Mencegah Bau Mulut saat Puasa

Mencegah Bau Mulut saat Puasa. Dalam sebuah hadits disebutkan jika bau mulut orang puasa lebih harum di sisi Allah swt daripada kasturi. HR Abu Hurairah RA. Berdasarkan hadits tersebut beberapa ulama memakruhkan gosok gigi setelah masuk waktu puasa (terbit fajar), namun beberapa ulama memperbolehkan selama tidak menelan air atau pasta giginya.



Tapi jujur saja saya pernah terganggu dengan bau mulut orang puasa yang membuat saya teringat pada bau mulut sendiri. Saya merasa biasa-biasa saja dengan bau mulut saya tapi mungkin bagi orang lain mengganggu. Untuk menyengarkan mulut sekaligus mengurangi bau mulutnya biasanya saya melakukan kumur-kumur.  

Penyebab bau mulut saat puasa 
Penyebab bau mulut saat puasa karena kurangnya air liur. Berkurangnya konsumsi makanan dan minuman di siang hari menyebabkan produksi air liur (saliva) berkurang. Air liur berfungsi melembabkan mulut dan melawan bakteri. Ketika air liur dalam mulut sedikit, bakteri dalam mulut lebih cepat berkembang biak. Dan inilah yang menyebabkan bau mulut.

Untuk menghindari  atau meminimalisasi bau mulut saat puasa sebaiknya melakukan hal-hal berikut ini;
  • Hindari konsumsi makanan berbau tajam seperti petai atau jengkol. Duh padahal saya paling doyan nih buka puasa sama sambal pete hehehe.
  • Konsumsi minum air putih 2L - 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka dan 4 antara waktu buku dan sahur. 
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah. 
  • Gosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur malam. Lakukan gosok gigi dengan tepat agar tidak ada sisa makanan yang menempel di gigi. Sisa makanan pada gigi menjadi tempat bakteri berkembang biak. Kumur - kumur setelah sikat gigi menggunakan mouthwash yang dapat membunuh bakteri dapat mengurangi bau mulut.
  • Bersihkan lidah dengan sikat lidah. 
  • Kumur-kumur saat wudhu dapat mengurangi bau mulut tapi jangan sampai tertelah ya hehehe

Tidak ada komentar