Desserts.id

Resep Lezat dan Bergizi di Snacks-Desserts.id



Assalamualaikum Teman-teman,

Ada yang sesekali mengisi  me time atau family time nya dengan ngemil? Tosss. Ngemil bareng keluarga bisa sekaligus jadi moment bonding, mengobrol santai dari hati ke hati,  mendengarkan anak-anak berceloteh tentang kesehariannya. Lebih seru lagi kalau membuat camilannya pun bareng-bareng. Melibatkan anak-anak di dapur memang bukan tanpa resiko ya, resiko lebih berantakan hehehe. Tapi kelak ini akan jadi salah satu moment yang mereka kenang lho. Karena saya pun mengalaminya. Kenangan yang membuat saya ingin  membuat masakan dengan cinta untuk keluarga plus  enak, bergizi dan hemat.  

Dan selama pandemi karena di rumah aja jadi lebih rajin bereksperimen di dapur, ada yang sama? Toosss….

Saya biasanya googling atau stalking di media sosial untuk mencari resep baru atau mencoba resep yang sudah dipraktikan teman dan di share di media sosial. Percobaan tidak selalu berhasil, pernah mengalami beberapa kali drama gagal. Tapi ga kapok donk, lagipula walaupun masak gagal masih bisa dimakan, biasanya penampakannya aja yang tidak cantik, ga foto able 😃.

Snacks-Desserts.id

Sekitar seminggu lalu kepikiran untuk mencari resep baru, anak-anak di rumah mulai bosan dengan brownkus, puding dan tape keju. Yes ketiga camilan itu yang sering saya buat  karena disukai dan sudah mahir membuatnya (tidak gagal lagi).

Saat stalking akun Ibu-Ibu Doyan Nulis di Facebook  jadi tahu nih ada situs  yang isinya beragam resep lezat bergizi, yaitu snacks-desserts.id  Situs ini dibuat oleh Mondelez Indonesia. Mondelez Indonesia adalah perusahaan makanan dengan produk-produk yang sudah dikenal luas di masyarakat Indonesia seperti biscuit Oreo, Ritz, Biskuat, cokelat Cadbury dan Toblerone dan keju Kraft.

Situs Snacks-desserts.id  berisi puluhan resep, dari resep hidangan utama seperti olahan pasta, roti dan nasi, camilan aneka cookies, jajanan pasar yang sudah dimodifikasi dengan citarasa kekinian seperti Dadar gulung hijau isi fla, onde-onde merekah dan lain-lain. Ada juga resep minuman dan desserts hits yaitu dessert box.  Dan resep di sini hasil kreasi chef-chef yang sudah berpengalaman. Didukung foto-foto yang menggugah selera, jadi ingin mempraktikan semua.



Di website ini juga ada rekomendasi resep makanan yang bisa dijadikan ide wirausaha lho, aneka cookies, roti, jajanan pasar dengan sentuhan modern dan ada beberapa resep desserts yang lagi hits, desserts box. Rekommended buat para Mama yang hobi masak dan ingin menseriusinya dengan membuka wirausaha.



Resep juga dikatagorikan berdasarkan bahan utama yang dikreasikan yaitu keju, coklat dan biskuit. Tiga jenis  makanan yang merupakan produk Mondelez. 


Tingkat kesulitan resep bervariasi, untuk saya yang 'baru' di dunia dapur, masih pilih-pilih resep yang praktis untuk dipraktikkan. 

Resep juga disertai perkiraan lamanya memasak, jadi saat memilih resep yang akan dipraktikkan bisa disesuaikan dengan waktu yang kita miliki.

Mencoba Resep dari Snacks-Desserts.id

Saya  penasaran ingin mencoba resep-resep di Snacks-dessert.id, jadilah mencoba membuat Buko Cadburry. Resep Buko ini yang sempat wara--wiri di instagram bulan puasa lalu sebagai hidangan tajil (buka puasa). Aslinya Buko ini makanan dari Filipina (setelah googling) tapi hits di tanah air dengan aneka modifikasi dan disesuaikan dengan citarasa Indonesia. Buko Cadburry ini bisa lho jadi ide usaha kuliner, terutama saat bulan puasa sebagai pilihan hidangan tajil.  Cita rasa Buko ini familiar dengan lidah orang Indonesia yang suka sajian minuman manis gurih, ada santan, susu, alpukat dan coklat.

Yuk nyoba membuat Buko Cadburry, berikut bahan dan cara membuatnya. Video lengkapnya bisa lihat di akun instagram  di Resep Buko Cadburry.

Atau youtube 




Selain mempraktikan resep Buko Cadburry saya juga mencoba Nasi Gurih Keju untuk menu sarapan anak-anak di rumah agar bervariasi. Membuatnya mudah dan cepat, jika tidak ada ayam suwir bisa diganti telur dadar atau ceplok. 



