Warnai Hari dengan CASIO My Style Colorful Calculator

Kalkulator Casio menemani keseharian saya 

“Kalkulator di mana sih? Perasaan kita punya dua?” tanya saya sama pada Pak Suami.
Pake handphone aja.”

“Ribet ngitungnya.” Gimana ga ribet, harus pindah pindah buka aplikasi, dari wa ke kalkulator, dari aplikasi marketplace ke kalkulator, dari aplikasi gojek ke kalkulator. Saya beranjak dari tempat duduk dan mulai mencari – cari kalkulator di rak di mana DVD dan kabel – kabel charger (charger handphone, laptop dan kamera) tersimpan.

Saya memang memiliki kalkulator tapi sejak resign kerja 4 tahun lalu saya lebih banyak menggunakan kalkulator di handphone karena antara pengeluaran dan pendapatan setiap bulan cenderung konstan. Bayar listrik, sekolah anak, belanja harian, cicilan rumah, asuransi dan sebagainya. Sebaliknya dari kuliah hingga kerja tidak ada hari tanpa kalkulator karena pekerjaan saya berhubungan dengan hitung -hitungan kimia. Hitungan yang tidak boleh keliru atau dosis obat menjadi tidak akurat. Sampai akhirnya kini saya merasa urgent memiliki kalkultor terhitung sejak buka usaha bunga setahun lalu. Walaupun usaha rumahan, saya ingin membukukan cash flow secara rapih selain kami memang harus menghitung tepat keuntungan setiap bulannya karena hasilnya dibagi untuk pemilik lahan di mana saya berkebun dan gaji karyawan. Semoga suatu hari kebeli ya tanah kebunnya heheheh Aamiin.

Boleh baca Pengalaman Mengikuti Pameran Bunga 

Akhirnya nemu kalkulator di deket tumpukan DVD tapi mati karena lama tidak digunakan.
“Coba saja dijemur,” saran Pak suami. Beberapa jam dijemur tetap mati. Ehm mungkin efek lama tidak digunakan dan tertindih barang.

Alhamdulillah, akhirnya kesampaian memiliki kalkulator dan yang bikin wow desain dan warna kalkulatornya kece, colorful. Kalau istilah anak jaman now, kalkulatornya kekinian banget. Jauh dari kesan jadul. Selain itu tentu saja akurat, scientifik, ringan dan keypad-nya enak digunakan. Dan yang pasti ukuran dan berat CASIO colorful calculator memungkinkan dibawa kemana - mana, masuk tas bahkan bisa masuk saku. 

Jujur, setiap melihat dan memakai kalkulator ini saya merasa lebih bersemangat, mungkin efek warnanya yang  girly. Warna yang sesuai dengan style saya, Mama penyuka bunga yang selalu bersemangat dan mencari – cari kesibukan hehehe. CASIO My Style banget.

Jadi ingat sebuah artikel yang membahas bagaimana  warna favorit seseorang mencerminkan karakternya. Apa warna favoritmu dan cek kepribadianmu di sini www.knowyourcolor.id.

Orang yang suka dengan warna – warna cerah umumnya berkepribadian ceria, penuh semangat dan optimis. Itu katanya lho ya tapi berdasarkan pengalaman iya juga sih. Cek saja perasaan kita saat bercermin antara memakai baju dengan warna cerah dan gelap. Atau saat kita melihat seseorang antara yang berpakaian cerah dan gelap, energi yang ditularkan akan terasa berbeda. Warna, sesuatu yang sederhana dan kecil tapi berpengaruh pada suasana hati dan produktivitas .

CASIO My Style Colorful Calculator

Bicara soal warna yang colorful, CASIO produsen kalkulator asal Jepang  memperkenalkan produk terbarunya yaitu seri ‘My Style’ dengan varian colourful dan style. Varian colourful pada seri terbaru ini memiliki 10 pilihan warna dengan berbagai ukuran, bisa digunakan ke sekolah, kantor, rumah bahkan untuk perjalanan wisata. Sedangkan varian stylish mempunyai 7 pilihan warna dengan desain elegan dan berkelas.


Seri colourful calculator sengaja dibuat untuk memenuhi gaya hidup kalangan muda yang modern, dinamis, unik dan dipenuhi inspirasi. Jadi CASIO kalkulator tidak hanya memenuhi kebutuhan fungsionalnya sebagai alat hitung namun memenuhi gaya hidup era digital.

