Kebaikan Alami Membantu Tetap Aktif dan Produktif di Masa Pandemi

Assalamualaikum, apa kabarnya nih teman-teman, semoga tetap sehat, semangat dan optimis. Optimis bahwa kita semua akan melalui masa pandemi ini dengan baik dan pandemi segera berakhir. Memang tidak mudah, itu juga yang saya rasakan, khawatir tertular Covid-19, khawatir terkena  dampak ekonomi pandemi. Sekarang rasa takut dan khawatir berubah menjadi waspada. Sudah beradaptasi dengan kebiasaan baru, kebiasaan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, membawa hand sanitizer, menjaga jarak, tidak kumpul atau bertemu teman, bertetangga hanya saling sapa atau kirim makanan – seringnya saya dikirimi tetangga hasil kebun mereka seperti pisang, pepaya, alpukat – salah satu nikmat tinggal di kampung 😊. Iya walaupun sudah new normal, saya dan gank arisan yang dulu ketemuan sebulan sekali, sekarang masih offline.

Salah satu kegiatan selama pandemi berkebun, berwirausaha


Kebiasana baru lain selama pandemi ini adalah lebih aware pada kesehatan fisik dan mental, tidak sekedar mencuci tangan. Konsumsi makanan dijaga,  jadi rajin membuat camilan yang bergizi karena selama pandemi otomatis jajan di luar berkurang, mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

Tetap Aktif dan Produktif di masa pandemi 

Di rumah aja memaksa saya lebih menyibukkan diri, selain untuk mengusir rasa jenuh juga mengenyahkan pikiran dari pertanyaan yang membuat resah dan was-was yaitu kapan pandemi berakhir. Kesibukan yang membuat pikiran jadi postif dan optimis, karena pada akhirnya kita semua harus sabar dan beradaptasi dengan keadaan ini, mau tidak mau, walaupun berattt….

Berat, karena sedikit banyak saya mulai merasakan dampak ekonomi dari pandemi ini, beberapa keluarga dekat ada yang kehilangan pekerjaan (PHK), ada yang penghasilannya menurun, ada yang mengalami pemotongan gaji, kost-kost orangtua saya di Bandung, tidak berpenghuni sejak mahasiswa belajar online. Situasi yang melecut saya untuk lebih aktif dan produktif sebagai bentuk syukur karena diberikan kesehatan dan bisa berbagi.

Kesibukan yang ga jauh-jauh dari rutinitas ibu rumah tangga.

Mendampingi anak-anak PJJ

Gimana rasanya mendampingi anak-anak PJJ selama 8 bulan? Banyak dramanya, emosi kalau si anak pecicilan saat jam sekolah, menunda tugas sekolah dan pengen belajar onlinenya sambil nonton Upin-Ipin. Ada yang sama?

Tapi, berusaha bersikap santai mendampingi anak-anak PJJ agar kekesalan tidak berubah menjadi kemarahan membabi buta dan berujung penyesalan. Jangan sampai kejadian yang sempat ramai diberitakan di TV terulang, orangtua melakukan kekerasan pada anak karena PJJ.

Memang tidak  mudah mendadak menjadi  guru semua mata pelajaran untuk anak-anak karena Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sebelum pandemi jadi guru anak-anak juga tapi lebih jadi guru kehidupan dibanding guru pelajaran sekolah 😀. Hal yang dialami semua Ibu yang memiliki anak usia sekolah. Sabar ya Bu, ladang pahala (memotivasi diri sendiri )

Jadi tukang tanaman

Kesibukan yang menyita saya akhir-akhir ini adalah jadi tukang tanaman. Usaha online  yang dirintis sejak  tahun 2017 tapi menemukan momentumnya saat ini. Karena usaha skala rumahan pekerjaan banyak dikerjakan sendiri dibantu anak-anak dan suami kalau libur kerja. Merawat tanaman sekaligus jadi me time dan stress release. Bener lho kalau udah main tanah dan tanaman bikin lupa waktu, ganti pot, ganti media, propagasi, pisahin anakan tanaman, puas kalau lihat tanaman tumbuh subur, apalagi kalau terjual hahaha. Beberapa tanaman saya keep, tidak dijual tapi untuk koleksi dan mempercantik teras rumah.

