Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 12 November 2019

Konektivitas Moda Transportasi Indonesia


Nonton potongan acara Ini Talk Show Net  di timeline Instagram, pas yang jadi  bintang tamu pak Wishutamana. Teman – teman pastilah tahu siapa beliau, Yap (mantan) CEO Netmediatama yang kini jadi menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dalam wawancaranya beliau menyebutkan target Pariwisata menjadi devisa negara nomor satu. Itu bukan hal mustahil lho bahkan saya optimis target ini bisa terwujud. Pertama, karena kekayaan alam dan budaya Indonesia melimpah dari Sabang sampai Merauke, dan komplit dari wisata laut, pantai, pegunungan, geopark, sawah, ladang dan budaya.  Kedua, perkembangan dan kemajuan  moda transportasi  saat ini memudahkan wisatawan lokal maupun asing mengakses tempat wisata, dan ini sudah saya buktikan.

Transportasi dulu dan sekarang

Mungkin teman – teman ada yang mengalami jamannya naik KRL Jabodetabek itu horor, sekitar tahun 2013 ke bawahlah ya. Hampir semua  stasiun pemberhentian tidak ada papan nama stasiun, buat pendatang seperti saya ya bingung  kalau kelewat ngitung berapa stasiun yang sudah dilewati hahaha. Ga kebayang bawa anak balita naik KRL kalau ga ditemani suami, takuttt….

Tapi itu dulu, sekarang naik KRL sudah nyaman, aman dan bersih. Istilahnya kalau di stasiun mau selonjoran selagi nunggu kereta datang tetap nyaman.  Bahkan sekarang naik kereta ke luar kota seperti  Bandung atau Sukabumi, saya berani bawa anak – anak walaupun tanpa ditemani suami.

Rabu, 06 November 2019

Mengenali Keterlambatan Bicara pada Anak

Mengenali  Keterlambatan Bicara pada Anak

Beberapa bulan lalu Ibu  saya dibuat khawatir karena cucu ke - 4 nya sampai 1.5  tahun belum mampu mengucapkan satu kata pun,  hanya mengoceh tak jelas. 

"Kenapa ya, Mama punya anak 5 belum setahun udah bisa ngomong satu dua kata.  Cucu mama yang lain juga begitu."
"Ada masalah sama pendengaran kali," ujar saya. Saya dan Ibu tinggal di beda kota. 
"Nggak," jawab Ib  tegas."Kalau dipanggil nengok, diajak becanda ngerti. diajak ngobrol juga ngerti.  misal di suruh duduk ya duduk. Ngerti kata makan, lari, cium."

Kekhawatiran Ibu menular pada saya. Kalau ke Bandung dan ketemu ponakan saya suka memperhatikan mata dan kefokusannya karena khawati ada gangguan perilaku. Tapi ternyata si anak fokus dan matanya balik menatap apalagi kalau diajak becanda.

Jumat, 01 November 2019

Oleh – oleh kekinian dari Kota Bogor

Oleh – oleh  dari Kota Bogor

Post blog ini masih ada hubungannya sama acara Jelajah Gizi Bogor yang saya ikuti pertengahan bulan Oktober lalu yang  liputan pernah saya tulis di Jelajah Gizi Bogor; Aksi Kita Menentukan Masa Depan.


Sejalan dengan tema Hari Pangan Sedunia yang jatuh tanggal 16 Oktober, yaitu Aksi Kita Menentukan Masa Depan, Jelajah Gizi Nutricia – Sarihusada eksplorasi potensi pangan Kota Bogor dan mendorong implementasi healty diets untuk Bumi dan Masyarakat yang lebih sehat.

Jelajah Gizi Bogor 

Selain menjelajah makanan khas daerah, dari mulai icip –icip kuliner di sepanjang jalan Suryakencana kita juga mengunjungi perkebunan Boja Farm, melihat bagaimana proses penanaman, mengunjungi perkebunan Talas, umbi – umbi an khas Bogor dan pengolahan beragam camilan dari buah Pala. Yap, Jelajah Gizi ga sekedar icip – icip, peserta diajak langsung melihat bagaimana proses makanan sampai ke tangan konsumen, dari mulai penanaman, pengolahan dan penyajian. Dan yang tak kalah penting mengetahui kandungan gizinya, dengan narasumber yang menemani sepanjang acara Jelajah Gizi berlangsung Prof. Ahmad Sulaeman, pakar gizi dan ketahanan pangan IPB.

Boleh baca Jelajah Gizi Bogor; Aneka olahan buah pala, oleh - oleh khas kota Bogor
Di 2 blog post sebelumnya saya menuliskan kuliner khas daerah, kali ini kuliner kekinian yang menjadi oleh – oleh kota Bogor.  Istilah kekinian saya ambil karena makanan ini bisa dibilang bercitarasa western yaitu roti, cake dan pasta.

Sejalan dengan yang  diungkapkan Prof Ahmad; Pola konsumsi masyarakat memang berubah – rubah sesuai dengan perkembangan jaman. Yang penting adalah menyadarkan masyarakat bahwa pola makan yang sehat merupakan hal yang dapat diakses dan didapatkan secara mudah.

Minggu, 27 Oktober 2019

Dengan GoLife #PastiAdaJalan

Dengan GoLife #PastiAdaJalan

Tidak punya art tapi pekerjaan rumah selesai, bisa ngeblog, sesekali ikut event blog, rutin kumpul arisan sebulan sekali, ngurus taneman, menjahit dan belajar motret?  Bisa donk! Kan ada GoLife.





Kamis, 24 Oktober 2019

Jelajah Gizi Bogor 2019, Aksi Kita Menentukan Masa Depan

Jelajah Gizi Bogor 2019,  Aksi Kita Menentukan Masa Depan


Foto dokumentasi Dadang Triippo

Sejujurnya sempat maju mundur ikut seleksi Jelajah Gizi 2019 ini  karena destinasinya kota Bogor, yang secara geografis tidak jauh dari tepat saya tinggal di kab. Bogor. Ehm seru ga ya? Lagipula kuliner Bogor rasanya udah nyoba semua dech secara pernah beberapa kali main ke kota Bogor .

