Rabu, 31 Januari 2018

ASUS X555QA Menjawab Kebutuhan Ibu Bekerja di Rumah







Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com



Suatu siang, sementara saya duduk depan laptop, si kecil tak jauh dari saya tengah asik mewarnai. Tak lama terdengar sebuah suara, ”Permisi, Gojek!”
Si kecil berlari ke arah jendela. “Ma, gojek datang!” teriaknya. Saya beranjak dari depan laptop dan membuka pintu.

“Siang Bu, dengan Diawan*?”
“Oh iya Pak, ini paketnya,” Saya menyerahkan sebuah bungkusan yang sudah saya siapkan  di atas meja teras. “Ditumpuk di belakang saja kali ya Pak,” ujar saya sambil menunjuk dua bungkusan yang sudah bertumpuk di jok belakang motor.

Selain memasarkan di market place juga di instagram @anggrek.hias

“Iya Bu,” Abang gojek mengeluarkan tali rapia dan mengikatnya.
“Itu perangkap tikuskan ya?” tanya saya pada sebuah bungus plastik yang transparan. Kotak dari kawat dengan satu jungkitan itu sangat familiar sebagai perangkap tikus.

“Iya, Bu.”

“Wah ada juga yang jualan online perangkap tikus,” ujar saya dengan kagum. Kagum karena kok ya kepikiran jualan online perangkap tikus model jadul yang biasa dijual di pasar tradisional. Tapi untuk orang yang tinggal di perumahan tengah kota yang jauh ke pasar tradisional, ya mending beli online daripada macet – macetan. Jaman sekarang apa sih yang tidak dijual secara online, semua ada, terlebih beberapa market place sudah bekerja sama dengan layanan ojol, makin mudah jualan online apapun.

Boleh baca Pengalaman Pertama Mengikuti Pameran Bunga 

Ehm, saya jadi teringat ujaran seorang teman yang bertanya dengan wajah bengong waktu tahu saya jualan bunga hidup (bukan bunga plastik)  secara online. Memang bisa? Bagaimana kirimnya? Tidak mati jalan? Tidak rusak? Resiko selalu ada tapi seiring waktu dengan pengalaman dan belajar, saya mulai bisa mengurangi resiko di atas karena pengetahuan saya mengenai packing dan pengenalan sifat tanaman bertambah.


“Saya permisi dulu Bu,” ujaran abang gojek membuyarkan lamunan saya.
Saya kembali ke depan laptop, melanjutkan kerjaan yang tadi tertunda, mengeprint faktur pembelian yang berisi alamat kirim dan barcode untuk ditempelkan di paket yang akan dijemput sore ini oleh seorang kurir ekspedisi X. salah satu market place di mana saya berjualan dan bekerja sama dengan ekspedisi tertentu mengharuskan mengeprint faktur dan barcode, memang sedikit repot tapi jadi nampak lebih profesional.

Bekerja dari rumah tak semudah yang dibayangkan
Bekerja di rumah tidak semudah yang saya bayangkan saat masih ngantor. Perlu waktu setahun berdamai dengan diri sendiri, menyadari kalau bekerja dari rumah tidak semudah menjentikkan jari. Tidak ada pilihan sempurna antara  bekerja di kantor atau rumah. Masing – masing punya tantangan berbeda. Kini saya menikmati menjalani peran ibu rumah tangga yang  nyambi ini itu.

Beberapa teman pernah bertanya kok sempat sih nulis blog, jualan online, ngurus kebun (warehousenya jualan online saya heheh), sempat juga motret – motret , punya art 2 ya?


Empat hal yang membuat saya bisa melakukan semuanya dengan bahagia;

Rasa suka, mampu menyingkirkan alasan tidak ada waktu atau lelah, benar kan? Kalau udah suka pasti dicari celah untuk bisa dilakukan walaupun harus mengorbankan sedikit jam tidur atau memilih tidak menonton tv.

Bisa menentukan prioritas dan membagi waktu. Bagi saya keluarga adalah prioritas utama jadi jika dihadapkan pada dua pilihan yang waktunya bersamaan antara keluarga dan pekerjaan saya pilih keluarga.  Untuk jualan online saya mempunyai karyawan paruh waktu. Urusan rumah tangga dikerjakan sendiri tapi sangat terbantu dengan jasa laudry dan gofood. Saya memiliki jam – jam khusus dengan anak – anak yang sebisa mungkin tidak diganggu pekerjaan yaitu dari magrib hingga jam 9 malam.

Dukungan keluarga, ini yang utama, tanpa dukungan suami dan anak – anak, saya tidak bisa melakukannya. Dukungan membuat mereka pengertian saat perhatian harus terbagi dengan pekerjaan. Mereka juga ringan tangan untuk membantu jika dibutuhkan.

Akses internet dan perangkat pendukungnya adalah modal utama karena semua aktivitas pekerjaan dilakukan dari rumah. Handphone dan laptop, menjadi barang wajib.

Laptop yang tak tergantikan
Bagi saya laptop  tidak bisa digantikan handphone, salah satunya seperti yang saya tulis di atas, untuk  mengeprint faktur dan barcode.

Terlebih untuk urusan menulis dan ngeblog,  saya lebih suka dengan laptop selain karena data bisa tersimpan lebih rapih dan tersusun juga bebas pegal karena saya bisa mengetik dengan posisi nyaman. Pernah menulis untuk blog di handphone beberapa waktu lalu karena laptop diinapkan di  service center. Rasanya lebih lelah karena mau copy paste atau copy link saja perlu beberapa kali touch. Salut sama teman – teman blogger yang bisa menulis blog post via handphone. 

Laptop yang saya  miliki jadul, dibeliin Pak suami sekitar tahun 2011 sebagai bentuk dukungan sama hobi istrinya,  nulis dan ngeblog. Waktu itu masih ngantor beum kepikir jualan online, jualan online baru setahun terakhir ini.


Bekerja di rumah
Dari penampilannya terlihat kan kalau laptop ini berat, bukan hanya itu, karena usia baterainya pun sudah lemah jadi jika tidak sambil di charger laptop tidak bisa nyala.

Intip – intip ulasan laptop di google, hati tertambat pada laptop ASUS X555QA karena spesifikasinya cocok untuk Ibu bekerja dari rumah seperti saya. Seperti apa spesifikasinya? Boleh baca ulasannya berikut ini:

Desain; Walaupun laptop lebih sering dipakai di rumah nggak  salah donk kalau saya mau yang desainnya stylish.  Saya percaya laptop dengan desain bagus menambah mood kerja.  Selain stylish desain ASUS X555QA nampak kokoh karena desain metal brush di setiap bagian laptop, baik lapisan luar layar maupun penampang keyboard.

Foto ASUS X555QA pinjaman dari teknologi.metronews.com

Ringan; Bobotnya  ASUS X555QA hanya 2.3 kg, bisa dipegang/ditenteng dengan satu tangan. Cocok banget untuk Mama bekerja di rumah seperti saya, yang kerjanya fast moving, pindah satu satu ke ruangan lain sesuai kebutuhan. Laptop-an di dapur, perpustakaan, meja teras depan atau belakang. Hanya kalau malam hari saat anak – anak tidur saya laptop-an di meja kamar.   Dimensi ASUS X555QA 328 x 256 x 25.8 mm dengan ukuran layar 15.6 inci dilengkapi optical disc drive sehingga lebar dan tebal. Jadi walaupun bobotnya ringan tidak ringkih.


Kapasitas penyimpanan besar; Karena laptop digunakan juga oleh si sulung (yang sudah belajar computer di sekolahnya dan belajar membuat animasi), saya perlu laptop dengan kapasitas penyimpanan besar,  ASUS X555QA menyediakan 1 TB dengan sejenis perangkat HDD. Untuk menyimpan saya sendiri selain untuk menyimpan foto keluarga, foto hasil latihan memotret, arsip  tulisan juga menyimpan data keuangan jual beli. Ya, walaupun jualan onlinenya baru kapasitas home industry saya membukukannya secara rapih. Data penjualan dan pembelian perhari dicatat, laba akan dihitung setiap akhir bulan, istilahnya closing hehehe. Mungkin karena terbiasa waktu masih ngantor segala sesuatu harus tertulis sebagai laporan jadi saat buka wirausaha walaupun kecil – kecilan, merasa harus tercatat.

Laptop juga kadang di pinjam Papanya anak – anak untuk main games karena laptop miliknya laptop inventaris kantor yang tidak boleh diisi hal lain selain urusan kantor.

Akses cepat; Kapasitas RAM yang disediakan ASUS X555QA sebesar 4GB dan 8GB, dilengkapi built-in Bluetooth 4.0 proses berbagai data jauh lebih cepat dan koneksi Wi-FI intergrated 802.11AC dan 902.11 b/g/n. Cocok banget untuk pekerjaan saya yang harus selalu terkoneksi internet cepat dan dimana saja. Didukung dengan prosesor seri A, AMD A10-9620P dengan kartu grafis terintegrasi AMD Radeon R5 430.

Nyaman di gunakan; Dengan layar LCD berukuran 15.6 inci dan resolusi 1366 x 768, menjadikan ASUS X555QA nyaman dan dengan kualitas warna cerah. Keyboardnya pun lengkap dengan tombol numpad di bagian kanan. Tersedia ruang untuk penampang tangan serta trackpad yang membuat mengetik menjadi nyaman.  Posisi mengetik nyaman ini penting agar tidak pegal dan tulisan selesai sesuai rencana. Oh ya kapasitas baterai cukup tahan lama, bisa sampai 10 jam. Jadi tidak perlu sering nge-charge.

Nyaman digunakan

Fitur lengkap; Karena Mama juga perlu me time dan me time favorit saya adalah nonton DVD saat anak – anak tidur malam. Nah ASUS X555QA walaupun beratnya ringan tetap dilengkapi optical disk drive berupa super multi DVD tambahan lagi audio yang digunakan adalah sonic master sehingga kualitas suara yang dihasilkan jernih dan bulat, tidak pecah saat volume dimaksimalkan. Dengan software Cinebench laptop ASUS X555QA melakukan rendering foto dan video dengan cepat dan baik. Bisa puas deh nonton DVD di laptop ASUS X555QA , secara gitu ya anak – anak masih kecil jarang nonton ke bioskop, kalaupun nonton ya film anak – anak.

Port ASUS X555QA sangat lengkap mulai dari LAN, 1 port USB 2.0, 2 port USB 3.0, HDMI, VGA dan lubang card reader yang mendukung jenis kartu memori SD, SDXC dan SDHC. Wow jadi ga bingung kan kalau mau pindah – pindahin data karena sudah komplit.

Satu lagi kelebihan ASUS X555QA yaitu harga terhitung murah untuk laptop sekelasnya, kurang lebih 6 juta rupiah. Spesifikasi lebih lengkap dan harga bisa dilihat di sini

Kesimpulannya, Laptop ASUS X555QA sangat mumpuni  menemani keseharian para Mama untuk bekerja di rumah, me time (nonton atau main games), menemani bermain dan belajar anak – anak (googling, buka youtube, membuat animasi sederhana dsb). Ehm, semoga impian punya laptop ASUS X555QA tercapai. Aamiin. 

Add caption


Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com


keterangan;
Diawan nama tokoonline saya di Tokopedia





10 komentar:

  1. Saya pakai notebook yang layar 11 inch. Kepikiran ganti dengan yang lebih besar layarnya. ASUS ini bagus ya. Jadi pengin ganti sama ASUS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya enaknya pake layar besar mba, efek usia juga kali hahaha. mata mudah lelah kalau ngetik di layar kecil

      Hapus
  2. Asus memang teruji mba kualitasnya. Pengalaman akupakai Asus.. baterainya ga cepet lowbat

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saya kesampaian nih punya asus dari menang lomba ini hehehe *ngarep*

      Hapus
  3. Cukupanlah ya untuk dipakai di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk saya lebih dari cukup mba hehehe

      Hapus
  4. Lagi nyari leptop buat kantor. Selama ini pakai asus. Tapi belum nyobain yg AMD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo nyobain mba sekalian buat direview di blog emak gadget heheheh

      Hapus
  5. saya jadi kepo nih, seriusan bunganya hidup dan gak rusak? Kagum!

    BalasHapus
  6. Terima kasih sudah berpartisipasi dalam Blog Competition ASUS AMD - Laptop for everyone. Good luck yaaa...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...