Boleh Baca Ngobrolin usaha tanaman hias

Mom Blogger

Tidak terasa kurang lebih satu dekade saya jadi blogger, dari yang awalnya curcol rasanya jadi Mama baru, siapa sangka ngeblog akhirnya jadi penghasilan tambahan, walaupun tidak setiap hari dapat pekerjaan dari ngeblog. Positifnya ngeblog ga melulu soal dapat materi, tapi jadi punya banyak teman, dan inspirasi, tempat menuangkan ide dan gagasan hingga uneg-uneg, dan jadi pengisi me time.

Ngeblog di rumah aja 

Boleh baca Mendapat penghasilan dari Blog

Ikut challenge resep dan motret makanan

Ada yang sejak pandemi jadi rajin masak? Toss…

Karena saya tuh ga bisa lama-lama duduk manis, ga suka nonton film yang bersambung – cukup film lepas yang 2 jam (pengen sih nonton drakor tapi takut ketagihan ga bisa berhenti 😀), di rumah aja ‘maksa’ saya menyibukkan diri, salah satunya mempraktikkan resep baru, sekalian belajar motret makanan,  sekalian kalau ada challenge resep  ikutan.

Kalau sebelum pandemi belajar motret makanan hanya ala kadarnya dan otodidak, dengan melihat karya orang lain, baca artikel di pinterest, nonton tutorial youtube, saat pandemi mencoba ikut kursus  online. Jadi punya guru untuk bertanya dan tertantang terus latihan memotret.

Kalau udah belajar motret ga bisa sekali jepret :)

Saya juga memposting hasil foto di shutter stock tapi belum ada yang laku 😌. Masih harus banyak belajar. Yang pasti kemampuan memotret mendukung kegiatan nge-blog saya.

Menjaga kesehatan selama pandemi

Sibuk tapi nikmat, nikmat karena sehat lahir batin. Saat pandemi seperti sekarang ini sehat menjadi hal paling dijaga dan disyukuri, terlebih cycle yang positif sudah makin dekat. Misalnya di kampung saya yang selama ini aman, minggu lalu ada yang covid, di lingkungan pertemanan yang selama berbulan-bulan aman, bulan lalu ada yang positif, ada keluarga teman yang positif.

Sehat mental hati tenang

Pada beberapa keadaan situasi pandemi ini membuat suasana hati campur aduk, termasuk perasaan was-was dan khawatir.   Yang saya rasakan,  tidak mudah  menstabilkan suasana hati dalam keadaan ini tanpa doa, memohon pada Yang Kuasa. Yap apapun kepercayaan agama teman-teman saya yakin, mendekatkan diri pada Yang Kuasa dapat menenangkan hati. Hati tenang membuat mental kita sehat, menimbulkan rasa ikhlas dan pasrah dengan hasil usaha yang kita lakukan di masa pandemi ini. Support system dalam keluarga tidak kalah penting, caranya dengan menciptakan suasana aman dan nyaman di rumah, mendengarkan keluhan setiap anggota keluarga karena anak-anak pun pasti merasakan berada di titik jenuh dan bosan di rumah aja.

Sehat fisik dengan yang alami

Sehat mental harus dibarengi sehat fisik, begitu pun sebaliknya. Yang saya lakukan untuk menjaga kesehatan fisik adalah makan teratur, tidur cukup, ada jeda istirahat diantara kesibukan di siang hari, olahraga, dan mengkonsumsi makanan bernutrisi dan minuman sehat.

Makan/minum  teratur dan bernutrisi penting banget untuk menjaga imunitas tubuh. Sel darah putih kuat, kuman KO.

