Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 08 Februari 2019

Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung

Baksil atau Babakan Siliwangi, sepetak hutan kota yang terletak di jalan Tamansari Bandung. Sepetak lahan yang dulu pernah ‘diperebutkan’ antara developer dan sebagian besar warga Bandung karena developer menginginkan tanah yang sepetak ini menjadi apartemen. Sontak ide ini membuat sebagian besar warga Bandung tidak setuju hingga terjadi  demo. Babakan Siliwangi adalah  paru – paru kota, resapan airnya warga sekitar  dan mungkin Cisitu – kampung tempat saya lahir dan dibesarkan. Dan di Babakan Siliwangi bukan hanya ada sepetak lahan yang ditumpuhi pohon-pohon besar dan rindang juga ada komunitas seni.

Berjalan santai di ketinggian hingga 5 meter 
Alhamdulillah walikota terpilih  Kang Emil memberikan solusi yang membuat warga Bandung senang dan tenang, menempatkan Baksil pada fungsinya sebagai paru –paru kota dan resapan air malah  diperindah menjadi Forest Walk.


Forest Walk adalah istilah untuk fasilitas pejalan kaki untuk memudahkan masyarakat dalam menikmati hutan dalam jarak dekat tanpa harus bersusah payah menembus hutan. Yang unik forest walk ini bukan jalan setapak yang dibuat di dataran seperti forest walk pada umumnya.

Forest Walk Baksil panjangnya kurang lebih 2 km dengan ketinggian bervariasi, cukup ramah untuk pengunjung disabilitas karena bisa dilalui kursi roda. Forest walk ini dibuat landai tanpa tangga walaupun ada kenaikan ketinggian.

Asik untuk jalan pagi. Sambil menghirup udara segar di ketinggian ditemani kicauan burung.

Saya dan anak – anak tidak bosan mampir kemari jika pulang kampung selain karena dekat (tinggal jalan kaki) juga anak - anak senang main ke sini.

Jika perut mulai  keroncongan atau haus karena lelah meyusuri forest walk, tak perlu khawatir   karena di banyak pedagang kaki lima dengan aneka macam jajanan dan harga ramah kantong (jajanan di Bandung lebih murah dari Jakarta hehe)





Baksil bersebelahan dengan sabuga, gedung serbaguna milik ITB dan lapangan olahraganya.  Jadi kalau teman - teman ke sini di pagi hari bisa sekalian jogging. 

Tak jauh dari Forest Walk Baksil ada tempat ngadem yang nyaman buat ngopi cantik atau laptopan. Dinaungi pohon besar super rindang, bangku dan meja nyaman, 




Eit tapi jangan sampai nyampah ya.    

Tidak dikenakan tiket masuk untuk ke area ini, cukup menjaga kebersihan dan ketertiban. Membuang sampah pada tempatnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

find me