Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 19 Mei 2019

Tiga hal yang harus dilakukan sebelum uang THR habis

Apa kabar teman – teman THR nya? Sudah kelihatan hilalnya atau malah  sudah keluar?



Sejak resign 5 tahun lalu saya ga punya uang THR hahaha. Jujur salah satu yang dirindukan dari masa kerja itu dapat THR nya hahaha. Tapi Alhamdulillah punya invoice pengganti THR, lumayan lah ya hasil nulis di blog dan posting – posting di IG.


Jauh hari sebelum THR/invoce masuk, biasanya saya sudah hitung – hitungan, berapa zakatnya, berapa ngasih ke ibu bapak, kakek nenek, dan keponakan dan berapa yang bisa ditabung. Beli baju lebaran urutan kesekian, eh sebetulnya bukan baju lebaran sih kalau pas kerja beli baju menjelang lebarang itu bukan baju untuk lebaran tapi baju buat kerja. Sekarang udah ga kerja, udah jarang beli baju karena di rumah seringnya ya gitu deh baju adem – adem yang udah lusuh karena rasanya adem.
Buat teman – teman yang memiliki THR berikut tips ala saya dari pengalaman bertahun – tahun punya THR sendiri,


Zakat, infak shodaqoh
Berapa zakatnya? Kalau saya biasanya menghitung  2.5 % dari jumlah THR. Karena setiap bulan udah rutin dijakatin. Karena 2.5% itu jumlahnya kecil (sungguh ya islam itu tidak memberatkan) bisanya saya lebihkan sekalian untuk infak dan shadaqohnya, jadi total zakat, infak dan shodaqoh 10%.

Untuk zakat biasanya saya transfer via online ke lembaga zakat, infaq terpercaya seperti dompet dhuafa atau rumah zakat. Sedangkan infak dan shodaqoh saya berikan pada saudara jauh yang membutuhkan dan tukang angkut  sampah di rumah.

Sisihkan untuk  orang tua, Kakek Nenek dan Keponakan
Walaupun rutin setiap bulan memberi orang tua kalau menjelang lebarang, jumlah yang diberikan lebih besar, spesial. Alhamdulillah walaupun sudah ga kerja kantoran saya masih rutin ngirimin ortu setiap bulan, itu yang membuat saya semangat eksis di medsos termasuk ngeblog hahaha biar bisa rutin ngasih ortu walaupun mereka tidak pernah meminta.

Ditabung
Jumlah yang ditabung biasanya saya tidak pake hitung – hitungan persen karena suka jadi pusing jadi dikira – kira. Misal di tabung 500 ribu atau 1 juta. Biasanya saya tabung dalam bentuk emas, membeli perhiasan hehehe.

Sisanya baru beli keperluan lebaran dan oleh – oleh untuk dibawa mudik. Bagaimana dengan THR teman – teman?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar