Selasa, 13 November 2018

[BOOK REVIEW] I LOVE YOU MAM – I LOVE YOU DAD


Judul buku          : I LOVE YOU, MOM… (Bilingual Book)
Penulis                 : Arleen A
Penerbit              : BIP (Grup Gramedia)
Tahun                   : 2010   (sampai saat ini masih dicetak ulang)
Halaman              : 203 hal

Judul buku          : I LOVE YOU, DAD…(Bilingual Book)
Penulis                 : Arleen A
Penerbit              : BIP (Grup Gramedia)
Tahun                   : 2017
Halaman              : 212 hal
Harga                    : 125 K

Kedua buku ini bukan buku baru terbit tapi hampir setiap ke Gramedia lihat buku ini terdisplay di rak depan. Yap ini adalah salah satu buku best seller Arleen A.

Anak – anak sudah memiliki buku I LOVE YOU MOM sekitar 5 tahun (penampakannya sudah lusuh banget ya hahaha). Yang I LOVE YOU DAD baru sekitar setahun.

Walaupun bukan buku baru yang dimiliki anak – anak dan sudah berkali – kali di baca, tapi tetap kalau sudah lama mejeng di rak di buku, minta dibaca ulang dengan semangat. Mungkin karena pada dasarnya anak – anak senang mengulang sebagai cara mereka belajar.

Oh ya kedua buku ini bilingual dengan diksi bahasa Inggris sederhana, cocok  untuk anak – anak yang memang tengah belajar bahasa Inggris. Kedua anak saya mulai senang dibacakan versi bahasa Inggrisnya, otomatis kosa kata bahasa Inggris mereka bertambah.


Ehm sebenarnya bukan hanya anak – anak yang suka, saya juga suka cerita – cerita dalam buku ini, karena ceritanya menghangatkan hati. Simple tapi mengena dan yang paling saya suka dari buku – buku anak tulisan Arleen bahasa dan penyampaiannya mudah dipahami anak – anak. Deskiripsi pendek dan padat tanpa menghilangkan alur. Mungkin ini juga yang membuat anak – anak di rumah suka, saat dibacakan langsung paham maksudnya.

Buku anak dengan deskripsi panjang, diksi  yang tidak umum biasanya kurang disukai kedua si kecil saya. Mereka hampir tidak pernah bilang tidak suka pada satu buku tertentu. Ciri mereka suka sebuah  buku biasanya minta dibacakan berulang – ulang, setelah lama tidak dibacakan minta dibacakan lagi dan berulang berhari – hari, sampai saya dan mereka sendiri hapal dialognya hahahah.

I LOVE YOU MOM
Berisi 10 cerita tentang sosok Mama. Ada Mama yang serba bisa, ada Mama pemberani, ada Mama yang Pengertian, Mama yang mengajarkan makna kesederhanan, ada Mama yang banyak akal. Yang mana mirip Mamamu?  

Bagi seorang anak Ibu adalah sosok serba bisa dan sempurna seperti dalam cerita yang berjudul ‘Do You Know Who My Mother Really Is?’ dan ‘My Mother is Perfect Because….’

Tahukan kamu siapa ibuku sebenarnya? Dia adalah seorang insinyur yang hebat! Dia telah membangun sebuah rumah yang cantik untuk boneka – boneka ku. Dia pastinya adalah dokter terhebat. Dia selalu merawatku ketika aku sakit.
Selain itu, dia juga adalah selimutku yang ternyaman dan terwangi. Dia selalu menghangatkanku setiap malam.

Ibuku sempurna karena dia tahu kapan aku harus bangun dan kapan aku boleh tidur lebih lama. Ibuku sempurna karena dia tahu berapa banyak sereal dan susu yang harus dituang ke mangkukku.

Ibu pemberani dan banyak akal bisa ditemukan pada cerita berjudul Pasukan Ibu – Ibu. Bagaimana para ibu menyiasati peralatan dapur dan jahit menjadi senjata untuk menyerang balik tentara dari desa tetangga yang menyerang desanya. Salah satu cerita yang disukai anak – anak, karena menurut mereka lucu sekaligus hebat bagaimana para Ibu mengubah bubur ayam panas menjadi senjata, begitu pun jarum jahit.


The Troop of mother 

Hampir semua tokoh anak dalam cerita ini anak perempuan, beberapa ceritanya girly, tapi bukan berarti tidak cocok dibaca anak lelaki lho.

Ada dua cerita dalam buku ini yang berkesan untuk saya yaitu The Flower Seller’sDaughter dan The Weaver’s Daughter, tentang keteguhan, keyakinan  dan optimisme seorang Ibu memahami dan meyakini bakat yang dimiliki anaknya. Cerita yang menjadi catatan tersendiri untuk saya, bagaimana mengasah dan memberikan rasa percaya diri pada anak – anak akan kelebihan mereka yang dimata banyak orang mungkin hal biasa.