Tidur cukup dapat menjaga stamina dan daya tahan tubuh, karena organ tubuh dapat beristirahat dengan semestinya.

Istirahat cukup, istirahat di siang hari tidak harus selalu tidur, bisa dengan duduk rileks sambil melepaskan otot-otot. Pikiran juga diistirahatkan donk, jangan mikiran yang berat-berat atau hal negatif. 

Rehat disela berkebun dan jualan 

Olahraga, pengen sepedaan tapi sepedanya di pake si sulung karena punya dia kekecilan (loh jadi curhat..) ya wes Mamanya ngalah, Mama jalan santai aja tiap pagi ngelilingi kebun Anggrek, saran si Kakak, Baiklah, pas musim hujan juga nih kalau pagi segeerrr.

Sibuk tapi jangan ngoyo kalau capek istirahat, sambil minum minuman herbal biar ga pegel-pegel dan masuk angin.

Bicara soal minuman sehat saya jadi teringat jamu, ramuan herbal tradisonal dari bahan alami yang memiliki banyak khasiat dan terbukti dapat menjaga daya tahan tubuh. Terasa banget kalau udah minum ramuan herbal badan jadi segar

.

Saya mengenal jamu dari Ibu, hingga terbiasa mengkonsumsi dari  jamu kunyit asem, beras kencur, temulawak, wedang jahe. Jamu yang kadang dibuat sendiri oleh ibu atau membeli.

Sejak menikah dan jauh dari Ibu (tahun 2010), intensitas mengkonsumsi jamu jadi berkurang, kalau Ibu berkunjung ke rumah pasti saya minta dibuatkan jamu karena tidak bisa membuat sendiri, mau beli di tukang jamu gendong kalau ga kenal kok ragu. Sampai akhirnya kenal Herbadrink, kemasan herbal yang praktis, higienis dan terstandar.

Dan herbadrink mudah di dapat, di minimarket manapun ada, bahkan di warung.

Kebaikan Alami Herbadrink

Herbadrink mudah didapat dan praktis 


Herbadrink minum yang dibuat dengan resep tradisional dari ramuan herbal alami - aneka rempah, resep warisan leluhur khas Indonesia yang terbukti khasiatnya selama berpuluh-puluh tahun, untuk kesehatan, menjaga daya tahan tubuh dan terbukti secara klinis menyehatkan. Herbadrink mengemasnya dengan cara modern, praktis dan higienis dengan teknologi terkini. Kemasannya praktis sehingga bisa dikonsumsi kapan dan di mana saja.

Beberapa varian Herbadrink yang saya suka diantaranya;

Sari Jahe

Terasa banget nih kalau usia udah ga lagi muda, badan cepat capek dan pegal setelah minum ramuan herbal seperti herbadrink khasiatnya langsung terasa, badan jadi segar.

Wangi dan pedasnya jahe itu khas, pun kalau dalam masakan pake jahe sensasi rasanya beda, dalam minuman lebih cocok. Dulu sebelum kenal Herbadrink suka rebus jahe, airnya di tambah susu tapi rasanya tidak pas, kalau tidak kepedaslan, kepahitan karena kebanyakan jahe, beginilah kalau pake resep ‘dikira-kira’. Sejak kenal Herbadrink, pilih Sari Jahe aja deh karena terbukti rasa hangat dan manisnya pas di lidah.

Jahe memiliki khasiat menghangatkan tubuh dan memberi efek relaksasi. Di musim hujan seperti sekarang ini dengan  udaranya yang dingin, pas banget minum sari jahe menjelang tidur, badan jadi hangat, tidur pun nyenyak, bangun tidur badan enak, ga pegel-pegel.

Oh ya rasa hangat dari jahe pun memberi manfaat untuk meredakan masuk angin, kembung serta mengurangi rasa mual.

Sari Jahe dari Herbadrink  dibuat dari resep minuman tradisonal serta diproduksi tanpa pengawet. Dikemas secara praktis dan higienis, tinggal seduh, bersih dan tanpa endapan karena diproduksi dengan teknologi tinggi.

