Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 04 Juni 2019

Opor dan Ketupat Lebaran



Opor dan Ketupat Lebaran. Seperti tahun – tahun sebelumnya, lupa sudah berapa tahun, sehari menjelang lebaran saya masak komplit, ketupat dan teman – temannya.  Walaupun malam hari lebarannya saya mudik saya masak lebaran di rumah karena lebaran bareng mertu yang karena satu dan hal lain tidak bisa masak jadilah saya masak. Sebenarnya suami dan mertua ga nuntut harus masak menu lebaran tapi karena saya terbiasa sewaktu masih kecil hingga gadis kalau lebaran Ibu memasak komplit jadi lebaran tanpa ketupat rasanya hambar hehehe. Ga dapat gitu suasana lebarannya. Saya masak ga banyak – banyak, ketupat paling banyak 13 buji, opor ayam satu ekor, rendang satu kilo. Sekalian buat ninggalin mertua lauk di rumah sementara saya mudik ke Bandung.


Capek juga masak semua sendiri, anak – anak paling bantu isi ketupat dan nyapu rumah, tapi saya senang melakukannya karena saat mengerjakannya ingatan saya selalu terpaut saat di rumah Ibu dulu. Jadi masak – masak lebaran seperti menuntaskan rasa rindu pada Ibu dan rumah.

Sebenarnya pengen banget lebaran pertama di Bandung dan suami udah nawarin tapi ya berat kalau lebaran pertama di Bandung tapi terus hari ke tiga pulang. Hadeuh… belum puas kangen – kangenan sama Ibu dan bapak kalau cuma 4 hari di Bandung. Ga akan sempat ketemu teman masa kecil kalau hari ketiga sudah pulang, karena beberapa teman yang merantau mudik ke Bandungnya baru hari kedua atau ketiga.

Hari pertama lebaran biasanya saya ke Jakarta silatrahmi sama keluarga besar suami, malamnya ke Bandung tapi transit dulu di Purwakarta, tempat tinggal nenek dan kakek dari pihak Ibu. Purwakarta jadi meeting point saya dan ibu bapak, siangnya lanjut ke Bandung, di mana keluarga besar Bapak saya tinggal.

Oh ya ini tahun kedua masak ketupak pake presto, hanya butuh waktu 2 jam langsung matang.

Masak rendang sejak hari minggu sebagian di cicil buat makan sahur jadi tinggal setengahnya. Ga masak sambal goreng kentang karena udah kecapean padahal kentang dan cabenya udah ada. Oh ya si sulung request bikin brownies dan belum dikerjain, rencananya malam takbiran ini baru mau bikin.
Salah satu persiapan lebaran lain adalah bersih – bersih jendela rumah dan nyuci sajadah, tapi itu sudah dilakukan seminggu sebelum lebaran. Alhamdulillah rumah terlihat kinclong hehehe.

Lebaran juga mendadak majang bunga potong di rumah biasanya malas karena sudah bosan. Kalau ini si sulung yang paling semangat bikin.

Hanya itu persiapan lebaran saya, bagaimana persiapan lebaran teman – teman?

1 komentar: