Rabu, 14 Februari 2018

Usia 40

Life begin at 40, kalimat perumpamaan karena pada usia itu katanya kehidupan seseorang sudah mencapai keseimbangan, seimbang antara Hablumminannas (hubungan baik dengan manusia dan Hablumminallah (hubungan dengan Allah swt sebagai sang pencipta) -nya. Pada umur ini pun umumnya orang lebih bijak dalam memandang banyak hal. Usia 40 istimewa sampai disebut dalam alquran surat ke 46 (Al-ahqaf ayat 15) yang berbunyi;

...…sehigga apabila anak itu telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, dia berdoa,”Ya, Tuhanku berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang muslim.”

Usia 40 rentang waktu yang cukup panjang terhitung sejak dilahirkan, banyak karunia dan nikmat, sampai  Allah swt mengingatkan untuk bersyukur.

Yap, bulan ini usia saya genap 40 tahun. Iya udah tua hehehe. Btw, Barakallah fii umrik for me. Ya Allah jadikan usia saya berkah, bisa jadi istri  dan ibu sholehah dan lebih banyak berbakti pada orang tua. Nikmat sehat dan rejeki yang Kau limpahkan jangan membuat hati ini menjadi jumawa.


Boleh baca Kejutan Ulang Tahun Mama
  
Sebagai seorang muslim yang percaya ada kehidupan lain setelah kehidupan di dunia ini dan setiap perbuatan  kelak akan mendapat balasan. Bertambahnya usia makin menyadarkan sudah berapa banyak tabungan untuk bekal akhirat. Keimanan masih turun naik jadi kesadaran itu kadang tak dibarengi action. Beri kekuatan melawan rasa malas melangkahkan kaki ke majelis talim dan sholat malam. Alhamdulillah menjelang usia 40 diberi rejeki kesempatan rutin ikut talim dan belajar tahsin lagi.


Diusia yang tidak lagi muda saya malah semangat mencoba hal hal baru dari mulai menjahit (padahal mesin dibeli sejak 4 tahun lalu) tapi semangat mengoperasikan baru - baru ini, mencoba beragam resep walaupun yang gampang  dan motret. Bikin jadwal untuk anak - anak. .Rasanya waktu 24 jam kurang.



Suatu kali Pak suami pernah menegur," Banyak pengen ini itu, jadi sebenarnya maunya apa? Fokus donk. Kalau ini mau itu mau tapi setengah - setengah ga ada hasilnya." Begitu kurang lebih teguran suami yang bikin saya  tertohok. Niat ikut kelas food fotography pun jadi mundur. Niat mau nabung buat  kursus bikin pempek pun ga jadi.

Jadi intropeksi diri. Apa sih yang saya kejar?
Pengen bisa jahit cuma buat bebikinan keperluan rumah; dari gorden, sarung bantal, gorden kolong dapur dsb.

Boleh baca DIY Membuat Gorden Kolong Dapur

Pengen bisa motret untuk kesenangan (hiburan) dan  biar foto di IG bagus, ngaruh kan kalau diseleksi agensi hehehe.
Pengen bisa masak, ya biar bisa makan enak dengan hemat dan tanpa pengawet.
Pengen usaha bunga, buat nambah penghasilan, 
Tetap ngeblog/nulis selain untuk menuangkan ide dan curhat ya dapat job. 

Tiga hal di atas  ujung - ujungnya duit yang masuk dompet bu istri hehehe, apa sih yang dicari usia  40? Masih ngejar materi? Insyallah materi untuk bekal akhirat, biar bisa sedekah, berangkatin ortu ke tanah suci, nabung umroh dan naik haji, bahagiain ortu.

Jadi itulah yang ingin saya lakukan di  usia 40 selain mendekatkan diri padaNya, menjaga kesehatan, menjadi istri yang baik dan  tentu saja membimbing  anak - anak mencapai takdir terbaiknya agar menjadi orang berguna untuk agama dan negara.

Boleh baca Forty, the Year of Healthy Beginnings tulisan dokter Fiona mengenai menjaga kesehatan di usia 40.

Tulisan ini merupakan bagian dari #KEBloggingCollab dari Grup Butet Manurung dengan Post Trigger dengan judul Forty, the Year of Healthy Beginnings
di sini di 
Web KEB ditulis oleh Mak dr. Fiona Esmerald, seorang dokter pegiat kesehatan remaja dan pemilik blogwww.askfionamd.com


4 komentar:

  1. wah iya bener kita ini suka banyak maunya ya, tapi realisasinya sering mandek heuheu.. btw baarokallah fii umrik mba..

    BalasHapus
  2. Selamat Mbak Rina ,Sehat selalu ya disusianya yang ke 40. Sayapun inginnya ini ikut, itu ikut dans emau ingin dikuti, bener sich, enggak fokus,mungkin harus benar-benar yang disukai yang memberi manfaat itu yang harus dipelajari ebanr ya.

    BalasHapus
  3. Senangnya yang baru merayakan hari lahirnya, barakallah usianya yaa 😊

    BalasHapus
  4. Aaaa saya jadi berasa ngaca baca ini
    Saya juga gitu mbak, banyak maunya dan pengen semuanya
    Jadinya malah gak fokus
    Makasi pengingatnya ya mbak

    Selamat memasuki tahap baru kehidupan di usia 40 ya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...