Ada tiga tipe Casio colorful ini yaitu  MS-20UC, MS-7UC dan SL-310UC. Warna Casio tipe MS-20UC dan SL-310UC hitam, biru, hijau biru muda, pink ungu, orange, kuning-hijau dan putih. sedangkan Casio MS-7UC; biru, hijau, biru muda, pink, merah dan kuning hijau.

Mungkin teman - teman bertanya, apa sih perbedaan ketiga tipe tersebut selain warna? Perbedaan lain terletak pada ukuran, berat dan desain. Tipe MS-20UC dan  MS-7UC bentuk layar display  miring, seperti kalkulator yang suka digunakan para pedagang itu lho. Di desain seperti itu karena tipe ini direkomendasikan untuk digunakan di rumah dan kantor. Layarnya yang miring membuat mata nyaman saat menggunakan.

Casio MS-20UC dimensi 149,5 x 105 x 22,8 mm berat 110 gram, dislay 12 digit.
Casio MS-7UC  dimensi 120 x 85,5 dan 19,4 mm berat 70 gram, display 10 digit.

Yang saya miliki Casio tipe SL-310UC bentuknya lebih kecil dan tipis dari dua tipe lain begitu juga beratnya yang hanya 50 gram. Bisa masuk saku jadi bisa di bawa kemana - mana. Displaynya 10 digit.

CASIO kalkulator memakai dua sistem daya yaitu baterai, jadi jika dalam keadaan gelap (malam) tetap bisa digunakan. Daya tahan baterai bisa sampai 3 tahun dengan pemakaian perhari 1 jam. Menggunakan sistem/off otomatis, setelah digunakan biarkan saja sekitar beberapa menit akan mati sendiri. Kelebihan lainnya teman - teman bisa baca infonya di akun IG nya CASIO kalkulator @casiocalculator.id

Walaupun usia saya tidak terbilang muda tapi juga belum tua hehehe, tetap oke donk memakai kalkulator CASIO, karena warnanya membuat semangat tak kalah dengan anak muda. Semangat berkarya dengan positif tentunya. 


Colorful to boost mood and productivity

Kalkulator yang tak tergantikan
Bagi saya  kehadiran kalkulator tidak bisa digantikan kalkulator di handphone, karena penggunaan kalkulator lebih simple dan praktis terutama saat menghitung margin %, maklum ya pedagang hehehe. Adanya jarak antar tombol memperkecil salah menekan angka saat menghitung dengan cepat. Kelebihan lain tanda fungsi saat menghitung akan terdisplay di atas, jadi kalau lupa tadi tekan x atau + , akan terlihat. 


Kelebihan lain Casio My Style Colorful
Calculator
Bagi saya, saat – saat urgent  membutuhkan kalkulator adalah diakhir bulan yaitu saat closing. Buat teman – teman yang kerja di bagian hitung menghitung rekapan bulanan di kantor pasti familiar dengan istilah closing atau tutup buku yang biasa dilakukan akhir bulan.

Sudah beberapa bulan terakhir setiap akhir bulan saya melakukan closing. Menghitung semua pengeluaran dan pemasukan selama satu bulan dan mencocokkan jumlah uang yang tertulis dan di rekening. Walaupun usaha yang saya kelola masih usaha rumahan dan kecil – kecilan saya mencatat cash flownya secara detail. Awalnya karena ingin memisahkan antara uang usaha dan uang dapur setelah dijalani ada beberapa keuntungan lain yang saya rasakan saat ini membukukan cash flow secara rapih. Diantaranya;

  1. Melihat cash flow. Karena usaha rumahan dan kecil – kecilan, semua uang masuk dalam satu dompet dan satu rekening. Tercampur sampai tidak bisa membedakan berapa nominal sisa uang belanja bulanan dan berapa uang hasil jualan yang harus diputar dan berapa labanya. Dengan membuat catatan secara rinci, akan terlihat aliran uang usaha, antara laba dan modal. Apa larinya diputar jadi modal usaha atau digunakan untuk pengeluaran keluarga.
  1. Memisahkan pengeluaran/pendapatan  pribadi dan usaha. Dengan membuat catatan walaupun uang masuk dalam satu dompet dan satu rekening, kita bisa mengetahui jumlah uang pribadi dan usaha secara pasti.
  1. Menjadi pengerem  bertambahnya gaya hidup seiring bertambahnya pendapatan. Awal – awal membuka usaha saya tidak membuat catatan secara rinci, jadi selalu merasa punya uang, di rekening selalu ada uang padahal biasanya akhir bulan udah menipis.  Efeknya mudah memutuskan beli ini itu walaupun tidak penting. Jajan jadi lebih sering. Sampai akhirnya barang jualan tidak bertambah. Dari situ mulai deh merapihkan keuangan usaha.
  1. Menjadi acuan untuk mengembangkan usaha. Mau mengembangkan usaha lebih besar atau cukup segitu – gitu aja? Dengan mencatat keluar masuk uang usaha kita memiliki bayangan berapa besar kenaikan usaha kita setiap bulannya, bisa membuat target penjualan perbulan dan bisa memperkirakan jika harus menambah modal.
  1. Dokumentasi untuk bank jika akan meminjam modal usaha ke bank. Salah satu syarat mendapat pinjaman untuk usaha mikro (UKM) adalah catatan pengeluaran dan pendapatan, secara manual ataupun dari transaksi di rekening kita.

Little Things to Boost Mood and Productivity

Kalau sedang closing bisa lebih dari setengah hari saya duduk menghitung. Kadang mumet jika selisih uang terhitung dan di rekening besar. Ini kemana? Yang pasti tidak hilang tapi ada pengeluaran yang  lupa tercatat atau uang usaha kepake kulineran hehehe.

Seorang teman pernah bertanya, apa  ga capek ngurus kerjaan rumah tangga,  jualan juga ya ngeblog? Ga jenuh? Ya pernahlah capek dan jenuh, keluhan yang manusiawi toh? Tapi saya memiliki beberapa cara agar rasa jenuh dan kehilangan semangat itu tidak lama - lama, cara agar suasana hati kembali normal, bersemangat dan bisa produktif, yaitu; 

1. Membuat saat bekerja menjadi santai dan rileks dengan mendengarkan lagu - lagu favorit. Salah satu lagu favorit saya sound track filmnya Me Before You.
2. Menata meja kerja menjadi nyaman dan menghiasi dengan ornamen - ornamen colorful, salah satunya dengan menempatkan tanaman berbunga , karena saya percaya warna menjadi menjadi salah satu mood booster dan meningkatkan produktifitas. 
3. Rehat sambil menikmati secangkir teh hangat tanpa melakukan kegiatan apapun, pokoknya santai.
4. Memeluk anak - anak dan suami,  menelpon ibu di kampung halaman, karena merekalah energi saya.
4. Nonton film romatis kalau anak - anak tidur, biasanya malam hari. 

Kalau teman - teman, apa yang dilakukan untuk meningkatkan mood dan produktivitas?

Oh ya mengelola keuangan keluarga harus tak kalah rapih lho agar tidak besar pasak daripada tiang, agar nyaman pake kalkulator CASIO dan bisa dibeli secara online di mataharimall.com. Gunakan kode promo CASIOBLOGPH94P48 dan dapatkan diskon 20% bisa digunakan di website MatahariMall dengan link sebagai berikut:
https://www.mataharimall.com/p-9604/colorful-casio-calculator

#CasioMyStyle

















6 komentar

  1. Rehat sambil minum teh itu memang menyenangkan sekali. Aku pun sering melakukan ini mba. Dan berhasil banget

    BalasHapus
  2. Suka yg warna ungu dan baby pink😀

    BalasHapus
  3. kalkulator ini sebenarnya penting, cuma kadang kita udah keenakan pakai dari hp, jadi aja sekarang kalkulator suka ga kepake ya

    BalasHapus
  4. PAling nggak, nonton film, atau ngegambar mbak, hhee
    Casio warna Pinknya cerah banget mbak, bisa naikim mood banget nih heee

    BalasHapus
  5. Toss dulu, kalkulatir kita samaan
    Mood booster memang bisa dari hal kecil

    https://chemistrahmah.com/boost-business-mood-casio-style.html

    BalasHapus
  6. Tukeran dong mak, aku suka ama warna pinknya huhuhu

    BalasHapus