Ehm tapi kan ini beda, selain kuliner pasti ada misi lain, dengan teman – teman berbeda pula (yang kebanyakan belum saya kenal), pastinya jadi pengalaman baru. Jadilah mulai post foto di tanggal 10 pas deadline, eh ternyata diperpanjang sampai tanggal 12. Alhamdulillah sempat posting 3 foto untuk seleksi ini.

Daannnn…ternyata walaupun di Bogor, keseruan, petualangan dan inspirasinya diluar ekspektasi. Penasaran seperti apa? Yuk lanjut baca blog post ini.

Tentang Jelajah Gizi

Sebelum ngebahas keseruan dan beragam kisah inspiratif Jelajah Gizi Bogor 2019, saya mau menjelaskan tentang apa itu Jelajah Gizi dan tujuan dari Jelajah Gizi yang diadakan sejak tahun 2012.  Jelajah Gizi adalah kegiatan  tahunan yang digagas dan diselenggarakan Nutricia – Sarihusada (grup Danone) yang mengajak Blogger, jurnalis dan pegiat media sosial untuk mengulik makanan lokal beserta sejarahnya, mengulas gizi dan pangan lokal sehingga mereka dapat menyebarkan informasi terkait potensi pangan lokal ke masyarakat luas.

Tahun ini Jelajah Gizi  yang ke – 7, setelah sebelumnya menjelajah berbagai daerah di Indonesia seperti Gunung Kidul (Jawa Tengah), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Denpasar (Bali), Menado (Sulawesi Utara), Malang (Jawa Timur) dan Semarang (Jawa Tengah).

Rabu, 23 Oktober 2019

Aneka Olahan Buah Pala, Oleh - Oleh Khas Kota Bogor

Aneka Olahan Buah Pala, oleh - oleh khas kota Bogor   buatan Kelompok Wanita Tani kampung Buntar Muarasari Bogor.

Jelajah Gizi hari kedua kami mengunjungi Kelompok Wanita Tani kampung Buntar Muarasari Bogor. Sesuai tema Jelajah Gizi hari ke-2 yaitu melihat langsung proses pengolahan pangan. Kelompok Wanita Tani di sini  mengolah buah pala menjadi beragam makanan dan minuman sebagai oleh – oleh khas kota Bogor dengan merk Mysari.

Keseruan Jelajah Gizi Bogor 2019 secara lengkap bisa baca di Jelajah Gizi Bogor 2019, Aksi Kita Menentukan Masa Depan 

Foto dokumentasi Dadang Trippo

Beberapa produk olahan pala KWT kampung Buntar Muarasari adalah permen pala, sirup pala, minuman pala dan manisan pala basah.


Peserta Jelajah Gizi diajak melihat langsung proses pembuatan permen pala.

Membuat permen pala
Foto dokumentasi pribadi/rinasusanti


Pada kunjungan ini Prof Ahmad Sulaeman, pakar gizi dan keamanan pangan IPB, yang menjadi narasumber selama Jelajah Gizi berlangsung,  memaparkan Indonesia adalah menyumbang 60% kebutuhan pala dunia, dua kota di Jawa Barat pengekspor biji pala adalah Bogor dan Sukabumi. Minyak dari biji pala digunakan untuk berbagai macam campuran dari parfum hingga minuman. Itu sebabnya biji pala dihargai cukup tinggi dan diekspor. Daging buah pala mengandung banyak serat dan dapat mengobati Insomnia, lanjut Prof. Ahmad.

Senin, 21 Oktober 2019

Empat Kuliner Legendaris kota Bogor

Jelajah Gizi Bogor 2019; Empat  Kuliner Legendaris kota Bogor

Empat kuliner legendaris kota Bogor ini harus teman - teman coba jika berkunjung ke Bogor

Foto dokumentasi Dadang Tri Ippo

Jalan – jalan ke suatu daerah rasanya belum afdol kalau tidak mencicipi kuliner khasnya. Walaupun mungkin makanan sejenis ada di kampung halaman tapi pasti ada satu hal yang membedakannya, yaitu citarasa. Citarasa ini menjadi unik karena makanan dengan nama sama di daerah berbeda, menggunakan racikan bumbu yang berbeda atau ada beberapa dari campuran makanan itu yang berbeda.


Tentang keseruan Jelajah Gizi Bogor secara lengkap teman – teman bisa baca di Jelajah Gizi Bogor 2019, Aksi Kita Menentukan Masa Depan


Contohnya Soto. Banyak daerah di Indonesia memiliki masakan bernama soto, tapi soto bandung jelas berbeda dengan soto betawi, berbeda jauh dengan soto mie bogor, beda banget dengan soto (coto) makasar, beda juga dengan soto lamongan. Di Bogor ada dua jenis soto yang terkenal yaitu soto mie dan soto kuning.

Jadi gak berlebihan  kalau dibilang Indonesia ini sangat kaya dengan keanekaragaman, bukan hanya budaya juga citarasa dalam masakan.

Minggu, 13 Oktober 2019

Liburan Kemanapun jadi Gampang dengan Traveloka Experience

Liburan kemanapun jadi gampang dengan Traveloka Experience.

Mau liburan kemana? Liburan ga harus nunggu musim liburan panjang sekolah anak – anak lho, apalagi kalau liburannya dalam kota, atau ke luar kota yang deket – deket, bisa saat weekend. Terlebih sekarang ada aplikasi Traveloka yang membuat liburan makin mudah dan praktis, dari booking penginapan, pesan tiket tempat wisata dsb. 


Kuliner-Bandung
Berangkattt....

