Jumat, 17 Mei 2019

Tutorial Hijab Pashmina Etnik

Sudah beberapa tahun terakhir ini saya suka memakai hijab pashmina untuk acara keluar rumah yang perlu tampil rapih. Ga ribet? Dulu ngeliat orang pake hijab pashmina suka merasa ribet setelah dilakukan biasa aja ternyata. 

Hijab pashmina

Bisa karena biasa.  Simple karena biasa. Jadi kalau denger orang bilang, apa ga ribet ya pake kerudung gitu, model bergo kan praktis. Ya nggak ribetlah karena udah biasa.  Apalagi kalau pashminanya dari katun 100%, asli adem, nyaman dan ga ribet, ga ada drama hijab mencong kesana kemari.

Kamis, 16 Mei 2019

Memasak Aman, Cepat dan Praktis dengan Panci Presto

Memasak Cepat dan Praktis dengan Panci Presto. Salah satu alat dapur yang recommended banget nih apalagi menjelang lebaran, kenapa? Karena masak ketupak jadi lebih cepat dan hemat gas. Bandingkan jika memakai panci biasa memasak ketupat bisa 5 sampai 6 jam. Dengan Panci Presto cukup 1 jam akalu ketupat banyak bisa sampai 2 jam lah.  



Rabu, 15 Mei 2019

Mencegah Bau Mulut saat Puasa

Mencegah Bau Mulut saat Puasa. Dalam sebuah hadits disebutkan jika bau mulut orang puasa lebih harum di sisi Allah swt daripada kasturi. HR Abu Hurairah RA. Berdasarkan hadits tersebut beberapa ulama memakruhkan gosok gigi setelah masuk waktu puasa (terbit fajar), namun beberapa ulama memperbolehkan selama tidak menelan air atau pasta giginya.


Selasa, 14 Mei 2019

HUKUM SIKAT GIGI SAAT PUASA

Hukum sikat gigi saat puasa. Makan dan minum atau memasukkan sesuatu ke dalam tubuh (jauf) melalui tujuh lubang yang dimiliki tubuh  menjadi salah satu hal yang bisa membatalkan puasa. Bagaimana dengan sikat sikat atau kumur – kumur? Apakah membatalkan puasa?

Dari tausiyah yang pernah saya dengar di masjid, untuk menghindari keraguan – raguan atau kekhawatiran sebaiknya sikat gigi dilakukan sebelum adzan subuh. Tapi bagaimana jika lupa atau saat kita sikat gigi adzan subuh berkumandang? Atau bagaimana jika sikat gigi lagi saat mandi karena sehabis sholat subuh tidur padahal sebelumnya sudah sikat gigi, untuk menghilangkan rasa dan mulut yang tidak enak atau malah bau mulut.

Minggu, 12 Mei 2019

Tips Merawat Kulit Kering

Tips merawat kulit kering. Kulit segar dan sehat. Salah satu keuntungan yang saya rasakan karena  memiliki jenis kulit kering adalah wajah saya tidak pernah jerawatan.



Jumat, 10 Mei 2019

Nasi Goreng Sambal Kecombrang


Resep Nasi Goreng Sambal Kecombrang.Cara mengolah nasi kemarin paling umum dan praktis, ya dibuat nasi goreng, bener ga bu – ibu. Saya hampir tidak pernah sengaja membuat nasi goreng dari nasi baru karena ga kepikiran, terbiasa kalau nasgor dari nasi sisa kemarin yang belum basi.

Saat ramandhan seperti ini, nasi di rumah kerap sisa, kadang hanya diangetin kadang dibuat nasgor. Paling gampang sih nasgor pake bumbu sambal, ga usah iris – iris atau ulek bumbu lagi, tapi campurkan nasi dan sambal lalu goreng, jadi deh hahaha.

Itu juga yang saya lakukan. Sebelum ramadhan saya membuat stok sambal kecombrag satu toples, cukuplah untuk seminggu lebih.
Jadi saat kemarin ada nasi sisa, dibikin dengan bumbu sambal kecombrang.

Ke dalam wajan masukkan satu piring nasi dan 1/2 sendok makan sambal kecombrang, aduk aduk hingga rata dan nasi hangat. Oh ya kebetulan ada sisa sekerat daging dendeng balado basah, saya suwir - suwir dan dicampurkan ke nasi goreng.

Resep Dendeng Balado Basah bisa lihat di sini


Nasi goreng kecombrang

Resep Sambal Kecombrang 

Bahan
1 Buah kecombrang
ons campuran cabe rawit merah dan cabe merah keriting

1 ons cabe campur rawit
7 butir bawang merah 
3 butir bawang putih
1 buah tomat ukuran sedang (makin besar ukuran tomat yang digunakan kepedasan makin berkurang)

Cara membuat
Iris semua bahan. 
Masukkan ke dalam blender, setelah halus oseng dengan minyak, tambahkan garam dan gula sesuai selera. Angkat jika sambal sudah matang dan wangi kecombrang tercium.

Jika tidak menggunakan blender untuk menghaluskan sambal, bahan sambal direbus sebentar dalam air panas agar layu, jadi menguleknya lebih mudah.



Selamat mencoba teman.



Kamis, 09 Mei 2019

Resep Soto Ayam Kampung


Resep Soto Ayam. Assalamualaikum, penggemar soto mana suaranya? Saya penggemar semua jenis soto. Soto Bandung, soto kuning Bogor, soto ayam tanpa santan, soto daging betawi, soto mie Bogor.

Kuahnya yang segar dan gurih, ditambah rasa asam dari perasan air jeruk limodan sambal, mantap tenan ya. Apalagi dinikmati saat cuaca dingin, kayaknya pas deh. Pas juga buat menu berbuka puasa yang cenderung bawaannya pengen makan yang hangat – hangat dan segar.

Rabu, 08 Mei 2019

Skippy Peanut Butter Cookies

Resep kue kering kacang. Alhamdulillah sudah puasa hari ke – 3. Masih istiqomah tarawih di masjid? Masih istiqomah tilawahnya? Mulai bikin kue – kue lebaran? Lebaran masih lama masa udah bikin kue lebaran. Ehm, saya pernah mendengar tausiyah tapi lupa kapan dan dimana, intinya pak ustad menyarankan kalau membuat kue lebaran sebaiknya diawal – awal puasa atau lebih bagus sebelum puasa. Kenapa? Agar saat 10 hari terakhir ramadhan kita bisa konsen mengejar lailatur qodar, bukan sibuk di dapur hehehe.


Skippy peanut butter cookies

Selasa, 07 Mei 2019

Kuliner Favorit di BSD, Sate Kambing Muda Yogyakarta H.Paijo

Kulnerdi Bumi Serpong Damai Tangsel. Secara administratif tempat tinggal saya masuk ke wilayah kab. Bogor tepatnya Gunung Sindur. Tapi secara geografis deketnya ke Pamulang dan BSD Tangerang Selatan, jadi kalau ada keperluan belanja, jalan – jalan, kuliner ya ke pamulang  atau BSD.

Bicara soal kuliner di sekitar BSD, banyak banget yang rekomended. Di sepanjang jalan pahlawan seribu, setelah pertigaan puspitek dan sebelum statsiun rawa buntu, berderet kuliner – kuliner menggugah selera dan umumnya sudah terkenal. Bebek Kaliyo, ayam kremes bu Condro, Sop Janda, gado – gado Ria, sup ayam Klaten pak Mien, Sate Kambng Muda Yogyakarta Bpk. H. Paijo dan yang terbaru (baru di buka beberapa bulan lalu) adalah bakso Budjangan.

Alhamdulillah sudah mencicipi kuliner – kuliner di sini yang belum hanya bakso Budjangan karena keburu bulan puasa hehehe.

Sate Kambing Muda Yogyakarta H.Paijo
Luas,  dilengkapi Playground dan mushola

Jika teman – teman mau berbuka puasa bersama keluarga atau teman di sekitar BSD sini, saya rekomendasikan Sate Kambung Muda Yogyakarta Bpk. H. Paijo, karena tempatnya luas banget, ada area lesehan dan duduk. Dari luar memang nampak kecil hanya bangunan rumah tapi di belakangnya luas dan ada bangunan lain - selain area lesehan.

Arsitektur dan dekorasinya jawa, dengan kursi – kursi, meja dan lemari jati antik. Dilengkapi area play ground yang cukup komplit.

Oh ya area parkir di depan memang tampak kecil karena di belakang ada area parkir lain, masuk dari gang samping restoran.

Menu dan harga
Makanannya, mantap banget memang sih harganya sedikit diatas harga kuliner  sejenis tapi kualitas daging, dan bumbunya memang top.

Sate, potongan besar dan tanpa lemak.




Sop dagingnya. Mericanya terasa banget.




Oh ya kami juga memesan seporsi tahu goreng yang langsung tandas tak sempat di foto. 

Senin, 06 Mei 2019

Ide ngabuburit bersama anak – anak

Alhamdulillah disampaikan pada bulan Ramadan yang penuh berkah. Maaf lahir batin teman - teman. Semoga kita semua diberi kemudahan dan istiqomah dalam menjalankan puasa dan amalan lain di Ramadan ini. Aamiin.

Hari pertama tarawih,  mesjid – mesjid penuh termasuk mesjid di lingkungan rumah saya, anak – anak jadi semangat tarawih ke mesjid walaupun ya sampai di mesjid tarawihnya tidak full. Selanjutnya main di teras mesjid. Tapi saya yakin ini jadi pembelajaran untuk si kecil, jadi akrab dengan mesjid, terbiasa dengan solat tarawih dan amalan lain di bulan Ramadan.

Senin, 22 April 2019

Empat Objek Wisata di Bali Selatan yang Harus Kamu Kunjungi

Salah satu destinasi wisata di Indonesia yang ingin saya kunjungi lagi adalah Bali, pertama  karena masih banyak tempat wisata yang belum saya kunjungi, kedua kangen belanjanya karena   harga beragam cinderamata Bali ramah di kantung hehehe. Asli bikin kalap. Dari kain, kerajinan tangan, kuliner, perintilan dari kayu, asesoris dan banyak lagi, rasanya pengen ngeborong.

Para Tour Guide yang tengah bersolek

Kamis, 11 April 2019

Mengenal Edible Flower

Edible flower - eat able flower. Halo teman – teman di post ini saya mau nulis soal bunga tapi kali ini  bukan bunga anggrek hehehe. Tapi bunga yang nyambung sama dunia masak memasak karena jenis bunga ini bisa dimakan, istilahnya edible flowers atau eat able flower. Yap, bunga – bunga yang bisa dimakan, selain aman dikonsumsi juga kaya nutrisi,  dan berfungsi sebagai antioksidan atau antiinflamasi.



Jadi jangan heran jika di sebuah restoran atau cafe melihat sajian bunga pada makanan entah sebagai campuran pada sup, koktail, cake, atau es krim. Atau bunga sebagai garnis.  Selain memberikan sensasi tersendiri dari segi penampilan,  masakan yang ditambah bunga menambah aroma dan rasa yang berbeda lho.

Tapi tidak semua jenis bunga bisa dimakan ya teman, jadi sebelum memutuskan mencoba sebaiknya cari tahu dulu mana bunga yang aman dikonsumsi mana yang tidak, karena beberapa bunga bukan hanya tidak aman dimakan juga beracun.

Tips mengkonsumsi edible flower
Pastikan kita mengetahui bahwa bunga tersebut aman dimakan.

Jika bunga yang kita tanam bisa dimakan,  jangan gunakan pestisida selama masa perawatan, jika terkena hama gunakan pestisida organik yang terbuat dari bawang putih.
Cuci bunga sebelum dimakan dan pilih bunga yang tidak bernoda

Bunga dapat dimakan pada hari ketika dipetik tapi dapat juga disimpan dilemari es selama 3 – 4 hari.
Petik bunga yang akan dimakan saat kadar air dan rasanya paling kuat, yaitu saat bunga mekar, sebelum layu.

Mengajak si kecil menanam dan berkreasi dengan edible flower


Menanam bunga yang dapat dimakan di pekarangan rumah dengan melibatkan anak – anak bisa jadi salah satu cara mengajarkan anak – anak berkebun dan menyukai alam. Rumah pun jadi cantik dengan bunga – bunga.

Ini bunga matahari milik si sulung, yang ditanamnya sendiri dan rencananya jika bunga sudah boleh dipetik mau dijadiin garnis di cake atau puding yang akan saya dan dia buat.

Yang pasti menghias masakan atau kue dengan bunga bisa jadi kegiatan yang menarik yang bisa dilakukan dengan anak – anak sekaligus memancing imajinasi mereka. Buat si kecil yang sukar makan atau enggan mencoba makan makanan baru, dengan menghiasinya dengan bunga bisa membuatnya tertarik mencoba karena jadi seperti main – main.


Berikut beberapa  jenis bunga yang bisa dikonsumsi dan sangat familiar karena banyak  ditanam oleh masyarakat Indonesia. Mungkin teman – teman juga menanamnya di pekarangan rumah.

Bunga mawar, dapat digunakan pada semua jenis masakan dari sup, salad, selai dan campuran dalam teh. Mawar memiliki wangi yang kuat tapi rasanya lembut dan fruity.  Asam seperti strowberi.

Bunga melati, sangat popular digunakan pada campuran teh selain memberi aroma khas. Campuran the hijau dan melati dipercaya dapat menurunkan berat badan.teh dengan campuran bunga  melati dipercaya berkhasiat menurunkan berat badan. Selain sebagai campuran dalam the, bunga melati bisa dijadikan garnis pada cake atau puding lho.

Bunga telang, bunga yang tumbuh liar dan sempat langka tapi begitu bunga ini mulai dikenal luas   sebagai pewarna makanan alami, kini banyak dijual secara online. Oh ya warna biru dari bunga telang bisa digunakan pada nasi, cake atau puding. Saya sering menggunakannya sebagai pewarna pada puding. 

Boleh Baca Puding Bunga Telang


Seduhan bunga telang juga bisa dikonsumsi layaknya teh, rasanya tawar. Di café –café minuman bunga telang ditambahkan jeruk lemon warna birunya akan berubah menjadi ungu dan rasanya jadi mirip lemon tea.Orangtua jaman dulu percaya air bunga telang berkhasiat membersihkan mata bayi yang baru lahir.

Bunga matahari, bagian dari bunga matahari yang bisa dimakan adalah kelopak bunganya. Bisa dijadikan garnis. 

Lavender, tanaman yang memiliki aroma khas yang dapat mengusir nyamuk. Tapi tidak banyak yang tahu jika bunga lavender bisa dikonsumsi. Umumnya digunakan sebagai hiasan makanan bisa juga dijadikan hiasan  pada  es krim.  Rasa   bunga lavender manis dengan sedikit rasa kecut seperti jeruk nipis. 

Rosella, seduhan bunga Rosella kering dan dimimum layaknya teh sangat populer di masyarakat karena dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berbeda dengah teh warna seduhan bunga rosella merah. Bunga yang dijadikan teh ini adalah kelopaknya yang sudah mekar.Khasiat bunga Rosella untuk kesehatan sangat populer di masyarakat, salah satunya dapat menurunkan tekanan darah. Tapi untuk takarannya perlu penelitain lebih lanjut. Yang pasti bunga Rosella bisa dijadikan gardis pada makanan atau cake selain sebagai minuman.

Krisan, ada beragam warna bunga krisan dan semuanya aman dimakan. Rasanya ada yang mirip kembang kol dan agak pahit. Biasanya digunakan untuk salad  dan kentang tumis oriental.





Jadi menanam bunga tak sekedar mempercantik rumah bukan? Teman – teman ada yang tertarik menanam bunga yang bisa dimakan? 

Jumat, 05 April 2019

#UNINSTALLKHAWATIR dengan GOJEK

Naik GOJEK aja, praktis! Iya, walaupun saya bisa naik kendaraan roda dua, tapi untuk perjalanan jarak agak  jauh yang melewati jalan besar saya tidak berani mengendarai sendiri. Perjalanan dari Pamulang ke BSD saja saya tidak berani bawa motor sendiri.  

Untuk sekitaran Pamulang kalau bonceng anak – anak saya hanya berani kalau lewat jalan perkampungan. Ada kejadian yang membuat saya agak takut naik motor kalau jauh atau bawa anak – anak karena  pernah  disalip angkot lalu angkot berhenti mendadak di depan saya untuk mengambil penumpang. Alhasil saya menyerempet samping belakang motor, hilang keseimbangan dan terhempas ke aspal. Walaupun tidak mengalami luka parah, rasanya ya sakit. Baret di sana – sini.


GOJEK in aja!
Saya tidak bisa mengendarai kendaraan roda empat, walaupun suami pernah mendorong untuk kursus saya menolak. Seiring  usia nyali untuk bisa nyetir menguap.

Untunglah kini ada GOJEK. Kemana pun pergi jadi praktis. Kalau dulu kemana – mana bareng anak – anak harus weekend  atau menunggu Pak suami pulang kerja, kini  GOJEK - in  aja.

Sabtu, 23 Maret 2019

Jalan - jalan, Belanja dan Kuliner di Pasar Ikan Modern Muara Baru Jakarta Utara

Minggu lalu tepatnya tanggal 17 Maret, kami mengunjungi Pasar Ikan Modern Muara Baru Jakarta Utara.  Setelah paginya kami mengunjungi Perpustakaan Nasional yang bikin betah. Yang pengen tahu seberapa kerennya Pusnas kita yuk intip di sini.

Teringat liputan  tentang pasar ikan modern yang pernah saya tonton sekilas, saya menyarankan untuk ke sana sekalian makan malam. Setelah sempat nyasar dan muter – muter kurang lebih satu jam di muara angke akhirnya kami sampai di muara baru yang ternyata letaknya agak jauh dari muara angke.  Kami kira muara baru terletak di muara angke *buta Jakarta*.

Liputan versi vlognya



Rabu, 20 Maret 2019

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Dalam tumis menumis tomat bukan termasuk bumbu inti seperti halnya bawang putih, bawang merah atau merica tapi kalau ditambah tomat rasanya beda, ada taste asam segar. Kalau istilah Ibu saya ‘leuwih mirasa’.

Saya pernah nyoba numis tahu taoge yang tanpa tomat dan ditambah tomat, rasanya lebih enak yang pake tomat. Begitu pula dengan sop, pake tomat rasanya lebih segar. Tapi ada kekurangannya kalau pake tomat masakan jadi mudah basi.

Terlepas dari soal taste dalam masak memasak, tomat memiliki banyak manfaat dalam kesehatan. Tomat pun bisa disajikan dengan beragam sajian, dari lalapan, salad, jus, pasta dan rujak tomat. Ada yang tahu rujak tomat? Istilah dari Ibu saya, yang sebenarnya ga cocok di sebut rujak karena ga pake bumbu rujak pada umumnya, hanya irisan tomat disajikan dengan susu kental manis hehehe.

Jumat, 15 Maret 2019

ERHA Age Corrector Series, Anti - Aging yang Terbukti Efektif dan Aman

Pentingnya merawat diri
“Muka tuh dirawat bukan diedit!” Komentar epik yang dilontarkan adik perempuan saya beberapa tahun lalu saat kami bertemu, dan membuat saya tertawa malu hehehe. Karena kami tinggal  beda kota, pertemuan kami dalam setahun bisa dihitung dengan jari, saat mudik lebaran atau liburan sekolah anak – anak, selebihnya bertemu dan bersapa via video call dan media sosial.  


ERHA Age Corrector Series

Lalu dia mengeluarkan membuka two way cake dan menyodorkan cerminnya pada saya.”Coba perhatiin tuh, udah ada flek,  pori – porinya udah segede lobang jarum, udah ada flek.”
“Enak aja segede lobang jarum.”

Dia tertawa sebelum berkata,”Kalau dibiarin makin membesar, fleknya juga nambah tebal dan banyak. Coba Teteh ketawa, makin jelas keliatan kerutannya di mata sama pipi. Penuaan dini itu, umur kita kan belum 40.” Waktu saya belum usia 40 tapi 35+ .

Saya akui semenjak resign dan jadi ibu rumah tangga,   saya kurang telaten merawat diri terutama wajah alasannya karena ga kemana – mana, hanya sesekali ke luar rumah jalan – jalan/ngemall sama keluarga atau ke event blogger.

“Say, cantik itu buat suami. Kasian suami pulang kerja lihat istrinya lecek sementara dikantor lihat yang kinclong – kinclong, karyawan di kantor suami kan ga cowok semua.”

Kamis, 14 Maret 2019

Ekstra Kulikuler di Sekolah dan Bakat Minat Anak

Anak - anak sekolah di sekolah Islam jadi jam sekolahnya lebih panjang, ekskul serentak dilaksanakan hari jumat, beberapa ekskul hari sabtu. Walaupun sekolah sampai sore si sulung semangat ikut ekskul bahkan sampai 3 ekskul. 

 Ganti Ekskul lagi 

“Ma, aku mau pindah ekskul. Keluar MB dan ikut TS, “ kata si sulung. MB kependekan dari marching band, TS kependekan dari Tapak Suci (bela diri).
“Kenapa tidak  dua – duanya,”saran saya karena sayang dia sudah mau 4 semenster ikut MB. Dan pernah juga ikut  ekskul TS 4 semester saat kelas 1 dan 2.  
“Jamnya latihannya sama.”

Foto setelah tampil

“Bukannya ekskul TS hari jumat dan MB sabtu.”
Jumat aku ekskul bulu tangkis. TS ada juga hari sabtu, aku mau yang hari sabtunya.”
“Ya terserah.”
Entah sudah berapa kali si sulung  pindah ekskul,  perasaan tiap semester, kecuali MB yang sudah bertahan 3 semester dan TS 4 semester (saat kelas 1 dan 2), sisanya ganti – ganti dari nari, marawis, teater.

Kamis, 14 Februari 2019

Melibatkan Anak Berwirausaha

Assalamualaikum,

Bagaimana cuaca di tempat teman - teman, alhamdulillah di sini hujan terus jadi saya tidak perlu menyiram tanaman, lumayan menghemat waktu setengah sampai 1 jam setiap hari. 

Ga pernah terbayangkan saya akan jadi pedagang tanaman dan tukang kebun hahaha. awal mulanya bisa baca di Pengalaman Pertama Mengikuti Pameran Bunga. 

Banyak pengalaman menarik dan seru baik yang berhubungan dengan customer, rekanan atau para petani. Pengalaman tak kalah menarik adalah melibatkan anak - anak dalam pekerjaan ini. Mulai menyiram, menanam tanaman, memisahkan anakan anggrek sampai merangkai bunga. Dari awal saya memang ingin anak - anak terlibat agar mereka paham nilai uang. Paham untuk mendapatkan uang harus bekerja - melakukan sesuatu.

Jauh sebelumnya, saya dan suami sepakat tidak memanjakan anak - anak dengan tidak menuruti  semua keinginan mereka. Jadi mereka punya inisiatif mengumpulkan uang jajan jika menginginkan sesuatu plus mewanti - wanti jika ingin membeli sesuatu harus melihat nilai dan manfaatnya, jangan sekedar suka.

Berikut beberapa kegiatan dimana saya melibatkan anak - anak berwirausaha tanaman/bunga;

Jumat, 08 Februari 2019

Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung

Baksil atau Babakan Siliwangi, sepetak hutan kota yang terletak di jalan Tamansari Bandung. Sepetak lahan yang dulu pernah ‘diperebutkan’ antara developer dan sebagian besar warga Bandung karena developer menginginkan tanah yang sepetak ini menjadi apartemen. Sontak ide ini membuat sebagian besar warga Bandung tidak setuju hingga terjadi  demo. Babakan Siliwangi adalah  paru – paru kota, resapan airnya warga sekitar  dan mungkin Cisitu – kampung tempat saya lahir dan dibesarkan. Dan di Babakan Siliwangi bukan hanya ada sepetak lahan yang ditumpuhi pohon-pohon besar dan rindang juga ada komunitas seni.

Berjalan santai di ketinggian hingga 5 meter 
Alhamdulillah walikota terpilih  Kang Emil memberikan solusi yang membuat warga Bandung senang dan tenang, menempatkan Baksil pada fungsinya sebagai paru –paru kota dan resapan air malah  diperindah menjadi Forest Walk.

Jumat, 01 Februari 2019

[DIY] Membuat Cover Kulkas dan Cover Galon

Assalamualaikum teman - teman, 
Ceritanya lagi belajar jahit menjahit nih, buat nambah kesibukan hehehe. Jahitnya yang lurus - lurus aja, gampil. Dengan niat membuat rapih dapur, nyoba - nyoba bikin cover galon dan cover kulkas, sebelumnya survey harga cover galon dan kulkas dari kain kanvas di online shop IG dan harganya lumayan. Jadi ceritanya biar hemat cobain bikin. Bahannya dari kain kanvas, tebal dan agak kaku  jadi tidak perlu lapisan busa dan lapisan semacamnya.


Cover galon dari kain kanvas 

Jumat, 11 Januari 2019

[BOOK REVIEW] Seri Buku Saat Aku Besar Nanti

Ada yang ngefans juga sama penulis buku anak Stella Ernes? Tos donk. Sejak punya anak dan suka beliin anak - anak buku saya kenal Stella dan jatuh cinta pada tulisan dan ilustrasinya. Kenapa? Kenapa? Kalau udah sering baca buku anak doi pasti ngeh deh kenapa penulis buku anak ini banyak yang suka dan buku - bukunya suka best seller.

Kali ini saya akan mereview seri Buku Saat Aku Besar Nanti. Kelebihannya buku ini bahasannya lengkap dan detail tapi tetap dengan versi anak - anak yang sederhana dan mudah dipahami. Resensi lengkapnya bisa baca di Resensi Buku Seri Saat Aku Besar Nanti

Penulis                 : Stella Ernes
Penerbit              : BIP (Grup Gramedia)
Tahun                   : 2018
Halaman              : 31 hal

5 dari 20 seri Buku Saat Aku Besar Nanti

Kamis, 10 Januari 2019

#AksiFlashBunda untuk si Anak Aktif


Latihan di skate park

Saya masih ingat wajah sumringah si sulung seminggu sebelum pembagian rapot akhir bulan lalu. “Ma, nilai ujian matematika semesteran aku tujuh!” Teriaknya sambil  melambaikan – lambaikan kertas ujiannya. “Aku nggak lupa lagi kalau harus merubah menit jadi detik.”

Nilai matematika tujuh bagi kami ini adalah pencapaian luar biasa, setelah latihan soal matematika dengan tema kecepatan berhari – hari, bolak – balik mengerjakan 30 soal yang sama. Dan ini sepertinya tema matematika yang paling bikin saya senewen saat mengajarkan pada si kecil hahaha. Memang sih mudah tinggal masukin rumus, Jarak/Volume = Waktu x Kecepatan. Masalahnya soal – soal yang dibuat agak berbelit, misal waktu yang diketahui dalam soal satuannya jam, yang ditanyakan kecepatan dalam menit atau sebaliknya. Dan ini yang sering  membuat si sulung bingung atau lupa merubah satuan, jadi walaupun perhitungan sudah sesuai rumus hasilnya salah karena satuannya tidak disamakan.

Saya tidak ingat kapan pelajaran matematika dengan tema kecepatan  saya pelajari di sekolah dasar atau smp, yang pasti saya tidak pernah mengalami kesulitan dengan soal matematika, hanya takluk saat bertemu kalkulus hahaha.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...