Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 15 April 2020

DIY Alas Foto untuk Food Photography

Assalamualaikum, apa kabar teman – teman semoga sehat dan selalu dalam lindungan Allah swt. 

Alas_foto



Masih #dirumahaja sebagai bentuk kita membantu melawan penyebaran  Covid – 19. Kalau merasa bosan itu biasa, manuasiawi. Salah satu cara untuk mengusir rasa bosan dan jenuh #dirumahaja bisa dengan membuat sesuatu, semacam kerajinan atau prakarya, istilah kerennya DIY, Do It Yourself.



DIY apa aja sesuka hati, pokoknya yang membuat kita bergerak dan berpikir aktif biar ga stress menghadapi situasi dan berita, selain tentu saja berdoa, memohon pada yang Maha Kuasa agar kita semua diberi kekuatan menghadapi wabah ini dan wabah cepat berlalu. Aamiin.

Di post blog kali ini saya akan berbagi cara membuat alas foto untuk food photography.  Versi youtube bisa tonton di sini, jangan lupa klik dan subscribe, kalau udah subs komen di post ini biar saya subsback hehehe.




Video DIY ini saya buat sekitar akhir tahun lalu tapi ya begitu godaan bikin konten youtube, semangat bikin videonya malas ngeditnya. Jadilah baru kelar sekarang.

Alasan saya membuat sendiri alas foto karena hemat. Harga alas foto untuk food phography kisaran 100 hingga 350 an ribu, tergantung bahan. Yang 100 ribuan berbahan dus/duplek tebal dan printing. Alas foto dari bahan multiplek kisaran 150 ribuan, dari kayu jati belanda 200 ribuan an, dari jati asli 300 ribuan lebih.




Alasan kedua saya DIY karena Pak suami hobi bikin – bikin dari  kayu jadi alat tukangnya lengkap. Jadilah sekalian memanfaatkan *eh*.

So, dengan modal sekitar  100 ribu saya bisa dapat dua alas foto dengan 4 sisi berbeda berbahan kayu jati belanda.

Alas Foto Jati Belanda


ini lho papan jati belanda


Untuk ukuran alasan foto sendiri tidak ada ukuran standar, tergantung kebutuhan. Yang dijual di pasaran pun beragam. Papan kayu jati belanda ini bisa dibeli di toko kayu pinggir jalan (saya menyebutnya toko kayu Madura karena penjualnya rata – rata orang Madura hehehe).


toko kayu pinggiran jalan langgan pak suami


Harga kisaran 20 sampai 25 ribu dengan ukuran 135 X15 cm. Oh ya saat membeli papan kayu sebaiknya sekalian minta diamplas dan dipotong sesuai kebutuhan biar di rumah ga repot potong – potong.

Karena saya membuat alas foto dengan ukuran 80 X 60 dan 50 x 60, dibutuhkan 3 papan kayu jati belanda. Satu papan saya bagi 2, ukuran 80 dan 50.

Bahan yang dibutuhkan;
3 papan kayu Madura
balok kayu ukuran 60 cm
cat kayu atau politur
kuas
paku dan bor

Cara membuat
Tiga papan disusun dan direkatkan dengan balok kayu seperti ini yang juga dibeli di toko kayu Madura.  Paku balok kayu ke papan.  Lalu cat dan keringkan kurang lebih setengah hari di bawah sinar matahari.



potong sesuai ukuran yang kita inginkan lalu rekatkan
penampakan setelah dipaku dengan balok

Bedanya cat kayu dan cat politer, cat kayu pilihan warna lebih banyak sedangkan cat politur hanya tersedia warna – warna kayu yang alami, garis kayu terlihat jelas. Harga cat kayu ukuran kecil 12 ribu. 


cat dengan warna sesuai selera

Sedangkan cat politur merk propan kisaran 60 ribu (ukuran kaleng jadi bisa untuk berkali – kali pakai atau untuk sekalian mengecat kusen rumah hehehe).


satu sisinya saya cat dengan warna hitam campur putih, jadinya abu - abu



Alas foto dari multiplek
Papan multiplek bisa dibeli di toko kayu Madura dengan ukuran seadanya, karena ini bahan sisa jadi dijual dengan ukuran seadanya. Harga kisaran 30 – sampai 60 ribu tergantung ukuran.


cat dengan politur
Membuat alas foto dengan papan multiplek lebih mudah tinggal dicat. Satu sisi saya cat dengan cat kayu hitam gradasi putih, cara mengecatnya tumpahkan sedikit cat di beberapa permukaan papan lalu tekan – tekan dengan spon agar merata. Karena dominan hitam, cat hitam yang lebih banyak.

Sisi sebelahnya saya cat dengan politur warna kayu jati.


