Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabtu, 11 Mei 2019

Wisata Situ Gunung Part 3; Situ Gunung

Situ Gunung Bagian terakhir dari ulasan wisata ke Situ Gunung Sukabumi. Situ dalam bahasa sunda berarti danau. Situ Gunung artinya Danau yang ada di gunung. Danau ini terletak di kawasan Gunung Gede dan Gunung Pangrango di ketinggian 850 mdpl.

Danau Situ Gunung ternyata danau buatan


Part 2 Curug Sawer Situ Gunung 

Review Situ Gunung versi vlog 





Jika ke Suspension Bridge mengambil arah ke kanan maka ke Situ Gunung kita ambil arah ke kiri.  Dari parkiran utama yang terletak di depan pintu masuk jarak ke Situ Gunung sekitar 1 km. jadi sebaiknya menggunakan kendaraan karena di dekat Situ Gunung ada parkiran. Tapi dari parkiran Situ Gunung ke Situ Gunungnya harus jalan kaki sekitar 400 meter. Jika tidak mau capek bisa naik ojek dengan tarif yang ditawarkan 25 ribu (nego).

Naik perahu getek 

Di tepi danau ada hamparan rumput untuk menggelar tikar dan leyeh – leyeh atau piknik. Teman – teman bisa menikmati danau dengan naik rakit, perahu getek atau bebek – bebekan. Kami kemarin naik perahu getek dengan tarif 15 ribu perorang.

Situ Gunung merupakan danau buatan
Siapa sangka danau Situ Gunung ternyata danau buatan. Dibangun oleh seorang bangsawan Mataram bernama Rangga Jagad Syahadana alias Mbah Jalun yang melarikan diri dari kejaran Belanda. Pelarian dari Mataram menembus jalur Gunung Gede dan Gunung  Danau yang dibuat sebagai wujud syukur atas kelahiran anaknya. Karena keindahannya tidak ada yang menyangka jika danau ini merupakan danau buatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

find me