Minggu, 30 Desember 2018

Berlibur ke Sungai Citarik Sukabumi

Sukabumi salah satu kota dengan banyak tempat wisata menarik, pantai, taman nasional,  air terjun, geopark, danau dan sungai. 

Beberapa waktu lalu saya berlibur di tepi sungai Citarik Sukabumi, sungai yang biasa digunakan untuk arung jeram. 


Arung jeram


Sebenarnya pengen ikut arung jeram tapi ada daya karena anak – anak masih dibawah umur – tidak bisa ikut arung jeram, jadilah saya menemani mereka, sementara Bapaknya seru –seruan main arung jeram.



Anak - anak sungai citarik
Di tepi sungai Citarik

Walaupun tidak ikut arung jeram anak – anak mendapat pengalaman baru yang tidak kalah seru yaitu main di tepi sungai. Bagi kami yang tinggal di perkotaan ini hal luar biasa karena di perkotaann sungainya tidak bisa digunakan untuk main, banyak sampah, airnya berwarna coklat dan berbau tidak sedap.

Kami menginap di penginapan yang berada tepat di tepi sungai Citarik. Sepanjang hari mendengar gemericik air mengalir dengan angin sepoi – sepoi. Asa waas pokona mah. Penginapan ini bagian dari Arus Liar Adventure. Infomasi dan pemesanan penginapan dan adventure di Arus Liar bisa dilakukan via online


Penginapan kampung ngaloen

Tarif semalamnya sekitar 700 ribu, satu kamar bisa untuk empat orang termasuk makan tiga kali sehari. Dari tempat ini ke jalan raya sekitar 1 km, sisi kanan dibatasi sungai, disisi kiri pohon pohon belukar jadi kalau ga dapat makan sehari 3 kali super repot hehehe.

Tapi jangan khawatir, di sini ada warung kecil milik penjaga penginapan yang buka 24 jam. Menjual mie rebus, kopi sachet beragam merk, sikat gigi, sabun dan pasta gigi.

Selain tiga tempat wisata yang saya sebutkan di atas masih banyak wisata di kota Sukabumi yang worted untuk dikunjungi. Sayangnya perjalanan ke Sukabumi memerlukan perjuangan panjang jika menggunakan kendaraan sendiri karena jalurnya macet terutama saat weekend. Perjalanan yang normalnya bisa ditempuh selama 4 jam dari Jakarta bisa menjadi 8 jam. Dan kemacetan biasanya terjadi sepanjang jalan raya Bogor – Sukabumi. Ini karena luasnya ruas jalan tidak sebanding dengan volume dan ukuran kendaraan,  karena banyak terdapat pabrik di sepanjang jalan raya Bogor Sukabumi, sehingga dipadati lalu lalang kendaraan super  besar.


Kereta Api dari Jabodetabek  ke Sukabumi
Tapi jangan khawatir, jika tidak mau berjibaku dengan kemacetan, ke Sukabumi bisa lho naik kereta apiMemang ada kereta ke Sukabumi dari Jabodetabek? Ada dan banyak orang belum tahu. Jalur ini memang sempat mati karena kerusakan tapi kembali dibuka saat menteri BUMN di pegang Dahlan Iskan.  


Sumber foto wikipedia

Sumber foto kabar penumpang


Jalur kereta api Bogor - Sukabumi 
Kereta arah Sukabumi berada tepat di statsiun Bogor – Paledang (statsiun kecil), statsiun ini jaraknya 200 – 300 meter dari statsiun kota Bogor (statsiun besar). Jadi teman – teman dari kota Jakarta, Bekasi atau Tangerang harus merapat dulu ke statsiun Bogor dengan KRL.

Harga Tiket
Harga tiket untuk kelas eksekutif 80 ribu sedangkan ekonomi AC 35 ribu dengan lama perjalanan sekitar 2 jam.

Pemesanan Tiket
Tiket sebaiknya dipesan beberapa hari sebelum keberangkatan karena jika langsung ke statsiun ada kemungkinan habis terutama tiket untuk weekend.


Kelas eksekutif kereta api Bogor - Sukabumi



Tujuan Wisata Hits di Sukabumi, Jembatan Situ Gunung

Jembatan Situ Gunung yang terletak di Taman Nasional Gunung Pangrango adalah tujuan wisata hits di Sukabumi saat ini. Jembatan yang menggantung di ketinggian sekitar 150 m dengan panjang 250 meter dan lebar 2 meter. Tarif untuk melewati jembatan ini sebesar 50 ribu rupiah. Dengan pemandangan hutan gunung Pangrango di bawahnya. Tapi tidak direkomendasikan untuk teman - teman yang takut dengan ketinggian.






16 komentar:

  1. Asyik ya mbak, ada jalur kereta.
    Daripada macet-macet mendingan duduk manis di kereta. Apalagi bisa menikmati pemandangan sepanjang jalur kereta api. Priceless

    BalasHapus
  2. Deket ini sama rumah saya bah keren

    BalasHapus
  3. Akhir-akhir ini sering banget baca atau dengar segala sesuatu yang berhubungan dengan Sukabumi. Apakah ini pertanda bahwa saya harus melipir ke sana? Hehehe. Tapi emang alamnya Sukabumi asri banget ya mbak, adem-adem gitu. Pengen rafting di sungainya juga, pasti seru banget.

    BalasHapus
  4. Wisata alam memang paling menyenangkan untuk family holiday. Pengalaman yang tidak terlupa untuk anak-anak bisa mandi di sungai meski belum boleh ikut arung jeram.

    Ada juga ya kereta jurusan ke sukabumi. Menurut saya urusan transportasi dengan kereta api jadi pilihan paling favorit ketika musik liburan. Nyaman juga bebas macet ��


    Salam
    https://www.linatussophy.com/

    BalasHapus
  5. Udah dari lama nih saya mupeng main ke jembatan situ gunung, indah banget yah

    BalasHapus
  6. Jembatan Gantungnya mirip yang ad di Maros yah mba, baca ini jadi ingat masa kecil yang doyan banget ke sungai bareng adik, niatnya mau belajar berenang eh malah main perahu-perahuan, 😂

    BalasHapus
  7. Penasaran ingin ke situ bareng keluarga, plus ingin juga naik kereta, tapi nggak berani naik jembatan.

    BalasHapus
  8. Airnya sungainya, sangat jernih. Suka lihatnya.

    Walah, perjalanan normal 4 jam, kena macet jadi 8 jam. Memang lebih baik naik kereta api aja. Enggak kena macet, harganya juga cukup bersahabat, apalagi ada pikihan kelas ekonomi AC. Murah...

    BalasHapus
  9. Anak-anak mah pasti demen banget ya mbak kalau main air gitu. Anakku pun kalau main air susah disuruh berhentinya. Apalagi bisa sekalian mengenalkan kepada anak juga tentang transportasi.

    BalasHapus
  10. Wah seru nih. Bisa lihat sungai yang masih asli, adem, dan bersih. Jarang-jarang ya pemandangan kayak kini kita lihat di kehidupan sekitar kita. Mana naik kereta pula. semoga deh aku kesampaian deh bawa anak-anak ke Citarik.

    BalasHapus
  11. Sukabumi abis kena longsor. Belum berani main ke sana meski ku tergoda mandi di sungai dan lewatin jembatan itu. Eh lumayan juga ya pake bayar 50ribu. Keselamatan terjamin?

    BalasHapus
  12. Mau banget liat pemandangan gini...hijau..sejuk suara gemericik sungai..

    Itu naik jembatan berasa goyang2 gak sih...kalo gak biasa pasti deg-degan abis . ..

    BalasHapus
  13. Aku penasaran dengan jembatan Situ Gunung nih mba. Biaya masuk 50 ribu itu dapet fasilitas apa saja?

    BalasHapus
  14. Lihat penginapannya udah berasa ademnya mbak, kapan-kapan ajak suami kesini ah :)

    BalasHapus
  15. Sungai Citarik ya namanya. Lucu di telinga.
    Tapi itu kayaknya bakalan jadi pengalaman seru kalau ngajak si kecil main ke sana

    BalasHapus
  16. Aku masih penasaran banget sama Situ Gunung, pengen nyobain lewat jembatannya yang fenomenal itu, hihi

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...