Sari Jahe juga bisa dipadu dengan susu atau coklat lho, atau keduanya, cocok untuk anak-anak yang belum familiar dengan minuman herbal.

Cara membuat susu sari jahe herbadrink,  satu sachet sari jahe herbadrink ditambahkan pada segelas susu uht, panaskan sambil diaduk hingga hangat-hangat kuku, jangan sampai mendidih karena susu dapat rusak. Sajikan selagi hangat.

Susu jahe hangat


Atau bisa juga nih dibuat puding roti susu jahe, ini kesukaan anak-anak di rumah. Aroma dan rasa jahenya enak banget.

Puding roti susu jahe 

Bahan dan cara membuat

2 sachet sari jahe Herbadrink

2 butir telur

3 lembar roti tawar, potong

300 ml susu uht

2 sdm keju parut untuk campuran dan toping

Jika suka manis bisa ditambahkan 1 sdm gula pasir

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat puding roti susu jahe 


Susun roti yang sudah dipotong di dalam pinggan tahan panas.

Kocok telur, masukkan susu,  sari jahe dan gula pasir. Aduk rata dengan whisk. Tambahkan keju parut aduk rata.

Masukkan camputan telur ke atas roti biarkan hingga roti terendam semua. Taburi keju parut dan irisan pandan di atasnya. Panggang kurang lebih 30 menit. Sajikan hangat atau dingin sama enaknya.


Wedang Uwuh



Wedang uwuh adalah minuman herbal khas Kabupaten Bantul Yogyakarta. Minuman dengan rempah yang lengkap, terdiri dari cengkeh, kayu manis, biji dan daun pala, jahe, kayu secang dan pemanis (gula). Warna merah dari wedang uwuh dihasilkan dari kayu secang. Dengan citarasa pedas dari jahe dan rasa segar dari rempah-rempah lain yang diseduh dengan air panas.

Kalau dulu saya mencari wedang uwuh ini di rumah makan-rumah makan khas jawa atau kios gudeq Yogya sekarang, bisa dengan mudah di dapat, tinggal seduh.


Secangkir wedang uwuh

Wedang uwuh selain menghangatkan badan juga berkhasiat meredakan masuk angin, kembung dan mual.

Nah apa nih tips teman-teman untuk menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi ini biar tetap bisa aktif dan produktif? Udah coba Herbadrink belum? Apa varian favorit teman-teman?

23 komentar

  1. Semangat sehat dan tetap produktif meski pandemi kita!! Biar tetap sehat ya Mbak
    Asyik ada resep puding roti susu jahe. Pas ada stok sari jahe Herbadrink . Selalu punya karena khasiat dan kepraktisannya. Apalagi banyak pilihan variannya

    BalasHapus
  2. Minum Herbadrink enak banget apalagi saat hujan hehehe, menghangatkan tenggorokan dan badan. AKu juga pernah minum yang jahe dan wedang uwuh. Menjaga kesehatan sedini mungkin itu harus apalagi zaman corona gini ya mbak :) TFS.

    BalasHapus
  3. Aku suka mengkonsumsi herbadrink jugaa, minuman yang memang mendukung buat badan lebih fresh. AKan banyak hal yang bisa kita ciptakan kebaikan di massa pandemi begini ya. termasuk jenis minuman.

    BalasHapus
  4. Ada resep puding roti susu jahee...langsung bintangin dan mau coba ntar sore ah. Bahannya simpel banget, gampang pula cara bikinnya.

    BalasHapus
  5. Waah bener banget Mbak Rina main tanah dan pot bisa ngilangin stress. Senangnya Mbak Rina punya kebun Anggrek. PAsti mata seger ya lihat Anggrek setiap hari.

    Eh aku juga minum wedang uwuh loh Mbak buat jaga kesehatan. Samaan dong.

