Senin, 06 Mei 2019

Ide ngabuburit bersama anak – anak

Alhamdulillah disampaikan pada bulan Ramadan yang penuh berkah. Maaf lahir batin teman - teman. Semoga kita semua diberi kemudahan dan istiqomah dalam menjalankan puasa dan amalan lain di Ramadan ini. Aamiin.

Hari pertama tarawih,  mesjid – mesjid penuh termasuk mesjid di lingkungan rumah saya, anak – anak jadi semangat tarawih ke mesjid walaupun ya sampai di mesjid tarawihnya tidak full. Selanjutnya main di teras mesjid. Tapi saya yakin ini jadi pembelajaran untuk si kecil, jadi akrab dengan mesjid, terbiasa dengan solat tarawih dan amalan lain di bulan Ramadan.


Anak – anak puasa berarti saya harus menyiapkan stok kesabaran dan rasa tega hehehe. Sabar memberi pengertian pada mereka tentang menahan lapar saat mereka mengeluh lapar padahal baru jam 10 pagi. Tega, tidak mengijinkan mereka berbuka puasa saat mereka merengek – rengek lapar. Karena ini bentuk latihan mereka berpuasa. Toh puasa tidak membahayakan.

Agar pikiran mereka teralihkan dari makanan dan rasa lapar, berikut kegiatan ngabuburit yang saya lakukan bersama anak – anak;

Mengajak mereka membantu membuat tajil atau kue lebaran
Yang paling semangat biasanya si sulung kalau diminta bantu – bantu bikin camilan/kue lebaran dengan syarat camilan/kue itu kesukaannya.
Resikonya dapur jadi lebih berantakan  kalau anak – anak ikut turun hehehe. Tapi serulah daripada mendengar rengekan mama lapar, mama buka ya dengan wajah memelas.


Jalan – jalan keliling kampung
Saya tidak setiap hari bikin tajil, selian capek juga biar tajilnya bervariasi jadi kadang kami beli di perumahan tetangga, di sana ada semacam tempat yang jika Ramadan penuh dengan pedagang dadakan dan menjual tajil khas bulan Ramadan. Biasanya sekitar jam 5 kita hunting jajanan khas Ramadan.

Membacakan buku eksiklopedi islam anak – anak
Target Ramadan saya tahun ini, setiap hari membacakan satu tema di buku ensiklopedi islam anak. Hari biasanya pun suka saya bacakan hanya tidak konsisten jadi Ramadan ini mau dikonsistenkan, agar pengetahuan mereka tentang islam bertambah luas. Jadi targetnya, tiap hari minimal baca satu tema, diprioritaskan yang temanya deket dengan Ramadan. Karena selama Ramadan pulang sekolah siang jadi jadwal membacakan buku sebelum tidur siang atau pengganti tidur siang (mereka suka menolak tidur siang).

Recommended book

Oh ya buku ensiklopedi ini komplit terdiri dari 6 jilid. Rekomendasi banget untuk teman – teman yang mencari ensiklopedi islam untuk anak  usia sekolah dasar sampai menengah atas. Bahasanya belum cocok untuk usia anak sekolah dasar jika mereka baca sendiri karena banyak kosakata yang belum dipahami anak, agak kaku dan serius jadi harus dibacakan sama orangtua plus disampaikan pada anak – anak dengan bahasa yang mereka pahami.

Belinya di mana? Mungkin bisa cari di online ya teman. Saya beli buku ini saat si sulung masih dalam kandungan (11 tahun lalu berarti hahaha) saat ada pameran buku di Jakarta.

Membuat prakarya
bahan bebikinan di rumah lumayan banyak karena si sulung kalau ke toko buku dan lihat – lihat bahan prakarya suka beli. Semangat belinya doank, sampai di rumah di simpan lupa deh. Jadi mau ngisi ngabuburit dengan bebikinan. Bikin scart book, jahit jahit kain kanvas dll.

Menghapal surat – surat pendek
Anak – anak sekolah di sekolah Islam jadi otomatis ada target hapalan surat. Momen Ramadan akan saya gunakan untuk melatih anak – anak dan saya sendiri menghafal ulang surat –surat juz 30 yang panjang – panjang seperti atthoriq dsb, yang dulunya hapal terus lupa karena jarang dibaca sehari – hari. One day one surah.

Dilakukan sore atau siang saat mereka tidak mau tidur siang. 

Menonton film kartun
Diantara semua ngabuburit ini kayaknya favorit anak - anak hahaha. Nonton film kartun d rtv, tayo dan teman temannya. 

Apa ide ngabuburitmu teman?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...