Kue - Kue Kering Favorit Lebaran

Bisa dibilang, nastar, kastangel dan kue putri salju adalah kue kue kering favorit lebaran,dibanding choco chips, sagu keju, cheese stick, kue semprit, kue kacang dan makanan tradisioal seperti ranginang aau dodol. Tapi itu diperkotaan, di daerah yang mendominasi masih makanan khas dan tradisional, seperti di kampung tempat saya tinggal, pinggiran antara kota Tangsel dan kab. Bogor, penganan khas lebarannya biji ketapang dan dodol betawi. Tidak ada nastar dan teman-temannya.

nastar keju 

Dan tahun ini, lebaran kedua, saya mencoba bikin kuker, sebelumnya ngambil di rumah mamah saat mudik. Mungkin ini efek jadi irt, di mana kegiatan sehari-hari berkutat di sekitar dapur, kasur dan sumur hehehe. Lama – lama terbiasa ngumplek di dapur dan suka mencoba resep baru. Tahun lalu belum berani membuat kuker macam-macam, hanya mencoba resep kuker tanpa telur, yang resepnya saya lihat di IG, hasilnya tidak sesuai ekspektasi alias kurang enak.

Tahun ini memberanikan diri membuat tiga macam kuker favorit yang sejujurnya termotivasi lombanya hahaha. Iya lomba yang diadakan blue band mengenai kuker no oven. Semoga saya menang, Aamiin. Hal lain yang memotivasi, anak-anak yang antusias ingin bikin kue, hampir semua kuker mereka yang mencetak. Saya hanya membuat adonan dan memanggang. Untuk kue nastar malah si sulung yang merengeng minta bikin. Tapi karena anak-anak yang mencetak kuenya, penampilan kuker masihh jauh dari cantik, ukuran tidak seragam, besar kecil atau ketebalannya. Tapi soal rasa, enak.

Memang bisa bikin kuker tanpa oven? Sempat deg-deg an takut gagal tapi akhirnya di coba. Panggangan pertama dasar kue nastar gosong karena api kebesaran. Tapi ga pake oven bagaimana caranya? Ovennya di ganti panci pengukus yang digunakan tanpa air alias kering. Kabarnya bisa juga pake happycall. Yang punya happycall bisa dicoba nih.

Ini lho kuker – kuker hasil karya saya;
Kue keju atau kaastangel, resepnya bisa dilihat di blog kedua saya,  khusus masakan  Resep Kastangel 

kastangel 
Kue nastar, resepnya bisa dilihat Nastar Keju no Oven

Semua resep saya ambil dari webnya blue band. Sangat rekomendasi resepnya dan walaupun diresepnya tertulis no oven, dipanggang pake oven pun bisa, karena saya mencobanya juga. Pake oven atau panci pengukus tanpa air, hasilnya sama. 


1 komentar

  1. nastar juga kue lebaran favorit saya, kayaknya identik banget ya sama lebaran. Bisa dibuat tanpa oven ya ternyata, coba resepnya ah ;)

    BalasHapus