Tips Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit bukan sekedar demi pernampilan tapi karena kulit memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan tubuh. Sebagai bagian  terluar tubuh, kulit  melindungi kita dari paparan ultra violet, beragam zat kimia dan mikroorganisme yang berbahaya.

Berikut beberapa peran kulit dalam kesehatan yang perlu kita ketahui;

Kulit merupakan bagian terluar tubuh sehingga memberikan perlindungan fisik dari sinar ultra violet dan bahan kimia berbahaya.

Kulit memiliki  sifat antibody yaitu berperan dalam mempertahanakan imunitas tubuh dalam melawan benda asing atau mikroorganisme berbahaya.

Kulit memiliki pori-pori yang berfungsi mengeluarkan keringat. keringat tak lain dari racun atau zat yang tidak diperlukan  tubuh.

Kelenjar dan pembuluh darah yang ada di kulit memungkinkan kulit untuk mengatur suhu tubuh. Dengan melakukan perawatan kulit, suhu tubuh akan terjaga dengan baik.

Kulit adalah indra peraba dengan berbagai reseptor dan saraf yang tersebar di seluruh permukaan kulit, berfungsi dalam menjalankan aktivitas keseharian. 

Kulit memfasilitasi pembentukan vitamin D, yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh.

Kulit memiliki nilai estetis yang memberi penampilan baik. Kulit segar dan sehat akan membuat tubuh secara keseluruhan terlihat sehat.

Tips menjaga kesehatan kulit


Konsumsi makanan bergizi. Makanan bergizi menjaga kesehatan kulit dari dalam. Mengkonsumsi sayur dan buah dapat membuat kulit sehat dan segar karena kandungan air, serat, vitamin dan mineralnya menutrisi kulit.

Bersihkan kulit secara teratur dengan cara mandi sehari dua kali. Mandi secara teratur pagi dan sore untuk membersihkan kulit dari keringat,  mengangkat sel kulit yang sudah mati, zat  kimia dan , mikroorganisme dari debu dan polusi.   

Memilih sabun mandi yang  cocok dan mengandung nutrisi untuk kulit. Pilih sabun mandi sesuai jenis kulit, jika memiliki kulit cenderung kering, pilih sabun mandi yang dilengkapi pelembab. Untuk jenis kulit sensitif yang rentan radang, kering dan gatal-gatal, sebaiknya pilih sabun yang mengandung bahan kimia alami dan  memiliki pH seimbang.

Saat akan beraktivitas di luar rumah dan kulit terpapar matahari, debu dan polusi,  sebaiknya gunakan lotion yang memiliki fungsi melembabkan sekaligus mengandung zat anti ultra violet.

Jika kulit terasa kasar dan kering, gunakan lotion, karena kulit kering cenderung mudah terinfeksi mikroorganisme (jamur, bakteri atau virus) yang menyebabkan kulit gatal dan iritasi.

Jangan abaikan masalah kulit 

Masalah kulit seperti kulit kering, kasar dan gatal karena iritasi biasanya umumnya cukup ditangani dengan pemakaian bodi lotion, mengkonsumsi banyak air putih, buah dan sayuran. Namun jika iritasi sambil menimbulkan infeksi hingga kulit seperti korengan sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter kulit. 

Tapi di masa pandemi ini memeriksakan diri ke dokter di rumah sakit rasanya beresiko ya. Gimana donk solusinya? Belajar dari pengalaman, 3 minggu lalu suami sakit batuk dan si kecil saya kehabisan obat asma, kami konsultasi via online ke dokter di HALODOC.

HALODOC


HALODOC adalah aplikasi platform komunikasi yang memfasilitasi interaksi antara dokter dengan pengguna, memudahkan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menemui dokter kapan saja dan dimana saja. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan tahun 2016. 







Halodoc bekerja sama dengan rumah sakit dan apotik terpercaya. Untuk pengiriman obatpun mudah karena Halodoc bekerja sama dengan Gojek.  

Salah satu rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc adalah Mayapada Hospital. Mayapada Hospital merupakan salah satu rumah sakit swasta terbaik dengan pelayanan kesehatan berstandar internasional. Mayapada Hospital  didirikan oleh Mayapada Healthcare Group pada 1 Juni 2008. 
Mayapada Hospital bekerjasama dengan National HealthcareGroup (NHG) Singapore yang merupakan ahli dalam bidang manajemen rumah sakit, NHG Group bertanggung jawa dalam manajemen-manajeman rumah sakit peringkat dunia seperti National University Hospital (NUH), Tan Tock Seng Hospital dan John Hopkins Singapore. 

Dengan para dokter dan profesional kesehatan terbaik yang berkomitmen dalam bidangnya masing-masing. Mayapada Hospital telah mempunyai nama dan reputasi yang baik dan telah terpercaya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi. 




3 komentar

  1. aku termasuk yang kulitnya kering banget..semenjak melahirkan sempat ada eksim di tangan dan kaki. Alhamdulillah skrg udah nggak lagi. Itu juga entah kenapa >.< mungkin karena stres tapi aku nggak ngeh kali ya mba. Makasih infonya mbaa Rin

    BalasHapus
  2. Anakku yang bungsu paling sensitif kulitnya, Mbak Santi. Biasanya sering mandi aja, atau kalau mentok ya pakai salep. Tapi salep kalau asal-asalan ya bahaya juga. Untung ada Halodoc bisa konsultasi online dan janjian di rumah sakit yang dikehendaki karena udah kerja sama ya. Praktis apalagi pas pandemi gini.

    BalasHapus
  3. selama WFH ini jadi suka lupa merawat kulit terutama kulit wajah..malas dandan.. hiks.hiks..

    BalasHapus