Selasa, 08 Oktober 2019

Takaran Mengonsumsi Air Putih Hangat yang Tepat Bagi Penderita Ginjal Kronis

Mengonsumsi air putih apalagi dalam kondisi hangat sangatlah dianjurkan oleh para tabib zaman dahulu. Berdasarkan penelitian para ahli, ada banyak manfaat mengonsumsi air hangat yang akan dirasakan oleh setiap manusia, seperti menurunkan berat badan, meringankan hidung tersumbat, mengobati sembelit, meredakan stres, dan nyeri saat menstruasi.





Raja Ampat Destinasi Wisata Favorit

Julukan ‘surga bawah laut’ memang patut diberikan kepada Raja Ampat sebagai destinasi wisata favorite para penyelam dunia. Bagaimana tidak? Dengan perairan yang begitu jernih, kekayaan hayati yang luar biasa, dibarengi oleh budaya lokal masyarakat yang masih kental membuat siapapun akan berdecak kagum. Wisata Raja Ampat tidak hanya menjadi kebanggaan Indonesia, melainkan juga menjadi destinasi impian para wisatawan mancanegara.

Raja Ampat

Terdiri dari gugusan 1.500 pulau besar dan kecil, rasanya belum sah apabila kita tidak menyempatkan diri untuk bereksplorasi di beberapa pulau yang ada disana ketika tengah berkunjung ke Raja Ampat. Meskipun biaya akomodasi menuju Raja Ampat tergolong mahal dan jangka waktu perjalanan yang cukup panjang, tentunya semua itu akan segera terbayarkan setibanya anda disana.


Kamis, 03 Oktober 2019

Memasak menjadi Praktis dengan Happycall Titanium Double Pan

Happycall Titanium Double Pan Asli 

Mulai menikmati masak memasak, mencoba pratik beragam resep sejak menikah dengan pertimbangan lebih hemat, kebersihan terjamin dan sehat. Walaupun menikmati masak, masakan yang sering dipraktikan yang praktis, simple dan tidak memerlukan waktu banyak. Selain karena tidak ada yang bantu – bantu alias art, saya termasuk bu Ibu yang banyak maunya dan sok sibuk. Mau tetap ngeblog, mau motret hasil masakan untuk konten blog dan Ig, mau menjahit, mau berkebun.


Happycall-asli
Happycall terbaru berwarna coklat 

Salah satu peralatan memasak yang ingin saya miliki agar proses memasak apapun jadi praktis, simple dan  enak adalah Happycall. Inget banget waktu pertama kali  Happycall booming di Indonesia, beberapa tahun lalu, yang penawarannya di televisi  dibarengi demo masak. Happycall tidak hanya bisa untuk menumis dan menggoreng, juga memanggang beragam lauk, membuat kue (cake dan martabak).  Impian banget deh punya Happycall.

Hari sabtu kemarin (28 September 2019) Happycall mengadakan demo memasak sekaligus launcing Happycall di Indonesia pada acara   1 tahun Anniversary Komunitas Sahabat Ibu Pintar (SIP) di Lippo Mall Kemang. 


Launching Happycall di acara 1 tahun Sahabat Ibu Pintar

Mungkin teman – teman ada yang bertanya, kok lauching Happycall, bukannya Happycall sudah ada sejak dulu?  Ternyata sejak tahun 2017 hingga pertengahan 2019 Happycall tidak beredar di Indonesia. saya pun baru ngeh, pantesan udah jarang lihat penawarannya di home shopping di televisi.

Minggu, 29 September 2019

Menemukan Inspirasi Rumah di Informa

Menemukan  Inspirasi Rumah di INFORMA

Inspirasi rumah di Informa

Rumahku istanaku, rumahku surgaku. Ungkapan – ungkapan  yang menggambarkan bagaimana sebuah rumah memiliki arti lebih dari sekedar tempat berteduh dari panas dan hujan.  Walaupun tentu kriteria rumahku istanaku berbeda untuk setiap orang. Untuk saya sendiri rumah yang kini saya dan keluarga tempati, udah memenuhi kriteria istana versi saya, walaupun dekorasi rumah masih sederhana, ukurannya 4L, loe lagi loe lagi hehehe. Sudah lebih dari cukup…

Minggu, 22 September 2019

Susu Pertumbuhan Anak

Pentingnya Susu Pertumbuhan Anak 

Membiasakan anak - anak tetap minum susu pertumbuhan walaupun usia mereka sudah di atas 7 tahun, bagi saya bukan tanpa perjuangan lho. Apa sebabnya? Karena begitu menginjak usia sekolah mereka mulai ogah - ogahan minum susu dengan alasan bosan dan udah gede. 


"Aku kan bukan anak kecil lagi, masa minum susu terus."

Tantangan lain, saya lupa mengingatkan mereka untuk minum susu. Yap tidak seperti saat usia mereka batita, mereka punya jadwal khusus minum susu dan saya yang membuatkan. Jadi kalaupun saya lupa jadwal minum susu mereka, mereka yang mengingatkan. Mulai usia 6 tahun mereka belajar mandiri, termasuk menyiapkan makanan dan minuman. Otomatis tugas saya menyiapkan susu, sudah tidak saya lakukan. Karena susu bukan merupakan kebutuhan pokok, mereka pun kerap lupa minum.

Anak tumbuh dan berkembang hingga usia belasan tahun, meskipun bertumbuhannya lebih lambat dari masa bayi, mereka memerlukan kebutuhan nutrisi dan gizi yang tinggi karena aktivitas mereka pun sudah banyak dan padat, salah satu sumber alternatif untiuk memenuhi kebutuhannya adalah susu pertmbuhan anak.   Di sisi lain, mereka mulai kenal beragam makanan, mulai memilih - milih makanan yang disukai dan tidak disukai, dan mulai suka jajan.


Sabtu, 14 September 2019

Belajar Hal Baru di Usia 40

Belajar memasak belajar menjahit berkebun

Alhamdulillah wa syukurillah, masih diberi kesehatan, kenikmatan iman dan islam di usia yang tidak bisa dibilang muda, 40 +. “Hah 40 lebih? Kok ga keliatan?” Dikeplak pembaca hahaha.