Klik instagram Resep Nasi Gurih Keju untuk melihat video pembuatannya. Atau link youtube Resep Nasi Gurih Keju 



Kreasi makanan dengan bahan coklat dan keju paling disukai anak-anak di rumah. Pastinya bukan hanya anak-anak saya yang suka  keju dan coklat, disukai hampir semua  orang, manisnya coklat dipadu susu menimbulkan sensasi rasa  lezat yang bikin rileks dan happy, dan gurihnya keju, siapa yang tahan. Selain lezat keju dan coklat memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan lho. 

Manfaat keju

Keju adalah hasil fermentasi dari susu, sehingga kandungannya hampir serupa dengan susu yaitu mengandung protein, asam amino, asam lemak, beragam vitamin dan mineral kalsium.

Kalsium dari keju bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Kandungan asam lemak tidak jenuh dari keju bersifat anti kanker. Keju juga mengandung antioksidan glutathione yang berguna untuk kesehatan otak dan mencegah degradasi saraf karena penuaan.

Ibu hamil disarankan mengkonsumsi keju karena nutrisinya dibutuhkan janin.

Manfaat Coklat

Ada yang merasa kalau makan coklat itu bukan hanya enak tapi rasa nikmatnya itu bikin rileks dan happy. Itu bukan sekedar perasaan lho tapi karena memang berdasarkan sebuah penelitian makan coklat merangsang otak untuk melepas hormon endorphin dan serotonin, kedua hormon ini yang menimbulkan rasa bahagia.

Coklat mengandung banyak antioksidan seperti polifenol, flavanol dan katekin yang dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Sementara kandungan  epikatein dalam coklat dapat menurunkan resiko demensia atau pikun.

Oh ya coklat juga dapat mengendalikan nafsu makan lho. Karena makan coklat sebelum atau sesudah makan dapat memberikan efek kenyang.

Walaupun begitu, tetap ya konsumsi keju dan coklat harus ditentukan porsinya, karena apapun itu jika berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Itu sebabnya kita harus ngemil (dengan) bijak. Apa sih ngemil bijak? 

Yuk Ngemil Bijak

Tahukah teman-teman berdasarkan studi konsumen yang dilakukan di Indonesia dan 11 negara lain, orang Indonesia 23% lebih suka ngemil dibanding rata-rata secara global.

Ehm, sebenarnya ini tidak mengherankan ya kalau merujuk pada banyaknya kuliner jajanan pasar di tiap daerah. Yap tiap daerah di Indonesia punya jajanan pasar yang khas dan banyak macamnya, bisa jadi indikasi dari jaman dulu orang Indonesia suka jajan, ngemil. Di tambah lagi ada  sebagian orang Indonesia berprinsip, belum makan kalau belum makan nasi. Jadi kalau makan baso, mie ayam, bubur ayam, ketupat sayur termasuk ngemil hahaha.

Tapi sebagian orang ada yang merasa takut ngemil. Suka ngemil tapi takut timbangan miring kanan. Setelah ngemil suka merasa feeling quilty.

Padahal saat ngemil rasanya rilex, mood jadi baik, jadi semangat dan banyak dapat ide. Yap, sebenarnya ngemil itu memberi manfaat seimbang baik untuk tubuh maupun pikiran. Nah agar manfaat ngemil itu maksimal yuk mulai ngemil dengan bijak.

Kampanye Ngemil Bijak ini digagas Mondelez Indonesia, dengan harapan masyarakat memilih camilan yang tepat dan menikmati camilan sehingga memberi manfaat baik untuk tubuh dan pikiran.

Berikut Tiga langkah Ngemil Bijak

  1. Kenali isyarat tubuh mengapa ingin ngemil, lapar atau untuk pelarian dari emosi negative (menaikkan mood). 
  2. Jika sudah tahu penyebab  ingin ngemil, pilih camilan yang tepat sesuai isyarat tubuh, jika memang lapar, tentu camilan yang padat. Jika ingin ngemil untuk sekedar rilek nyemilan rendah kalori bisa jadi pilihan atau ngemil coklat karena setelah makan coklat biasanya keinganan makan (makanan berat berkurang). Sebaliknya jika merasa lapar dan sudah masuk waktunya makan sebaiknya pilih camilan dengan menu makanan utama, yang padat dan mengandung karbohidrat.
  3. Saat ngemil, maksimalkan semua indera agar terlibat, menikmati rasanya, aromanya, sensasi suara saat mengecapnya di lidah dengan begitu kita akan mengenali saat tubuh memberi isyarat untuk berhenti, kenyang. Rasanya kenyang tidak akan muncul jika kita melakukan ngemil sambil nonton atau main gadget.



Dengan NgemilBijak, kesehatan tubuh tetap terjaga, mood pun selalu positif. Dan jangan lupa bersyukur dengan makanan yang kita nikmati dan  berbagi semampunya. 

Saat ngemil perhatikan juga jumlah camilan yang kita konsumsi, ngemil secukupnya. Jenisnya camilan disesuaikan, pastikan kalorinya sesuai kebutuhan. Jam ngemil pun harus sesuai, sebaiknya tidak ngemil saat mau tidur malam. Jarak antara ngemil ke ngemil berikutnya atau dengan makanan utama tidak terlalu dekat. 

Oh ya teman-teman ada yang sudah mempraktikan resep di Snack-dessert. id? Boleh donk rekomendasinya selain yang sudah saya praktikkan. 


Referensi tulisan

www.snack-dessert.id

www.dewimagazine.com/news-food/mondelez-indonesia-ajak-masyarakat-biasakan-ngemil-bijak-saat-ramadan.

www.hellosehat.com


18 komentar

  1. Wah aku naksir buko cadbury nyaaa :D
    Jadi pengin intip2 resep di Snack-dessert. id dan recook resep-resepnya juga. Komplit juga ya ada hidangan utama, hidangan penutup, camilan dan minumannya juga. Bakalan banyak dapat reep-resep baru nih dari Snack-dessert. id

    BalasHapus
  2. Saya sudah nyoba resep Perkedel Keju Leleh KRAFT, Mbak Rina ... enaak, kejunya leleh ketika digigit :)

    BalasHapus
  3. Wohoho!
    Aku super hepiii nih mba, kalo ada website kece seperti ini.
    Jadi bisa uprek2 resepnya, bisa jajal baking juga ye kan?
    Aakk, mau cuss cobain beberapa resepnyaaaa

    BalasHapus
  4. Betul ya, era Pandemi gini ada aja ide untuk berkreasi dan berkreatifitas misalnya mengolah makanan
    Apalagi di website Snack dessert punya banyak pilihan aneka menu yang menarik untuk dibuat

    BalasHapus
  5. wah setelah instal Cookpad kayaknya aku juga harus instal ini ya Mba biar makin lengkap dan ga perlu jajan di luar.

    BalasHapus
  6. nasi pake keju? jadi inget adekku nih dari dia kecil udah suka nasi pake lauk keju. hihii

    BalasHapus
  7. Aku udah praktik bikin Perkedel kentang keju leleh Kraft, Mbak. Enak banget dimaem pas anget-anget, kejunya lelehhh.. hihi. Anak-anak suka semua.
    Trus sama spaghetti keju atau apa ya namanya. Enakkk juga.
    (Eh tapi aku gak jadi ikut lombanya, haha..)

    BalasHapus
  8. Saya pertama kali ngebayangin kalau nasi dikasih keju kayaknya aneh. Setelah dicobain sendiri, ternyata malah enak. Berarti memang harus coba dulu, ya. Jangan sekadar membayangkan. Kayaknya saya pengen coba bikin juga, deh.

    BalasHapus
  9. saya juga sering nih eksperimen bikin camilan tampilannya nggak foto able, tapi makan able kok, buktinya bisa habis tuh dimakan suami dan anak-anak.

    Asyik ya ada web yang nyediain resep camilan sehat kayak snacks desserts ini

    BalasHapus
  10. saya juga gitu Mb , suka nyari inspirasi masak di media sosial. boleh nih nanti aku kepoin juga webnya buat nyari ide masak

    BalasHapus
  11. Wah ada resep buat menu utama juga ya. Kalau mati gaya bisa buka2 ini deh. Soal cemilan nih kadang suka bingung juga mau bikin apalagi yg ga ribet ��

    BalasHapus
  12. Aiiih cantik banget itu Buko Cadburry!
    Kalo sekarang yang sedang ngetrend cheese milk Rina, apa kayak gitu juga rasanya? Ah aku cobain ah

    BalasHapus
  13. Mbak, aku pengen nyobain yang nasi keju nih.. Bisa jadi alternatif pengganti nasi goreng. Cara bikinnya juga gampang.. 😀

    BalasHapus
  14. Enak2 semua resepnya mba kebetulan juga suka keju karft tapi sellau buat roti belum dikreasikan nih sama nasi n kentang.. next aku coba buay deh...

    BalasHapus
  15. Wuih bikin ngiler deh resepnya. Cokelat dan keju sih emang favorit orang-orang rumah. Cus ke websitenya ah, siapa tahu ada resep yang gampang banget buat camilan orang2 rumah. Dan iya ya, ini bisa jadi bisnis.

    BalasHapus
  16. cwmilan yang dipakai di sini aku sering ppakai
    pas banget buat sehari-hari kalau bingung mau masak apa ya

    BalasHapus
  17. Mantap-mantap yaa...resep di dessert. id
    Selama ini suka pusing cari rekomendasi cemilan yang asik dan mudah. Dengan buka website dessert id, idenya langsung ngaburudul.

    BalasHapus
  18. Mantabs banget resepnya jadi pengen buat pake resep yg di share, semoga aja berhasil karena aq ga jago2 banget masak & baking

    BalasHapus