Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 10 Mei 2019

Nasi Goreng Sambal Kecombrang


Resep Nasi Goreng Sambal Kecombrang.Cara mengolah nasi kemarin paling umum dan praktis, ya dibuat nasi goreng, bener ga bu – ibu. Saya hampir tidak pernah sengaja membuat nasi goreng dari nasi baru karena ga kepikiran, terbiasa kalau nasgor dari nasi sisa kemarin yang belum basi.

Saat ramandhan seperti ini, nasi di rumah kerap sisa, kadang hanya diangetin kadang dibuat nasgor. Paling gampang sih nasgor pake bumbu sambal, ga usah iris – iris atau ulek bumbu lagi, tapi campurkan nasi dan sambal lalu goreng, jadi deh hahaha.

Itu juga yang saya lakukan. Sebelum ramadhan saya membuat stok sambal kecombrag satu toples, cukuplah untuk seminggu lebih.
Jadi saat kemarin ada nasi sisa, dibikin dengan bumbu sambal kecombrang.

Ke dalam wajan masukkan satu piring nasi dan 1/2 sendok makan sambal kecombrang, aduk aduk hingga rata dan nasi hangat. Oh ya kebetulan ada sisa sekerat daging dendeng balado basah, saya suwir - suwir dan dicampurkan ke nasi goreng.

Resep Dendeng Balado Basah bisa lihat di sini


Nasi goreng kecombrang

Resep Sambal Kecombrang 

Bahan
1 Buah kecombrang
ons campuran cabe rawit merah dan cabe merah keriting

1 ons cabe campur rawit
7 butir bawang merah 
3 butir bawang putih
1 buah tomat ukuran sedang (makin besar ukuran tomat yang digunakan kepedasan makin berkurang)

Cara membuat
Iris semua bahan. 
Masukkan ke dalam blender, setelah halus oseng dengan minyak, tambahkan garam dan gula sesuai selera. Angkat jika sambal sudah matang dan wangi kecombrang tercium.

Jika tidak menggunakan blender untuk menghaluskan sambal, bahan sambal direbus sebentar dalam air panas agar layu, jadi menguleknya lebih mudah.



Selamat mencoba teman.



23 komentar:

  1. wah gambarnya menggiurkan mbak
    kecombrang ini sulit ditemukan kalau di tempat saya

    BalasHapus
  2. Aku ga tau kecombrang itu kekgimana buahnya mbak, hheee
    Emang mudah sih kalau bikin sambal trus dibuat bumbu nasi goreng mbak. gak ribet. aku juga gitu sih hehheee

    BalasHapus
  3. Yaa ampun kreatif banget. Boleh beli ga sambal Kecombrang nya

    BalasHapus
  4. Kecombrang itu bentuk nya seperti apa mba? Menggiurkan sambal nya ku pengen bikin juga hehehe

    BalasHapus
  5. Saya suka banget sambel kecombrang. Tapi di sini ga ada yg jual kecombrang, kalaupun ada langkaaa.. Jadinya ga tau bisa nyobain sambel kecombrang di mana.

    BalasHapus
  6. Aku langsung google, apa sih kecombrang?
    Hahaha, ternyata di tempat asalku, namanya kincung.
    Biasanya digunakan saat masak daun singkong tumbuk, makanan khas orang Medan, bah^^

    BalasHapus
  7. Kecombrang itu mengingatkan saya pada Almarhum ibu mertua yang suka mengolah kecombrang jadi beragam menu masakan, meskipun terhitung kurang suka tapi sesekali suka juga icip-icip dan melihat gambar ini ternyata enak di buat sambal ya mak.

    BalasHapus
  8. Salah satu makanan kesukaanku adalah nasi goreng, paling ingat tuh nasi goreng buatan ayah, duh jadi rindu

    BalasHapus
  9. Wabh mantaap mba.. suamiku seneng banget dengan nasi goreng.. nanti bisa aku buatkan nasi goreng sambal kecombrang.. thanks mba

    BalasHapus
  10. Menggiurkan sekali sambalnya Mbak, kalau udah jadi sambal jadi mudah ya tinggal dijadikan apa saja bisa termasuk bumbu nasi goreng..

    BalasHapus
  11. Ini pakai kecombrang, rasanya apa ya, Mbak.. aku belum pernah makan nasi goreng pakai sambal kecombrang. Pasti seger banget nih. Bikin bumbunya sebanyak itu, jadi mudah dan praktis juga ya kalau mau buat lagi.

    BalasHapus
  12. Ini lumayan banget untuk persiapan bumbu siap masak apalagi untuk santap saur, kan bisa lebih praktis

    BalasHapus
  13. Di daerah saya ini belum pernah nemu kecombrang. Berulang kali nanya beberapa tukang sayur, nggak ada yang tahu apa itu kecombrang

    BalasHapus
  14. Aku suka banget aroma kecombrang, apalagi pas jadi campuran pecel. Enak banget.. :)

    BalasHapus
  15. Kecombrang itu kaya apa?
    Rasanya seperti apa?
    Khas Sunda kayanya yaa...

    Nasi goreng, makanan sejuta ummat...hmmm, nikmat.

    BalasHapus
  16. Idenya sama kayak aku, kalo nasi sisa tuh si bungsu seneng karena aku pasti buatin nasi goreng. Nah kalo aku tergantung ada sambel atau enggak. Misal nggak ada sambel pakainya cabe, bawmer, bawput, semua dipotong dan ditumis bareng nasi dna telur.
    Di rumah yang sekarang aku belum pernah nemu kecombrang. Dulu di rumah lama, tetangga menanam kecombrang sendiri.

    BalasHapus
  17. Wow saya belum pernah nyobain nasin goreng pake sambal kecombrang seperti nya enak.kapan waktu mau cobain ah, suami suka kecombrang juga

    BalasHapus
  18. Kecombrang kayanya gak ada di tempatku, belum tahu rasanya juga gimana, hehehe. Tapi paling suka Nasi Goreng yang pedesss banget

    BalasHapus
  19. aku ga tau ada apa ga yah kecombrang di sini hehee jarang juga masak kecombrang :p

    BalasHapus
  20. Ih pas banget aku punya stok sambel kecombrang. Gak kepikiran untuk dibikin nasi goreng kecombrang.

    Jadi dapet ide untuk masak sahur besok nih.

    BalasHapus
  21. Nasi goreng, makanan favorit nih. Jadi lebih praktis ya kalau nyetok bumbunya dulu. Kalau sewaktu-waktu perlu, tinggal eksekusi. Etapi kira-kira tahan berapa lama bumbu kecombrangnya dalam penyimpanan?

    BalasHapus
  22. Kecombrang bisa diolah jadi sesuatu yang nggak langu ga ya? atau kl udh suka dan terbiasa, malah enak ya? maklum mb, blm pernah masak kecombrang.

    BalasHapus
  23. Saya belum pernah mencicipi rasa kecombrang. Nggak tau juga belinya di mana, hiks.. Padahal penasaran sama rasanya.

    BalasHapus

find me