Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 31 Desember 2018

KBA Kampung Sawah Desa Lengkong Kulon Tangerang

Setiap kali menyusuri kawasan Kota Mandiri Bumi Serpong Damai kadang saya merasa berada di masa depan. Potret kawasan urban yang modern dengan hunian terintegrasi antara gaya hidup, teknologi, pekerjaan dan interaksi sosial. Semua kawasan tersusun rapih dan resik. 

Tapi tahukah teman di balik tembok modernitas kota BSD terdapat beberapa perkampungan khas perkampungan –perkampungan di tanah air yang asri dengan rimbunan beragam pohon buah –buahan tropis yang beberapa mulai jarang dan langka keberadaannya, salah satunya pohon buah, rumah – rumah tanpa pagar pembatas tinggi, anak – anak masih bebas bermain sepanjang ruas jalan di perkampungan dengan rasa kekeluargaan yang  kental. Salah satunya Kampung Sawah Tangerang.


Saya dan aktivis KBA Kp. Sawah


Beberapa waktu lalu saya dan teman blogger juga media berkesempatan berkunjung ke sana melihat lebih dekat Kampung Sawah Tangerang yang sejak tahun 2017 melalui  program kontribusi sosial berkelanjutan dari PT ASTRA, mengembangkan konsep kampung berseri astra (KBA) yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, lingkungan dan Kesehatan.

Dengan program ini diharapkan  masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehigga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.

Kontribusi yang dilakukan Astra melalui KBA berupa pembinaan, memajukan kegiatan di perkampungan yang sudah ada sebelumnya dan atau membentuk kegiatan baru yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mengacu pada 4 pilar tersebut di atas tanpa melepaskan adat dan budaya yang ada.

Seperti saat kami berkunjung ke sana, kami disambut dengan acara palang pintu yang merupakan upacara khas masyarakat di sana.


Marawis 

Upacara Palang pintu

Kepala desa dan aparat terkait membuka acara dilanjutkan dengan melihat lebih dekat kegiatan KBA di Kampung Sawah.

PILAR KESEHATAN
Bu Yuli selaku koordinator KBA Kampung Sawah Tangerang menjelaskan kegiatan pilar kesehatan di sana. Menempati area di lingkungan masjid, posyandu melati 3 kampung sawah memberikan pelayanan. Sebelum dibentuk KBA posyandu hanya melayani penimbangan rutin balita dan imunisasi setelah KBA, kader posyandu diberi pelatihan agar dapat melaksanakan pelayanan posyandu yang sesuai standar dan diadakan program tambahan yaitu kelas hamil, posbindu, pendampingan ibu hamil dan pemberian apresiasi pada ibu yang telah lulus memberikan ASI Eksklusif pada bayinya.


Kegiatan pilar kesehatan

Kegiatan pilar kesehatan

Posbindu adalah pelayanan kesehatan untuk usia 14 tahun hingga lansia, pelayanan berupa pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan, untuk remaja termasuk penyuluhan bahasa narkoba dan pergaulan bebas.

Walaupun umur kampung berseri Astra masih kurang dari 2 tahun perkembangan di pilar kesehatan sangat cepat dengan sederet prestasi dan penghargaan yang telah diraih.     posyandu Kampung Sawah yang awalnya berada di strata madya hasil Assesmen Desember 2017 menjadi posyandu strata mandiri dan tahun 2018 strata posyandu meningkat lagi menjadi strata Mandiri Plus karena posyandu melati 3 kini membina  3 posyandu di wilayah desa Lengkong Kulon yaitu posyandu melati 1, melati 2 dan melati 4.

Posyandu KBA Kampung sawah termasuk finalis ke 5 besar nasional lomba posyandu, juara 2 lomba kader tingkat nasional dan sederet prestasi lain. Tentu ini tidak bisa dilepaskan dari keterlibatan aktif warganya.

PILAR PENDIDIKAN

Penyediaan gerobak buku adalah salah satu dukungan Astra untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak – anak di Kp. Sawah. Keberadaan koleksi buku mendukung aktivitas anak – anak di TPA dan PAUD yang sudah ada di sini.


Koleksi buku





Sayangnya koleksi buku di sini masih sangat kurang, seperti diutarakan salah satu pengurusnya. Keterbatasan ini membuat anak – anak bosan dan enggan membaca. Jadi KBA Kp. Sawah terbuka menerima donasi buku.

PILAR KEWIRAUSAHAAN
Memanfaatkan lahan tidur di sekitar pemakaman. Masyarakat dengan dipandu menanam berbagai sayuran dan buah – buahan secara organik, kebun ini dinamai kebun Sabilulungan,  hasilnya dijual secara mandiri saat pameran atau melalui online. Saat ini dari pihak Astra membantu penjualan ke HERO supermarket namun masih dalam proses.








Selain dari hasil kebun Sabilulungan, wirausaha lain membuat dan memasarkan makanan khas Kp. Sawah seperti rangginang.

Hasil kebun juga kadang dinikmati bersama saat ada kegiatan yang melibatkan warga.


Rangginang

Workshop
Membuat produk kayu yang bisa dijual, seperti pemesanan gerobak,  
Sedangkan

PILAR LINGKUNGAN
Berkolaborasi dengan pilar kewirausahaan, kegiatan pilar lingkungan adalah memanfaatkan limbah kayu menjadi produk yang bisa digunakan.

Program dari pilar lingkungan yang saat ini tengah dibentuk adalah mengadakan kegiatan Eco Edukasi, yaitu belajar sambil bermain, perkenalan sejak dini pada anak bagaimana cara bercocok tanam.

Prestasi yang diraih dari pilar lingkungan adalah juara 2 olahan buah langka tingkat nasional.










#LFAAPABSD




1 komentar:

  1. Waah juara olahan buah langka tingkat nasional. Olahan buah apa Mbak Rina? Sepertinya menarik banget. Baru tau juga maaih ada kampung di BSD yah
    Soalnya kalau ke BSD itu kesannya semua serba wah..dan modern. Kirain sudah gak ada kampung. Btw Astra keren ya punya banyak KBA di seluruh Indonesia

    BalasHapus

find me