Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 13 Mei 2019

Tips Merawat Kulit Kering

Tips merawat kulit kering. Kulit segar dan sehat. Salah satu keuntungan yang saya rasakan karena  memiliki jenis kulit kering adalah wajah saya tidak pernah jerawatan.





Bener lho saya belum pernah jerawatan dan tidak tahu rasanya memiliki jerawat yang katanya mengganggu penampilan dan percaya diri. Tapi jerawatan membuat saya penasaran, sampai waktu remaja pernah berdoa pengen punya jerawat karena dipikiran saya saat itu jerawat adalah pertanda sedang suka sama seseorang tapi dipendam hahaha. Dan saat itu saya sedang naksir seorang. Itu jaman saya smp. 

Karena tidak pernah jerawatan kulit wajah bersih. Tapi ada kerugian memiliki jenis kulit kering yatu kulit mudah mengerut jika sudah berusia dan jika tanpa perawatan mudah kusam. Jadi jika tidak dirawat mudah terkena penuaan dini.

Dari baca beberapa artikel kecantikan dan pengalaman pribadi, saya akan berbagi tips merawat kulit kering;

Perbanyak konsumsi air putih
Menurut teori kesehatan setiap orang membutuhka 2 L air putih sehari, si jenis kulit kering minimal harus mengkonsumsi air putih 2 L sehari. Agar target 2 L perhari tercapai tapi kembung atau kekenyangan karena minum air, atur jadwal minum. Gelas ukuran sedang kira – kira isinya 200 – 250 ml air. Jadi satu hari kita harus mengkonsumsi 9 sampai 10 gelas.

Misal 1 gelas begitu bangun tidur, 1 gelas setelah sarapan, 2 gelas diwaktu antara sarapan dan makan siang ( 8 – 11.30), 2 gelas diwaktu antara makan siang dan makan malam (13.00 – 18.00), 1 gelas sebelum makan malam (agar makan malam tidak terlalu banyak mengkonsumsi karbo hehehe), 1 gelas  setelah makan malam, 1 gelas sebelum tidur.

Konsumsi minum air putih 2L saat puasa : 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka dan 4 antara waktu buku dan sahur. 

Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Agar kulit tetap lembab dan sehat perbanyak konsumsi sayuran dan buah. Contoh buah – buahan yang banyak mengandung air; semangga, melon, jeruk.
Sayur – sayuran yang banyak mengandung air; kol dan sawi putih.

Gunakan masker wajah secara rutin
Kalau ini belum rutin saya lakukan. Oh ya jika mau hemat bisa banget lho menggunakan bahan alami untuk maskeran. Beberapa sayuran dan buah yang bisa digunakan untuk maskeran, mentimun, tomat. Caranya potong mentimun atau tomat dengan bentuk tipis, lalu tempelkan pada wajah, biarkan selama 15 – 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Selalu gunakan pelembab yang mengandung UV Protection
Menggunakan pelemban yang mengandung UV protection tidak hanya berlaku untuk si jenis kulit kering saja, tapi semua jenis kulit karena sinar UV dapat menyebabkan penuaan dini, mengandung radikal bebas dan kulit kering.

Jika usia sudah 35+ tambahkan serum sebagai rangkaian perawatan wajah
Serum – serum untuk perawatan wajah umumnya mengandung vitamin C dosis tinggi, fungsinya untuk memproteksi kulit wajah dari radikal bebas, meregenerasi kulit mati dan melembabkan.




Pada malam hari gunakan juga pelembab (krim malam)
Duh, repot kalau malam hari menjelang tidur juga harus perawatan. Sebenarnya ga repot lho setelah sholat isya bisa langsung dipakai. Biar semangat ingat – ingat, kalau sudah bersuami, merawat penampilan itu untuk suami lho hehehe dan kalau diniatkan seperti itu berpahala. Kita cantik suami senang hehehe.


Teman – teman punya tips lain? Share di kolom komentar ya 

1 komentar: