Kamis, 19 April 2018

Dampak Apresiasi Prestasi Harian Anak dalam Pembangunan Karakter

Ibu rumah tangga atau Ibu bekerja sama – sama memiliki tantangan bagaimana membagi waktu antara kesibukannya dan keluarga terutama anak – anak. Sewaktu masih jadi ibu bekerja yang terbayang di benak saya sepertinya enak jadi ibu rumah tangga bisa sepanjang hari mendampingin anak – anak nyatanya, kesibukan rumah tangga menyita banyak waktu terlebih setelah memutuskan tidak ada art dengan alasan menghemat pengeluaran dan agar anak – anak belajar membantu kami. Tidak mudah, ditambah Mama ingin punya kesibukan lagi selain berkutat dengan urusan rumah tangga dan keluarga. Ngeblog dan wirausaha. Harus makin pandai membagi waktu.

Kesibukan yang kadang membuat abai terhadap pencapaian harian anak karena tidak kita perhatikan atau menganggap pencapaian itu adalah semestinya yang memang harus dicapai anak sehingga berpikir apa istimewanya? Sampai hari minggu lalu saya mendapat ilmu baru di acara Blogger Gathering Lotte Choco Pie dan Komunitas Kumpulan Emak – Emak Blogger, bahwa mengapresiasi prestasi harian anak berdampak pada pembangunan karakternya.


Dampak Apresiasi Prestasi Harian Anak – Anak dalam Pembagunan Karakter
Bertempat di Harlequen Bistro Kemang, acara  yang sekaligus merupakan peluncuran terbaru campaign Lotte Choco Pie terbaru dengan tema Premium Moment Together. Narasumber pada cara ini Psikolog Anak dan keluarga Anna Surti Ariani dengan mengangkat tema “Dampak Apresiasi Prestasi Harian Anak – Anak dalam Pembagunan Karakter.”

Premium Moments Together 

Saya selalu antusias menghadiri Blogger Gathering yang diadakan Lotte Choco Pie karena acara diperkenankan membawa anak - anak, dilengkapi fasilitas play ground jadi saat Mamanya menyimak sharing parenting dari narasumber kompeten . Anak – anak asik bermain. Yap seru dan sarat ilmu. Dan tentu saja sambil menikmati Lotte Choco Pie. Camilan favorit saya dan anak – anak. Camilan yang juga jadi bekal sekolah Adik. Ada yang suka Lotte Choco Pie juga?  

Tapi di acara hari ini bukan hanya tersedia play ground juga aktivitas yang disediakan untuk Ibu dan anak, yaitu menghias frame foto. Sayangnya saya batal membawa anak – anak karena tiba – tiba Adik tidak enak badan. Kalau adik tidak ikut otomatis Kaka tidak ikut, Adik harus ada teman di rumah.

Suasana saat acara 

Menurut Psikolog Anna Surti Ketika orangtua menyadari dan menghargai prestasi anak – anak, mereka akan termotivasi untuk melakukan hal – hal yang lebih positif. Dengan keterikatan yang lebih baik antara ibu dan anak, aspek pertumbuhan sosial dan psikologis mereka akan tumbuh, dan itu akan menjadi kunci kesuksesan mereka di masa depan.”

Mengapresiasi keberhasilan anak akan menumbuhkan rasa percaya diri anak. Jika rasa percaya diri tumbuh, karakter baik dan positif akan mudah tumbuh pada diri anak, seperti sikap empati, simpati, jujur, suka menolong dsb.

Siap menimba ilmu parenting bareng
Lotte Choco Pie

Saya jadi teringat pencapaian - pencapaian harian anak - anak. Adik yang sudah bisa membaca dan mau gantian baca buku sama Mama (ga dibacain mama semua), Kaka yang sudah bisa menjaga adik dan aware banget sama adiknya walaupun hanya ditunjukkan kalau tidak ada saya.

Apresiasi pada anak harus ditunjukkan secara verbal maupun non verbal. Verbal berupa ucapan, terima kasih, hebat, pintar dan kata positif lainnya sedangkan non verbal berupa ekspresi wajah, bahasa tubuh, pelukan, dan belaian.

Jadi saat mengapresiasi anak, kata – kata baik yang kita ucapkan harus disertai ekspresi dan bahasa tubuh sama. Jangan sampai memuji anak tapi wajah datar atau perhatian malah pada hal lain, layar handphone misalnya. Duh, saya pernah seperti ini karena lagi nanggung. Padahal ya bisa banget handphonenya disimpan dulu.


Premium Moments Together
Hadir juga di acara ini Brand Manager Lotte Choco Pie Oci Maharani dan     Brand Ambassador Lotte Choco Pie Carissa Putri.  Carissa Putri berbagi pengalamannya mendampingi Qu putranya, dengan rutinitas padat sebagai public figure, Carissa Putri mencoba menemani anaknya untuk melakukan hal – hal kecil seperti menemani belajar, mewarnai dan membaca buku.

Campaign yang diusung Lotte Choco Pie tak lain mengajak Ibu - ibu di Indonesia agar may mengajak anak - anak mereka melakukan rutinitas sehari - hari bersama dan setiap pencapaian kecil oleh anak - anak dihargai salah satunya dengan memberikan camilan. Seperti diungkapnya Brand Manager Lotte Choco Pie,"Membesarkan anak di era ini memiliki tantangan tersendndiri dan membutuhkan perhatian khusus dari ibu. Dengan tema campaign baru tahun ini, #PremiumMomentsTogether kami berharap ibu - ibu  di Indonesia dapat lebih sadar  akan mencapaian harian anak - anak mereka. Tentunya Lotte Choco Pie  sebagai camilan keluarga hadir untuk menyempurnakan waktu premium itu."

Foto bersama 
Menguatkan campaign yang telah diusung sejak tahun lalu, Together, More, Lotte Choco Pie mengundang para Ibu di Indonesia untuk lebih menghargai setiap momen kebersamaan dengan anak – anak betapun kecilnya bahkan dalam rutinitas sehari – hari. Lotte Choco Pie meluncurkan tiga video untuk campaign barunya ini dengan tema Shopping, Homework  dan Greetings.  Mana dari ketiga video ini yang paling sesuai dengan pengalaman teman – teman sebagai seorang mama? Kalau saya Shopping, adik dan kaka sudah bisa bantu mama belanja baik di supermarket maupun pasar tradisional. Kaka dan adik juga sudah bisa dimintai tolong membelikan sesuatu di warung tetangga kalau Mama lagi sibuk.

Teman – teman bisa voting satu dari ketiga video Lotte Choco Pie dan dapatkan kesempatan memenangkan hadiah menarik. Selain berkesempatan mendapat hadiah juga berkesempatan diundang ke acara Lotte Choco Pie pada bulan agustus. 

Acara yang direncanakan akan dilaksanakan sesuai tema video adalah;
Shopping; Sehari menjadi manager supermarket bersama Lotte Choco Pie
Anak - anak mengoperasikan supermarket untuk membantu dan melayani pelanggan, yang merupakan ibu mereka. Setelah ibu selesai berbelanja, mereka akan melakukan workshop dengan Lotte Choco Pie.

Homework; Lotte Choco Pie kungjungi sekolah 
Lotte Choco Pie mengunjungii sekolah untuk membuka kela belajar dan mendonasikan alat - alat tulis. 

Greetings; Ucapan terima kasih dengan Lotte Choco Pie 
Lotte Choco Pie mengundang ibu dan anak ke pertemuan di mana mereka menulis surat ucapan terima kasih satu sama lain untuk menghargai waktu mereka. selain itu, Ibu yang berpartisipasi dapat bertukar tips pengasuhan.

Menarik kan? Jadi tunggu apa lagi yuk voting, caranya bisa lihat di kanal media sosial Lotte Choco Pie di facebook di https://web.facebook.com/lottechocopieindonesia/?_rdc=1&_rdr Instragram di https://www.instagram.com/lottechocopie.id/?hl=id atau di website www.Lottechocopieindonesia.com.




Tentang Lotte Choco Pie
Lotte Choco Pie adalah merek soft cake nomor satu di Jepang dan hadir pertama kali tahun 1983 dan kini dapat dinikmati konsumen Indonesia sejak 2014 dibawah pengawasan Lotte Jepang dan Korea. Produk yang ditargetkan untuk anak – anak usia sekolah. Kelezatan Lotte Choco Pie merupakan kombinasi cokelat berkualitas, soft cake, dan marsmallow.




