#AksiFlashBunda untuk si Anak Aktif


Latihan di skate park

Saya masih ingat wajah sumringah si sulung seminggu sebelum pembagian rapot akhir bulan lalu. “Ma, nilai ujian matematika semesteran aku tujuh!” Teriaknya sambil  melambaikan – lambaikan kertas ujiannya. “Aku nggak lupa lagi kalau harus merubah menit jadi detik.”

Nilai matematika tujuh bagi kami ini adalah pencapaian luar biasa, setelah latihan soal matematika dengan tema kecepatan berhari – hari, bolak – balik mengerjakan 30 soal yang sama. Dan ini sepertinya tema matematika yang paling bikin saya senewen saat mengajarkan pada si kecil hahaha. Memang sih mudah tinggal masukin rumus, Jarak/Volume = Waktu x Kecepatan. Masalahnya soal – soal yang dibuat agak berbelit, misal waktu yang diketahui dalam soal satuannya jam, yang ditanyakan kecepatan dalam menit atau sebaliknya. Dan ini yang sering  membuat si sulung bingung atau lupa merubah satuan, jadi walaupun perhitungan sudah sesuai rumus hasilnya salah karena satuannya tidak disamakan.

Saya tidak ingat kapan pelajaran matematika dengan tema kecepatan  saya pelajari di sekolah dasar atau smp, yang pasti saya tidak pernah mengalami kesulitan dengan soal matematika, hanya takluk saat bertemu kalkulus hahaha.


Tapi sepertinya kegemaran saya pada matematika tidak menurun pada si sulung, dia membutuhkan waktu lebih lama dan penjelasan berulang – ulang  untuk memahami nalar matematika di banding saya saat seusianya.

Si Anak Aktif
Saat bertanding 
Ketidaksamaan saya dan si sulung juga adiknya dalam beberapa hal membuat saya makin menyadari bahwa setiap anak unik dan memiliki kecerdasan berbeda. Si sulung memiliki kelebihan yang tidak saya miliki saat saya seusianya yaitu berani (bahkan kadang nekat), supel, setia kawan, percaya diri dan menyukai beragam aktvitas fisik tanpa takut walaupun beresiko jatuh/sakit.

Misalnya diusia  empat  tahun dia meminta bisa berenang, saat kami meleskannya dia bisa mengikuti, usia 6 tahun sudah lancar berenang gaya katak bolak balik kolam dengan kedalaman lebih dari  1 meter. Sampai sekarang olah raga berenang jadi favoritnya.

Masuk sekolah dasar memilih ekskul bela diri silat hingga sekarang bahkan aktif di dua perguruan silat, satunya perguruan silat di sekitar rumah. Semuanya dilakukan atas inisiatif sendiri bahkan kadang semangat latihannya membuat saya terheran – heran, walaupun hujan  tetap berangkat latihan, tidak pernah mengeluh capek.



Medali emas 

Belajar Main Skateboard
Kini, si sulung punya hobi baru yaitu main skateboard gara - gara saat liburan kemarin di rumah neneknya di Bandung melihat sepupunya bermain skateboard.
“Nggak usahlah nanti jatuh,” larang saya.

“Main skareboard gampang Bude, nanti aku ajarin supaya ga jatuh,”  sela Rayn si sepupu. “Azka kan udah bisa main inline skate sama  ice skating jadi gampang belajar skateboard, udah bisa keseimbangan, tekniknya aja yang beda.”

Beberapa menit dijelaskan cara menggunakan skateboard  si sulung langsung mencoba meluncur di trotoar jalan dago yang memang cukup luas dan nyaman. Jantung saya dag dig dug karena khawatir. Sementara si sulung meluncur dengan skateboardnya saya lari – lari di belakangnya.

ngajarin adik
Sempat jatuh tapi si sulung tetap semangat main bahkan meminta main di skate park. Melihat Kakanya enjoy si adik tidak mau kalah, main belajar skateboard juga.  Insiden jatuh tidak terelakkan tapi mereka tidak kapok malah tertawa di sela ringisan menahan sakit. Memar di paha dan lengan saat terjatuh membentur arena skateboard.

Belajar dari pengalaman  si sulung pernah memar ditangannya karena menahan tendangan saat latihan atau pertandingan silat, Thromboflash wajib ada di  kotak P3k, jadi gak takut lebam.

Memar biasanya terjadi karena benturan dengan benda tumpul. Luka dalam atau memar (lebam) adalah pecahnya pembuluh darah kapiler di bawah kulit akibat benturan dengan benda tumpul.

Saat pembuluh darah pecah, maka darah akan menyebar ke jaringan sekitarnya yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri dan perubahan warna kulit.




Olehkan Thromboflash tipis pada bagian memar sebanyak 2x sehari, insyaallah nyeri hilang memar sembuh. Oh ya harus diperhatikannya Thromboflash dioleskan tipis saja dan hanya untuk luka memar (lebam) jangan pernah digunakan untuk luka terbuka (baret atau berdarah).


Thromboflash memang bukan satu – satunya obat untuk mengobati memar tapi hanya Thromboflash yang  zat aktifnya yaitu HEPARIN Sodium 200 IU berasal dari   mucosa sapi (Bovine) dan sudah bersertifikasi HALAL sehingga aman dan nyaman.

Seperti diketahui Heparin berasal dari ekstrak mucosa hewan yaitu mucosa babi atau mucosa sapi.

Thromboflash dengan tekstur gel bahan aktifnya adalah  HEPARIN  Sodium 200 IU yang dapat mengatasi luka dalam, memar dan lebam. Heparin adalah suatu antikoagulan yang dapat mencegah terbentuknya gumpalan – gumpalan dalam darah dan membantu memecahkan pembekuan darah yang telah terbentuk.

Heparin bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, membantu mengurangi peradangan , serta melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.


Ga takut lebam
Dengan Thromboflash jadi ga  Takut Lebam
Luka memar tidak sembuh seketika, jadi jika si kecil memar dan sudah diolesi Thromboflash dua atau tiga hari belum hilang itu karena proses penyembuhan memar butuh waktu dan lamanya tergantung seberapa keras (parah) benturan yang terjadi. Dan tidak perlu panik juga jika dari hari ke hari didapati warna lebam berubah warna karena proses penyembuhannya memang seperti itu. 

Tahapan perubahan warna luka memar
Cepat lambatnya penyembuhan luka memar tergantung dari seberapa parah benturan yang terjadi dan di mana letak luka berada. Berikut adalah tahapan perubahan warna luka memar, yang bisa menandakan proses penyembuhannya.

Merah, sesat setelah terbentur, kulit akan terlihat merah.  Lalu bengkak dan terasa nyeri jika disentuh.
Kebiruan hingga ungu gelap, biasanya satu atau dua hari setelah benturan, warna memar akan menjadi kebiruan atau ungu gelap. Perubahan warna ini disebabkan karena minimnya asupan oksigen dan juga pembengkakan di area sekitar memar. Akibatnya, haemoglobin yang berwarna merah akan berubah menjadi biru.
Hijau pucat, memasuki hari keenam, warna memar akan berubah menjadi kehijauan. Hal ini menandakan bahwa haemoglobin yang terdapat dalam darah mulai terurai dan proses penyembuhan sedang berlangsung.
Kuning kecoklatan, setelah seminggu,luka memar akan berubah warna menjadi lebih terang, yaitu kuning pucat atau coklat muda. Tahap ini merupakan tahap akhir dari proses penyembuhan memar. Memar tidak akan berubah warna lagi, melainkan secara berlahan dan kembali ke warna kulit asli.

Dosis dan cara pemberian Thromboflash, dioleskan pada bagian memar sebanyak 2 – 3 kali sehari.

Penyimpanan dibawah 30 dan jangan digunakan setelah kemasan dibuka lebih dari 24 jam.


Teman - teman ada yang si kecilnya aktif  dan suka kegiatan fisik juga? Jangan lupa sedia Thromboflash agar hati tenang dan nyaman. Oh ya saya ada sedikit tips nih menghadapi si cerdas kinestetik yang suka tantangan dan agak nekat.

Tips menghadapi si cerdas kinestetik
Mengamati  si sulung yang hobinya tidak jauh - jauh dari bergerak dan dia cukup luwes mengikuti, saya pikir dia memiliki kecenderungan cerdas kinestetik. Dan ternyata menghadapi anak seperti ini kadang bikin sport jantung karena mereka suka tantangan dan nekat jika melihat kegiatan fisik baru.

Terlebih mereka masih anak - anak yang kurang paham akan resiko jadi saya kerap mengingatkan resiko setiap kegiatan fisik dan bagaimana agar resiko diminimalisir.

1.   Boleh coba tapi harus tahu caranya. Ini yang selalu saya ingatkan pada anak - anak saat mereka penasaran akan kegiatan fisik yang baru dan ingin mencoba. Jadi jangan asal coba tapi cara tahu caranya agar aman.
2. Ikuti intruksi. Jika sudah tahu caranya terapkan sesuai intruksi yang mengajar.   
3.    Ketahui resiko dan gunakan pelindung diri. Resiko kegiatan fisik biasanya jatuh dan memar. Jadi untuk meminimalisasinya sebisa mungkin gunakan alat pelindung diri jika ada.

Dan yang tidak kalah penting untuk mendukung si cerdas kinestetik adalah mencukupi asupan makanan mereka karena anak - anak ini cenderung lebih aktif bergerak.



32 komentar

  1. Nah kan nggak takut lebab lagi ya ada Thromboflash

    BalasHapus
  2. Paling sakit banget kalau memar di kaki bund.. kalau kata orang Sunda getih wuwungeun ngilu banget

    BalasHapus
  3. wahhh sekarang para ibu gak perlu pusing lagi kalo anak-anaknya memar yaa, tinggal oleskan Thromboflash, beres deh :)

    BalasHapus
  4. waduh main skate board jadi inget sang mantan mba wkwkwk karena dulu sering nemenin latian :p *semoga ga kebaca suami wkwkwkwk

    ekstrim nih olahraga makanya emang harus sedia thromboflash mba atasi luka lebam hehehe

    BalasHapus
  5. Wah jadi pengen nyetok jg dirumah. Apalagi karena sulung kami doyan lari. Gak liat tempat pokoknya lari biar duluan sampai.

    BalasHapus
  6. Thromboflash obat wajib harus ada dikotak P3K dirumah ya..

    BalasHapus
  7. wah, tromboflash manjur yg buat luka memar atau lebam. kalau kena air panas atau minyak goreng panas ampuh ga mba? soalnya kemarin adikku kena letupan minyak goreng.

    BalasHapus
  8. mba kolom komentarnya bisa diperluas ga? soalnya pilihannya cm G+
    dan aku ga bisa tulis namaku selain nama blog.

    BalasHapus
  9. anakku juga ikut karate teh, harus sedia obat memar emang bener. Memar ga boleh jadi hambatan buat anak untuk berprestasi.

    BalasHapus
  10. Cerdas kinestetik itu berarti cerdas dengan aktif bergerak ya, aku sendiri aja enggak cerdas kalau jalan suka kesandung 😂😂
    Akhirnya menemukan salep biar tetep kece nih daripada ditutup koyo atau hansaplast

    BalasHapus
  11. Merawat anak dg kecerdasan kinestetik memang butuh kesabaran dan ketabahan lihat mereka sering banget 'babak belur' yaa mba.. untung sekarang ada thromboflash, membantu banget mempercepat penyembuhan memar, jadi anak bisa kembali aktif.

    BalasHapus
  12. anakku yang kedua juga lagi suka banget skateboard
    cuma emaknya aja yang khawatir salah ngajarnya atau nanti jatuh dan lebam hiks.. biasanya di gosokin minyak sekarang ada salep lebih praktis

    BalasHapus
  13. Kalau aktif seperti ini memang suka khawatir sering kena lebam. Tapi, gak mungkin juga orang tua menghalangi aktivitas anak. Selalu sedia Tromboflash sebagai P3K bikin hati lebih tenang :)

    BalasHapus
  14. Aku ingin ngajakin keponakanku latihan beladiri entah silat, wingchun atau lainnya. Tapi ini waktuny belum pas. Yak setiap anak emang unik dan kita kudung dukung mereka

    BalasHapus
  15. Banyak yang merekomendasikan Tromboflash ini mba dan kayaknya wajib aku sediakan di kotak p3K deh :)

    BalasHapus
  16. Kalau anak aktif emang gitu yah kak, sering jatoh saat bermain atau kena lebam, pasti bunda khawatir, alhamdulillah ada Thrombo Flash yah yang bisa mengatasi lebam

    BalasHapus
  17. Lebam memang kerap terjadi di anak-anak dan juga kita yang dewasa ya mba.. perlu untuk punya di rumah yaaa

    BalasHapus
  18. Itu point pentingnya ya, bund...
    Setiap anak itu punya kelebihan masing-masing.
    Ujame baca artikel ini jadi dapat pelajarannya wehehehe

    Semoga sehat selalu anaknya bund :*

    BalasHapus
  19. Iyes, Thromboflash itu harus ada di rumah karena kita nggak pernah tahu kapan membutuhkan cream itu untuk meredakan nyeri. Apalagi kalo anak kita aktif bergerak, entah main ataupun menggeluti hobi olahraga

    BalasHapus
  20. Anak aktif kecenderungan utk sering lebamnya memang lebih besar ya mba...hrs selalu siap sedia Thromboflash nih hehe

    BalasHapus
  21. Aku bacanya sambil ngos-ngosan, Mbak. Benar-benar nggak ada capeknya ya. Tapi, aku salut, Mbak, anak2 Mbak bisa mengeksplor dirinya. Jadi, mana yang nyaman dan sesuai dengan dirinya dia sudah tahu. Insya Allah ke depan makin dua jempol deh.

    BalasHapus
  22. Ya ampun mbak Rina keren euyy anak hadisnya mainannua skateboard. Di rumah kami punya skateboard dan dipake anak2 pindah dari satu ruangan ke ruangan alin, hufttt

    BalasHapus
  23. Wah anak-anak memang rentan jatuh ya apalagi yang aktivitasnya banyak seperti anak-anak teh rina di atas.

    BalasHapus
  24. Aktif yang sangat berprestasi ya mba bangga banget pastinya, ohh ak juga sedia tuh thromboflaah .. Kalo duperboy pulang membawa luka memar

    BalasHapus
  25. Ankanya pinter banget si bun. Suka dengan olahraga. Ga takut lebam lgi yaa setelah ada obat wajid di rumah

    BalasHapus
  26. Sempat susah cari produknya, akhirnya nemu juga di salah satu apotek. Ampuh banget memang untuk lebam ponakan ku sewaktu kejedot.

    BalasHapus
  27. Betul banget nih Mbak, anak kinestetis wajib banget seimbang nilai gizinya, asupan masakannya, secara energi terkuras mulu yaak, heheh.
    Alhamdulillah ya sekarang ada Thromboflash, gak takut lebam lagi doong yaakk.

    BalasHapus
  28. Saya berencana beli ini setelah direkomendasikan juga sama kawan-kawan blogger. Praktis banget ada obat memar/luka lebam yang bisa dikantongin. Saya mikirnya kalo luka yang model begitu solusinya adalah pijet. Tapi kan yaaa ampun deh pijet itu kan menyakitkan huhu. Apalagi kalau buat anak-anak. Nggak deh. Huhu

    BalasHapus
  29. Wajib banget persediaan thromboflash ya di rumah tuh. Anak-anak yang super lincah pasti pernah mengalami lebam ketika jatuh atau terantuk. Jadi kita harus menyediakan thromboflash ini untuk memulihkan kondisi mereka tersebut.

    BalasHapus
  30. Wih kereeeennnn cewek senengnya skate board! Wah, kamu bakalan jadi idola ketika udah ABG nanti, dek. Hihihihi.

    BalasHapus
  31. Waaah tromboflash ini penting banget Mbak buat anak aktif. Inget banget dulu bocah bocah lari larian sering jatuh dan lebam.

    BalasHapus
  32. suka banget dengan kalimat ini "Ketidaksamaan saya dan si sulung juga adiknya dalam beberapa hal membuat saya makin menyadari bahwa setiap anak unik dan memiliki kecerdasan berbeda.


    aku sangat setuju, setiap anak unik dan memiliki talenta yang berbeda namun satu hal yang sama yakni kalau lembab pakainya ya cuma Thromboflash aja ya kak?

    BalasHapus