Belajar-menjahit
Belajar menjahit




Btw, usia boleh 40 +ya tapi semangat belajar kok malah naik. Sebenarnya keinginan belajar ini itu timbul saat usia 35 an.

Walaupun kini yang dipelajari lebih banyak tips dan trik menghadapi masalah dalam kehidupan, biar tetap strong, happy dan produktif hahaha. Belajar masak, belajar jahit, belajar motret, berkebun. Biar tetap waras di tengah tumpukan cucian, dampingin anak – anak belajar, dan pengen tetap eksis di dunia perbloggeran.

Jumat, 30 Agustus 2019

Film Bumi Manusia Pramoedya Ananta Toer

Tentang  Film Bumi Manusia Pramoedya Ananta Toer





Akhirnya nonton film Bumi Manusia yeayyy walaupun telat 10 hari  dari tayang perdananya Pengennya nonton berdua sama pak suami tapi anak – anak ga ada yang jagain akhirnya, sorangan. Pak suami jaga anak – anak di rumah sambil ngeband (hobinya). 

Film yang sudah saya ditunggu –tunggu belasan tahun lalu. Yap  sejak baca buku ini jaman kuliah saya dan teman – teman di klub baca buku Pram suka ngobrol bagaimana ya kalau buku ini di film kan? Pasti luar biasa kalau yang bikinnya jenius. Isu buku ini mau di filmkan santer saat  film cau Baukan (diangkat dari novel Remy Silado), menuai respon positif di masyarakat. Tapi kemudian isu ini menguap dengan kabar Pram tidak memberi ijin Bumi Manusia difilmkan. Alhamdulillah tahun lalu adakabar Hanung Bramantyo bakal membuat film ini.




Oh ya seperti buku Pram lain, buku ini tidak sekedar fiksi, tapi semi fiksi atau disebut fiksi sejarah. Dan sosok Minke adalah Raden Mas Tirto Adhi Soerjo , pionir jurnalis Indonesia.

Resensi buku Bumi Manusia pernah saya tulis di Resensi Buku Bumi Manusia 




Langsung ga sabar nunggu donk, siapa coba yang meragukan kemampuan Hanung bikin film. Visualisasinya selalu total seperti saat saya nonton Kartini atau Sang Pencerah. Trus siapa yang jadi Minke? Iqbaal yang main film Dillan. Agak gimana gitu karena khayalan saya tentang sosok Minke ya seperti deskripsi Pram, wajahnya ya Jowo hahahaha. Tapi seperti Hanung bilang bahwa film ini juga menyasar kaum milennial, yang tidak tahu buku – buku Pram atau mungkin ga kenal juga siapa Pram, jadi artisnya harus disesuaikan. Dan Iqbaal bisa dibilang mewakili aktor dari kaum milennial setelah sukses dengan film Dillan.

Selasa, 13 Agustus 2019

Tip Mencegah Osteoarthritis Sejak Dini

Satu dari sekian banyak hal yang saya sukuri adalah melihat kedua orang tua sehat walafiat. Senang dan haru  setiap pulang kampung  melihat mereka bersemangat jika diajak jalan bareng cucu – cucunya, atau sebaliknya mereka semangat  mengajak jalan – jalan cucunya.

Hal yang menggembirakan  lain, sudah beberapa tahun terakhir ini ibu dan bapak juga rajin olah raga, minimal seminggu sekali jalan kaki pagi hari untuk olahraga. Bapak saya juga sudah berhenti merokok, tubuhnya nampak lebih bugar dan segar.

Ibu yang selalu semangat menemani
Cucu cucunya jalan jalan

Salah satu pemicu mereka makin rajin olahraga adalah karena sakit yang sempat Ibu lami. Bertahun – tahun lalu lutut Ibu sempat sakit hingga susah ditekuk. Waktu itu Ibu tidak pernah cerita seberapa sakitnya mungkin karena khawatir terhadap kami, setelah sekarang agak baikan baru ibu cerita kalau dulu lututnya sangat sakit hingga menangis secara sembunyi – sembunyi dari kami, Ibu hanya mengeluhkan sakitnya saat sholat malam, memohon pada yang kuasa agar  diberi kesembuhan dan keikhlasan menerima rasa sakitnya.

Jumat, 09 Agustus 2019

[DIY] Tote Bag dari Kain Kanvas

DIY Tote bag  dari kain kanvas

DIY Tote bag

Assalamualaikum teman, apa kabarnya hari ini? Semoga tetap semangat menjalani rutinitas. Saya sedang semangat menjahit nih hehehe. Bermula dari spontanitas bilang ke suami ingin bisa jahit. Suatu hari tukang barang bekas  lewat bawa mesin jahit jadul langsung dibeli Pak Suami. Namanya barang bekas jadul, pakenya penuh perjuangan, berkali - kali diservice tetap aja lelah memakainya.  Dari benang yang sering putus, jarum meloncat - loncat sampai mesin jahitnya sendiri rontok hahaha.

Boleh Baca DIY cover galon dan cover kulkas 

Alhamdulillah tahun lalu dibeliin mesin jahit baru, bukan dibeliin sih tapi minta dibeliin dan suami ga bisa nolak karena dia beli alat musik buat hobinya. Lha bu istri iri donk, jadi ya harus dibeliin hehe.

Boleh Baca DIY Gorden Kolong Dapur

Btw, bikin tote bag ini mudah banget. Tips untuk teman - teman penjahit pemula seperti saya jika mau praktik membuat craft saya sarankan beli kain perca agar murah dan bisa dapat motif beragam. Belinya bisa online di Tokped atau IG.

Tutorial versi youtubenya bisa dilihat di sini


Sabtu, 27 Juli 2019

Insto Dry Eyes Teman Setia Pejuang Konten Mengatasi Mata Kering, Bye Mata Kering!

