Kamis, 13 Desember 2018

Membuat Studio Karaoke Mini di Rumah dengan Peralatan Elektronik Sederhana

Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk menghibur dirinya. Ada yang gemar membaca, traveling, atau bahkan sekadar bernyanyi dengan pergi ke tempat karaoke. Namun, tidak jarang tempat-tempat seperti karaoke mematok harga yang cukup mahal untuk sekali sewa, sementara uang di dompet terbatas. Solusinya, membuat  tempat karaoke mini di rumah Anda sendiri, dengan begitu bisa melakukan hobi tersebut setiap hari. Untuk itu, ada beberapa benda atau perlengkapan elektronik yang perlu dibeli.

Peralatan Elektronik untuk Membuat Karaoke Sederhana


Keuntungan membuat tempat karaoke mini di rumah bisa digunakan sewaktu – waktu tapi tentu ada biaya awal untuk membeli perlengkapannya. Meskipun begitu, biaya ini terhitung lebih murah daripada pergi ke tempat karaoke berbayar. Perlengkapan elektronik untuk karaoke yang wajib dimiliki adalah sebagai berikut:
1.   Perlengkapan untuk Menampilkan Video
Kita pasti tidak asing dengan sebuah layar televisi yang menampilkan gambar video clip di sebuah tempat karaoke. Biasanya, video yang ditayangkan memiliki lirik yang bisa kita ikuti supaya bisa menyanyi dengan lancar. Karena itu, peralatan display ini tidak boleh sampai ketinggalan. Perlengkapan untuk mendisplay video ini bisa menggunakan televisi biasa maupun dengan proyektor. Gambar pada televisi akan lebih jernih tapi jangkauan gambarnya kecil, sedangkan jika memakai proyektor dapat menampilkan gambar lebih luas, sayangnya gambar akan kurang bening.
Namun, televisi apa yang bisa digunakan sebagai display video? Apa saja, yang penting ada colokan AV, VGA, maupun HDMI.


2.   Microphone
Ini yang tidak kalah penting,  mikrophone. Kini, microphone dijual dengan berbagai harga, mulai dari yang mahal sampai paling murah. Microphone pun ada yang menggunakan kabel maupun wireless, tergantung Anda ingin butuhnya yang mana. Bahkan sekarang, ada microphone mini yang bisa dibawa ke mana-mana. Namun, tidak disarankan karena input suara pasti kurang maksimal.
3.   Speaker
Peralatan elektronik yang tidak bisa terlewatkan ketika membuat studio karaoke adalah speaker. Fungsinya adalah untuk memperbesar keluaran suara yang dihasilkan. Speaker ini pun ada macam-macam jenisnya. Ada speaker aktif stereo, speaker aktif mono, dan speaker passive. Speaker aktif biasanya mudah penggunaannya, karena sudah punya colokan lengkap untuk menyambungkan ke microphone. Sedangkan untuk speaker passive, biasanya harus menambahkan power amplifier supaya bisa digunakan. Semuanya bisa dipakai, sesuaikan saja dengan alat karaoke lain yang Anda miliki.
4.   DVD Player
Sebenarnya, untuk sumber pemutar musik, bisa menggunakan peralatan elektronik lain selain DVD Player. Misalnya menggunakan laptop atau PC. Namun, apabila Anda sudah punya pemutar DVD, maka pergunakan saja. Keuntungan memakai DVD Player adalah Anda tidak perlu menginstal software apa pun lagi. Berbeda dengan penggunaan laptop, yang harus diinstal program khusus karaoke terlebih dahulu supaya dapat digunakan dengan baik.
Peralatan Karaoke Paling Murah dan Berkualitas Hanya di Bukalapak

Apabila sudah tahu peralatan elektronik apa saja yang diperlukan untuk menciptakan studio karaoke mini di rumah, kita tinggal mencari penjual yang tepat dengan harga terjangkau. Malas ke toko konvensional? Langsung saja buka aplikasi Bukalapak dan temukan segala alat elektronik yang paling dibutuhkan. Mulai dari speaker, microphon, DVD player, dan lain sebagainya, tersedia lengkap di Bukalapak. Banyak sekali best seller yang dapat Anda percaya, pembayaran pun dapat dilakukan kontan maupun cicilan. Hanya berbekal klik-klik, semua peralatan karaoke akan sampai di tempat Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...