Alas foto dari kayu sono keling
Kalau ini kayu sisa saat pak suami membuat kursi yang merangkap rak sepatu tahun lalu. Jadi ceritanya Pak suami beli potongan kayu ini secara online di daerah Jawa (niat amat ya tapi begitulah kalau hobi), tiap weekend sibuk bebikinan (karena kalau hari biasa ngantor). Karena ini kayu sisa jadi ukuran alas foto seadanya.

cat dengan cat politur


  




25 komentar:

  1. huhuhu aku mupenggg... keren banget alas fotonya, mba rina :*
    waktu itu aku udah incer kayu papan. harga 150 ribu bisa dibagi jadi 2 alas foto. tapi belum sempat kebeli karna kudu diangkut pake mobil suami (surveynya sama mamang ojek). moga kesampean buat eksekusi beneran :D

    BalasHapus
  2. Kereeeen. Kalau saya biasanya print aja langsung mbak heheh. Cari gambar wallpaper shabby2 gitu. Biasaa maunya praktis

    BalasHapus
  3. Iya kalau bikin sendiri memang jatuhnya lebih murah, karena awal dulu banget tahun 2013 aku pernah bikin sendiri. Lalu sekarang mager dan lebih milih beli aja udah.

    BalasHapus
  4. keren banget kamu mba... seniat itu bikin alas foto buat kebutuhan konten foto food photography.. keren banget kamu

    BalasHapus
  5. Alas foto yang keren memang bisa banget menunjang foto jadi lebih kece hasilnya ya. Sukak deh dengan alas foto yang kesannya vintage gitu dari kayu yang berserat..

    BalasHapus
  6. Mak Rina, ini keren bangeeettt
    Ya ampyuun ternyata dirimu sungguh multi-talenta euy!
    Saluuuut!

    BalasHapus
  7. Kalau pakai alas foto kayak gini memang lebih awet juga ya mba. Makasih idenya mba. Nggak kepikiran :)

    BalasHapus
  8. Alas kayu dengan teksturnya yang jelas seperti ini memang jadi fotogenic ya Mbak. Kesannya alami dan lembut.

    BalasHapus
  9. Alas foto grafi ini sangat menentukan sekalinya jadi menarik banget ini makanan gitu aku jadi ngiler

    BalasHapus
  10. Uhuuyy kece banget mbak, malah lebih bagus gtu bikin dr kayu asli gak dr kertas bahan alas biasanya. Ntr kalau pandemi kelar dan ada kesempatan mu bikin jg ah :D
    Itu poto terakhir cakep mbak :D

    BalasHapus
  11. Alur kayunya bagus ya mba disini agak susah Cari kayu2an gitu klo beli on-line jauuh y mesti daerah jawa utk dotin kayu yg asli

    BalasHapus
  12. Suka sama alas foto model kayu2 gini.. bikin sendiri bisa banget ya.. pengen nih bikin yang natural banget gt

    BalasHapus
  13. Boleh juga nih idenya. Aku masih suka mikir dua kali beli alas foto. Alasan utamanya ya soal harga itu hihi

    BalasHapus
  14. Wah alas fotonya asli cakep banget mbak Rin, kukira piringnya di atas meja jati beneran lho itu..

    BalasHapus
  15. Mba mantap sekalu ini sampe bikin loh kukira cuman kertas gambar print gitu loh ternyata asli yah dari kayu totalitas bangetvsaluttt

    BalasHapus
  16. Orang kreatif emang keren. Alas foto bisa bikin sendiri, malah kalo bisa sekalian dijual aja mbak. Cakep gt, pasti laku dah

    BalasHapus
  17. Hebat nih bisa tau jenis-jenis kayu, aku mah mana tau heheh ebiasanya cuma tau beli aja, trus nanya deh ini kayu apa

    BalasHapus
  18. Duh, fotonya cakep2.. Ambil ilmunya aah. Akubjg suka foto makanan.. Tp kadang sedihnya tuh ada aja yg bilang pamer. Jd agak down kadang moto2

    BalasHapus
  19. Jadi cantik banget ya foto-foto makanan kita kalau pakai alas yang kece gini ya mba. Makin menggugah selera ketika memandang foto tersebut.

    BalasHapus
  20. Waah....keren!
    Temenku juga ada yang profesinya profesional photography. Di rumahnya betebaran alas foto kece-kece kaya gini.
    Ternyata aku baru paham, bahwa kita mesti mengenal jenis kayunya dulu ya...biar motif catnya sempurna.

    BalasHapus
  21. Kece semua ide bikin alas foto. Aku sebatas wacana aja nih, belum terealisasi

    BalasHapus
  22. aku baru mau dibuatin ama sudara habis lebaran ini, karen ai bisa bertukang dan sedang akan bertukang di rumah, ide yang bagus kan yah mba, kayu bekaspun gak apa

    BalasHapus
  23. Kreatif sekali Mak bebikinan begitu. Bisaan juga bikinnya. Kalo aku pasti ngandelinn orang lain.

    BalasHapus
  24. Jadi pengen bikin begituan juga. Karena selama ini masih ngasal buat motret motret. Makasih tipsnya Mak.

    BalasHapus
  25. Aku salut banget tuh sama orang yang punya hobi melakoni DIY.
    Multi talenta memang nih mba Rina.

    BalasHapus

find me