Insto Dry Eyes Teman Setia  Pejuang Konten Mengatasi Mata Kering, Bye Mata Kering!

Yakin kuat tidak buka handphone selama 24 jam saja dengan sukarela? Bukan karena handphone rusak atau nggak ada kuota ya hahaha.

Kalau saya sih nggak kuat karena selalu ada peluang yang sayang jika dilewatkan. Peluang transaksi via WA atau olshop. Peluang tawaran review,  endorse di grup WA Blogger, media sosial atau email. Belum kalau ga masak, harus handphone-an biar pesan online. Urgent banget ya si handphone ini.


Insto dry eyes teman setia pejuang konten

Jumat, 12 Juli 2019

Museum Gedung Sate Bandung

Berkunjung ke Museum Gedung Sate Bandung



Salah satu ide mengisi liburan sekolah adalah mengajak anak – anak mengunjungi museum. Selain edukatif wisata ke museum bisa dibilang ramah di kantong karena  tiket masuknya murah dan terletak di tengah kota.

Liputan versi vlog bisa tonton di sini 


Untuk teman – teman yang tinggal di kota Bandung dan sekitarnya atau yang sengaja wisata ke kota Bandung jangan lewatkan mampir ke museum Gedung Sate plus menikmati sajian kopi dari tanah Jawa Barat di sini. Yap, tepat di samping loket masuk museum ada kedai kopi yang cukup cozy lho. Harga secangkir kopinyanya kisaran 20 ribuan. 

Jumat, 28 Juni 2019

Berburu Barang Lawas di Pasar Barang Antik Cikapundung Banceuy Bandung

Berburu Barang Lawas di  Pasar Barang Antik Cikapundung Banceuy Bandung.

Rekomendasi jalan - jalan anti mainstream di kota Bandung.

Vlognya bisa ditonton di sini 




Assalamualaikum teman – teman, ada yang suka barang – barang lawas?


Dipilih - dipilih 

Jumat, 21 Juni 2019

Morinaga Allergy Week 2019; Alergi Tetap Berprestasi

Assalamualaikum, 
Tahukah teman – teman jika setiap tahun ada peringatan World Allergy week yang merupakan program tahunan inisiasi World Allergy Organization (WAO) yang tahun ini diselenggarakan pada tanggal 7-13 April 2019 dan mengusung tema "The Global Problem of Food Allergy".

Peringatan yang tak lain untuk mengingatkan jika masalah alergi, terutama pada anak, bukan hal yang bisa disepelekan karena bisa menghambat tumbuh kembangnya. World Allergy Organization (WAO) menyatakan bahwa tema World Allergy Week tahun ini berangkat dari fakta bahwa masalah alergi telah menjadi masalah global. Kondisi alergi terkait makanan, bisa berbeda antara satu individu dengan individu lainnya. Oleh karena itu, alergi adalah topik yang perlu diedukasikan secara rutin untuk orang tua, agar mereka mengerti kalau pada dasarnya alergi dapat diatasi dan dicegah walaupun anak mewarisi bakat alergi dari orangtuanya.

Saya memiliki beberapa pengalaman tidak menyenangkan terkait alergi yang pernah dialami kedua anak saya, dari sering bolak balik ke dokter kulit, si kecil yang rewel karena ruam dan terakhir yang membuat saya terkejut ketika si kecil didiagnosa asma setahun yang lalu, saat usianya 6 tahun.


Jumat, 14 Juni 2019

Edu Wisata ke Sea World Ancol

Menikmati Aneka Keindahan Hewan Laut di  Sea World. Saya pernah mengajak si sulung ke Sea World saat usia si sulung belum genap 3 tahun dan belum ada adik. Jadi rasanya ga adil kalau ga ke sana lagi, karena adik belum pernah melihat Sea World hehehe. 

Oh ya ada yang baru lho  di Sea World Ancol terhitung sejak tahun 2018 lalu  yaitu Jellyfish Sphere, ruangan khusus dengan aquarium - aquarium raksasa berisi aneka spesies ubur - ubur.

Ini ubur - ubur, unik ya
Depan aquarium Jellyfish 

Review Sea World versi vlog bisa tonton di sini 



Selasa, 04 Juni 2019

Opor dan Ketupat Lebaran



Opor dan Ketupat Lebaran. Seperti tahun – tahun sebelumnya, lupa sudah berapa tahun, sehari menjelang lebaran saya masak komplit, ketupat dan teman – temannya.  Walaupun malam hari lebarannya saya mudik saya masak lebaran di rumah karena lebaran bareng mertu yang karena satu dan hal lain tidak bisa masak jadilah saya masak. Sebenarnya suami dan mertua ga nuntut harus masak menu lebaran tapi karena saya terbiasa sewaktu masih kecil hingga gadis kalau lebaran Ibu memasak komplit jadi lebaran tanpa ketupat rasanya hambar hehehe. Ga dapat gitu suasana lebarannya. Saya masak ga banyak – banyak, ketupat paling banyak 13 buji, opor ayam satu ekor, rendang satu kilo. Sekalian buat ninggalin mertua lauk di rumah sementara saya mudik ke Bandung.

Senin, 03 Juni 2019

Doa dan Harapan di Penghujung Ramadan 1440H


Doa dan Harapan di Penghujung Ramadan 1440 H.


Bersyukur bisa menjalani Ramadan sekaligus sedih Ramadan berakhir, semoga bertemu Ramadan di tahun berikutnya dalam keadaan sehat walafiat sehingga bisa mengikuti ibadah ramadan.

Semoga amal ibadah Ramadan saya dan keluarga di terima Allah swt. Menjadi tabungan kebaikan, menambah ketakwaan dan kecintaan pada Allah swt. Semoga latihan berpuasa anak – anak menjadi jalan mereka untuk takwa kepada Allah swt.