    BalasHapus
  6. Sama Mbak Rina, anak2 saya juga pecicilan selama belajar online wkwkwk.

    Btw perlu nih wedang uwuh untuk stamina. Semoga ada dekat rumah yg jual.

    BalasHapus
  7. Pandemi secara otomatis mengubah kebiasaan kita ya mba. Gak cuma kita, tapi anak2. Baik dari jam tidur, aktivitas bahkan kebiasaan2 lainnya juga. Wah idem, sejak pandemi aku gak pernah brenti absen memasak ke dapur :)

    BalasHapus
  8. Kesehatan ini penting banget ya mbak dijaga apalagi saat pandemi seperti ini badan gak boleh ngedrop. Wedang uwuh ini favorit aku banget dan selalu nyetok banyak dirumah

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah ya mbak punya kegiatan yang membuat semangat di masa pandemi, aku juga jadi suka mengurus tanaman dan sekarang buka kelas menulis online..seru...

    BalasHapus
  10. herbadrink favoritku itu yang temulawak, bisa diminum baik panas maupun dingin hehehe tapi yang wedang uwuh ini juga enak diminum pas lagi ujan-ujan, bikin angeeeet

    BalasHapus
  11. emang deh bahan-bahan alami ini manfaatnya luarbiasa buat menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini

    BalasHapus
  12. Waah mba rina multitasking banget niih di masa pandemi ini.
    Emang wajib nih jaga daya tahan tubuh ngadepin kondisi saat ini dg tugas yg juga seabreg

    BalasHapus
  13. Wedang uwuh ini memang cocok diminum masa pandemi kayak gini biar badan tetap fit dan kita sehat selalu. Karena gara-gara pandemi kita juga jadi rempong ini dan itu termasuk PJJ.

    Apalagi udah memasuki musim hujan, bikin gampang masuk angin. So, cocok bgt minum wedang uwuh dari herbadrink.

    BalasHapus
  14. Di musim hujan gini kayanya enak banget sore-sore minum wedang uwuh Herbadrink sambil makan cemilan favorit. Badan hangat dan bisa meningkatkan imunitas tubuh.

    BalasHapus
  15. Deuuu, saya baca ini dalam suasana malam dan berhujan. Jadi salfok sama susu jahe-nya huhuhuhu'

    BalasHapus
  16. sekarang klo pengen minum wedang nggak ribet lagi ya mbak..
    tinggal seduh herbadrink saja

    BalasHapus
  17. Belum pernah cobain Herbadrink varian apapun. Tapi kayaknya bakal coba nih setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
  18. Rumahnya kak Rina bikin betah bangeett...
    Adem ayem plus disuguhi wedhang uwuh.
    MashaAllah~

    Sehat dan semakin aktif selalu, kak.

    BalasHapus
  19. Udah mbaaa... aku udah lama jadi penggemar Herbadrink. Hampir semua variannya udah pernah kucoba. Yang paling favorit si wedang uwuh nih, nikmat banget rasanya. Seduh wedang uwuh pas saat hujan gitu cocok banget, menghangatkan badan dan pikiran jadinya.

    BalasHapus
  20. Banyak yg bisa dilakukan di rumah ya mba selama pandemi bener banget aktivitas nya sama nah selain perlu juga nih minum Herbadrink minum yang dibuat dengan resep tradisional dari ramuan herbal alami biar tetep mood n fit

    BalasHapus
  21. Wedang uwuhnya Herbadrink emang cucok banget deh terutama di musim seperti ini..Praktis pula ya tinggal buka kemasan, tambahin air...siap diminum...

    BalasHapus
  22. Seneng banget liat akivitasnya sewaktu pandemi, toss mba,rumah harus bisa membuat kita sibuk ya. Biar ga membuat kita merasa bosan selama dirumahaja.

    BalasHapus
  23. Herbadrink berperan besar juga ya untuk membantu kita dalam ngeblog agar terus kreatif dan aktif.

    BalasHapus