Seperti Flo yang berwajah biasa – biasa, tidak cantik juga jelek tapi ingin menjadi seorang putri. Flo menyukai bunga dan merawatnya dengan sungguh – sungguh, dia juga memiliki sifat baik hati dan berbakti pada Ibunya. Saat Flo tidak yakin apa cita –cita menjadi seorang putri tercapai, Ibunya meyakinkan Flo dengan berkata; “Jika kau ingin menjadi seorang putri, kau harus berpikir dan bertindak seperti seorang putri.”

Atau Wilia yang dinilai banyak orang suka menganyam hal tidak berguna saat semua orang di desanya mencari nafkah dengan menganyam keranjang. Namun Ibu Wilia selalu membesarkan hati Wilia untuk menyanyam apa yang dia suka. Ibu Wilia meyakini, Wilia memiliki bakat menganyam yang tidak dimiliki orang lain. Dan dugaan ibunya terjadi, Wilia menjadi penata rambut karena keahlian menyanyamnya.

Secara tidak langsung ada pesan yang disampaikan Arleen untuk orangtua dalam hal ini Ibu, dalam ceritanya.

Cerita lainnya tak kalah menarik dan sarat pembelajaran tapi tetap dengan gaya bahasa Arleen yang sama sekali tidak menggurui dan mengalir. Diksi yang digunakan sederhana dan mudah dipahami anak  - anak tapi enak dibaca.

Beberapa cerita dalam buku ini mengingatkan saya pada sosok Mamah saya. Mungkin itu juga yang membuat saya seperti anak – anak tidak bosan membaca buku ini karena menghangatkan hati.


I LOVE YOU DAD bisa dibilang pelengkap buku I LOVE YOU MOM, Selain tokohnya Ayah, tokoh anak dalam kebanyakan cerita di buku I LOVE YOU DAD adalah anak laki – laki. 

Ada 12 cerita dalam buku ini dan kesimpulan saya setelah membaca semua ceritanya , penulis   ingin menyampaikan pesan bahwa seorang ayah adalah hero untuk keluarganya terlepas dari jumlah materi dan profesinya.

Seorang ayah pada awalnya  mungkin tidak membuat si anak bangga, seperti yang dirasakan    Ben dalam cerita Anak Pengemudi Taksi. Ben kecewa karena penghasilan ayahnya tidak bisa membuatnya memiliki rumah besar, tidak bisa makan makanan selezat makanan Lyn,  tidak bisa memiliki baju sekeren Tom, bahkan sepeda Ben tidak sebagus  sepeda Greg padahal ayah Greg juga pengemudi taksi.

Kenapa? Apa karena Ayahnya tidak melakukan pekerjaannya dengan baik? Karena penasaran, secara diam – diam  Ben mengikuti Ayahnya bekerja. Ia membuntuti taksi yang dikendarai Ayahnya dengan sepeda.

Dugaan Ben benar, Ayahnya tidak banyak menarik penumpang karena sibuk dengan  kegiatan lain, seperti memunguti sampah jika melihat sampah di jalanan, membantu orang menyebrang jalan, bahkan Ayah Ben mau dibayar dengan wortel oleh salah seorang penumpangnya.

Lalu sebuah kejadian membuat Ben tersadar, setiap hari Ayahnya melakukan lebih dari tugasnya  untuk membantu manusia. Ayahnya telah melakukan hal yang benar.



Atau Sophie yang juga tidak bangga dengan pekerjaan ayahnya karena hanya seorang penjaga toko, sampai suatu hari ayah Sophie mengajak Sophie membantunya bekerja di toko. Ternyata ayahnya seorang penjaga toko yang menyenangkan, dia melayani pembeli dengan cekatan, ramah dan membantu para pelanggan memilih barang yang akan mereka beli.

Akhirnya Sophie sadar, ayahnya bukan sekedar penjaga toko tapi membuat banyak orang tersenyum karena pekerjaannya.

Father’s Magical Smiles, tentang seorang Ayah yang memiliki senyum istimewa. Ayah yang selalu tersenyum dalam segala situasi dan kondisi. Dan karena senyumnya itu, Ayah dipromosikan di kantornya berkali – kali. Karena Ayah akan tersenyum dan memberi solusi saat ada persoalan. Karena senyumnya Ayah disukai banyak orang bahkan orang yang tidak mengenalnya.

Secera tersirat penulis ingin menyampaikan pesan pada anak - anak, bagaimana sebuah senyum – hal kecil - bisa mengubah banyak hal karena senyum membuat orang senang dan menimbulkan sikap optimis.

Sembilan cerita lainnya tidak kalah menarik dengan beragam profesi ayah yang karena kesungguhan sang Ayah melakukan pekerjaannya dengan baik, membuat anak – anaknya bangga.

Membacakannya untuk anak – anak membuat saya ingat Bapak saya dan apa yang sudah ia lakukan untuk saya. Hal kecil, kenangan manis yang membuat saya ingin mudik hahaha.

Gak berlebihan kalau saya katakan cerita –cerita dalam buku I LOVE YOU MOM, menghangatkan hati.

I LOVE YOU MOM, I LOVE YOU DAD….




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...