42 komentar:

  1. Iya ya, kalau diingat2 banyak sekali pencapaian-pencapaian harian anak2 kita ini. Mungkin kita melewatkan karena terlalu sibuk dengan aktivitas sendiri. Harus lebih aware lagi nih. Thanks fir sharing mak :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. sibuk dan merasa biasa jadi merasa tidak perlu di apresiasi

      Hapus
  2. Aku walau di rumah tetep kadang suka lupa ngobrol sm anak dari hati ke hati, trus muji prestasi dia, kalau kerjaan banyak suka bete dan mendadak khilaf. Hehe.

    BalasHapus
  3. Aku udah ikutan vote video Greetings, pas banget momennya dengan Selma

    BalasHapus
  4. Aku sebagai mamah baru lg banyak2 cari ilmu parentibg yg benar.. informasi yg disampaikan sangat bermanfaat bunda 😊
    Ibu IRT maupun karir benar2 sama repotnya ya klo urusan pengasuhan 👍
    . Oia acara nya menarik sekali. Next In sha allah mau ikut voting kali aja beruntung 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut votingnya mba siapa tahu beruntung

      Hapus
  5. Ternyata pelukan itu apresiasi ya, wah sederhana ya, tapi bikin anak makin pintar. Noted. Ikutan voting ah biar menang hehe

    BalasHapus
  6. Aku udah ikutan dan pilih video homework nih,,semoga dapet yang ke Jepang yes.

    BalasHapus
  7. Jangan sampai ya terabaikan memberikan apresiasi positif kepada anak ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba karena dampaknya positif banget

      Hapus
  8. Gara-gara anak-anak yang suka chocho pie, aku ikutan suka. Enak. Coklatnya nendang.

    BalasHapus
  9. memberikan apresiasi itu sebenarnya mudah ya, tapi butuh perhatian full juga. Seringnya emak-emak kadang ga sempat juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu mba kalau lagi sibuk iya iya aja tapi perhatian ga full ke anak

      Hapus
  10. Nah itu jleb banget. Kadang ortu pikir kalau anak sudah menjalankan tugasnya ya itu biasa saja krn kan memang tugasnya. Padahal kita jg jd ortu gabisa sempurna juga yaa... harusnya kita yang putus mata rantai ga sehat ini dg mulai mengapresiasi mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kadang kita abai sm pencapaian mereka karena merasa harusnya mereka bisa

      Hapus
  11. kadang2 suka seadanya saja apresiasi kita yaa...pdhal penting banget dilakukan dg ebnar dan tulus

    BalasHapus
  12. Wow luar biasa ya mbak pujian2 kecil, apresiasi2 sederhana ternyata mampu membangun karakter anak yg positif TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru tahu dampaknya sejauh itu

      Hapus
  13. Wah pantes kemarin mak Rina sendirian, soalnya si adik mendadak sakit ya mak..? Semoga sehat-sehat terus anak anak ya maaaak.. Acara Lotte Choco Pie ini selalu ngasih pelajaran parenting baru untuk kita sebagai orangtua yaaaa

    BalasHapus
  14. Aku udah ikutan vote dan pilih video shopping :)

    BalasHapus
  15. ulasan menarik mbak, apresiasi memang penting sekecil apapun pencapaian anak

    BalasHapus
  16. Setuju mak, ibu rumah tangga dan ibu bekerja itu sama

    BalasHapus
  17. Betul. Walaupun di rumah, kita tetap sibuk yaa.... Makanya tetap perlu premium bounding sama anak-anak.

    BalasHapus
  18. Apresiasi emang perlu banget buat anak, ya. Kadang kita suka nggak sadar karena memang sudah seharusnya si anak bisa melakukan hal itu, padahal dia berjuang keras untuk bisa melakukannya tapi ketika bisa kita malah nggak kasih apresiasi.

    Thank's for remind, Mbak.

    BalasHapus
  19. Hadiahnya bikin mupeng ya ...semoga beruntung, sy pilih greetings dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba hadiah hiburannya aja lumayan banget

      Hapus
  20. Duuh pengen ke Jepang. Semoga kesampean ma anak

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...