Minggu, 31 Desember 2017

Agar Resolusi 2018 (saya) Tidak Sekedar Angan – angan

Assalamualaikum teman, tak terasa sudah di penghujung tahun. Hayo siapa yang setiap akhir atau awal tahun memposting resolusi di blog?  Saya tidak selalu. Apapun resolusinya, pasti intinya tahun depan lebih baik dari tahun sebelumnya. Iya kan? Lebih baik secara spiritual, finansial, (hubungan) sosial, hubungan dengan keluarga lebih erat, bahagia dan harmonis dan sederet hal lebih baik lainnya.

Resolusi saya yang terwujud tahun ini, akhirnya saya memiliki wirausaha, alhamdulillah, walaupun usaha sokongan Pak suami sih hehehe. Btw, cita – cita punya wirausaha ini sebenarnya sejak lebih dari 5 tahun lalu tapi bingung usaha apa (selain nulis) walaupun bingung saya rajin ikut – ikut workshop wirausaha, sok pede gitu mau bikin wirausaha padahal bingung mau wisausaha apa dan modalnya belum ada hahaha. Alhamdulillah jalan tak terduga ditunjukkan yang Maha Kuasa. Artinya jangan berhenti bermimpi namun disertai ‘gerak'.

Agar resolusi tidak sekedar angan - angan
Agar resolusi tidak sekedar angan – angan. Iya sekedar ingin tapi kurang usaha kuat untuk mewujudkannya *itu mah saya*.

Beberapa resolusi saya di tahun lalu bisa dibilang hanya angan karena sedikit usaha untuk mewujudkannya. Salah satu resolusi tahun lalu yang hanya angan adalah menulis cerpen yang goalnya dimuat di majalah. Kenyataannya, dalam waktu satu tahun tidak menulis cerpen baru hanya revisi – revisi cerpen lama yang ditolak. Baca buku fiksi juga hanya 3 buah.


Tahun ini saya tidak mau mengulang hal yang sama. Membuat resolusi yang kemungkinan dilakukannya kecil karena keterbatasan banyak hal terutama waktu. Maklumlah ya irt yang sok sibuk pecicilan dan hemat jadi memilih ga punya art (ngaku aja ga punya duit buat ngegajinya hahahah – iya sih).

Mewujudkan Resolusi
Satu hal lagi agar resolusi tahun ini beneran bisa diwujudkan, saya melakukan hal – hal berikut ini;
Membuat resolusi yang memungkinkan dilakukan dan tercapai. Pendeknya, yang pasti-pasti aja hehehe.

Menuliskan resolusi yang ingin dicapai disertai langkah – langkah untuk mewujudkannya. Membuat rencana yang harus dilakukan tiap hari, tiap minggu atau tiap bulan, tergantung seperti apa yang harus dikerjakan. Bisa dibuat dengan cara mind mapping.
Disiplin dan konsisten, ini nih yang agak susah, banyak alibi hehehe. Tapi harus berusaha.

Resolusi tahun 2018
Resolusi saya bukan hal – hal yang wow tapi lebih meningkatkan kegiatan yang sudah dijalani tahun sebelumnya agar lebih baik dan hasilnya pun meningkat.

Keluarga. Family first! Waktu bersama anak – anak tetap terjaga dan konsisten. Sebagai irt hampir 24 jam waktu saya habiskan di rumah jadi tidak ada alasan tidak ada waktu berkualitas dengan anak – anak. Selama ini waktu kebersamaan kami yang paling intens adalah setelah magrib hingga mereka tidur. Di luar jam itu bukannya ga bersama anak – anak tapi mereka  sekolah, saya sibuk dengan urusan pekerjaan rumah, jualan dan ngeblog. Kadang kurang konsisten terutama jika ada deadline termasuk deadline setrikaan hahaha. Jadi mulai sekarang lebih memadatkan waktu, mengurangi stalking foto bagus di instagram.

Alhamdulillah hubungan saya dan Pak suami makin baik, setelah di lima tahun pertama pernikahan rasanya nano – nano. Mungkin efek penyesuaian dan sekarang sudah saling menyesuaikan jadi sudah jarang ada drama hehehe. 

Hobi dan Finansial. Ingin lebih meningkatkan dan meluaskan usaha tanaman hias dan anggrek yang saya kelola salah  satunya memiliki workshop berupa pelatihan menanam dan merawat anggrek atau menjadikan green house kami tempat mengadakan beragam workshop yang tidak selalu berhubungan dengan tanaman.

Enjoy my life

Untuk mewujudkannya, keuntungan berjualan selama ini digunakan untuk menambah modal koleksi anggrek, merapian teras rumah agar nyaman untuk dijadikan tempat workshop – atau minimal jika ada pelanggan yang ingin datang langsung. Godaannya, tiap habis menghitung keuntungan (akhir bulan) pengen kulineran atau piknik hehehe. Tapi Alhamdulillah ditahan, jadi kulinerannya yang mumer aja di pasar, nasi uduk atau bubur ayam hehehe.

Langkah lain, promosi secara berkala di media sosial dan market place tempat saya berjualan, menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan  memperbaiki service.