Ada beberapa doa yang diajarkan/dicontohkan Rasullullah pada akhir Ramadan
أَللّهمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَريْمٌ تُحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عنّا
Allahumma innaka afuwwun karim tuhibbul afwa fa’fu anna
Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemberi Maaf dan Maha Mulya, serta mencintai maaf, maka maafkanlah kami.
Atau ;
"Asyhadu allaa ilaha illallah, astaghfirullah.. Asaluka ridhoka wal jannahwa a’uudzu bika min sakhatika wan naar."
Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan Allah, aku memohon ridaMu dan surge, Ya Allah dan aku memohon dihindarkan dari kemurkaan Mu dan Azab neraka.

Saya pun ingin menambahkan doa yang diucapkan nabi Ibrahim AS pada anak – anaknya (Ismail AS dan Ishak AS);

Rabbij’alnii muqiimashshalaati wa mindzurriyyatii rabbana wa taqabbaldu’aai
Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku  orang – orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.

Rabbi hablii minashshaalihiin
Ya Tuhanku anugrahkanlah kepadaku anak yang termasuk orang – orang yang shalih.

Semoga perjalanan mudik saya dan keluarga  ke Bandung besok malam berjalan lancar dan sampai tujuan dengan selamat. Bagi saya tidak momen paling berkesan saat lebaran selain berkumpul bersama Ibu, Bapak, Nenek, adik – adik, Om, Tante dan keponakan.  Semoga Ibu dan bapak saya selalu diberikan kecukupan rejeki dan kesehatan. Aamiin. Aamiin. Ya rabbal alamin.
Berharap juga lomba – lomba resep atau lomba lain yang saya ikuti di bulan Ramadan ini ada yang menang hahahha. Aamiin.
Semoga Ramadan tahun berikutnya (jika umur saya sampai di sana) amal ibadah Ramadan saya lebih baik dari tahun ini.


Minggu, 02 Juni 2019

Momen Terbaik Ramadan Tahun Ini

Momen Terbaik Ramadan Tahun IniBukan Ramadan pertama KAE (7y) belajar puasa, awal – awal puasa dramanya pake banget. Rengekan minta buka puasa padahal baru jam 10 pagi.

Awal puasa jalan jalan ke Sea World

Puncaknya buka puasa karena ngiler sama martabak sisa semalam. Satu lagi buka karena roti tawar. Jadi total 2 kali KAE bolong. Saya sebenarnya tidak terlalu ngepush buat puasa sebulan penuh karena usianya baru 7 tahun jadi saat dia merengek minta martabak dan roti saya kabulkan.

Tapi ada satu momen yang membuat saya dan Abinya haru karena dia tabah menjalani puasa tanpa rengekan padahal cuaca panas dan kami sedang jalan – jalan.

Sabtu, 01 Juni 2019

Kuliner Bandung


Kuliner Saat Lebaran. Mudik, pulang kampung, tidak afdol rasanya kalau ga kulineran, jajan makanan khas daerah atau jajanan kekinian yang lagi ngetrend. Saya mudiknya ke Bandung kulineran yang biasanya saya jajal adalah batagor, tumis oncom Bandung, ketan bakar bumbu oncom.


Kalau mudik juga biasanya jalan – jalan barengan sama keluarga besar, adik, ponakan, ibu dan bapak. Kalau mengajak Ibu dan Bapak kita pilih kulineran yang nyunda. Lidah mereka mah ga bisa move on dari sambal dan lalapan, jadi pilihannya pasti restoran sunda. Sebenarnya saya juga susah move on sih dari citarasa sunda, kalau jalan – jalan seputaran Jakarta danTangsel aja mentoknya makan di restoran sunda kalau ga ada rumah makan padang. Kalau makan pasta – pasta atau yang kekinian kok ga berasa makan ya hahaha.

Ada beberapa rekomendasi tempat jajan di Bandung

Jumat, 31 Mei 2019

Kesibukan di Bulan Ramadan

Kesibukan di Bulan Ramadan. Assalamualaikum. Alhamdulillah masih menjalani puasa dengan lancar dan sehat. Anak – anak sudah tidak mengeluh lapar dan haus. Mereka mulai sadar kayaknya, percuma bilang lapar dan haus, pasti ga diijinin mama buka, kalau pun diijinin ga ada yang bisa dimakan karena mama masaknya habis ashar hehehe.

Teman – teman terutama para Ibu, merasa ga sih kalau saat Ramadan itu lebih sibuk? Kalau saya iya. Padahal kalau dipikir – pikir sama aja ya cuma pindah jadwal makan. Pindah jadwal masak. Lalu apa yang bikin merasa lebih sibuk? Merasa lebih sibuk karena biasa bangun jam 5 atau setengah 5 jadi jam 3, biasa tilawah (baca qur’an) bolong – bolong bahkan hanya pas kelas tahsin aja (itu mah saya) sekarang maksain lebih sering (walaupun masih bolong – bolong) yang jarang tahajud, kini tiap hari nambah jadwal sholat yaitu tarawih. 

Kamis, 30 Mei 2019

Tradisi Lebaran di Indonesia



Tradisi lebaran. Tradisi mudik. Lebaran sebentar lagi…teman –teman yang mudiknya jauh mungkin sudah sampai di kampung halaman atau dalam perjalanan. Dulu, saya suka sekali menonton acara arus mudik di tv, kayaknya seru orang – orang mudik walaupun macet atau desak – desakkan. Maklum rumah saya dan nenek dari pihak Bapak sebelahan, nenek dari Ibu di Purwarkarta, mudiknya hanya selemparan tali jemuran, bisa bolak balik. Saya tinggal di Bandung.

Rabu, 29 Mei 2019

Baju Lebaran, antara Tradisi dan Kebutuhan

Baju Lebaran, antara Tradisi dan KebutuhanTradisi baju lebaran mungkin hanya ada di Indonesia ya teman, eh tapi koreksi bila saya salah. Siapa tahu negara lain yang ada penduduk muslimnya juga punya tradisi baju lebaran.