Karena usaha yang saya kelola belum lama saya masih tertatih-tatih dalam hal service, seperti packing dan delivery. Caranya belajar dari pengalaman buruk  (barang sampai di tangan konsumen dalam keadaan rusak ) dan complain pelanggan.

Ngeblog jalan terus donk selain hobi karena lumayan hasilnya hehehe. Entah dari review atau liputan. Tahun depan lebih konsisten mengisi blog secara berkala minimal seminggu sekali. Bikin jadwal dikalender dan membuat note tema – tema yang akan ditulis.

Spiritual. Alhamdulillah sudah beberapa bulan ini rutin ikut kelas Tahsin (belajar baca Qur’an dengan tartil - benar panjang pendek dan makhorijul hurufnya) dan akan terus ikut selama kelas ini ada. Mau konsisten juga ikut kajian keagamaan yang sering bentrok sama jadwal cucian hahaha. Sebenarnya nyuci bisa ganti jam saat sore, tapi karena kebiasaan mengerjakan di pagi hari (saat anak – anak sekolah)  hati kadang ga rela *apa sih*. Intinya tahun depan harus siap dengan perubahan kebiasaan!

Merutinkan membaca alqur’an (juga artinya) sehabis magrib dengan melibatkan seluruh anggota keluarga sekalian menanamkan value pada anak-anak.  Selama ini sudah berjalan karena yang mengajar ngaji anak – anak saya selain mereka ikut pengajian di lingkungan rumah. Tapi kadang masih kurang konsisten, begitu deh godaanya pekerjaan rumah atau jadwal buzzer hehehe.

Sosial movement . Idenya datang saat kami memutuskan pindah ke kampung yang kini saya tempati, dengan alasan agar anak-anak tidak terbawa lingkungan tidak baik, ya kami harus menciptakan lingkungan lebih baik. Jadi karena terbiasa  tinggal di perumahan sejak menikah saat memutuskan pindah ke perkampungan agak parno dengan lingkungannya.


Caranya, membuat perpustakaan anak. Sudah berjalan sejak kami tinggal disini tapi anak-anak sini kurang tertarik, kalau ke rumah malah main mainan anak-anak. Akhirnya bikin peraturan kalau ke rumah mau main harus baca satu buku dulu.

Usaha tanaman hias dan anggrek kami lebih memperdayakan masyarakat sekitar.

Kesehatan. Apalah artinya target ini – itu, pencapaian ini – itu jika badan tidak sehat, ya kan? Apalagi ada istilah, jadi mama ga boleh sakit. Istilah yang menggambarkan pentingnya peran seorang ibu jadi kalau sakit seluruh keluarga bisa repot terutama jika anak-anak masih kecil dan jauh dari sanak – saudara.

Sakit memang hal alamiah, respon tubuh terhadap masuknya zat asing atau kelelahan. Tapi sakit dapat diusahan dicegah atau minimal proses penyembuhan dapat dipercepat – jika tetap sakit padahal kita sudah berusaha menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, olahraga, dan istirahat cukup, mungkin itu bentuk ujian kesabaran dari Sang Pencipta, saat tubuh menuntut haknya untuk istirahat. Ikhtiar sembuh harus diusahan termasuk mengusahan proses penyembuhan cepat.

 Theragran-M  vitamin untuk memulihkan kondisi
tubuh setelah sakit
Sakit yang kadang menyerang saya biasanya demam, flu, badan pegal – pegal, masuk angin. Kalau sudah begini saya biasanya menunda pekerjaan rumah atau mengalihkan (cucian bawa ke laudry, ga masak tapi pilih beli yang sudah matang – make it simple lah). Dan mengkonsumsi multivitamin.

Salah satu multivitamin yang tersedia di rumah adalah Theragran-M. Saya memilih Theragran-M? Karena vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan.


Tips menjaga kesehatan dan resolusi sehat  saya;
1. Makan makanan bergizi, karena saya termasuk kurus jadi tidak pantang makan karbo. Tapi tetap ya menu seimbang sayur dan buah.

2. Olahraga. Udah diskusi sama Pak Suami mau mulai sepedaan lagi tiap weekend.



3. Hindari stress. Caranyay easy going. Lakukan semampunya, hasil serahkan pada yang Maha Kuasa, karena semuanya sudah diaturNya. Intinya ikhtiar (usaha), ikhlas dan sabar. 


Nah, bagaimana dengan resolusi tahun 2018 teman - teman? Yuk semangat mewujudkannya.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

4 komentar:

  1. Pengen kopdaran ah..ngobrolin resolusi. Tahun ini aku merasa pengen selow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixi sy malah pengen berburu lomba blog tahun depan...greget lomba mutung melulu hahahha .

      Hapus
  2. Keren teh Rina semoga eksis terus dgn kebun anggreknya yaa..

    BalasHapus
  3. Aku juga punya resolusi mau jadi lebih sehat di tahun 2018, Rin. Planningnya sih mulai dari yang simple aja dulu, jalan kaki minimal 1000 langkah setiap hari. Kirain susah ternyata aku udah aplikasiin lho dengan ngejar-ngejar Defai wkwkkw

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...