Bukan baju lebaran :)

Bagi sebagian orang baju lebaran hanya tradisi, tapi bagi sebagian orang adalah sebuah kebutuhan. Anak – anak di panti yatim atau dhuafa, orang – orang dhuafa yang dalam kesehariannya tidak terbeli pakaian – baju yang dipakaipun baju bekas, lebaran jadi momen mereka memiliki baju baru, karena saat lebaran mereka menerima zakat, sedekah atau hadiah  pakaian baru.

Selasa, 28 Mei 2019

Buka Puasa Sama Keluarga atau Teman?

Buka bersama.
Assalamualaikum
Ada berapa undangan bukber Ramadan tahun ini? 2 3 atau lebih dari 5 kali. Jadi inget jaman kerja, jadwal bukber kantor bisa lebih dari 2 kali. Pertama bukber seluruh karyawan, kedua bukber departemen, ketiga bukber sama teman – teman dekat di kantor. Lanjut bukber setelah THR keluar sabil nyari baju diskonan hahaha.


Buka bersama 

Senin, 27 Mei 2019

Make Up Lebaran Super Simple

Make Up Lebaran Super SimpleAssalamualaikum teman – teman, Mama – mama yang tidak bisa make up - an mana suaranya? Tos. Saya beneran ga bisa pake pencil alis, blus on dan sebagainya. Tapi bukan berarti ga make up an, hanya memakai krim wajah (anti aging UV protection), bedak, hand body dan lipstik.

Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan Menggunakan Jasa Print Kaos

Jasa Print Kaos. Halo teman – teman ada yang suka pake baju/kaos kembaran sekeluarga? Saya pernah punya, waktu itu khusus beli kaos seragam sekeluarga, saya, suami dan anak – anak ( 2 anak) karena mau ikut suatu event. Ga gampang ternyata cari kaos seragaman dengan harga bersahabat, bahan adem dan printnya bagus.

Buat teman – teman yang bekerja, biasanya  butuh nih kaos seragam untuk acara – acara kantor seperti family gathering atau training yang diadakan di kantor. Jadi ingat waktu jaman masih ngantor (5 tahun lalu) dalam setahun bisa punya 2 sampai 3 kaos seragam kantor, dari acara training, family gathering atau kaos departemen.


Ngeprint kaos memang terlihat simpel dan mudah, tetapi bila tidak dikerjakan oleh orang yang profesional di bidang print kaos hasilnya tidak maksimal. Hasil print mudah rusak saat pencucian walaupun baru beberapa kali dicuci.

Sebagian besar orang awam biasanya tidak tahu banyak  mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum memutuskan memakai jasa print kaos.

Berikut hal – hal yang harus diperhatikan saat memakai jasa print kaos.

Minggu, 26 Mei 2019

Tips mengajarkan anak – anak berpuasa

Alhamdululillah hingga tulisan ini dipublish si sulung belum bocor puasanya sedangkan adik sudah bocor 2 kali.

Hari – hari pertama Ramadan agak banyak drama dari keduanya. Rengekan lapar, haus, capek dan lemes, terutama adik yang baru kelas 1. Kakak jarang mengeluh makin ke sini malah tidak mengeluh malah menasehati adiknya jika adiknya mengelur lapar dan ingin buka puasa.


Jalan - jalan saat puasa, lemes :)


Sabtu, 25 Mei 2019

Aplikasi selama Ramadan


Aplikasi selama RamadanAssalamualaikum teman – teman, bagaimana kabar puasanya? Sibuk bikin kuker atau siap – siap mudik? Atau sedang mempersiapkan itikaf? Saya bikin kuker awal – awal Ramadan jadi sekarang santai, pengennya lebih fokus ibadah dan mengurangi gadget, ternyata susah ya ngurangi gadgetan hahaha. Apalagi saya termasuk emak – emak yang cari uang jajan di medsos.

Jumat, 24 Mei 2019

Amalan saat Puasa Ramadan


Amalan saat Puasa Ramada. Alhamdulillah puasa hari ke 19.  Semoga kita semua masih istiqomah, istiqomah semangat bangun menyiapkan sayur,tarawih dan tadarusnya.

Ada kalanya semangat kendur dengan alasan capek, itu yang kerap saya alami, agar kembali semangat kembali on biasanya saya berkaca pada anak – anak. Kalau saya lalay menyiapkan sahur bagaimana nanti anak – anak, padahal mereka sedang belajar berpuasa, belajar ketaatan pada Allah swt. Saya berkaca pada Ibu saya dulu, bagaimana dia tetap membangunkan kami untuk sahur, hampir tidak pernah kami tidak sahur dengan alasan kesiangan. Ibu selalu semangat juga menyiapkan menu buka kesukaan kami. Kalau tarawih kendur, berkaca juga pada anak – anak yang selalu semangat tarawih di masjid dengan teman – temannya.

Ramadan bulan istimewa, perintah puasanya  dibarengi bonus pahala berlipat ganda untuk semua kebaikan yang dilakukan pada bulan ini, plus ada malam dimana pada malam itu merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan, malam lailatur qodar.

Berikut amalan di bulan Ramadan yang diperintahkan Allah swt dan nabi Muhammad saw

Puasa
Puasa atau shiyam adalam istilah fiqih adalah menahan diri dari segala perbuatan yang membatalkan seperti makan, minum,senggama sejak terbit fajar sampai terbenam matahari dengan niat dan persyaratan tertentu.
Perintah puasa ada dalam alquran surat 2 (albaqarah) ayat 183.

Kamis, 23 Mei 2019

Mudik, jalan – jalan dan foto keluarga

Ada yang tak sabar menunggu mudik? Sama donk. Walaupun mudik saya hanya ke Bandung, yang jaraknya selemparan jemuran di banding teman – teman yang mudik ke daerah jawa atau luar pulau jawa, tetap aja bikin excaited.

Salah satunya mungkin karena walaupun deket saya jarang ke Bandung, setahun paling 2 kali. Hik hiks sedih sebenarnya, pengennya sering nengok ibu tapi ya gitu deh sok sibuk.

Momen mudik berarti juga saya bertemu keempat adik saya, keponakan, spupu, om tante, keluarga besar Bapak saya plek tumplek di Bandung.

tunggu antrian foto keluarga di Papyrus 

Kalau mudik biasanya kami membuat acara jalan bareng buat nyenengin Ibu dan Bapak, karena Bandung macet dan kami sekeluarga ga suka macet – macetan biasanya acara jalan – jalannya seputaran Bandung, minimal makan bareng di restoran.

Rabu, 22 Mei 2019

Kenangan Ramadan saat Kecil


Di rumah yang paling semangat tarawih ke mesjid, subuh ke mesjid dan buka tajil di mesjid si sulung. Walaupun tajil di mesjid dekat rumah menunya berputar antara lontong, tahu isi dan lontong sayur.

Sanlat Ramadan program kelas V di sekolah
Anak - anak 

Melihat tingkah si sulung saya jadi ingat waktu masih seusianya (sekolah dasar), sama – sama semangat untuk tarawih di mesjid dan subuh di mesjidnya. Yang membuat saya semangat ke mesjid bukan hanya ibadahnya tapi bertemu teman – teman seusia untuk ngobrol dan jajan bareng. Saya dan teman – teman pasti milih barisan  paling belakang. Jadi kita datang ke mesjid setengah sebelum adzan isya untuk menggelar sajadah lalu ditinggal jajan cilok di warung yang tidak jauh dari mesjid.

Selasa, 21 Mei 2019

Zakat, Infaq dan Shadaqah

Zakat, infak, shadaqoh (sedekah). Ketiga kata itu sangat akrab dengan keseharian kita bahkan kerap dilakukan, lalu apa bedanya, zakat, infak, shadaqoh (sedekah)?  

Di post blog ini saya akan menulis   mengenai zakat, infaq dan shadaqoh dan keutamaannya, untuk self reminder juga. Referensinya saya ambil  dari buku yang sudah saya miliki bertahun – tahun tapi belum pernah dibaca tuntas. Godaanya baca buku  non fiksi, nunggu butuh baru dibaca hehehe.



Buku yang didapat sebagai reward (selain honor) waktu jadi penjaga  stand pameran buku Mizan jaman kuliah dulu.

Zakat
Menurut syariat zakat ialah sejumlah harta (berupa uang atau benda) yang wajib dikeluarkan dari milik seseorang untuk kepentingan kau fakir miskin serta anggota masyarakat lainnya yang memerlukan bantuan dan berhak menerimanya. Secara umum zakat terbagi dua zakat mal (harta) dan zakat fitrah.

Senin, 20 Mei 2019

Lipstik Wardah

Lipstik wardah

Lipstik WardahBisa dibilang lipstik adalah kuncinya make up. Sebagus apapun make up kalau tanpa lipstik jadinya pucat dan aneh. Sebaliknya make up sederhana dan tipis, dengan memakai lipstik jadi cerah dan menarik. Warna lipstik juga menentukan karakter lho. Warna lipstik juga berpengaruh pada kesan make up secara keseluruhan. Sekarang ini lagi musim make up no make make up, jadi pake make up tapi soft banget dan natural jadi sekilas terlihat tanpa make up. Trend yang makin populer setelah  Meghan Markle, istri pangeran Harry menggunakan make up no make up pada hari pernikahannya. 

Minggu, 19 Mei 2019

Tiga hal yang harus dilakukan sebelum uang THR habis

Apa kabar teman – teman THR nya? Sudah kelihatan hilalnya atau malah  sudah keluar?



Sejak resign 5 tahun lalu saya ga punya uang THR hahaha. Jujur salah satu yang dirindukan dari masa kerja itu dapat THR nya hahaha. Tapi Alhamdulillah punya invoice pengganti THR, lumayan lah ya hasil nulis di blog dan posting – posting di IG.

Sabtu, 18 Mei 2019

Gaya Rambut Baru KAE

gayanya 
Gaya Rambut Baru KAEBeberapa waktu lalu, pertama kalinya saya masuk ke barber shop. Biasanya urusan potong rambut si bungsu sama Bapaknya dan saya tidak pernah ikut. Pernahnya ngajak si kecil ke salon khusus potong rambut anak saat dia masih balita. Kalau mereka berdua ke barber shop saya menyebutnya boys day out. Kalau girls day out saya dan si sulung ke pasar atau belanja ke superindo.

Tapi kemarin saya ikut ke barber shop sekalian ngabuburit dan cari tajil. Ternyata lumayan ngantri.

Jadi inget dulu jaman saya kecil kayaknya semua laki – laki cukur rambutnya di bawah pohon. Rumah saya di cisitu dan di depan simpang dago, jalan kidang pananjung yang berderet pohon – pohon besar, setiap di bawah pohonnya ada tukang cukur, seiring waktu jumlah tukang cukur di sana berkurang sampai akhirnya tidak ada. Pohon besarnya masih ada tapi di bawahnya diganti tenda – tenda kuliner.



Jumat, 17 Mei 2019

Tutorial Hijab Pashmina Etnik

Sudah beberapa tahun terakhir ini saya suka memakai hijab pashmina untuk acara keluar rumah yang perlu tampil rapih. Ga ribet? Dulu ngeliat orang pake hijab pashmina suka merasa ribet setelah dilakukan biasa aja ternyata. 

Hijab pashmina

Bisa karena biasa.  Simple karena biasa. Jadi kalau denger orang bilang, apa ga ribet ya pake kerudung gitu, model bergo kan praktis. Ya nggak ribetlah karena udah biasa.  Apalagi kalau pashminanya dari katun 100%, asli adem, nyaman dan ga ribet, ga ada drama hijab mencong kesana kemari.

find me